10 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Waktu

Kita tahu bahwa WhatsApp (WA) merupakan aplikasi yang terus aktif saat koneksi data dalam keadaan ON. Walaupun Anda menutup aplikasi ini, maka tetap saja akan terus berjalan di belakang background. WhatsApp memang tidak begitu membutuhkan banyak kuota tapi dalam keadaan tertentu, terkadang pengguna ingin sejenak tidak membuka/ menggunakan WhatsApp.

Maka dari itu solusinya adalah mematikan aplikasi WhatsApp dalam jangka waktu tertentu sesuai keinginan kita. Tenang saja, kali ini Anda tidak perlu root smartphone ataupun tablet Android Anda.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara waktu

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan aplikasi WhatsApp seperti menonaktifkan semua notifikasi obrolan WhatsApp, hingga menghentikan data yang berjalan di background.

1. Disable semua notifikasi WhatsApp

1 Mematikan semua notifikasi WhatsApp
1. Mematikan semua notifikasi/ pemberitahuan obrolan WhatsApp. Erga Bayu Aji

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan mematikan semua notifikasi / pemberitahuan pesan WhatsApp. Dengan cara ini, Anda tidak lagi terganggu dengan nada dering / banyaknya pesan masuk yang tampil di bar notifikasi.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi dan notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Kemudian pilih fitur Notifikasi.
  4. Matikan fitur Izinkan notifikasi untuk mematikan keseluruhan notifikasi WhatsApp.
  5. Selesai.

Fitur notifikasi WhatsApp biasanya bermacam-macam, Anda bisa pilih notifikasi yang perlu dimatikan dan yang tidak perlu dimatikan. Anda tidak harus men-disable semua notifikasi seperti yang saya lakukan di atas. Jika Anda hanya ingin mematikan notifikasi pesan (obrolan) atau grup, Anda bisa masuk pada pilihan tersebut dan disable pada bagian tersebut.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 6 Cara Agar WhatsApp Tidak Menyimpan Foto Otomatis

Baca Juga  3 Cara Mengatasi Aplikasi GOJEK Error di HP Android

2. Menghentikan data internet yang berjalan di background

2 Mematikan data internet WhatsApp
2. Mematikan data internet WhatsApp. Erga Bayu Aji

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yakni dengan menghentikan penggunaan data internet WhatsApp. Caranya hampir sama seperti metode pertama, Anda bisa masuk pada info WhatsApp melalui menu Pengaturan.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi dan notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Pilih fitur Penggunaan data.
  4. Matikan fitur Data internet dan Data latar belakang.
  5. Selesai.

Jika Anda mematikan Data internet, maka artinya Anda tidak bisa mengirim dan menerima pesan yang di kirim orang lain. Sedangkan jika Anda hanya mematikan Data latar belakang maka WhatsApp tetap berjalan (hanya ketika dibuka). Jika tidak dibuka maka WhatsApp dalam keadaan nonaktif (tidak bisa menerima pesan / panggilan secara real-time).

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 3 Cara Menyembunyikan Status Online WhatsApp

Penutup,

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menonaktifkan aplikasi WhatsApp sementara waktu. Hal paling sederhana dan mudah untuk Anda lakukan sebenarnya cukup dengan mematikan data internet dari aplikasi WhatsApp. Ponsel Android versi terbaru (Marshmallow ke atas) memungkinkan Anda untuk melakukan hal tersebut tanpa membutuhkan aplikasi tambahan.

Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Erga Bayu Aji | Editor : Rafiq Akbar Hakim

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp