10 Alasan Kartu Kredit BRI Ditolak dan Tidak Bisa Digunakan (2023)

Kartu kredit BRI yang ditolak dan tidak bisa digunakan pasti sangat mengganggu pengguna. Saat dibutuhkan, kartu justru tidak bisa dipakai.

Kita akan melihat berbagai hal yang menyebabkan kartu kredit tidak bisa digunakan. Dengan tahu penyebabnya, kita bisa melakukan antisipasi agar kartu kredit BRI senantiasa lancar dipakai untuk transaksi.

Berikut alasan dan penyebab kartu kredit BRI gagal untuk digunakan, yaitu:

1. Kartu Kredit BRI Belum Diaktivasi

Kartu kredit yang baru datang harus diaktivasi terlebih dahulu agar bisa digunakan. Silahkan hubungi call center BRI atau aktivasi secara online.

Aktivasi cukup dilakukan satu kali diawal. Nanti, kalau ganti kartu, perlu aktivasi kembali di kartu yang baru.

2. Salah Input PIN Kartu Kredit

Setiap kali melakukan transaksi di mesin EDC wajib memasukkan enam digit PIN. PIN salah maka kartu kredit tidak bisa digunakan.

Pastikan selalu mengingat PIN yang benar saat transaksi kartu kredit.

3. Penggunaan Over Limit di Kartu Kredit BRI

Penggunaan kartu kredit BRI dibatasi oleh limit di setiap kartu. Penggunaan melebihi limit atau overlimit menyebabkan transaksi tidak bisa dilakukan.

Lakukan transaksi senilai limit yang tersedia atau minta kenaikan limit jika dirasa limit saat ini kurang dari rencana transaksi yang akan dilakukan.

4. Kartu Diblokir BRI

Kartu kredit yang diblokir oleh BRI tidak bisa digunakan. Ada banyak penyebab dan alasan kartu kredit diblokir oleh penerbit kartu.

Informasi kartu yang diblokir disampaikan ke pemegang kartu.

Hubungi call center BRI untuk menanyakan alasan dan membuka blokir.

5. Salah Memasukkan OTP di Transaksi Online

Dalam transaksi online, seperti di e-commerce, travel online, pengguna wajib memasukkan OTP yang dikirim via SMS. Salah memasukkan OTP membuat transaksi online ditolak.

OTP berfungsi memberikan perlindungan keamanan dalam transaksi online. Jadi, OTP yang benar sangat penting.

Pastikan bahwa bisa menerima OTP yang dikirim penerbit kartu kredit di HP yang digunakan pemegang kartu, serta memasukkan OTP yang dikirim dengan benar.

6. Indikasi Transaksi Mencurigakan dan Fraud

BRI kartu kredit selalu memantau setiap transaksi. Jika ditemukan indikasi fraud atau penggunaan kartu kredit yang mencurigakan, kartu akan diblokir sementara dan tidak bisa digunakan sampai blokir dibuka kembali.

Kartu kredit BRI akan menghubungi pemegang kartu dan blokir akan dibuka setelah dilakukan investigasi, klarifikasi dan pengecekan.

7. Habis Masa Berlaku Kartu Kredit BRI

Setiap kartu kredit BRI memiliki masa masa berlaku. Bulan dan tahun masa berlaku tercantum di depan kartu.

Jika melewati masa berlaku, kartu kredit BRI tidak akan bisa digunakan. Kartu harus diganti dengan kartu baru dengan masa berlaku yang baru.

BRI biasanya akan sudah mengirimkan kartu pengganti beberapa minggu sebelum kartu lama habis masa berlaku. Pastikan untuk mengganti kartu lama dengan kartu baru agar transaksi bisa tetap dilakukan.

8. Punya Tunggakan Pembayaran

Tunggakan pembayaran tagihan membuat kartu kredit BRI tidak bisa digunakan. Tunggakan harus diselesaikan terlebih dahulu agar transaksi di kartu bisa dilakukan kembali.

Biasanya keterlambatan selama 3 hari masih ditolerir, namun lepas dari itu kartu tidak bisa digunakan sampai tunggakan pembayaran dilunasi.

9. Salah Input CVV/CVC

Dalam transaksi online, merchant meminta informasi CVV/CVC di input saat melakukan pembayaran. Salah memasukkan informasi CVV/CVC membuat transaksi gagal.

Cek informasi CVV/CVC di belakang kartu kredit dan masukkan infonya dengan benar.

10. Transaksi Luar Negeri

Transaksi di luar negeri kadangkala mengalami kendala terutama untuk kartu kredit yang diterbitkan bank lokal. Hal ini sekarang sudah jarang terjadi, walaupun kemungkinannya masih ada.

Bawa beberapa kartu dari penerbit yang berbeda, terutama dari bank internasional, untuk antisiasi jika terjadi masalah saat transaksi di luar negeri.