100 Fungsi Icon Menu Microsoft Word Terbaru, Lengkap!

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata dari program Microsoft Office. Software pengolah kata ini biasa digunakan pengguna laptop / PC untuk menulis teks, mengolah dokumen, mengetik naskah, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika semua pengguna komputer pasti mengenali dan sering bekerja dengan Microsoft Word, terutama bagi para siswa, pelajar, guru, karyawan, penulis, pengusaha, dan sejenisnya. Penggunaan Microsoft Word sangat mudah untuk semua kalangan pengguna. Ini karena software ini memiliki antarmuka dan fungsi fitur yang mudah dipahami, baik itu versi lama hingga yang versi terbaru.

Pada umumnya, Microsoft Word memiliki beragam menu utama yang di dalamnya terdapat banyak sekali fitur. Beberapa menu Microsoft Word termasuk menu File, Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View, dan Help. Dengan kelengkapan menu dan segudang fitur di dalamnya, membuat Microsoft Word menjadi pilihan terbaik dibandingkan software kompetitor lainnya. Di samping itu, pengguna juga harus memahami fungsi dari menu dan fitur Microsoft Word, untuk bisa mengolah dokumen mereka dengan mudah.

Lihat Juga : 200 Shortcut Microsoft Word Lengkap!

Fungsi Ikon Menu Microsoft Word
Menu pada lembar kerja Microsoft Word. Erga Bayu Aji

Saat Anda membuka Microsoft Word, pasti Anda melihat beberapa bagian menu pada lembar kerja utama. Ini termasuk menu pada lembar kerja Microsoft Word yang akan membantu Anda mengelola dokumen dalam berbagai fungsi. Berikut ini fungsi dari setiap menu lembar kerja utama Microsoft Word.

  1. Quick Access Toolbar – Merupakan bilah alat yang terletak pada bagian kiri atas berupa simbol panah drop down, ini berisi sekumpulan perintah icon yang dapat Anda pilih dan sesuaikan untuk fungsi-fungsi tertentu. Quick Access Toolbar memberi Anda akses cepat ke perintah yang umum digunakan seperti Save, Print, Print Preview, Open, New, Undo, Redo, dan lain-lainnya.
  2. Title Bar – Ini termasuk bilah judul dan bagian yang berada di tengah atas dari lembar kerja Microsoft Word untuk menampilkan judul file yang sedang dikerjakan. Untuk file baru yang baru dikerjakan atau belum tersimpan, biasanya akan menampilkan judul “Document”. Sedangkan untuk file yang sudah berhasil Anda simpan, judul akan ditampilkan sesuai nama dokumen yang tersimpan.
  3. Tab Menu –Bagian ini terletak tepat di bawah bilah judul maupun bilah akses cepat. Tab Menu berisi kumpulan menu yang setiap tabnya memiliki grup spesifik dari perintah yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas. Tab ini meliputi File, Home, Insert, Design, Layout, References, Mailing, Review, View, dan Help.  
  4. Ribbon Tool – Ini merupakan isi dari tab menu. Ribbon Tool termasuk kumpulan ikon yang digunakan dalam berbagai perintah dan fungsi tertentu.
  5. Scroll Bar – Fungsi ini terletak pada bagian kanan dan bawah lembar kerja Microsoft Word, berperan untuk menggeser lembar kerja baik secara horizontal dan vertikal.
  6. Page Status – Bagian page status terletak di bagian bawah, umumnya di pojok kiri bawah lembar kerja Microsoft Word. Ini berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, kata, serta bahasa yang sedang digunakan.
  7. Zoom Menu – bagian ini digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Word, terletak pada bagian kanan bawah.
  8. Ruler – Merupakan penggaris yang berperan sebagai pembatas dan mengatur garis margin pada halaman kerja Microsoft Word.
  9. Workspace – Merupakan halaman lembar kerja yang digunakan untuk mengetik di Microsoft Word, terletak di bagian tengah aplikasi berwarna putih seperti kertas. Ini adalah tempat Anda mengisi, mengedit, maupun mengatur format teks, paragraf, maupun gambar.
  10. Control Menu – Umumnya ini merupakan tiga buah perintah yang terletak di bagian kanan atas jendela Microsoft Word. Control menu ini meliputi Minimize untuk menyembunyikan tampilan jendela sementara yang sedang aktif atau berjalan. Maximize digunakan untuk menampilkan jendela Microsoft Word dalam layar penuh atau sebaliknya. Selanjutnya, Close berfungsi untuk menutup jendela Microsoft Word.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Bagi sebagian pengguna Microsoft Word, terkadang masih ada yang merasa kesulitan menggunakan fitur maupun icon menu yang ada di dalamnya. Hal ini di karena kan mereka tidak mengetahui betul fungsi dari icon menu Microsoft Word itu sendiri. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai fungsi icon menu di Microsoft Word, simak daftar penjelasannya berikut ini!

1. File

1 Fungsi File Microsoft Word
1. File. Erga Bayu Aji

File merupakan menu bar pertama yang dapat Anda gunakan untuk beberapa perintah dasar, seperti opsi untuk membuat, menyimpan, mencetak, dan opsi pengaturan dokumen lainnya.

New: Untuk membuat lembar kerja baru.

Open: Untuk membuka file dokumen yang sebelumnya sudah tersimpan.

Info: Untuk menampilkan informasi mengenai dokumen yang sedang dikerjakan atau dibuka.

Save: Untuk menyimpan dokumen word yang telah tersimpan sebelumnya.

