12 Aplikasi Video Call PC & Mac Terbaik

Melihat perkembangan teknologi yang semakin masif seperti sekarang ini, menjadi mustahil jika komunikasi manusia hanya bertatap muka secara langsung, nah mengapa? Saat ini berkomunikasi sudah bisa dilakukan dengan aplikasi komunikasi telepon, tidak hanya telepon suara, namun beragam seperti komunikasi chat hingga video call. Membahas komunikasi melalui video call, ini memungkinkan Anda untuk menelepon keluarga maupun teman-teman Anda dengan saling menampilkan wajah dalam aplikasi di mana pun dan kapan pun.

Aplikasi video call di zaman digital sekarang sudah menjadi fitur wajib yang dimiliki setiap pengguna smartphone, laptop, hingga PC. Dengan adanya fitur video call akan membuat hubungan jarak jauh menjadi dekat dan tetap terhubung meskipun tidak saling bertemu langsung. Ini menjadi alternatif untuk Anda ketika sedang merindukan seseorang di belahan dunia mana pun. Dengan dukungan koneksi internet yang lebih cepat menggunakan layanan video call sudah banyak tersedia di beragam aplikasi. Kali ini, kami akan memberikan beragam pilihan aplikasi yang memiliki fitur video call untuk digunakan di PC / Mac Anda.

Lihat Juga : 13 Aplikasi Pemutar Video PC & Mac Terbaik

Aplikasi Video Call PC & Mac Terbaik

Sudah tidak diragukan lagi, jika Anda membutuhkan aplikasi panggilan video call gratis saat ini. Dengan sesama keluarga atau teman yang tersebar di berbagai kota atau negara, kebutuhan untuk tetap berkomunikasi dan saling terhubung harus di lakukan. Aplikasi video call terus mengalami perkembangan dan seiring waktu akan semakin meningkat. Sudahkah Anda memiliki pilihan aplikasi video call terbaik yang Anda gunakan saat ini? Kami akan memberikan banyak pilihan aplikasi video call untuk PC maupun Mac yang bagus untuk Anda gunakan. Berikut daftarnya!

1. Skype

Skype
Skype | Skype.com

Ini termasuk software yang hampir semua orang tahu namanya, memiliki sejarah yang panjang sebagai software video call terbaik untuk PC, dia adalah Skype. Software yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan software pertama yang memberikan layanan video call secara gratis. Dengan berbagai macam fitur yang disediakan, Skype memang sangat pantas dijuluki sebagai software video call terbaik untuk PC. Tidak hanya pelayanan HD dalam melakukan panggilan video, tapi juga fitur perekam panggilan yang membuat Anda bisa merekam momen penting dalam suatu panggilan video.

Selain itu, Skype juga memiliki fitur subtitle langsung yang akan membantu Anda saat Anda tidak bisa mendengar dengan jelas suara yang diucapkan, fitur ini akan secara otomatis membuat subtitle dari apa yang diucapkan. Dan yang membuat software ini sangat populer adalah karena dukungan perangkatnya yang sangat beragam. Tidak hanya komputer dan smartphone, Skype ini juga bisa digunakan di web, Alexa, bahkan pada perangkat Xbox sekalipun.

2. Google Duo

Google Duo
Google Duo | duo.google.com

Layanan terbaik untuk video call berikutnya adalah Google Duo, software yang satu ini merupakan salah satu dari berbagai layanan aplikasi Google yang bisa Anda akses di menu “Google Apps” saat Anda masuk ke laman Google. Dengan menggunakan Google Duo, Anda tidak hanya bisa berhubungan atau bertatap muka dengan seseorang, namun juga bisa bersenang-senang dengan berbagai fitur yang telah tersedia. Beragam fitur yang ada seperti menggambar doodle bersama, menggunakan virtual effect yang lucu-lucu, dan beragam fitur menarik lainnya.

