10 Aplikasi Edit Audio PC, Laptop, Mac Terbaik

Dalam bidang multimedia, software editor tidak hanya untuk editing video atau foto saja, namun juga bisa berupa audio, suara, atau musik. Software pengeditan suara tidak lain adalah audio editor. Pada umumnya, audio editor dapat digunakan untuk memodifikasi musik atau jenis audio lainnya sesuai keinginan dan kreativitas Anda. Sebuah musik dapat di dengan telinga Anda dengan alunan indah dan nyaring, juga tidak akan luput dengan proses editing. Nah, di dalam proses editing itu sendiri diperlukan software audio editor.

Semakin bagus software audio editor yang Anda gunakan, maka akan semakin besar kemungkinan audio yang dihasilkan akan semakin bagus. Saat ini sudah banyak software audio editor yang tersedia di pasaran. Mulai dari yang berspesifikasi ringan, simpel, berat, powerfull, hingga yang mudah maupun sulit digunakan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari sekian banyak software audio editor, kali ini kami sudah merangkum dan merekomendasikan beberapa software yang dapat Anda coba gunakan.

Lihat Juga : 7 Aplikasi Browser PC, Laptop, Mac Terbaik

Aplikasi edit audio PC, Laptop, Mac terbaik

Beli HP Pav 14-dv0516TX di Shopee
HP Pav 14-dv0516TX & 14-dv0514TX

Software audio editor berperan penting untuk kebutuhan pengeditan suara atau musik. Sebelumnya, kualitas audio atau hasil perekaman suara yang dikerjakan tidak dapat terdengar mulus dan rapi. Namun, setelah melalui proses editing, kualitas audio bisa menjadi lebih halus dan enak didengar oleh telinga. Banyak sekali perangkat lunak profesional editor audio yang dapat Anda pilih, salah satunya seperti Adobe Audition. Dengan software audio editor seperti ini, Anda dapat mengolah audio dengan beberapa fitur yang tersedia, misalnya untuk mixing atau mastering audio.

Selain itu, Anda dapat menyimpan hasil editing Anda dengan beragam format yang Anda inginkan. Beberapa format yang dapat Anda kerjakan dari aplikasi audio editor seperti, WAV, MP3, WMA, PCM, AAC, FLAC, APE, dan masih banyak lagi. Untuk melihat kumpulan software audio editor, langsung saja simak daftarnya berikut ini!

1. Adobe Audition

Adobe Audition
Adobe Audition

Hanya dengan melihat namanya saja, Anda mungkin sudah yakin dengan software yang satu ini, tidak lain ialah software dari Adobe. Software editing audio dari Adobe yang cukup popular yaitu Adobe Audition. Software Audition adalah multitrack digital audio recording sebagai editor sekaligus mixer dengan fasilitas pengolahan audio. Pertama kalinya, Adobe Audition didirikan pada awal 1990-an oleh Robert Ellison dan David Johnston, seorang mantan karyawan Microsoft. Hingga akhirnya pada 2003, software ini diakuisisi oleh Adobe System.

Adobe Audition dilengkapi dengan berbagai fungsi editing seperti: Multi-track Editor dan Waveform Editor. Adapun fitur-fiturnya seperti: Mix dan Mastering Audio, Noise Reduction, serta Free Sound Effects. Selain itu, software editing audio ini juga dilengkapi dengan AI yang akan membantu Anda saat proses modifikasi. Adobe Audition bukanlah software yang dapat Anda gunakan secara bebas, Anda diharuskan membayar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan Adobe Audition secara maksimal. Namun sebelum membeli software ini, Anda bisa mencoba versi trial nya terlebih dahulu.

Baca Juga  4 Cara Convert Video MP4 ke MP3 di HP

2. Audacity

Audacity
Audacity

Audacity merupakan software audio editor gratis yang bebas digunakan siapa pun, cukup banyak profesional yang menggunakannya. Software yang satu ini bisa dibilang sebagai pesaing terkuat bagi Adobe Audition. Bahkan, bisa jadi software ini lebih banyak digunakan dibanding Adobe Audition. Software  ini juga sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Salah satu faktor yang membuat Audacity ini mudah digunakan adalah tampilan interface-nya yang sederhana dan memiliki kesan intuitif yang kuat.

Adobe Audacity juga memiliki dukungan perangkat yang lebih banyak dibandingkan Adobe Audition. Tidak hanya itu, dengan Audacity Anda bisa menambahkan berbagai plug-in dan efek menarik. Anda dapat menggunakan Audacity untuk berbagai pekerjaan seperti merekam, mengedit audio, mixing audio, mengonversi audio, menambahkan efek pada suara, dan masih banyak lagi. Secara umum, Audacity memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan audio editor lainnya. Jika Anda seorang vlogger, podcaster, produser video maupun audio, atau hanya seorang yang menyukai pengeditan suara, software ini adalah alat hebat yang patut Anda gunakan.