Save As: Untuk menyimpan dokumen baru.

Print: Untuk mencetak dokumen yang telah di buat.

Share: Untuk berbagi dokumen dengan pengguna lain, Anda dapat berbagi melalui email, mempresentasikan secara online, maupun mengeposnya ke blog.

Export: Untuk mengekspor dokumen ke jenis file lainnya, umumnya ke bentuk PDF / XPS.

Close: Untuk menutup lembar kerja Microsoft Word.

Account: Untuk membuka informasi mengenai akun pengguna dan produk Microsoft Word yang digunakan.

Feedback: Untuk memberikan umpan balik kepada program atau Microsoft Support.

Options: Untuk melihat pilihan atau opsi pengaturan Microsoft Word.

2. Home

2 Fungsi Home Microsoft Word
2. Home. Erga Bayu Aji

Pada menu bar Home, terdapat ribbon group yang berisi beberapa icon dengan ragam fungsinya. Seperti untuk menyalin, menempel, mengatur pemformatan teks dan paragraf, mengubah gaya font, dan melakukan editing.

Clipboard: Termasuk Ribbon Group yang berisi berbagai ikon yang berfungsi umum untuk menyalin, menempel, memindah elemen, dan format painter.

  • Paste – Memiliki fungsi untuk menempelkan teks atau objek hasil copy atau cut ke lembar kerja.
  • Cut ­– Memotong untuk memindahkan teks atau objek.
  • Copy – Menyalin atau meng-copy teks atau objek.
  • Format Painter – Menyalin format halaman untuk digunakan di halaman lain.

Font: Termasuk Ribbon Group yang terdiri atas berbagai ikon untuk mengatur font, mulai dari jenis, ukuran, warna, efek, dan lain-lainnya.

  • Font – Untuk memilih jenis dan gaya font sesuai nama yang telah tersedia.
  • Font Size – Untuk mengatur ukuran font sesuai ukuran yang Anda inginkan.
  • Bold – Untuk membuat font tebal pada huruf.
  • Italic – Untuk membuat font miring pada huruf.
  • Underline – Untuk memberikan garis bawah pada teks atau huruf.
  • Strikethrough – Untuk memberikan efek coretan pada teks.
  • Subscript – Untuk membuat format pangkat berada di bawah.
  • Superscript –Untuk membuat format pangkat berada di atas.
  • Text Effect and Typography – Untuk membuat atau mengubah teks dengan berbagai pilihan efek.
  • Text Highlight Color – Untuk memberikan semacam efek stabilo berwarna pada teks.
  • Font Color – Untuk memberikan maupun mengubah warna pada teks.
  • Change Case – Untuk mengubah dan menyesuaikan penggunaan huruf kapital pada teks.
  • Clear All Formatting – Untuk menghapus format pengaturan yang telah diterapkan pada teks.
  • Increase Font Size – Untuk menambah atau memperbesar ukuran huruf.
  • Decrease Font Size – Untuk mengurangi atau memperkecil ukuran huruf.

Paragraph: Bagian Ribbon yang berisi kumpulan fungsi ikon untuk mengatur penyesuaian paragraf di lembar kerja Word.

  • Bullets – Untuk menambahkan daftar penandaan atau format listing dengan berbagai bentuk pilihan tanda.
  • Numbering – Untuk menambahkan urutan penomoran secara otomatis.
  • Multilevel List – Untuk membuat daftar Multilevel dengan beberapa pilihan gaya penomoran.
  • Align Left – Untuk mengatur perataan teks menjadi rata kiri.
  • Center Alignment – Untuk mengatur perataan teks menjadi rata tengah.
  • Align Right – Untuk mengatur perataan teks menjadi rata kanan.
  • Justify –Untuk membuat perataan kanan kiri pada teks.
  • Shading – Untuk membuat dan mengubah warna latar belakang pada teks.
  • Borders – Untuk menambahkangaris tepi / border pada teks yang telah dipilih, seperti Top Border, Left Border, Right Border, All Border, dan lain-lainnya.
  • Decrease Indents – Untuk mengatur penggeseran paragraf ke bagian kiri.
  • Increase Indents – Untuk mengatur penggeseran paragraf ke bagian kanan.
  • Line and Paragraph Spacing – Untuk melakukan pengaturan jarak spasi antara baris dalam sebuah paragraf.
  • Sort – Untuk mengatur penyortiran teks atau numerik pada dokumen, seperti mengurutkan tabel, tanggal, paragraf, dan lain-lainnya.
  • Show / Hide – Tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan karakter tersembunyi seperti sasi, penanda, paragraf, atau tanda tab.

Style: Ribbon Group yang berisi sekumpulan karakteristik pemformatan yang telah di setting sebelumnya untuk diterapkan ke teks, tabel, dan daftar di lembar kerja dengan mengubah tampilannya dengan cepat.

Editing: Ribbon Group yang berisi beberapa fungsi ikon untuk melakukan editing atau membuat perubahan pada teks di sebuah dokumen.

  • Find –Icon yang digunakan untuk melakukan pencarian kata tertentu pada sebuah dokumen.
  • Replace – Icon yang digunakan untuk menemukan kata tertentu dan menggantinya dengan kata lain.
  • Select –Icon yang digunakan untuk memilih atau memblok suatu teks dalam dokumen.

3. Insert

3 Fungsi Insert Microsoft Word
3. Insert. Erga Bayu Aji

Menu Insert merupakan salah satu menu bar yang secara umum berguna untuk memasukkan suatu objek ke dalam dokumen, mulai dari menambahkan tabel, gambar, link, simbol, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  7 Perbedaan Microsoft 365 dan Office 2019

Pages: Ribbon Group yang memiliki beberapa ikon untuk mengatur dan menyesuaikan pengaturan halaman suatu dokumen.

  • Cover Page – Icon yang digunakan untuk menyisipkan halaman cover dalam dokumen.
  • Blank Page – Icon yang digunakan untuk menambahkan halaman kosong atau blank ke dalam dokumen.
  • Page Break – Icon pemisah halaman atau digunakan untuk memberikan sekat antar halaman secara cepat. Ini juga berguna untuk membuat penomoran halaman yang berbeda.

Table: Ribbon Group yang digunakan untuk membuat tabel pada dokumen.

Illustrations: Ribbon Group yang berisi berbagai fungsi untuk menyisipkan Gambar, Bentuk, Ikon, Model 3D, SmartArt, Chart, dan lainnya.

  • Picture –Untuk menyisipkan gambar dari perangkat komputer maupun via online ke dalam dokumen.
  • Shapes – Untuk menyisipkanberbagai macam bentuk mulai dari garis, bidang datar, gambar panah, hingga beragam flowchart.
  • Icon –Untuk menggunakan ikon berupa komunikasi visual dengan bentuk simbol.
  • 3D Models – Untuk menyisipkan objek 3D dari perangkat komputer maupun stok online.
  • SmartArt – Untuk membuat berbagai bentuk tabel struktural ke dalam dokumen.
  • Chart –Untuk membuat berbagai macam grafik dengan berbagai bentuk data.
  • Screenshot – Untuk mengambil tangkapan layar jendela dokumen.

Add-ins: Suatu program yang dilampirkan ke Microsoft Word untuk memberikan fungsionalitas tambahan.

Online Videos: Untuk menemukan atau menyisipkan video dari berbagai sumber online.

Links: Ribbon Group yang berisi sekumpulan ikon untukmenghubungkan ke tautan URL / Link.

  • Link –Ikon yang digunakan untuk memasukkan Link / URL dari situs web tertentu ke lembar kerja Word.
  • Bookmark –  Ikon yang  digunakan untuk menandai tempat atau situs yang akan ditemukan lagi dengan mudah.
  • Cross-reference – Ini digunakan untuk menghubungkan sebuah teks ke suatu objek baik gambar, tabel, dan lainnya yang berada di dalam dokumen yang sama.

Comment: Ribbon Group yang digunakan untuk menyisipkan atau menambahkan catatan pada kolom komentar di bagian dokumen yang diinginkan.

Header & Footer: Ribbon Group yang mengatur teks ke bagian Header, Footer, dan memberikan penomoran halaman.

  • Header – Mengatur teks yang ditempatkan di bagian atas halaman.
  • Footer – Mengatur teks untuk ditempatkan di bagian bawah atau foot halaman.
  • Page Number – Untuk memberikan penomoran pada setiap halaman.

Text: Ribbon Group yang sekumpulan fungsi ikon untuk membuat teks dengan berbagai gaya maupun efek.

  • Text Box – Untuk membuat kotak kosong ke dokumen yang memungkinkan Anda untuk mengetikkan teks di kotak tersebut.
  • Quick Parts – Fitur yang memungkinkan Anda untuk menyisipkan atau menggunakan teks yang sering digunakan ke dokumen.
  • Word Art – Fitur untuk menambahkan berbagai efek menarik ke sebuah teks.
  • Signature Line – Icon yang berfungsi untuk menambahkan kolom atau tempat tanda tangan di lembar kerja.
  • Date & Time – Untuk menambahkan waktu dan tanggal ke lembar kerja Word.
  • Object – Fitur yang digunakan untuk menambahkan objek tertentu ke dalam lembar kerja Word.

Symbols: Ribbon Group yang digunakan untuk menyisipkan beragam simbol ke lembar kerja Word.

  • Equation – Untuk menambahkan berbagai simbol maupun rumus matematika ke dalam lembar kerja.
  • Symbol – Untuk menambahkan berbagai pilihan simbol meliputi matematika, mata uang, maupun simbol hak cipta.

4. Draw

4 Fungsi Draw Microsoft Word
4. Draw. Erga Bayu Aji

Menu Draw adalah salah Menu Bar yang berisi sekumpulan fungsi icon untuk menulis menggunakan pen, menggambar di kanvas, maupun mengonversi gambar dan lain-lainnya.

Tools: Ribbon Group yang berisi sebuah alat untuk membantu proses menggambar.

  • Eraser – Suatu alat untuk menghapus bentuk maupun garis gambar.

Pen: Ribbon Group yang berisi sekumpulan alat pena untuk menggambar dengan berbagai warna. Selain itu Anda dapat menambahkan beberapa pena atau pensil secara custom.

Convert: Ribbon Group untuk mengonversi hasil gambar tulisan.

  • Ink to Shape – Icon untuk mengubah atau mengonversi gambar tinta menjadi bentuk.
  • Ink to Math – Icon untuk mengonversi hasil tulisan matematika menjadi angka atau bentuk teks.

Insert: Ribbon Group untuk menyisipkan bidang atau bentuk ke lembar kerja.

  • Drawing Canvas – Icon untuk menambahkan bidang atau kanvas yang digunakan untuk alas menggambar di lembar kerja.

5. Design

5 Fungsi Design Microsoft Word
5. Design. Erga Bayu Aji

Menu Design adalah salah satu menu yang berisi sekumpulan ikon perintah untuk membuat desain di lembar kerja Word.

Document Formatting: Ribbon Group yang berisi sekumpulan ikon perintah untuk mengatur gaya maupun pemformatan dokumen.

  • Themes – Untuk mengatur beragam jenis tema pada halaman.
  • Style Set – Untuk mengubah secara cepat tampilan dokumen dengan beberapa pengaturan gaya baru.
  • Colors – Untuk mengatur atau membuat tema halaman dengan beragam warna baru.
  • Font – Untuk mengatur dan mengubah jenis atau tipe teks berdasarkan format font yang dipilih.
  • Paragraph Spacing – Untuk mengubah jarak antar spasi tiap baris dalam dokumen.
  • Effects – Untuk mengatur tampilan objek pada dokumen dengan memberikan efek bayangan maupun visual efek lainnya.
  • Set as Default – Untuk menerapkan semua pengaturan yang sudah diatur sebelumnya, berupa tema, warna, jenis teks, paragraf, serta efek menjadi tampilan landasan atau default.

Page Background: Ribbon Group yang digunakan untuk mengatur penambahan tanda air atau watermark serta menyesuaikan warna latar belakang atau batas halaman.

  • Watermark – Fungsi ikon untuk menambahkan tanda air pada halaman lembar kerja.
  • Page Color – Fungsi ikon untuk memberikan warna halaman pada lembar kerja.
  • Page Borders – Fungsi ikon untuk memberikan batas atau bingkai pada halaman lembar kerja.

6. Layout

6 Fungsi Layout Microsoft Word
6. Layout. Erga Bayu Aji

Menu Layout adalah salah satu menu yang digunakan untuk mengatur tata letak dokumen di lembar kerja mulai dari pengaturan spasi antar baris, kolom teks, indentasi, dan lain-lainnya.

Page Setup: Merupakan Ribbon Group yang berisi sekumpulan ikon perintah untuk mengatur format kertas, mulai dari ukuran, tampilan, dan jenis kertasnya.

  • Margin – Ikon untuk mengatur ukuran kertas atau margin kertas bagian kiri, kanan, bawah, dan atas.
  • Orientation – Ikon yang memungkinkan Anda untuk mengatur halaman berbentuk bidang potrait maupun landscape.
  • Size – Ikon perintah untuk mengatur ukuran kertas dengan berbagai jenis ukuran.
  • Columns – Untuk mengatur atau mengubah kolom teks menjadi satu, dua atau lebih kolom teks.
  • Breaks – Ikon perintah yang digunakan untuk menghentikan dan menambahkan halaman baru sesuai kebutuhan.
  • Line Number – Untuk menambahkan nomor urut untuk setiap baris teks di lembar kerja.
  • Hyphenation – Untuk memberikan tanda hubung pada teks baik secara manual dan otomatis.

Paragraph: Ribbon Group yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengeditan paragraf di lembar kerja.

  • Indent Left – Untuk mengatur perataan paragraf ke arah kiri lembar kerja.
  • Indent Right -Untuk mengatur perataan paragraf ke arah kanan lembar kerja.
  • Spacing Before –Untuk mengatur spasi atau jarak antara teks bawah dengan teks bagian atas satu kalimat.
  • Spacing After – Untuk mengatur spasi atau jarak antara paragraf satu dengan paragraf lainnya.

Arrange: Merupakan sub menuyang memiliki fungsi untuk beberapa pengaturan posisi objek gambar pada dokumen.

  • Position – Untuk mengatur tata letak gambar pada lembar kerja.
  • Wrap Text – Untuk mengatur perataan teks dengan objek atau gambar.
  • Bring Forward – Untuk membawa objek yang dipilih maju satu langkah ke objek lain atau maju satu per satu objek.
  • Send Backward – Untuk memindahkan objek yang dipilih mundur satu posisi.
  • Selection Pane – Untuk mengelola objek di dokumen, termasuk mengurutkan ulang, menampilkan atau menyembunyikan, serta mengelompokkan atau memisahkannya.
  • Align – Untuk mengatur atau mengubah penempatan objek yang telah diseleksi pada halaman lembar kerja.
  • Group – Untuk mengelompokkan objek satu dengan yang lainnya dan melakukan modifikasi atau pengaturan yang sama.
  • Rotate –Untuk memutar objek atau gambar pada lembar kerja.

7. References

7 Fungsi References Microsoft Word
7. References. Erga Bayu Aji

Menu bar yang satu ini memungkinkan untuk menangani daftar isi, catatan kaki, bibliografi, indeks, dan perintah-perintah yang sejenis.

Table of Contents: Ribbon Group yang berfungsi untuk membuat daftar isi dari garis besar isi dokumen.

  • Table of Contents – Ikon perintah yang digunakan untuk membuat tabel daftar isi pada dokumen, secara otomatis maupun manual.
  • Add Text –Ikon perintah untuk menambahkan heading baru pada daftar isi.

Footnotes: Merupakan perintah yang berisi sekumpulan fungsi untuk membuat catatan kaki pada margin bawah dokumen.

  • Insert Footnote – Perintah ini merupakan ikon yang digunakan untuk menyisipkan catatan kaki pada margin bagian bawah suatu dokumen.
  • Insert Endnote – Perintah ini merupakan ikon yang digunakan untuk menambahkan kutipan, sumber, serta nama penulis untuk di akhir bab atau halaman.
  • Next Footnote – Perintah ini merupakan ikon yang digunakan untuk berpindah ke footnote terbaru.
  • Show Notes – Perintah ini merupakan ikon yang digunakan untuk menampilkan lokasi catatan footnote maupun endnote.

