10 Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Untuk dapat memaksimalkan penggunaan perangkat Android, khususnya pada aplikasi messenger, tentunya sebagian pengguna lebih suka ada notifikasi nada pada setiap pesan masuk. Ini sebagai penanda lebih selain adanya getar dan juga lampu notifikasi. Adapun jika bagian ini bermasalah, maka tentunya Anda merasa kurang maksimal atau kurang dalam menjalankan setiap aktivitas berkirim pesan singkat pada aplikasi WhatsApp.

Penyebab dari masalah tersebut tentu dapat bermacam-macam, bisa karena salah setting, belum terpilihnya nada, belum melakukan perizinan, file sampah, atau banyaknya bugs pada aplikasi tersebut. Dari penyebab-penyebab tersebut, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan perizinan serta pemilihan nada. Lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC/ Laptop

Cara mengatasi nada notifikasi WhatsApp tidak bunyi

Nada notifikasi yang bermasalah kebanyakan karena salah setting atau perizinan yang kurang maksimal. Nah, untuk mengatasinya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pastikan smartphone tidak pada mode diam

Hal sederhana pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi nada yang tidak berbunyi adalah memastikan bahwa mode yang Anda gunakan bukan mode diam atau hening tetapi mode dering. Fungsi dari mode hening sendiri adalah membuat semua notifikasi nyala dan masuk tanpa nada, hanya getar, pop-up, atau pada bar notifikasi saja. Nah, jika Anda ingin notifikasi nada berbunyi, khususnya pada aplikasi WhatsApp, maka mode yang Anda gunakan adalah mode dering.

2. Pastikan nada WhatsApp telah terpilih

Pilih Nada Dering Notifikasi WhatsApp
2. Pastikan nada notifikasi WhatsApp telah terpilih. Erga Bayu Aji

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda telah melakukan setelan pada notifikasi WhatsApp. Anda bisa melihat opsional ini pada bagian dalam aplikasi WhatsApp. Jika pilihannya “Tidak Ada” maka jelas saja nada tidak akan bunyi sama sekali. Dan untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak langkah-langkah dalam memilih nada pesan masuk pada aplikasi WhatsApp berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp »tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Notifikasi » Nada Notifikasi.
  3. Tap Pilih Suara »kemudian pilih nada yang ada pada ponsel Anda.
  4. Tap Centang untuk Apply.
  5. Selesai.
Baca Juga  Tutorial Smudge Painting 3D/ HD Photoshop

Lihat Juga : 5 Cara Menampilkan Kembali Notifikasi Android yang Hilang

3. Pastikan perizinan notifikasi aktif / menyala

Izinkan Pemberitahuan WhatsApp
3. Pastikan perizinan notifikasi WhatsApp telah aktif. Erga Bayu Aji

Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan perizinan pada aplikasi WhatsApp agar notifikasi dapat berjalan maksimal. Setiap smartphone biasanya sudah otomatis dalam melakukan perizinan, namun untuk lebih baiknya, Anda perlu melakukan pengecekan. Opsional ini ada pada bagian pemberitahuan dan bilang status untuk perangkat Huawei. Namun jika Anda menggunakan smartphone lain, maka Anda bisa menyesuaikannya.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi »temukan dan pilih WhatsApp.
  3. Pilih Notifikasi »aktifkan bagian Izinkan Notifikasi.
  4. Selesai.

Selain perizinan notifikasi, cek juga bagian perizinan notifikasi pesan.

Izinkan Notifikasi Pesan WhatsApp
3. Cek juga bagian perizinan notifikasi pesan WhatsApp. Erga Bayu Aji
  1. Pada fitur Notifikasi WhatsApp » pilih Notifikasi Pesan.
  2. Pastikan bagian Izinkan Notifikasi, Nada Dering, dan Getar dalam keadaan aktif.
  3. Selesai.