Lihat Juga : 15 Aplikasi VPN PC, Laptop, Mac Terbaik

3. Cubase

Cubase
image source : steinberg.net

Cubase adalah digital audio workstation (DAW) sekaligus aplikasi audio editing digital. Cubase dikembangkan oleh Steinberg untuk melakukan recording, arranging, dan editing audio. Cubase banyak digunakan hampir untuk semua jenis profesional musik, beberapa pengguna terkenalnya seperti Hans Zimmer hingga DJ Tiesto. Cubase termasuk perangkat lunak editing audio profesional yang paling populer dan cukup diakui, karena itu umumnya Cubase sedikit lebih mahal dibandingkan kompetitornya.

Anda bisa memodifikasi audio Anda menjadi lebih menarik lagi, seperti menambahkan berbagai filter dan efek yang dapat dibuat terpisah dari trek audionya dengan fitur Audio-Ins. Tidak hanya itu, dengan Cubase Anda bisa menggunakan equalizer untuk mengatur frekuensi musik Anda agar jauh lebih halus. Adapun fitur unggulan yang perlu diketahui dari Cubase, mulai dari Chord pads, Channel strips, Fix Modulator, VariAudio, AudioWarp, dan Comping. Cubase digunakan pada komputer dalam platform Windows dan MacOS.

4. Audiotool

Audio Tool
Audiotool

Sedikit berbeda dengan software editor audio lainnya, ini termasuk software yang dapat Anda akses dengan bebas di situsnya. Audiotool merupakan software DAW online yang langsung Anda gunakan di browser dengan platform penerbitan bawaan untuk membagikan hasil kreativitas Anda. Audiotool juga termasuk software editing audio berbasis cloud, sehingga Anda dapat mengakses audio atau musik Anda dari mana saja dan kapan saja. Anda dapat menggunakan berbagai fitur yang tersedia dengan bebas.

Selain gratis, Audiotool juga menyediakan perpustakaan sampel yang luas, ada juga fitur beatmakers toolbox, synthesize sound secara real time, dan menyediakan berbagai efek canggih. Salah satu fitur yang cukup spesial adalah fitur di mana Anda bisa berkolaborasi dengan editor musik lain yang juga menggunakan Audiotool. Kekurangan dari Audio Tool ini terletak pada tampilannya yang kurang intuitif, jadi untuk Anda yang masih pemula, software yang satu ini cukup sulit digunakan.

Baca Juga  8 Cara Mengatasi Sayangnya, Musik Telah Berhenti

Lihat Juga : 19 Aplikasi Desain Grafis PC & Mac Terbaik

5. WavePad Audio Editor

Wavepad
Wavepad

WavePad Audio Editor adalah sebuah software editor audio untuk komputer pada sistem operasi Windows. Software ini dapat Anda unduh secara gratis melalui situs resmi mereka. WavePad Audio Editor memiliki segudang fitur lengkap dan pengoperasiannya mendukung semua versi Windows. Beberapa fitur dasar pengeditan musik yang dapat Anda gunakan mulai dari merekam trek audio, memangkas, memotong, menyalin, menempel, menghapus, maupun menambahkan silence pada rekaman. Selain itu dengan WavePad Audio Editor Anda dapat menggunakan fungsi gema, amplifikasi, normalisasi, pengurangan noise, fade in/out, auto-trim, reverb, dan masih banyak lagi.

Sebagai software editing audio, software ini dilengkapi dengan perpustakaan suara yang luas yang berisi beragam efek dan musik bebas royalti. Anda juga dapat menggunakan plugin serta menyimpan hasil proyek audio ke beragam format audio populer. Aplikasi ini cukup kaya akan fitur dan mendukung berbagai format file, antara lain, WMA, GSM, MP3, FLA, M4A, AIF, AAC, VOX, AMR, dan OGC. WavePad Audio Editor memiliki antarmuka dan intuitif yang user friendly dan stasiun kerja digital audio yang cukup profesional,  yang dapat Anda akses melalui bilah menu, pita tab, dan panel navigasi. Jika Anda mencari software editing audio yang mudah digunakan dan canggih, WavePad Audio Editor dapat Anda jadikan pilihan terbaik.

6. Reaper

Reaper
Reaper

Reaper adalah stasiun kerja digital audio dan perangkat lunak sequencer MIDI yang dibuat oleh Cockos. Software ini tidak memiliki versi gratis, Reaper hanya menyediakan masa percobaan gratis yang berlangsung selama 60 hari. Setelah masa percobaan berakhir, pengguna diharuskan membeli lisensi atau lisensi berdiskon yang dapat dibeli dengan satu kali pembayaran sebesar $60. Reaper menawarkan banyak sekali fitur menarik yang akan sangat berguna untuk pekerjaan Anda.

