10 Cara Membuka File PDF, DOCX, EXCEL di WhatsApp

Menjadi salah satu aplikasi sosial messenger nomor satu dunia membuat WhatsApp tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi namun juga sebagai alat transfer atau berbagi file secara lebih cepat. Hal ini dilakukan lantaran kirim file di WhatsApp lebih mudah dan cepat, terlebih untuk mahasiswa yang sering mendapatkan informasi terbaru dari kampus melalui grub kelasnya masing-masing. Sebagian pengguna Android mungkin masih merasa kebingungan dalam membuka file PDF, Docx, atau Excel di WhatsApp.

Dan melalui artikel ini saya akan membantu melakukannya secara mudah dan cepat. Mengingat, penulis sendiri sering mendapatkan atau mengirim file melalui WhatsApp, baik itu dokumen, foto, video, dan sebagainya. Dan untuk membuka file di WhatsApp, Anda membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga. Apalagi, WhatsApp saat ini tidak dibekali dengan fitur membuka file secara langsung, terkecuali untuk gambar dan video. Penasaran seperti apa caranya, simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Membuka File RAR dan ZIP di HP Android

Cara membuka file PDF, DOCX, Excel di WhatsApp

Rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuka beragam file atau dokumen adalah WPS Office. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuka dokumen yang dikirimkan pengguna lain di WhatsApp secara langsung. Dukungan format file cukup beragam, mulai dari Docx, PPT, PDF, Excel, TXT, dan lain sebagainya. Selain membuka dokumen, Anda juga dapat melakukan konversi file PDF ke Word dengan aplikasi ini. Untuk menggunakannya, Anda bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuka File Docx di WhatsApp
WPS Office. Erga Bayu Aji
WPS Office - Free Office Suite for Word,PDF,Excel
WPS Office - Free Office Suite for Word,PDF,Excel
‎WPS Office
‎WPS Office
  1. Pertama, unduh aplikasi WPS Office langsung dari Google Play : [Google Play] [App Store]
  2. Setelah terinstal, Anda bisa langsung membuka aplikasi WhatsApp dan temukan file PDF, DOCX, atau lainnya yang ingin Anda buka.
  3. Klik file tersebut dan pilih opsi aplikasi WPS Office dan secara otomatis WPS Office akan terbuka dan lihat hasilnya.
  4. File dokumen yang Anda inginkan akan terbuka seperti yang bisa Anda lihat pada contoh di atas.
  5. Selesai.
Baca Juga  Cara Screenshot HP Infinix S2 | S2 Pro, Mudah!

Lihat Juga : 7 Cara Ekstrak File RAR, ZIP, TAR di HP Android


Aplikasi office selain WPS Office

Selain aplikasi di atas, ada beragam aplikasi office lain yang bisa Anda gunakan untuk membuka file PDF, Word, dan lainnya di HP Android. Simak daftarnya berikut ini.

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader
Sumber Image : Play Store
Adobe Acrobat Reader: PDF Viewer, Editor & Creator
Adobe Acrobat Reader: PDF Viewer, Editor & Creator
‎Adobe Acrobat Reader: Edit PDF
‎Adobe Acrobat Reader: Edit PDF

Selain WPS Office, Anda bisa gunakan Adobe Acrobat Reader besutan Adobe. Aplikasi ini cukup terkenal, yang mana mampu membantu para pengguna Android dalam membuka dan mengedit file PDF. Tidak hanya membuka, jika mau, Anda bisa membuat file PDF langsung dari gambar atau dokumen lain. Menariknya lagi, Anda bisa melakukan konversi file PDF ke format lain sesuai kebutuhan atau keinginan. Tertarik mencoba, unduh gratis Adobe Acrobat Reader via Google Play sekarang juga.

2. Google PDF Viewer

Google PDF Viewer
Sumber Image : Google Play
PDF Reader - PDF Viewer 2022
PDF Reader - PDF Viewer 2022

Pilihan selanjutnya adalah Google PDF Viewer yang merupakan produk dari Google untuk para pengguna Android. Aplikasi ini sangat ringan dan support pada kebanyakan perangkat Android. Ukurannya juga cukup kecil sehingga sangat menghemat ruang penyimpanan. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuka, mencetak, menelusuri, dan menyalin teks pada dokumen PDF. Tertarik mencoba, unduh gratis Google PDF Viewer via Google Play sekarang juga.

3. Google Dokumen

Google Dokumen
Sumber Image : Play Store
Google Docs
Google Docs
‎Google Docs: Sync, Edit, Share
‎Google Docs: Sync, Edit, Share

Rekomendasi berikutnya ada Google Dokumen yang juga merupakan produk Google. Dengan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah membuka dokumen word via WhatsApp secara langsung. Dan menariknya, aplikasi ini berjalan secara offline sehingga dapat Anda gunakan kapan saja Anda inginkan. Tidak hanya membuka dokumen, Anda juga bisa mengedit atau membuat dokumen baru lalu menyimpannya pada memori internal. Aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna iPhone dan bisa di unduh via App Store secara gratis.

Baca Juga  2+ Cara Screenshot HP Huawei MATE 20 Lite, Pro, RS, & Porsche Design

4. Microsoft Word

Microsoft Word
Sumber Image : Google Play
Microsoft Word: Write, Edit & Share Docs on the Go
Microsoft Word: Write, Edit & Share Docs on the Go
‎Microsoft Word
‎Microsoft Word

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi yang satu ini, Microsoft Word merupakan produk Office terkenal besutan Microsoft. Terkenal bagi para pengguna Windows, Microsoft kini juga hadirkan varian untuk pengguna Android dan iOS. Dengan Microsoft Word, Anda bisa melakukan banyak hal, seperti membuka dokumen, membuat, mengedit, menyimpan pada Cloud, dan masih banyak lagi. Meskipun tidak semaksimal versi desktop, namun versi mobile sudah sangat cukup untuk editing file docx. Jika mau, Anda-pun juga bisa membuka file PDF dengan Microsoft Word. Tertarik mencoba, unduh gratis Microsoft Word via Google Play sekarang juga.

5. Microsoft Excel

Microsoft Excel
Sumber Image : Google Play
Microsoft Excel: View, Edit, & Create Spreadsheets
Microsoft Excel: View, Edit, & Create Spreadsheets
‎Microsoft Excel
‎Microsoft Excel

Selain Word, ada juga Excel yang penting digunakan untuk kebutuhan akses data berbentuk tabel dengan rumus kompleks. Excel memang di peruntuhkan untuk kebutuhan perhitungan atau pendataan, khususnya akuntansi atau informasi audit keuangan. Pada kasus tertentu, terkadang kita mendapati kiriman file Excel via WhatsApp dan harus membuka saat itu juga, maka Microsoft Excel dapat menjadi pilihannya. Dan bagi Anda yang memang membutuhkan Microsoft Excel, unduh gratis via Google Play sekarang juga.

6. dll.


Penulis : Erga Bayu Aji | Editor : Rafiq Akbar Hakim

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp