10 Contoh Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Perangkat lunak atau software kita kenal sebagai bagian vital dalam sebuah komputer layaknya sebuah jiwa ditubuh manusia. Dengan adanya software ini, sebuah komputer dapat digunakan secara penuh kemampuannya. Hanya saja perangkat lunak tergolong menjadi beberapa bagian, sehingga perlu dibedakan agar para penggunanya memahami sistem kerja dari komputer mereka. Misalnya seperti software aplikasi yang mana biasa kita kenal dan gunakan sehari-hari seperti web browser, video player, foto / video editing dan sebagainya.

Ada juga software driver yang berfungsi sebagai jembatan perantara antara sebuah perangkat keras dan perangkat lunak agar dapat saling beroperasi satu sama lain. Dan yang terakhir yaitu software sistem, yang mana bisa dikatakan sebagai jiwa utama dari sebuah komputer atau istilahnya sebuah materi yang menghidupkan komputer agar dapat digunakan oleh penggunanya. Untuk lebih memahami lebih jelas mengenai software ini mari kita bahas mengenai perbedaan dan karakteristiknya.

Lihat Juga : 30 Komponen Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya

Perangkat Lunak Komputer

Contoh Perangkat Lunak Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Software atau dalam bahasa Indonesia berarti perangkat lunak merupakan set instruksi data yang digunakan komputer untuk dapat mengoperasikan perangkat input / output. Atau secara umum merupakan sebuah sebutan untuk mendeskripsikan bagian variabel sebuah komputer yang biasa kita kenal dengan skrip dan program. Sejauh ini ada dua kategori utama sebuah perangkat lunak yaitu aplikasi dan sistem, untuk bagian software untuk sistem sendiri kita mengenalnya sebagai sistem operasi yang mana berfungsi sebagai pondasi utama komputer dalam menjalankan aplikasi.

Sedangkan untuk software aplikasi merupakan sebuah media atau medium yang digunakan oleh pengguna dalam mengoperasikan sebuah data dengan format tertentu pada komputer. Misalnya saja seperti membuka format MP3 untuk menyalakan musik, MP4 untuk memutar video, atau PNG yang dipakai untuk menampilkan gambar dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer

Perangkat lunak aplikasi

Pengertian Software

Meskipun secara umum banyak orang memahami arti dari sebuah perangkat lunak, namun yang mereka tahu hanya sebatas aplikasi yang digunakan dalam menjalankan data dengan format tertentu dalam komputer. Yang mana contohnya seperti berikut.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau yang lebih sering disebut dengan nama photoshop adalah produk digital buatan adobe berupa software editing yang mampu memproses dan mengolah berbagai gambar dengan format yang berbeda-beda. Selain itu Adobe juga menyediakan perangkat lunak lain yang dapat membantu Anda mengedit berbagai karya digital seperti Adobe After Effect, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe XD dan lainnya.

Baca Juga  Pengertian Microsoft Access – Sejarah, Fungsi, Manfaat, Fitur

2. KMPlayer

Sebagai salah satu video player terbaik KMPlayer menjadi aplikasi populer yang sering diunduh para pengguna internet untuk memutar film kesayangan mereka di komputer. Hal ini karena KMPlayer memiliki format video yang lebih variatif dan memberikan sajian yang lebih HD pada video dengan resolusi tinggi.

3. AIMP3

AIMP3 merupakan salah satu software mp3 player dengan segudang fitur dan tools yang dapat digunakan pengguna untuk menyesuaikan output serta efek suara yang ingin mereka dengar dari AIMP3. Dan yang menjadi kelebihannya ialah perangkan lunak ini bersifat freeware.

Lihat Juga : 7 Jenis – Jenis Processor pada Komputer

Perangkat lunak sistem

Contoh Perangkat Lunak
Sumber Gambar : Artibeus IT Support

Dari pembahasan di atas kita jadi tahu mengenai beberapa perangkat lunak yang diketahui secara umum dan digunakan untuk mengeksekusi format data pada komputer. Namun tahukah Anda bahwa masih ada jenis software lain yang digunakan sebagai ekstensi atau bisa disebut sebagai software utilitas. Beberapa contoh perangkat lunak yang dimaksud seperti.

1. Driver

Driver merupakan perangkat atau sekumpulan file yang memberi tahu perangkat keras mengenai instruksi tentang cara berkomunikasi dengan sistem operasi komputer. Karena itu semua bagian perangkat keras memerlukan sebuah driver, karena tanpa hal tersebut hardware maupun software tidak mampu saling beresonansi dan berkomunikasi satu sama lainnya. Beberapa contoh perangkat keras yang memerlukan driver misalnya saja seperti kartu grafis, audio, mouse, keyboard, printer bisa dibilang seluruh periferal eksternal komputer.

2. Middleware

Middleware merupakan perangkat lunak yang terletak di antara sistem operasi dan aplikasi yang sedang berjalan. Pada dasarnya middleware berfungsi sebagai layer translasi yang tersembunyi untuk memungkinkan komunikasi antar data dan pendistribusian memanajemen aplikasi pada komputer. Beberapa contoh fungsi middleware antara lain seperti application-specific, information-exchange and management and support middleware.