Google Duo ini bisa Anda gunakan pada perangkat Android, iPhone, tablet, komputer, maupun smart display seperti Google Nest Hub Max. Jadi Anda tidak perlu mengganti perangkat Anda hanya untuk menghubungi seseorang.

Baca Juga  10 Aplikasi Edit Audio PC, Laptop, Mac Terbaik

Lihat Juga : 10 Aplikasi Edit Audio PC & Mac Terbaik

3. Hangout Meet (Google Meet)

Google Meet
Google Meet | meet.google.com

Masih satu keluarga dengan Google Duo, Google Meet ini juga merupakan salah satu layanan yang disebarkan Google kepada para pengguna untuk melakukan panggilan video grup. Sama halnya dengan Google Duo, dengan menggunakan Google Meet Anda juga akan bisa terhubung dengan seseorang memalui panggilan video. Yang membedakan kedua layanan ini adalah tingkat penggunaannya, jika Google Duo dikembangkan untuk menghubungkan dua orang, maka Google Meet ini sebaliknya.

Dengan menggunakan Google Meet Anda bisa melakukan panggilan video secara besar, atau bisa dibilang panggilan grup. Biasanya software ini digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan rapat secara online. Salah satu kelebihan Google Meet ini adalah kemampuannya dalam menampung peserta video call. Google Meet mengklaim ia bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu ruangan.

4. LINE

LINE Desktop
LINE | line.me

Siapa yang tidak mengenal LINE. LINE merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi chat dan sosial media yang populer di Indonesia. Mungkin tidak banyak yang tahu, tapi LINE memiliki versi desktop yang juga tersinkronisasi otomatis dengan perangkat mobile. Fitur yang dimilikinya pun tidak berbeda dengan versi mobile-nya, salah satunya adalah video call. Dengan menggunakan LINE, Anda bisa terhubung dengan keluarga atau teman-teman Anda melalui kontak yang Anda hubungi.

Tak hanya sekedar video call, LINE juga menyediakan fitur lain seperti Watch Together yang membuat Anda bisa menonton video YouTube bersama teman-teman dalam sebuah panggilan video. Ada juga fitur berbagi tampilan layar yang bisa digunakan untuk menunjukkan tampilan layar perangkat Anda ke teman-teman Anda. Tak lupa, terdapat juga fitur editing seperti filter kamera dan filter latar belakang. Banyak sekali fitur-fitur hebat lainnya yang dapat Anda nikmati dengan menggunakan aplikasi LINE.

5. Messenger (Facebook)

Messenger Web
Messenger Web | messenger.com

Siapa yang tidak mengenal Facebook, media sosial terpopuler didunia dengan jutaan bahkan miliaran pengguna aktif. Sedangkan Messenger merupakan layanan private chat yang dimiliki Facebook. Layanan ini bisa Anda gunakan di Facebook secara langsung atau dengan mengunduh software-nya sendiri. Dengan menggunakan Messenger, Anda akan bisa menghubungi teman-teman Facebook atau teman yang terdaftar di kontak telepon Anda.

Kabarnya, Messenger mengeluarkan fitur baru, namanya Messenger Rooms. Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan bisa terhubung dengan siapa saja yang masuk melalui link yang Anda bagikan, bahkan seseorang yang tanpa akun Facebook sekalipun. Dalam Facebook Messenger Anda dapat mengunggah foto, video, memulai obrolan grup, melakukan panggilan suara atau video dan lainnya tanpa harus membuat akun Facebook.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

6. Viber

Viber Desktop
Viber desktop | viber.com

Rekomendasi aplikasi video call selanjutnya adalah Viber. Software yang satu ini merupakan software yang dikembangkan oleh Viber Media untuk memberikan layanan berkirim pesan, menelepon suara ataupun video, dan berbagi gambar. Viber pertama kali diluncurkan pada Desember 2010 silam, dan saat ini telah memiliki dukungan di berbagai perangkat, salah satunya adalah perangkat komputer.

