10 Fungsi dan Manfaat Laptop

Laptop dapat dikatakan menjadi perangkat yang dibutuhkan pada saat ini selain smartphone. Selain mudah dibawa ke mana-mana, laptop juga memiliki berbagai manfaat dan kelebihan yang ditawarkan sehingga dapat mempermudah penggunanya dalam kegiatan sehari-hari. Pada dasarnya laptop juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer, namun laptop mempunyai ukuran yang lebih kecil, dan ringan dibawa, sehingga lebih efisien saat digunakan untuk kegiatan di luar rumah.

Adanya kemajuan teknologi pada saat ini membuat laptop mempunyai beberapa fitur yang menarik dan lengkap, hingga dapat setara dengan komputer PC atau bahkan lebih unggul. Laptop juga hadir dengan berbagai merek, dan mempunyai banyak pilihan model dan warna yang menarik. Sehingga membuat laptop banyak dicari dan mudah diminati oleh masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sebagian dari Anda mungkin belum mengenal lebih jauh apa itu laptop dan apa fungsi laptop dalam kehidupan sehari. Berikut ini penjelasan singkat mengenai laptop yang dapat Anda ketahui.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Pengertian Laptop

Fungsi Laptop Secara Umum
Sumber Gambar : unsplash.com

Laptop adalah sejenis komputer yang memiliki ukuran lebih kecil, ringan dan fleksibel sehingga lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana. Kebanyakan laptop menggunakan layar LCD yang berukuran 10 sampai dengan 17 inci, tergantung ukuran laptop tersebut. Berbagai macam jenis laptop yang dapat Anda ketahui antara lain seperti: Asus, Acer, Apple, Dell, HP, Samsung, Sony, dan masih banyak yang lainnya. Laptop pertama kali diciptakan oleh Adam Osborne pada tahun 1981. Sampai saat ini laptop terus mengalami perkembangan: mulai dari teknologi yang lebih canggih, prosesor yang semakin powerfull, desain yang lebih modern, hingga fitur-fitur yang semakin kompleks dan beragam.

Misalnya pada tahun 2020 laptop sudah memiliki teknologi 5G, sehingga pengguna laptop dapat menggunakan internet dengan kecepatan penuh kapan saja dan di mana saja. Kemudian laptop juga pada saat ini hadir dengan dual screen dan layar lipat . Dual screen di sini artinya laptop memiliki dua layar, di mana salah satu layar tersebut dapat disentuh dan digunakan sebagai pengganti keyboard. Kemudian mulai muncul juga laptop gaming yang mempunyai bentuk tipis dan tidak terlalu besar.

Baca Juga  Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Lihat Juga : Pengertian Blog

Fungsi dan Manfaat Laptop

Kegunaan Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

1. Meningkatkan kreativitas otak

Laptop sebenarnya bisa mematikan kreativitas otak Anda jika tidak bijak dalam menggunakannya, namun jika Anda menggunakan laptop dengan bijak maka akan membantu meningkatkan kreativitas Anda dengan berbagai fitur canggih dan menarik yang dimiliki.

2. Membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat

Sebelum muncul teknologi komputer dan laptop, mengetik hanya dapat dilakukan dengan mesin tik tradisional, Anda harus mengulang dari awal jika membuat kesalahan kecil. Namun dengan adanya laptop Anda cukup menekan tombol delete apabila ada kesalahan saat menulis jadi tidak perlu mengulang dari awal, sehingga pekerjaan yang Anda lakukan juga dapa selesai lebih cepat.

3. Fleksibel dan mudah dibawa

Komputer PC memang dirancang untuk Anda gunakan di dalam rumah atau ruangan, namun dengan adanya laptop dapat menjadi pilihan ketika Anda membutuhkannya untuk membantu kegiatan Anda selama di luar ruangan. Ukurannya yang tidak terlalu lebar, serta ringan membuat laptop sangat fleksibel dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Fitur yang dimiliki juga hampir sama dengan komputer PC atau bahkan lebih unggul sehingga Anda tidak perlu khawatir.

4. Sebagai sumber penghasilan

Laptop pada saat ini dapat bermanfaat sebagai salah satu sumber penghasilan bagi penggunanya. Anda dapat dengan mudah menghasilkan uang melalui laptop, misalnya dengan menjalankan bisnis online melalui laptop Anda, atau menjadi penulis website, blog dan lain-lain. Anda juga bisa menjadi konten kreator, desain grafis, atau editor.

Lihat Juga : Pengertian Internet

5. Sebagai media hiburan

Manfaat atau fungsi lain yang lain yang Anda dapatkan dari laptop adalah sebagai media hiburan. Jika Anda merasa lelah dengan pekerjaan Anda atau merasa bosan, Anda dapat membuka laptop untuk bermain game dan menonton YouTube sebagai hiburan. Tidak hanya itu Anda juga dapat menonton film dan mendengarkan musik melalui laptop.

