10 Cara Menghasilkan Uang dari Pinterest Agar Untung!

Pinterest bisa menjadi salah satu platform untuk menghasilkan uang. Meskipun popularitasnya tidak setinggi instagram, Pinterest menjadi salah satu sosial media yang memiliki pengguna cukup eksklusif dan loyal. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. 

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari Pinterest? Tenang saja, di artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara menghasilkan uang dari Pinterest. Sudah semakin penasaran? Simak sampai akhir, ya!

Berikut 10 cara menghasilkan uang dari Pinterest yang bisa Anda coba:
 

1. Membuat Infografis yang Edukatif

Membuat infografis yang edukatif adalah salah satu cara menghasilkan uang dari Pinterest. Cara ini cukup efektif karena memiliki daya tarik tersendiri untuk para target Anda. Kebermanfaatan infografis Anda tentunya akan menjadi salah satu hal eksklusif yang dicari-cari oleh para pengguna Pinterest.

Untuk membuat infografis yang edukatif, Anda bisa riset terlebih dahulu dari berita atau kejadian yang sedang viral terjadi. Anda bisa mencarinya melalui sosial media lain, atau melalui Google Trend. Penggunaan berita atau kejadian yang sedang viral, akan membantu meningkatkan jangkauan infografis Anda.

Tak cukup membuat infografis yang edukatif, Anda perlu memadukannya dengan hiburan yang menarik. Strategi ini dilakukan agar target Anda tidak terlalu bosan dengan konten-konten yang terlalu serius. Tertarik mencoba?
 

2. Membuat Video Promote

Cara menghasilkan uang dari Pinterest selanjutnya adalah dengan membuat video promosi. Video menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Pinterest. Sebab, video ternyata menjadi salah satu postingan yang menarik perhatian pengguna Pinterest.

Buatlah video promosi dengan isi keunggulan produk, cara menggunakannya, hingga manfaat atau keuntungan yang akan diterima calon pembeli. Gabungkan dengan isi konten video yang menghibur agar pengguna Pinterest lebih tertarik.
 

3. Menjual Barang atau Produk

Cara menghasilkan uang dari Pinterest salah satunya adalah menjual barang atau produk. Sebuah riset menunjukkan, dari 300 juta orang yang mengunjungi Pinterest tiap bulan, 84% nya menggunakan Pinterest untuk berbelanja.

Baca Juga  Daftar Pinjaman Modal Usaha Baru Mulai Terbaik (Bunga, Syarat)

Hal ini tentu saja menjadi peluang Anda untuk bisa memasarkan produk melalui Pinterest. Namun, jangan lupa Anda harus mempunyai strategi tersendiri agar produk Anda laku terjual.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk di Pinterest, antara lain:

  • Membuat akun bisnis
  • Menjaga konsistensi brand
  • Menghubungkan ke Website perusahaan
  • Memposting konten yang menarik
  • Mengoptimalkan dengan teknik SEO
  • Menggunakan hashtag yang telah diriset
  • Menggunakan katalog
  • Mengiklankan produk-produk Anda
     

4. Menjual Barang Dropship

Ingin menjual produk di Pinterest tapi tidak mempunyai modal? Tenang saja, Anda bisa menghasilkan uang dari Pinterest dengan cara menjual barang dropship. Anda hanya perlu menemukan beberapa brand yang menawarkan sistem dropship. 

Sistem dropship memudahkan Anda untuk menjual barang tanpa harus menyetok barangnya terlebih dahulu. Selain itu, barang dropship biasanya memiliki pasar yang cukup luas, sehingga sudah banyak yang mengenal barang tersebut. 

Dengan menggunakan Pinterest, Anda bisa menjual barang dropship secara lebih mudah. Setelah mendapatkan pelanggan, Andar bisa langsung menghubungi pemasok barang dan mengirimkan pesanannya langsung ke alamat pembeli. Anda mendapatkan keuntungan dari selisih harga di tangan pemasok dengan harga jual ke pembeli.
 

5. Melakukan Kolaborasi dengan Brand

Cara menghasilkan uang dari Pinterest selanjutnya adalah dengan melakukan kolaborasi dengan brand. Kolaborasi dengan brand yang dimaksud bisa bermacam-macam. Bisa kolaborasi dalam bentuk konten, ataupun talent.

Misalnya Anda adalah seorang beauty enthusiast. Anda bisa mengajak salah satu brand kecantikan seperti Avoskin untuk berkolaborasi. Kolaborasi bisa dalam bentuk review atau promosi salah satu produk Avoskin.