Research: Perintah yang berfungsi untuk mencari definisi, gambar serta informasi dari teks yang telah dipilih dari sumber internet atau secara online.

  • Search – Perintah yang satu ini berada pada menu reference dan ribbon research, merupakan perintah yang berfungsi untuk mencari informasi dari teks dokumen melalui sumber online.
Baca Juga  10 Fungsi dan Manfaat Microsoft PowerPoint

Citations and Bibliography: Perintah pada menu reference yang berfungsi untuk membuat kutipan, sumber dan Bibliography dari dokumen yang dikerjakan.

  • Insert Citation – Ikon perintah yang berfungsi untuk menyisipkan kutipan pada bagian teks yang dipilih.
  • Manage Sources – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengelola bagian sumber kutipan pada dokumen yang dikerjakan.
  • Style – Ikon perintah yang berfungsi untuk memilih gaya daftar pustaka yang diinginkan.
  • Bibliography – Ikon perintah yang berfungsi untuk menyisipkan daftar pustaka ke dokumen yang dikerjakan.

Captions: Perintah yang berfungsi untuk membuat pemformatan judul dan sub judul.

  • Insert Captions – Perintah yang berfungsi untuk menambahkan keterangan pada gambar pada dokumen.
  • Insert Table of Figures – Perintah untuk menambahkan tabel daftar bab sesuai format penulisan.
  • Update Table – Perintah yang berfungsi untuk memperbarui daftar isi maupun kutipan yang telah di buat.
  • Cross-reference – Perintah yang berfungsi untuk memindahkan referensi ke bagian halaman lain yang dikehendaki.

Index: Perintah yang berfungsi untuk mencantumkan istilah atau indeks dalam dokumen berupa daftar kata penting, umumnya tercantum setelah daftar rujukan sebelum lampiran, atau biasanya terletak pada halaman akhir buku.

  • Mak Entry – Perintah untuk menandai masukan baru ke dalam dokumen.
  • Insert Indeks – Perintah untuk menyisipkan indeks atau daftar kata ke dalam dokumen.
  • Update Index – Perintah untuk melakukan pembaruan pada daftar kutipan yang sudah ada.

Table of Authorities: Berfungsi untuk membuat suatu tabel otoritas.

  • Mark Citation – Perintah untuk menandai kutipan yang telah diseleksi ke dalam table of authorities.
  • Insert Table of Authorities –Perintah untuk menyisipkan table of authorities atau daftar kutipan.
  • Update Table – Perintah untuk melakukan pembaruan daftar kutipan yang telah ada.

8. Mailings

8 Fungsi Mailings Microsoft Word
8. Mailings. Erga Bayu Aji

Mailings termasuk menu bar yang memungkinkan Anda untuk melakukan apa pun yang berkaitan dengan surat dan manajemen email.

Create: Ribbon Group yang berada pada menu mailings. Create berfungsi untukmembuat amplop surat maupun label dengan beberapa pilihan ukuran dan bentuk sesuai keinginan penggunanya.

  • Envelopes – Perintah untuk membuat dan mengatur format surat pos meliputi info pengirim, penerima surat, dan ukuran surat.
  • Labels – Perintah untuk menambahkan dan mengatur label ke dalam pos surat, ini menjelaskan mengenai isi dari surat yang dibuat.

Start Mail Merge: Ribbon Group atau submenu yang berada pada menu mailings. Start Mail Merge berfungsi untuk membuat surat mulai dari sampul isi dan bagian-bagian lainnya.

  • Start Mail Merge – Perintah atau bagian yang berfungsi untuk mengelola bentuk dari pos surat atau email yang akan dibuat, untuk dikirim ke banyak orang.
  • Select Recipients – Perintah yang berfungsi untuk membuat daftar penerima surat.
  • Edit Recipients List – Perintah untuk mengedit daftar penerima surat.

Write & Insert Field: Ribbon Group atau submenu pada menu mailings, yang berfungsi untuk menulis, menyunting,dan melakukan pemeriksaan pos surat sebelum dikirim.

  • Highlight Merge Fields –Perintah yang berfungsi untuk menandai alamat pengirim dan penerima surat untuk memeriksa kesalahan penulisan.
  • Address Block –Perintah yang berfungsi untuk menambahkan blok alamat penerima surat yang sudah dibuat pada Mail Merge.
  • Greeting Lines –Perintah untuk menambahkan kata berupa salam pembuka ke dalam surat, seperti: Selamat Pagi, Yang Terhormat.
  • Insert Merge Field –Perintah yang digunakan untuk menyisipkan informasi tambahan mengenai penerima surat, seperti: Nama Depan/Belakang, No. Telp., Kode Pos, dan lain-lainnya.
  • Rules –Perintah untuk memberikan keputusan tindak lanjut dari surat yang dibuat.         
  • Match Fields –Perintah yang berfungsi untuk mencocokkan identitas mengenai penerima surat agar nantinya tidak terjadi pengiriman surat ganda.
  • Update labels –Perintah yang berfungsi untuk melakukan pembaruan pada label surat yang terakhir kali diubah.

Preview Results: Ribbon Group atau submenu yang berada pada menu mailings. Preview Results digunakan untuk melakukan pemeriksaan ./ peninjauan surat yang telah dikerjakan sebelum dikirimkan ke penerima, agar tidak terjadi kesalahan penulisan.