6. Untuk editing foto dan video

Salah satu manfaat laptop yang lainnya adalah dapat Anda gunakan untuk mengedit foto dan video. Anda dapat memasang Adobe Photoshop di laptop Anda jika ingin mengedit foto dengan kualitas yang baik. Selain itu Anda juga dapat mengedit video dengan menggunakan Adobe Premiere Pro. Namun Anda harus menggunakan laptop yang mempunyai spesifikasi tinggi untuk mengedit video, dari mulai RAM, Grafis, dan prosesor yang memiliki kemampuan lebih powerfull ketimbang laptop biasa.

Baca Juga  Pengertian Keyboard – Susunan, Fungsi, dan Jenisnya

7. Merancang desain

Desain grafis adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan laptop untuk pekerjaannya. Hampir sama dengan editing video, laptop yang digunakan untuk desain grafis juga membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dari laptop biasanya. Jika spesifikasinya rendah tentunya akan menghambat pekerjaan dari desain grafis itu sendiri.

Lihat Juga : Pengertian Desain Grafis

8. Menyimpan data penting

Laptop juga dapat digunakan untuk menyimpan data-data penting milik Anda pribadi atau milik perusahaan. Kapasitas penyimpanan data laptop juga cukup besar sehingga Anda tidak perlu khawatir. Data yang disimpan juga dapat Anda kelompokkan sesuai kebutuhan dan fungsinya sehingga dapat memudahkan Anda untuk mencarinya dikemudian hari.

9. Sebagai sarana komunikasi

Laptop juga menjadi salah satu alat komunikasi yang dapat digunakan selain smartphone. Apalagi pada masa pandemi saat ini, laptop dapat menjadi pilihan ketika Anda tidak dapat berkomunikasi secara langsung. Melalui laptop Anda juga dapat mengakses berbagai aplikasi yang menyajikan komunikasi secara virtual, mengadakan rapat secara virtual, dan proses belajar mengajar secara virtual melalui Zoom dan Google Meet.

10. Sebagai penunjang pendidikan

Manfaat yang didapatkan oleh pengguna laptop yang selanjutnya yaitu, Anda dapat menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas, membuat materi presentasi, mengikuti kegiatan belajar mengajar secara virtual, mengakses E- Learning, mencari materi atau pengetahuan baru, dan lain-lain.

Lihat Juga : 20 Cara Menggunakan Laptop

Penutup,

Laptop HP 14s dq0508TU Shopee

Laptop memiliki manfaat yang tidak jauh beda dengan komputer, namun laptop dapat dikatakan lebih efisien daripada komputer karena tidak terlalu berat, dan bentuknya yang mudah dibawa ke mana-mana. Laptop yang memiliki spesifikasi tinggi juga dapat digunakan sebagai editing video dan desain grafis sehingga sangat membantu penggunanya untuk memudahkan pekerjaannya.

Apa saja keunggulan dan kelemahan laptop?

Baca Juga  11 Jenis – Jenis RAM pada Komputer

Keunggulan laptop tentu saja lebih praktis dan lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana dibandingkan dengan komputer PC. Laptop juga tidak membutuhkan UPS, jadi ketika tiba-tiba mati lampu di rumah, Anda tidak perlu khawatir data yang Anda kerjakan akan hilang sebelum disimpan. Namun laptop juga memiliki kekurangan misalnya, jika terjadi kerusakan seperti layar, atau keyboard Anda mengalami masalah, maka untuk memperbaikinya laptop harus dibongkar secara keseluruhan.

Bagaimana cara merawat laptop agar tahan lama?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, agar laptop Anda dapat tahan lama dan tidak mudah rusak. Beberapa cara tersebut adalah dengan menggunakan stabilizer listrik, stabilizer tersebut berfungsi untuk menjaga arus agar tetap stabil. Kemudian cara selanjutnya adalah dengan menggunakan tas laptop yang tepat, tidak meletakkan laptop di lantai, membersihkan keyboard dan layar laptop secara berkala, usahakan jangan terlalu lama menyalakan laptop, jangan gunakan laptop hingga baterai kosong sampai 0%, gunakan alas permukaan yang datar ketika laptop sedang digunakan, kemudian yang terakhir jangan memaksa laptop Anda untuk menjalankan game atau aplikasi yang berat melebihi kapasitasnya.

Seperti apa tanda-tanda laptop mengalami overheat?

Sebelum mengalami kerusakan ada baiknya Anda juga harus mengetahui apa saja tanda-tanda jika laptop Anda mengalami overheat atau panas tinggi melebihi batas wajarnya. Beberapa tanda yang dapat Anda ketahui adalah kipas laptop Anda akan mengeluarkan suara yang cukup keras secara terus-menerus, kemudian kinerja laptop Anda juga menjadi semakin lemot atau lambat bahkan hanya untuk menjalankan pekerjaan dasar seperti menulis di word atau membuka browser. Dan yang terakhir adalah ketika laptop sedang digunakan, secara tiba-tiba akan muncul pesan error yang tidak Anda ketahui apa penyebabnya.


Penulis: Rahma Rinjani | Editor: Rafiq Akbar Hakim, Erga Bayu Aji

Artikel terkait