Viber juga dapat Anda gunakan untuk desktop yang disinkronkan ke akun seluler Anda, selain itu untuk mengaktifkan Viber for Desktop, Anda memerlukan akun Viber aktif di ponsel Anda. Dengan menggunakan Viber ini, Anda mampu melakukan panggilan video ke sesama pengguna dengan kualitas video HD dan suara yang bagus. Tidak hanya pada satu pengguna saja, namun Anda juga bisa melakukan panggilan kepada banyak orang dalam sebuah grup.

Baca Juga  10 Software Cleaner PC & Mac Terbaik

7. Zoom

Zoom Desktop
Zoom | Zoom.us

Sedikit berbeda dengan software sebelumnya, software yang dikembangkan oleh Zoom Video Communication Inc. ini merupakan software video call yang biasa digunakan untuk melakukan rapat perusahaan atau sejenisnya. Software seperti ini biasa disebut sebagai software video conference. Dengan menggunakan Zoom, Anda bisa terhubung dengan banyak pengguna secara bersamaan.

Jika dibutuhkan, Anda juga bisa berkirim pesan atau suara dalam diskusi yang dibuat. Berkat kebijakan Work from Home saat ini, Zoom menjadi salah satu layanan meeting online yang paling banyak digunakan. Zoom ini dapat menampung lebih dari 15 pengguna sekaligus selama kurang lebih 30 menit dalam versi gratisnya. Anda bisa menambahnya dengan membeli paket bulanan yang disediakan.

8. IMO

IMO
IMO | imo.me

Software video call lainnya ada IMO Free Video Calls and Chat. Tidak hanya bagus di video call, IMO ini juga memiliki dukungan platform yang luas, mulai dari Windows, MacOS, Android, sampai iOS. Jadi Anda bisa menggunakannya di berbagai perangkat yang Anda miliki, Anda juga bisa secara otomatis sign in. Dengan menggunakan IMO, Anda akan bisa berhubungan dengan teman ataupun keluarga Anda di mana pun dan kapan pun. Tidak hanya panggilan video, namun juga panggilan suara dan berkirim pesan teks.

Fitur-fitur menarik yang layak untuk Anda coba adalah Story, imoZone, profile, grup chat, dan lainnya. Yang sedikit berbeda adalah fitur IMO levels yang dihitung dari hari aktif dan durasi online. Semakin tinggi IMO levels Anda maka semakin banyak pengalaman menyenangkan yang bisa Anda dapatkan. Anda dapat menggunakan IMO desktop dengan tetap menyinkronkan obrolan dengan perangkat mobile.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Nonton Drakor Android & PC Terbaik

9. Wire

Wire
Wire | wire.com

Masih dengan rekomendasi video call terbaik untuk komputer, ini adalah software yang bernama Wire. Software ini dikembangkan oleh perusahaan Wire Swiss GmbH yang berpusat di Berlin, Jerman. Aplikasi Wire memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan instan terenkripsi, serta melakukan panggilan suara dan video. Aplikasi Wire tersedia untuk beragam platform, mulai dari iOS, Android, Mac OS, Linux, Windows, dan browser yang kompatibel dengan WebRTC.

Berbeda dengan kebanyakan software sejenis lainnya yang berfokus untuk memperbanyak fitur dan layanan, Wire ini lebih berfokus untuk meningkatkan keamanannya. Jika Anda ingin memastikan tidak ada yang melacak dan melihat panggilan Anda maka software yang satu ini sangat direkomendasikan. Menariknya, program keamanan dari Wire open source dan Anda bisa mengunduh atau melakukan perubahan melalui GitHub. Bagi Anda yang merasa memiliki keahlian dalam bidang keamanan, maka Anda bisa ikut berkontribusi dari program yang telah dibuat.