  • Preview Results – Perintah yang berfungsi untuk meninjau isi surat meliputi daftar penerima, informasi pengirim, dan lain-lain.
  • Find Recipient – Perintah yang berfungsi untuk mencari penerima surat dengan menuliskan nama pada kota pencarian.
  • Check Errors – Perintah yang berfungsi untuk melakukan pemeriksaan pada kesalahan input data alamat dalam surat secara otomatis.

Finish: Ribbon Group atau submenu pada menu mailings yang digunakan untuk menyelesaikan pembuatan pos surat dengan cara mengirim atau mencetak dokumen yang telah dibuat.

  • Finish & Merge: Perintah yang berfungsi untuk menindaklanjuti dan mengakhiri surat yang telah dibuatuntuk siap dikirim atau di cetak.

9. Review

9 Fungsi Review Microsoft Word
9. Review. Erga Bayu Aji

Menu Review adalah salah satu menu yang memungkinkan untuk melakukan review teks, grammar, bahasa yang digunakan, serta komen pada tulisan di lembar kerja. Anda dapat melihat kumpulan ikon perintah yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Proofing: Ribbon Group pada menu review yang berfungsi untuk mengatur dan mengoreksi ejaan, tata bahasa, dan penggunaan kamus pada bahasa yang digunakan dokumen.

  • Spelling & Grammar – Ikon perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan dan tata bahasa yang salah.
  • Thesaurus – Ikon perintah yang digunakan untuk mencari persamaan kata atau melihat sugesti dari kata yang sedang diseleksi. Biasanya dengan memilih kata yang sering digunakan, sehingga kalimat akan mudah dipahami.
  • Word Count – Ikon perintah yang digunakan untuk menghitung atau melihat jumlah halaman, kata, dan karakter ber spasi atau tidak, sera jumlah paragraf, dan barisnya.

Speech: Ribbon Group yang satu ini yaitu submenu Speech, berfungsi untuk mengucapkan kata atau teks yang diseleksi.

  • Read Aloud – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengucapkan teks atau kalimat yang dipilih, berupa suara dari sistem Microsoft. Ini hampir sama dengan fitur terjemahan milik Google. Pengguna dapat mengatur kecepatan membaca pengucapan teks atau kalimat.

Accessibility: Submenu ini berfungsi untuk mengatur akses suatu dokumen apakah mudah untuk dibaca dan diedit oleh seluruh pengguna. Aksesibilitas biasanya digunakan terlebih dahulu untuk pemeriksaan, sebelum mengirim pesan email atau berbagi dokumen.

  • Check Accessibility – Ikon perintah yang digunakan untuk mengatur tingkat aksesibilitas dokumen.

Language: Submenu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan dan penerjemahan bahasa dalam dokumen.

  • Translate – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur dan menerjemahkan teks dokumen ke dalam bahasa yang diinginkan, dengan bantuan koneksi internet.
  • Language – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur dan memilih bahasa yang digunakan dalam dokumen.

Comment: Submenu ini berfungsi untuk memberikan komentar atau keterangan pada suatu kata asing.

  • New Comments – Ikon perintah yang berfungsi untuk membuat atau menambahkan komentar baru pada teks atau kalimat yang dipilih.
  • Delete – Ikon perintah yang berfungsi untuk menghapus komentar yang telah dibuat.
  • Previous – Ikon perintah yang berfungsi untuk berpindah ke komentar sebelumnya.
  • Next – Ikon perintah yang digunakan untuk berpindah ke komentar selanjutnya.
  • Show Comments – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan maupun menyembunyikan bagian komentar yang sudah dibuat.

Tracking: Submenu yang berfungsi untuk melakukan pelacakan pada perubahan yang terjadi pada dokumen.

  • Track Changes –Ikon perintah yang berfungsi untuk melacak perubahan pada kata atau kalimat dalam dokumen.
  • Simple Markup –Ikon perintah yang berfungsi untuk menampilkan versi konten yang diedit dalam garis vertikal di margin kiri.
  • Show Markup –Ikon perintah yang digunakan untuk memilih jenis perubahan yang ingin ditampilkan, seperti: komentar, penyisipan dan penghapusan, maupun pemformatan,  dengan menandainya dengan tanda centang untuk menunjukkan item tersebut dipilih.
  • Reviewing Pane –Ikon perintah yang digunakan untuk memastikan semua perubahan terlacak telah dihapus dari dokumen.

Changes: Submenu yang berfungsi untuk menyetujui maupun menolak perubahan markup yang digunakan dalam dokumen. Anda dapat terus menerima atau menolak setiap perubahan yang ada sampai Anda selesai melakukan peninjauan semua dokumen.

  • Accept –Ikon perintah yang berfungsi untuk menyetujui penggunaan markup komentar serta pelacakan perubahan dokumen.
  • Reject –Ikon perintah yang digunakan untuk menolak atau semua markup yang telah dibuat, ini akan menghapus semua komentar termasuk penjelasan, serta pelacakan yang diedit.
  • Previous – Ikon perintah yang digunakan untuk berpindah ke komentar sebelumnya.
  • Next –Ikon perintah yang digunakan untuk kembali ke tab komentar setelahnya.

Compare: Sub menu ini berfungsi untuk membandingkan dan menggabungkan beberapa dokumen dalam satu tampilan program Word.

  • Compare – Ikon perintah yang digunakan untuk membandingkan dua dokumen yang berbeda.
  • Combine – Ikon perintah yang digunakan untuk menggabungkan revisi dari banyak pengguna ke dalam satu dokumen.