Beberapa fungsi yang dapat digunakan seperti audio multitrack dan MIDI recording, editing, processing, mixing dan mastering toolset. Hanya saja, Reaper merupakan software yang ditujukan untuk para veteran, jadi pemula akan sulit menggunakannya. Sebagai tambahan, Reaper juga mendukung berbagai perangkat keras, format digital, dan plugin, ini juga dapat ditulis maupun di modifikasi secara komprehensif.

7. Wavosaur

Wavosaur
Wavosaur

Wavosaur adalah editor suara dan audio gratis dan keren untuk mengedit, memproses, dan merekam suara untuk file wav dan mp3. Software yang satu ini merupakan software audio editor lain yang kami rekomendasikan untuk Anda coba. Sama halnya dengan software audio editor lain, di sini Anda juga akan mendapatkan berbagi fitur profesional yang akan membantu Anda memodifikasi musik. Seperti memotong, menambah track, menggabungkan beberapa audio menjadi satu, dan kegunaan-kegunaan lainnya.

Wavosaur memiliki tampilan yang sederhana, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya. Editor audio ini termasuk freeware yang bekerja pada Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 10, dan yang lebih baru.

Baca Juga  12 Aplikasi Video Call PC & Mac Terbaik

Lihat Juga : 15 Aplikasi Antivirus PC, Laptop, Mac Terbaik

8. Ardour

Ardour
Sumber gambar : ardour.org

Ardour adalah software editor musik (DAW) yang bersifat open source. Ini juga dapat digunakan di banyak OS Komputer, mulai dari Windows, MacOS, bahkan Linux sekalipun. Dengan menggunakan Ardour, Anda bisa memodifikasi musik Anda dengan berbagai fitur yang telah tersedia. Anda dapat menggunakan Ardour untuk perekaman multitrack audio dan MIDI, editing, dan audio mixing. Sebagai software dengan sumber terbuka, ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi suara apa pun dan mengekspornya ke berbagai platform.

Ardour sangat kompatibel dengan pengeditan output mono dan stereo. Selain itu juga mendukung berbagai plug-ins untuk pengerjaan produksi suara. Dalam hal interface, Ardour memiliki antarmuka yang cukup rapi dan mudah digunakan.

9. Qtractor   

Qtractor
Sumber gambar : qtractor.sourceforge.io

Seperti software editing audio yang lainnya, Qtractor merupakan software audio editor sekaligus dapat digunakan untuk perekaman musik. Hal ini bisa dilakukan berkat dukungan penggunaan MIDI Controller. Tidak hanya itu, Qtractor juga menyediakan berbagai fitur keren, seperti Multi Track Audio MIDI recording, dan MIDI Sequencing. Software yang satu ini memang sangat bagus untuk Anda gunakan. Terutama untuk Anda yang ingin memproduksi musik sendiri, Anda bisa merekam dan mengeditnya di software yang sama. Qtractor termasuk perangkat lunak open source gratis, yang didistribusikan di bawah GNU GPL versi 2 atau yang lebih baru.

10. Power Sound Editor Free

Power Sound Editor Free
Sumber gambar : free-sound-editor.com

Seperti kebanyakan software audio editor yang lain, Power Sound Editor Free ini tersedia secara gratis dan bisa digunakan secara bebas tanpa batasan. Banyak yang mengatakan software ini mirip dengan Audacity, Power Sound Editor Free ini Anda bisa memproduksi musik Anda sendiri. mulai dari perekaman, dan pengeditan bisa dilakukan di sini. Adapun kumpulan fiturnya antara lain untuk merekam suara dari sumber mana pun, mengedit dile audio secara visual, fitur riprner CD, dan dukungan semua format audio utama, mulai dari format MP3, MP2, WAV, WMA, Ogg, Vorbis, Audio Tracks, dan VOX.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Kompres Video PC & Mac Terbaik

Penutup,

Itulah sekumpulan aplikasi audio editor PC yang dapat Anda gunakan berdasarkan kebutuhan yang Anda inginkan. Dari banyaknya aplikasi audio editor yang tersedia, masing-masing memiliki karakteristik dan fitur khusus yang berbeda-beda. Meskipun begitu, Anda tetap bisa memilih untuk menggunakan satu atau lebih software audio editor menyesuaikan kebutuhan proyek audio seperti apa yang ingin Anda edit. Seiring waktu, aplikasi audio editor pada PC akan terus mengalami perkembangan fitur dan spesifikasi mengikuti perkembangan teknologi.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi edit audio PC seperti yang telah dibahas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda di media sosial dan terus ikuti pembaruan artikel dari kami. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Anisa Purwandari, Donny Setiawan | Editor : Erga Bayu Aji

Artikel terkait