Untuk bisa melakukan kolaborasi dengan brand, Anda perlu menjalin hubungan yang baik dengan brand-brand tersebut. Karena beberapa brand akan menggunakan talent yang sama, jika mereka merasa sudah cocok dengan tujuan yang mereka inginkan.
 

Baca Juga  19+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula Tanpa Modal

6. Melakukan Promosi dengan Tautan Produk Afiliasi 

Cara menghasilkan uang dari Pinterest selanjutnya adalah melakukan promosi dengan tautan produk afiliasi. Maksudnya, Anda perlu menautkan tautan produk tertentu di salah satu postingan konten Anda. Lalu, darimana Anda bisa mendapatkan uangnya?

Nah, setiap ada orang yang berbelanja melalui tautan yang disematkan, Anda akan mendapatkan uang dari produk tersebut. Semakin banyak orang yang berbelanja dari tautan yang Anda pasang, semakin banyak pula yang yang Anda dapatkan.
 

7. Memanfaatkan Fitur Pinterest for Business

Sama dengan sosial media lainnya, Pinterest juga memiliki fitur bisnis. Dengan menggunakan fitur bisnis, Anda bisa membuat akun Anda terlihat semakin profesional. Dengan itu, Anda bisa memperkenalkan dan mengelola brand dengan lebih baik. 

Berikut beberapa keuntungan bagi Anda yang menggunakan akun fitur Pinterest:

  • Mendapatkan Fitur Analitik
  • Bisa Memasang Iklan
  • Meningkatkan Brand Authority
  • Melihat Tren yang Muncul
  • Meningkatkan Pengunjung Website
     

8. Memanfaatkan Fitur One-tap Promote Pins

Salah satu fitur Pinterest yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang adalah Fitur One-Tap Promote Pins. Fitur One-Tap Promote Pins adalah fitur yang bisa digunakan untuk mengiklan sebuah pin promosi berbayar dan muncul sesuai dengan tema dan minat yang dipilih. 

Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Hal ini terjadi sebab produk yang Anda iklankan akan langsung menjangkau calon pembeli Anda yang mempunyai minat dengan produk Anda.

Misalnya Anda menjual produk berupa buku kuliah. Nah, dengan menggunakan fitur ini, produk ini akan diiklankan secara langsung ke pengguna Pinterest yang merupakan mahasiswa, sesuai dengan target pasar Anda. Sehingga target penjualan Anda akan semakin meningkat.
 

Baca Juga  10+ Alasan Belajar SEO Website Penting untuk Usaha Bisnis Online

9. Membuka Jasa Konsultasi Pinterest

Jika Anda telah mengerti algoritma Pinterest, membuka jasa konsultasi menjadi peluang Anda dalam menghasilkan uang dari Pinterest. Banyak akun bisnis yang memiliki target pasar di Pinterest, sehingga mereka ingin akunnya dioptimasi.

Dengan membuka jasa konsultasi Pinterest, berarti Anda perlu memberikan strategi kepada calon pelanggan Anda agar akun mereka mengalami peningkatan. Untuk itu, Anda perlu riset terlebih dahulu beberapa akun yang akan Anda tangani. Baru Anda bisa menemukan strategi atau cara untuk mengoptimasi akun tersebut.

Cara untuk menaikkan traffic dan jangkauan Pinterest salah satunya menggunakan teknik SEO. Temukan keyword yang cocok untuk setiap postingan. Lalu, pasang keyword tersebut di postingan dan di tag. Pencarian yang tinggi dalam keyword akan membantu setiap postingan lebih banyak ditemukan oleh pengguna Pinterest.
 

10. Membuka Jasa Desain Konten

Cara menghasilkan uang dari Pinterest yang terakhir adalah dengan membuka jasa desain konten. Seperti yang diketahui bersama, Pinterest merupakan sosial media yang mengandalkan tampilan visual. Jika ingin mempunyai postingan yang ramai, maka desain kontennya harus menarik.

Hal itu menjadi peluang bagi Anda yang memiliki kemampuan dibidang desain. Anda bisa membuka jasa desain konten untuk beberapa akun Pinterest. Adapun cara menawarkan jasa Anda bisa dengan memposting hasil desain Anda melalui akun pribadi.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat Akun profesional sebagai seorang desainer. Buat branding pada aku Anda hingga mendapatkan trust dari target pasar Anda. Posting konten desain secara konsisten hingga menjangkau target yang lebih luas.