Protect: Submenu ini berfungsi untuk mengatur suatu dokumen agar bisa atau tidak diedit, serta diformat oleh pengguna lain.

  • Block Authors – Ikon perintah pada menu review di bagian submenu protect, digunakan untuk memblok penulis lain agar tidak dapat mengedit maupun memformat dokumen.
  • Restrict Editing –  Ikon perintah pada menu review di bagian submenu protect, digunakan untuk membatasi siapa pun yang dapat mengedit maupun memformat dokumen.

Ink: Submenu Ink berfungsi untuk menyembunyikan teks agar tidak muncul saat dicetak atau di print.

  • Hide Ink – Ikon perintah yang digunakan untuk menyembunyikan atau menampilkan komentar berupa tulisan tangan atau tinta apa pun pada dokumen.
  • Delete All Ink in Document – Ikon perintah yang digunakan untuk menghapus semua tulisan atau objekbertinta yang ada pada dokumen.
Baca Juga  37 Fungsi Menu View pada Microsoft Word

10. View

10 Fungsi View Microsoft Word
10. View. Erga Bayu Aji

Menu View merupakan menu yang memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan dokumen Microsoft Word. Ini berisi beberapa perintah yang berguna untuk mengedit dan memodifikasi tampilan dokumen teks yang telah dikerjakan.

Views: Submenu Ribbon yang berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja dengan beragam mode tertentu, mulai dari mode baca, print layout, web layout, outline, serta draft. Selain itu banyak pengaturan lain yang dapat digunakan pada menu view ini.

  • Read Mode – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan mode baca seperti membaca buku, dengan cara menggeser slide halaman ke samping kanan kiri.
  • Print Layout – Ikon perintah yang digunakan untuk melihat dokumen dengan tampilan seperti mode cetak atau print.
  • Web Layout – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam mode website.
  • Outline – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam bentuk tampilan halaman outline.
  • Draft – Ikon perintah ini digunakan untuk menampilkan tampilan halaman draft atau konsep, berguna untuk memperbaiki teks secara cepat.

Immersive: Submenu Ribbon yang berfungsi untuk melihat dokumen dengan bentuk mode imersif, ini berupa tampilan berbeda untuk membaca dokumen dengan trik dalam membantu meningkatkan keterampilan membaca, pengucapan, dan kelancaran, selain itu ini juga dapat meningkatkan fokus untuk usia berapa pun.

  • Column Width – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur margin atau lebar tepi dokumen dalam mode baca.
  • Page Color – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur atau mengubah warna halaman atau kertas, serta tulisan dalam mode baca. Adapun warna yang dapat dipilih seperti: None (Normal), Sepia (Buram), dan Inverse (Gelap).
  • Line Focus – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur tampilan layar agar fokus pada bagian baris yang dibaca. Ada banyak pilihan yang dapat dipilih untuk memaksimalkan kefokusan pada baris teks yang dibaca, seperti None, One Line, Three Lines, hingga Five Lines.
  • Syllables – Ikon perintah yang digunakan untuk memberikan penandaan pada setiap suku kata, ini akan mempermudah pengguna yang ingin belajar membaca.
  • Read Aloud – Ikon perintah yang berfungsi sebagai alat baca dokumen atau narator, sehingga dokumen yang Anda pilih akan dibaca oleh sistem.

Page Movement: Submenu Ribbon yang digunakan untuk mengatur perpindahan halaman ketika lembar kerja dokumen di Scroll, dalam bentuk vertikal (atas bawah dan sebaliknya), maupun horizontal (ke kanan dan ke kiri).

  • Vertikal – Ikon yang berfungsi untuk menggulir halaman ke atas dan ke bawah untuk berpindah antar halaman.
  • Side by Side – Ikon yang berfungsi untuk berpindah antar halaman dengan menggulir ke samping kanan dan kiri.

Show: Submenu Ribbon yang digunakan untuk mengaktifkan ruler, gridline, serta panel navigasi, ini akan mempermudah pengguna sebagai alat bantu lembar kerja.

  • Ruler – Ikon perintah yang digunakan untuk memunculkan atau menyembunyikan penggaris dalam lembar kerja sebagai alat bantu untuk mengukur atau menyusun tata letak teks dalam dokumen.
  • Gridlines – Ikon perintah yang digunakan untuk memunculkan atau menyembunyikan garis petak atau grid, sebagai alat bantu dalam menyesuaikan objek pada dokumen.
  • Navigation Pane – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan panel navigasi sebagai alat bantu untuk pencarian teks, judul, objek maupun halaman dalam dokumen.

Zoom: Submenu yang berfungsi sebagai alat bantu zooming baik memperbesar maupun memperkecil tampilan lembar kerja sesuai kebutuhan.

  • Zoom – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan kota dialog Zoom yang digunakan untuk mengatur tingkat perbesaran pada tampilan dokumen.
  • 100% – Ikon yang dapat digunakan untuk menentukan perbesaran tampilan dalam ukuran 100% atau normal.
  • One Page – Ikon yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam tampilan satu halaman saja.
  • Multiple Page – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam banyak halaman.
  • Page Width – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan halaman dalam tampilan lebar yang lebih maksimal ke ukuran layar komputer atau laptop.

Window: Submenu Window pada Word dapat digunakan untuk mengatur tampilan jendela halaman menjadi banyak atau satu tampilan, selain itu Anda juga dapat menampilkan dua bagian halaman dalam waktu bersamaan.

