10 Aplikasi Jual Beli Rumah Terbaik 2022

Aplikasi jual beli rumah adalah teknologi yang membantu kita dalam transaksi properti.

Platform jual beli rumah menjadi alternatif yang praktis dari sisi penjual maupun pembeli. Selain mudah dibuka sewaktu-waktu, tampilan aplikasi seluler juga lebih bersih dan efisien ketimbang situs website.

Kami merangkum 10 rekomendasi aplikasi jual beli rumah terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Lengkap dengan ringkasan fitur unggulan dan tabel perbandingannya. Perlu diingat bahwa artikel ini memuat penilaian subjektif dari penulis.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih aplikasi jual beli rumah yang paling cocok, berikut kami rangkum kesepuluh aplikasi yang telah dibahas di atas.

No Nama Aplikasi Rilis Unduhan* Harga
1 OLX Indonesia 10/2012 10Jt+ Beli: Rp100 Ribu – Rp500 Miliar
2 Pinhome 09/2021 100Rb+
3 99.co 05/2014 500Rb+ Rp50 Juta – Rp50 Miliar
4 Rumah123.com 05/2013 500Rb+ Rp679 Ribu – ±Rp50 Miliar
5 My Property Indonesia 02/2021 1Rb+ Rp460 Ribu – Rp14,4 Miliar
6 Tinggal.id 04/2018 1Rb+
7 OnList 03/2021 10Rb+ Rp100 Ribu – Rp100 Miliar
8 Rumah.com 12/2011 1Jt+ Beli: Rp50 juta – Rp100 Miliar; Sewa:
9 Mitula Homes 10/2015 1Jt+ Beli: ?Rp40 Miliar; Sewa: ?Rp300 Juta
10 Lamudi Indonesia 11/2019 100Rb+ Beli: ±Rp50 Juta – ±Rp10 Miliar; Sewa: ±Rp50 Ribu – ±Rp50 Juta

*Berdasarkan data di Play Store per Agustus 2022

1. OLX Indonesia

Dirilis sejak tahun 2012, tak diragukan lagi jika OLX adalah aplikasi jual beli online yang populer. Meski lekat dengan sebutan pusat jual beli barang bekas, OLX juga memfasilitasi jual beli dan sewa properti.

Pengguna pun bisa menginstal aplikasi ini secara gratis di Play Store atau App Store. Fiturnya yang lengkap memungkinkan calon pembeli/penyewa untuk bertukar pesan dengan penjual tanpa beralih aplikasi.

Jenis properti yang dijual dan disewakan di OLX meliputi rumah, apartemen, tanah, indekos, dan bangunan komersil.

Karena memiliki banyak pengguna, rentang harga properti di OLX pun sangat beragam. Namun, perkiraan harga jual/sewa properti rata-rata di OLX adalah mulai dari >Rp100 sampai dengan Rp500 miliar.

Baca Juga  20 Aplikasi Investasi Terbaik Terpercaya OJK 2022

2. Pinhome

Pinhome merupakan aplikasi penyedia pencarian properti, KPR, sekaligus jasa rumah tangga. Aplikasi dengan kombinasi fitur yang unik ini dirilis sejak September 2021 dan bisa diunduh melalui Play Store maupun App Store.

Dalam hal pembelian rumah, Pinhome akan memberi pendampingan bagi Anda dalam proses pencarian properti hingga pengajuan KPR. Adapun pilihan jasa rumah tangga yang bisa Anda pilih di aplikasi ini meliputi jasa bersih-bersih rumah, reparasi AC, disinfectant fogging, hingga cuci mobil.

Secara keseluruhan, Pinhome mengadopsi tampilan dan tata letak aplikasi yang modern, compact, dan user-friendly. Pengguna diberikan pengalaman mencari properti dengan cara yang familier, salah satunya melalui format tampilan ala instastory.

3. 99.co

Rilis di Play Store sejak 26 Mei 2014, 99.co menjadi platform yang mempertemukan agen/perusahaan properti dengan pembelinya. Aplikasi jual beli rumah ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 500 ribu kali di Play Store.

Dengan deskripsi detail properti yang komprehensif, calon pengguna 99.co disuguhkan dengan transparansi perkiraan angsuran bulanan plus tenor pembayarannya.

Aplikasi yang juga tersedia di App Store ini dibekali dengan akses simulasi KPR. Fitur ini tentu memudahkan Anda dalam mengestimasi budget dan besaran angsuran nantinya.

Tak hanya rumah, jenis properti yang ditawarkan 99.co turut mencakup apartemen, tanah, ruko, vila, kantor, hingga gudang. Menurut pantauan per Agustus 2022, range harga properti di aplikasi 99.co adalah Rp50 juta sampai dengan Rp8,4 miliar.

4. Lamudi Indonesia

Sama halnya dengan sejumlah aplikasi sebelumnya, Lamudi Indonesia adalah platform yang menyediakan penjualan, pembelian, dan penyewaan properti.

Aplikasi yang rilis pada 26 November 2019 ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu kali di Play Store, serta memiliki rating yang tinggi di App Store. Dinilai dari segi tampilan, aplikasi ini mudah dipahami dan tersusun dengan ringkas.

Baca Juga  Review Bibit Reksadana Online: Apa Aman, Kelebihan Kelemahan (2022)

Tipe properti yang bisa diperjualbelikan dan dipersewakan via Lamudi Indonesia melingkupi rumah, apartemen, kos, komersial, dan tanah.