3. Programming software

Programming software merupakan perangkat lunak yang dikhususkan untuk seorang programmer agar dapat mengembangkan atau membangun sebuah software. Dalam perangkat lunaknya sendiri ada beberapa fungsi wajib seperti Compilers, assemblers, debuggers, interpreters dan lainnya. Beberapa contoh programming software antara lain seperti Notepad++, Sublime Text, Coda, Eclipse dan sebagainya.

Baca Juga  Apa itu MOD APK? Kenali Aplikasi Modifikasi dan Bahayanya!

Lihat Juga : 15 Perbedaan SSD dan HDD Pada Komputer

Jenis Perangkat Lunak

Mengatur Margin Skripsi Word
Sumber Gambar : Microsoft

Dalam wacana yang lebih luas dan umum perangkat lunak memiliki beberapa jenis yang terbagi dalam kategori tertentu sesuai dengan fungsi serta tujuan developer software. Beberapa kategori serta jenis yang dimaksud tersebut seperti.

1. Pengolah kata

Program pengolah kata tergolong dalam perangkat lunak tipe aplikasi yang mana digunakan pengguna dalam membentuk sebuah data maupun laporan dan banyak hal lainnya yang melibatkan pembuatan dokumen. Misalnya saja seperti sebuah diagram, presentasi, schedule, tabel dan lain sebagainya. Contoh software yang termasuk pengolah kata seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, WPS Office, Notepad dan lain sebagainya.

2. Pengolah gambar

Sama halnya seperti pengolah kata, perangkat lunak dengan tipe aplikasi ini difungsikan pengguna untuk mengelola file gambar dengan format yang beraneka macam seperti PNG, JPG, JPEG, WEBP, TIFF dan lain sebagainya. Untuk perangkat lunaknya sendiri umumnya dipakai dalam mengedit kondisi pada gambar, misalnya saja mengubah kecerahan, tekstur, bentuk, warna, penambahan art serta yang lainnya lagi. Contoh software yang digunakan pada bidang ini seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Paint dan lain sebagainya

3. Utilitas

Perangkat lunak yang bertipe utilitas merupakan sebuah software yang digunakan sebagai fitur tambahan untuk menangani masalah internal komputer seperti pembersihan registry, penghapusan virus, dan memanajemen kendali agar komputer tetap berjalan secara optimal. Contoh software yang tergolong utilitas seperti AVG Antivirus, Avast, CCleaner, Advanced system care dan lain-lain.

4. Browser

Browser merupakan perangkat lunak yang sering digunakan dan dipakai oleh user dalam menggali informasi dalam berbagai bentuk yang tersedia di Internet. Informasi yang tersedia sendiri biasanya cukup beraneka ragam bisa berupa artikel, video, podcast, meme dan masih banyak lagi. Contoh aplikasi browser misalnya saja seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, Baidu serta masih banyak yang lainnya.

Baca Juga  Pengertian Software – Definisi, Sejarah, Fungsi, Klasifikasi

5. Sistem Operasi

Dan perangkat lunak yang tidak kalah pentingnya yaitu sistem operasi atau sering disebut operating system (OS), Merupakan sebuah komponen inti yang menghubungkan antara kinerja hardware, software dan brainware dalam sebuah komputer. Bisa dibilang OS merupakan bahan pelengkap utama agar seorang pengguna dapat menggunakan komputer secara penuh dan optimal. Contoh sistem operasi yang dapat Anda temui misalnya seperti iOS, Windows, Linux, Android, Chrome OS dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Perbedaan RAM dan ROM Pada Komputer Lengkap

Penutup

Perangkat lunak merupakan bagian paling krusial dan pusat dari segala operasi sistem komputer. Contoh mudahnya saja seperti sistem operasi, tanpa adanya perangkat lunak tersebut, sebuah komputer akan Nampak tidak berguna dan hanya sebatas susunan material hardware yang kosong.

Apakah perangkat lunak bersifat gratis?

Sebuah perangkat lunak sebenarnya bersifat berbayar, hanya saja pembayaran tersebut biasanya tidak selalu berbentuk uang. Bisa jadi sebuah iklan, meski begitu masih ada beberapa software yang tersedia gratis karena berbasis open source seperti sistem operasi Linux. Adapun perangkat lunak gratis lainnya seperti pemutar video maupun MP3 yang dapat Anda temukan bertebaran di Internet.

Apa fungsi utama perangkat lunak?

Fungsi utama sebuah software ialah untuk mengubah data menjadi informasi, apabila data yang di input-kan telah sesuai konteks maka output yang dihasilkan akan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi pengguna.

Apakah software tersedia secara gratis?

Memang mayoritas perangkat lunak di internet tersedia secara gratis namun tidak semuanya, ada beberapa software yang sebenarnya potensinya dibatasi sehingga untuk dapat menggunakan fungsinya secara penuh seorang pengguna mesti membayar harga tertentu agar potensi penuhnya bisa diakses.

Apa yang dimaksud perangkat lunak open source?

Artinya perangkat lunak tersebut memiliki kode sumber yang didapat secara bebas dan bisa diakses serta diubah oleh siapa pun dalam proses pengembangannya. Contoh mudahnya saja seperti sistem operasi Android dan Linux.


Penulis : Sanjaya Kusuma | Editor : Rafiq Akbar Hakim, Erga Bayu Aji

Artikel Terkait