10. OoVoo

ooVoo
ooVoo | oovoo.com

Software video call lainnya yang bisa Anda coba adalah ooVoo. Software yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa biaya sepeser pun. ooVoo memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan suara dan teks instan serta menjadi lintas platform yang mendukung panggilan video secara bersamaan. Dengan ooVoo, Anda akan bisa terhubung dengan teman atau keluarga Anda yang jauh dari jangkauan Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir teman atau keluarga Anda tidak bisa menggunakan ooVoo, sebab software yang satu ini memiliki dukungan perangkat yang cukup luas, mulai dari Android, iOS, Windows, sampai MacOS sekalipun. Tak hanya itu saja, ooVoo juga memiliki dukungan kualitas HD pada fitur panggilan videonya. Aplikasi ooVoo juga menyediakan layanan grup video call yang bisa menampung hingga 8 peserta.

Baca Juga  5 Fungsi dan Manfaat Sistem Operasi Secara Umum

11. WeChat

WeChat Desktop
WeChat Desktop | wechat.com

Mungkin Anda tidak asing dengan software yang satu ini, WeChat merupakan platform sosial media yang cukup populer di dunia. WeChat dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok, dan digunakan pada beberapa sistem operasi, seperti Android, iPhone, Windows Phone, dan platform Symbian. Dengan WeChat Anda bisa berhubungan dengan teman atau keluarga Anda, menemukan teman baru atau bahkan menemukan pasangan hidup Anda. Tidak hanya obrolan berbentuk pesan, namun juga bisa berupa pesan suara, panggilan suara, panggilan video, dan lainnya.

Dalam pengembangannya, WeChat juga hadirkan beragam fitur menarik lainnya seperti WeChat Pay, momen untuk berbagi status / aktivitas keseharian, Game, WeChat Out, dan masih banyak lagi. WeChat sendiri merupakan aplikasi pesan paling populer di China dengan basis penggunanya yang lebih dari 1 miliar orang. Meskipun demikian, pengguna dari negara lain juga bisa menggunakannya, tersedia lebih dari 20 bahasa di dunia, termasuk Indonesia.

12. FaceTime

Facetime
FaceTime

Rekomendasi software video call yang terakhir adalah FaceTime. Software yang satu ini merupakan software yang hanya bisa digunakan di kalangan pengguna Apple, seperti MacOS, iOS, dan iPad. Selain platform tersebut, FaceTime juga dapat digunakan di web browser yang dapat terhubung dengan tautan FaceTime dari teman iOS 15 dan Mac OS Monterey. FaceTime akan memungkinkan Anda tetap terhubung dengan teman atau keluarga yang jauh dari sisi Anda. Anda dapat memanfaatkan FaceTime untuk mencari teman baru untuk diajak mengobrol.

Jika Anda berpikir Anda hanya bisa memanggil satu orang di setiap panggilan video, Anda salah. Dengan FaceTime, Anda juga bisa melakukan panggilan suara atau video dalam sebuah grup dengan maksimal 32 orang. Selain itu Anda juga dapat menikmati film atau musik secara bersama-sama. Masih banyak fitur-fitur FaceTime yang dapat Anda nikmati tentunya. Pada perangkat mobile, Anda membutuhkan iOS 12.1.4 atau yang paling baru saat ini. Adapun yang model lama, di bawah iOS 12.1.4 masih dapat terhubung namun hanya dalam bentuk suara. Tertarik mencoba, unduh melalui link di bawah ini.

Lihat Juga : 13 Aplikasi Streaming Musik Android & iOS Terbaik

Penutup,

Itulah sekumpulan aplikasi video call PC dan Mac yang dapat Anda gunakan berdasarkan kebutuhan yang Anda inginkan. Setiap aplikasi video call PC atau Mac memiliki karakteristik dan fitur khusus yang dapat penggunanya nikmati, selain itu Anda juga harus menyesuaikan kompatibilitas dengan perangkat yang Anda miliki saat ini. Seiring waktu, aplikasi video call akan terus mengalami perkembangan fitur dan spesifikasinya mengikuti perkembangan teknologi yang sudah diperbarui.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi video call seperti yang telah dibahas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda di media sosial dan terus ikuti pembaruan artikel dari kami. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Anisa Purwandari, Donny Setiawan | Editor : Erga Bayu Aji