Selesai melakukan perubahan di atas, coba restart ponsel Android Anda. Setelah itu, minta teman untuk mengirim pesan ke Anda untuk melakukan testing apakah nada dering terdengar atau tidak.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Notifikasi SMS Tidak Bunyi & Muncul di SAMSUNG

4. Update WhatsApp ke versi terbaru

Update WhatsApp ke versi terbaru
4. Update aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru. Erga Bayu Aji

Tips berikutnya, cobalah untuk update versi WhatsApp Anda ke versi terbaru. Selain mendapatkan pembaruan dari WhatsApp, cara ini juga akan memperbaiki bugs serta meningkatkan stabilitas aplikasi. Anda bisa update versi WhatsApp Anda melalui Google Play Store.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

5. Bersihkan data aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
5. Coba hapus data aplikasi WhatsApp. Erga Bayu Aji

Selanjutnya apabila semua metode di atas tidak berhasil mengatasi permasalahan Anda, maka solusi terakhir yang dapat Anda coba lakukan yakni dengan menghapus data aplikasi WhatsApp. Menghapus data di sini dimaksudkan untuk mengembalikan WhatsApp ke posisi default. Semua data yang bersifat sementara akan terhapus seperti history, cache, bookmark, basis data, dan lainnya.

Baca Juga  Cara Screenshot Layar ASUS Zenfone GO ZB500KL

Untuk lebih amannya, Anda bisa melakukan backup media WhatsApp agar semua pesan diterima dan dikirim dapat Anda kembalikan lagi. Untuk menghapus data WhatsApp, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 6 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

6. WhatsApp tidak berjalan di latar belakang

Penyebab lain yang membuat nada notifikasi WhatsApp tidak bunyi bisa jadi aplikasi tidak berjalan di latar belakang. Tidak hanya nada, sebagian pengguna juga mengeluhkan chat tidak muncul dan baru muncul saat WhatsApp dibuka. Ini terjadi karena space RAM yang sangat terbatas, mungkin di bawah 3 GB. Solusinya adalah, jangan terlalu banyak membuka aplikasi dan jika pun membuka harus ditutup agar space RAM dapat terbagi untuk kebutuhan notifikasi WhatsApp. Selain itu, ada juga perlu membuka WhatsApp sesering mungkin agar notifikasi tidak bermasalah.

Lihat Juga : 6 Cara Menghemat Data Saat Menggunakan WhatsApp

7. Bersihkan memori RAM

Seperti yang saya katakan pada point sebelumnya, karena masalah space memori yang terbatas membuat semua aktivitas sedikit bermasalah, khususnya untuk hal-hal produktif. Solusi paling sederhana memang bisa dengan membersihkan cache memori. Aplikasi keamanan ataupun pembersih dapat menjadi kunci dalam mengatasi masalah ini.  Harapannya dengan metode ini, space RAM tetap tersedia luas walaupun keadaan sangat terbatas.

Baca Juga  9 Cara Menghemat Baterai Android Supaya Tetap Awet Dan Tahan Lama

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih RAM PC & HP Terbaik

8. Masalah koneksi internet

Tidak hanya masalah memori, hal lain yang perlu Anda perhatikan juga ada pada bagian koneksi internet. Ketika koneksi internet terjadi kelambatan maka tentunya akan sangat berdampak pada aplikasi terkait, salah satunya WhatsApp. Bagaimanapun, internet yang stabil tentu akan lebih baik ketimbang yang lambat. Jika pun terjadi kelambatan, maka biasanya WhatsApp pun akan ada jeda saat menerima pesan ataupun panggilan. Solusinya, pastikan koneksi internet Anda lancar dan maksimal.

Masalah Koneksi Internet

Kesimpulan,

Dengan adanya metode di atas, diharapkan masalah mengenai nada pesan WhatsApp yang tidak berbunyi dapat berbunyi kembali. Saya sebagai penulis juga tidak dapat menjamin akan berhasil, karena setiap perangkat memiliki masalah yang berbeda-beda. Namun ini dapat dijadikan acuan dalam mengatasi setiap masalah notifikasi pada aplikasi WhatsApp.

Metode di atas dapat Anda coba terapkan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, ASUS, Xiaomi, Redmi, VIVO, dan lainnya. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada aplikasi WhatsApp, silakan tulis melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Erga Bayu Aji | Editor : Rafiq Akbar Hakim

Masalah WhatsApp

Masalah Notifikasi Android