10 Tips Memilih Exchange Kripto

Aspek penting dalam ekosistem kripto adalah bursa atau exchange. Dengan adanya exchange crypto pengguna bisa melakukan jual beli dan memanfaatkan aset kripto yang dimiliki. Ada ratusan pertukaran mata uang kripto yang tersedia untuk digunakan, karena itu memilih bursa yang tepat merupakan hal yang esensial. 

Bagi kamu yang masih bingung memilih exchange crypto, berikut ini adalah tips memilih bursa kripto yang berkualitas. 

1. Keamanan

Tips pertama adalah ketahui keamanan dari exchange crypto, kamu bisa mengetahui apakah bursa menggunakan cold wallet untuk menyimpan aset, menggunakan 2FA untuk menjaga akses pengguna, memiliki notifikasi ke pengguna jika ada akses mencurigakan, dan lain sebagainya. 

Dengan mengetahui tingkatan dan seberapa aman exchange crypto yang kamu pilih, maka kamu bisa berinvestasi dengan lebih tenang karena keamanannya terjaga.

2. Legalitas

Kedua perhatikan izin operasi dan legalitas, di Indonesia bursa kripto legal adalah yang terdaftar di Bappebti. Dengan terdaftarnya bursa di lembaga resmi pemerintah artinya bursa telah berhasil lolos seleksi dan mengikuti aturan yang berlaku. 

Dengan legalitas ini pengguna juga bisa lebih tenang dalam berinvestasi, sebab ketika bursa melakukan pelanggaran yang merugikan, pengguna bisa memprosesnya ke lembaga terkait dan mendapatkan perlindungan.

3. Tampilan

Tips ketiga, lihat tampilan yang diberikan apakah mudah digunakan dan nyaman dilihat. 

Jika kedua aspek ini terpenuhi, maka proses investasi bisa lebih mudah, karena pengguna tidak akan membutuhkan waktu lama dalam melakukan transaksi dan bisa memahami cara kerja aplikasi bursa.

4. Metode Pembayaran

Tips selanjutnya lihat metode pembayaran yang disediakan, pilihlah bursa yang menyediakan pembayaran melalui mata uang fiat seperti Rupiah agar proses lebih mudah. 

Kemudian, pilih bursa dengan berbagai metode pembayaran umum digunakan. Misalnya, melalui transfer bank, e-wallet, dan lain sebagainya.

Baca Juga  TokoCrypto  vs Ajaib, Apa Exchange Kripto Terbaik

5. Biaya

Banyak bursa yang mengenakan biaya tambahan dalam proses deposit, trading, hingga withdrawal. Biayanya pun bervariasi, pilihlah bursa dengan biaya yang cocok di kantong. 

Jangan sampai memilih exchange crypto dengan biaya yang tinggi karena bisa membuat mu merogoh kocek lebih banyak saat melakukan proses transaksi.

6. Jumlah Aset Crypto

Tips selanjutnya, pilih exchange crypto yang menyediakan banyak pilihan aset. Dengan begini kamu bisa membeli berbagai crypto, dengan begini kamu bisa melakukan disverifikasi aset portofolio aplikasi di satu aplikasi. 

Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam mengelola dan melihat perkembangan aset yang dimiliki.

7. Asuransi

Seringkali aspek ini luput dari perhatian ketika memilih exchange crypto, padahal ini merupakan hal yang sangat penting. Asuransi berguna untuk menyelamatkan bursa dan pengguna dari kerugian yang tidak diprediksi, misalnya ketika bursa diretas dan uang nasabah hilang karena kesalahan bursa. Dengan asuransi, artinya bursa masih memiliki dana yang bisa digunakan untuk ganti rugi, tanpa asuransi maka uang pengguna bisa hilang seutuhnya dan tidak diganti.

8. Reputasi

Tips selanjutnya adalah reputasi, untuk mengetahui seberapa bagus reputasi bursa kripto kamu bisa melihatnya di forum atau nilai di aplikasi bursa. Dengan reputasi yang bagus, artinya bursa ini mampu memuaskan para penggunannya dan bisa membuat proses investasi crypto mu jauh lebih nyaman dan tidak penuh kekhawatiran.

Selain nilai, periksa juga apakah exchange pernah diretas dan bagaimana mereka menghadapinya, apabila mereka bisa menyelesaikannya dengan baik dan tidak merugikan pengguna, maka bursa ini memiliki manajemen risiko yang baik dan membuat para pengguna bisa lebih tenang ketika ada kejadian tak terduga menimpa exchange.

Baca Juga  Cara Beli Ethereum ETH di TokoCrypto 2022

9. Keaslian perusahaan dan Layanan Pelanggan

Jika baru mengenal crypto, ada kemungkinan besar kamu butuh bursa dengan layanan pelanggan yang bisa dihubungi dengan mudah untuk memandu penggunaan bursa dengan tepat. Karena itu layanan pelanggan menjadi penting untuk diperhatikan.

Selanjutnya adalah keaslian perusahaan, kamu bisa memeriksa apakah bursa secara terbuka mengungkapkan pemiliknya, lokasi perusahaan, dan anggota timnya. Dengan transparansi bursa seperti ini maka pengguna bisa berinvestasi dengan nyaman, karena jika bursa terlalu tertutup bisa saja mereka menghindari sanksi hukum atau layanan yang diberikan tidak berkualitas. 

Itu dia tips-tips memilih bursa kripto yang dapat diaplikasikan untuk memilih exchange yang akan digunakan. Ingin mengetahui informasi terkini tentang crypto dan blockchain? Kamu bisa kunjungi coinvestasi.com