  • New Window – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan halaman yang dibuka menjadi jendela baru, sehingga satu dokumen yang sama akan terbuka menjadi dua jendela sekaligus.
  • Arrange All – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan beberapa jendela dalam satu layar, hal ini dapat mempermudah pengguna dalam melakukan pengeditan.
  • Split – Ikon perintah ini digunakan untuk membagi dua bagian dokumen. Cara ini memungkinkan pengguna untuk melihat dua bagian berbeda dari teks dokumen untuk membantu proses pengeditan.
  • View Side by Side – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan dua dokumen dalam tampilan berdampingan.
  • Synchronous Scrolling – Ikon perintah yang digunakan untuk menggulir kedua dokumen secara bersamaan.
  • Reset Window Position –Ikon perintah yang digunakan untuk mengatur pergantian posisi antara dua dokumen yang ditampilkan(kiri ke kanan atau sebaliknya).
  • Switch Windows – Ikon perintah yang digunakan untuk beralih ke jendela lain yang sedang terbuka.

Macros: Submenu ini digunakan untuk membuat atau menerapkan pemrograman atau script pada dokumen.

  • Macros – Ikon perintah ini digunakan untuk menerapkan atau membuat script ke dalam dokumen yang dibuat, biasanya berisi beberapa program perintah untuk jalannya dokumen.

SharePoint: Submenu yang digunakan untuk mengatur informasi mengenai properti dari dokumen.

  • Properties – Ikon perintah yang berisi informasi dokumen dengan beragam fitur untuk melindungi dokumen dengan password, serta pengaturan informasi lainnya.

11. Help

11 Fungsi Help Microsoft Word
11. Help. Erga Bayu Aji

Menu Help adalah menu bantuan yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang tidak diketahui pengguna maupun kontrol yang dapat pengguna pilih untuk menampilkan sistem bantuan aplikasi.

Help: Fitur Help merupakan perintah bantuan yang dapat Anda pilih untuk menampilkan beragam perintah pintasan bantuan. Beberapa perintah dari menu Help terdiri atas: Get Started, Collaborate, Insert Text, Pages & Layouts, Picture, Save & Print, dan Mail Merge.

  • Search – Ikon perintah untuk pencarian kata kunci.
  • Get Started – Ikon perintah untuk memulai pelatihan atau panduan menggunakan Microsoft Word.
  • Collaborate – Ikon perintah untuk melakukan kolaborasi dan mengasah keterampilan dengan membagikan dokumen dengan banyak penulis.
  • Insert Text – Ikon perintah yang digunakan untuk mengetahui panduan atau cara pemformatan teks, memberikan penomoran, bullet, serta penggunaan gaya maupun tema.
  • Page Layout – Ikon perintah berupa fitur bantuan untuk pengaturan margin, kolom, serta halaman dokumen.
  • Pictures – Ikon perintah yang digunakan untuk memunculkan panduan dalam memasukkan objek gambar serta pengaturan beragam rotasi objek.
  • Save & Print – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan panduan tentang cara menyimpan dokumen, mengubah format menjadi PDF, serta mengatur dan mencetak dokumen.
  • Mail & Merge – Ikon perintah dari menu Help yang memberikan panduan mengenai pembuatan surat, label, amplop, serta mengirim email dalam jumlah banyak.

Contact Support: Fitur pada menu Help yang berfungsi untuk menghubungi atau mendapatkan bantuan dan dukungan pelayanan dari CS software.Anda dapat secara langsung menuliskan masalah yang sedang Anda alami saat menggunakan software. Umumnya karakter maksimal teks yang dapat Anda ketik adalah 250.

Feedback: Fitur pada menu Help yang berfungsi sebagai fitur untuk memberikan umpan balik / tanggapan terhadap software.

  • I Like Something – Pilihan perintah yang digunakan ketika ingin memberikan penilaian yang bagus dan menyukai Microsoft Word.
  • I Don’t Like Something – Pilihan perintah yang digunakan untuk memberikan penilaian yang tidak disukai dari software tersebut.
  • I Have a Suggestion – Pilihan perintah yang digunakan untuk memberikan saran yang perlu ditambahkan maupun diperbaiki dari software tersebut.

Show Training: Fitur pada menu Help yang berfungsi untuk memunculkan panduan pembelajaran Microsoft Word berupa tutorial serta petunjuk pengerjaan maupun pengolahan dokumen dan lain-lainnya.

Lihat Juga : 20 Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Microsoft Excel

Penutup,

Microsoft Word termasuk software pengolah kata yang memiliki berbagai menu yang memiliki fungsi-fungsi tertentu, sebagai fitur yang membantu pengolahan dokumen. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menu-menu Microsoft Word juga memiliki banyak ikon-ikon perintah yang terbagi atas beberapa submenu atau disebut Ribbon Group. Sebagai pengguna Microsoft Word yang ingin familiar dalam mengolah dokumen, ada baiknya mempelajari beberapa fungsi perintah dari menu-menu yang ada, sehingga pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan.

Itulah ulasan lengkap mengenai fungsi icon menu di Microsoft Word yang sudah dijelaskan secara detail untuk mempelajari berbagai perintah dan fungsinya. Di harapkan ulasan ini dapat membantu Anda untuk mempelajari maupun mengasah skill pengolahan dokumen dengan Microsoft Word. Jika ada yang perlu ditanyakan atau didiskusikan, silakan tulis komentar Anda melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Anisa Purwandari | Editor : Erga Bayu Aji