Tidak disebutkan informasi pasti terkait rentang harga di aplikasi ini, namun harga jual properti berada di rata-rata >Rp50 juta hingga sekitar Rp10 miliar.

5. Rumah123.com

Berada di bawah 99.co Group Indonesia, Rumah123.com merupakan platform pencarian properti dan real estate di Indonesia.

Rumah123.com sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali di Play Store. Pengguna iOS juga bisa mengunduhnya melalui App Store.

Sama seperti 99.co, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur kalkulator KPR. Hanya saja, tampilan Rumah123.com didesain dengan konsep yang lebih minimalis.

Fitur utama yang disediakan bagi pengguna adalah akses pencarian properti baru/second untuk disewa maupun dijual. Filter pencarian Rumah123.com tergolong efisien dengan menyertakan indikator luas tanah/bangunan serta spesifikasi tempat tidur dan kamar mandi.

Tipe properti yang bisa disewa/dibeli di aplikasi Rumah123.com meliputi rumah, residensial, apartemen, ruko, tanah, pabrik, kantor, gudang, dan ruang usaha. Adapun kisaran harga yang ditawarkan berada di angka Rp679.000 sampai dengan lebih dari Rp50 miliar.

6. OnList

OnList merupakan aplikasi jual, beli, dan sewa properti di Indonesia. Masih terbilang baru, OnList sudah mencapai angka unduhan lebih dari 10 ribu di Play Store. Pengguna iOS juga bisa mengunduhnya gratis melalui App Store.

Secara keseluruhan, aplikasi ini terbilang efisien dan user-friendly. Didesain dengan konsep modern, aplikasi OnList juga menyajikan pencarian properti melalui menu Explore khas sosial media Instagram.

Tipe properti tersedia di OnList meliputi rumah, apartemen, ruko, dan gudang atau warehouse. Range harga beli/sewa properti di aplikasi ini adalah mulai dari Rp100.00 sampai dengan Rp100 miliar.

7. Rumah.com

Sudah diunduh lebih dari satu juta kali di Play Store, Rumah.com memudahkan penggunanya dalam menemukan properti idaman, baik untuk dibeli maupun disewa. Aplikasi yang mengantongi rating 4.5 di App Store ini menampilkan spesifikasi dan fasilitas properti yang terperinci.

Baca Juga  5 Alasan Pentingnya Memulai Investasi untuk Masa Depan

Dari segi pencarian, Rumah.com menyediakan opsi filter properti yang lebih lengkap dan spesifik dibandingkan aplikasi jual beli rumah lainnya. Tipe propertinya pun cukup variatif, mencakup rumah, tanah, apartemen, kondominium, dan villa.

Kisaran harga beli properti mulai dari Rp50 juta hingga Rp100 miliar, sedangkan harga sewa berada di angka

8. Mitula Homes

Mitula Homes adalah aplikasi asal Inggris yang berfungsi sebagai platform pencarian rumah atau flat untuk dibeli maupun disewa. Aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store ini tersedia bagi pengguna global di 41 negara, termasuk Indonesia.

Kustomisasi filter pencarian Mitula Homes didesain dengan fungsi yang komprehensif, termasuk jumlah kamar, jumlah kamar mandi, luas area, dan rentang waktu diperbarui. Secara umum, aplikasi ini juga mudah dioperasikan dan cukup efisien.

Kategori properti yang bisa dipilih terdiri dari rumah, apartemen, tanah, dan properti komersial. Harga properti yang dijual pada Mitula Homes adalah maksimal Rp40 miliar, dan maksimal Rp300 juta untuk properti sewa.

9. My Property Indonesia

Aplikasi C2C (customer to customer) milik situs myproperty.id ini dirilis di Play Store sejak 8 Februari 2021. Tercatat hingga saat ini, My Property Indonesia sudah diunduh lebih dari seribu kali.

Fungsi utama My Property Indonesia adalah menghubungkan penjual properti dengan pembeli/penyewa potensialnya. Penjual properti bisa memasang produknya secara gratis maupun dengan iklan berbayar.

Tak hanya rumah, pembeli juga disediakan pilihan properti lain, termasuk vila, apartemen, ruko, hingga co-working space. Kisaran harga properti yang ditawarkan adalah mulai dari Rp460.000 hingga Rp14,4 miliar.

10. Tinggal.id

Diluncurkan melalui Play Store sejak 11 April 2018, Tinggal atau Tinggal.id adalah aplikasi pencarian properti untuk dibeli atau disewa.

Secara umum, kustomisasi filter pada aplikasi Tinggal masih belum bisa dibilang efisien. Meski begitu, aplikasi ini unggul dari segi penyediaan variasi properti yang unik dan dikategorikan dengan spesifik.

Berikut adalah rincian kategori dan jenis properti di aplikasi Tinggal:

  • Residensial, meliputi: rumah, vila, apartemen, guest house, homestay, kost, dan tanah
  • Komersial, meliputi: ballroom, cloud kitchen, cold storage, co-working space, event space, function hall, function room, gudang, kantor, kios, meeting room, ruko, serviced office, dan virtual office.

Tidak disebutkan range harga properti dijual/disewa pada aplikasi ini, tetapi rata-rata harga berkisar mulai dari