12 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim & Menerima Pesan

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat atau sosial messenger yang saat ini menjadi bagian penting dalam berkomunikasi setiap hari dan setiap saat. Tanpa WhatsApp, maka aktivitas komunikasi, bisnis, grup, hubungan, jaringan, dan lainnya akan terganggu. Hampir kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia memasang dan menggunakan aplikasi WhatsApp.

Dalam menggunakan aplikasi WhatsApp, terkadang beberapa pengguna mengalami masalah tidak dapat mengirim dan menerima pesan. Untuk mengetahui apa penyebab dari masalah ini, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

Penyebab WA tidak bisa mengirim dan menerima pesan

Masalah pada aplikasi WhatsApp, khususnya untuk mengirim dan menerima pesan, biasanya karena konektivitas jaringan. Namun ini hanyalah bagian kecilnya saja, bisa jadi masalahnya ada pada hal lain yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut beberapa hal yang bisa jadi penyebab masalah pada aplikasi WhatsApp.

  • Jaringan bermasalah. Ketika jaringan (data seluler) bermasalah, maka aktivitas apa pun yang berhubungan dengan internet pasti akan terganggu, baik itu mengirim dan menerima pesan WhatsApp maupun aktivitas lainnya.
  • Nomor Anda telah diblokir. Tanpa Anda sadari, bisa jadi nomor Anda telah diblokir yang artinya pesan yang Anda kirim tidak dapat diterima (centang satu).
  • Nomor penerima salah. Pastikan nomor penerima pesan benar atau masih digunakan. Karena bisa jadi juga nomor sudah tidak digunakan, walaupun masih terdaftar pada aplikasi WhatsApp.
  • Aplikasi WhatsApp bermasalah. Kemungkinan lain, bisa jadi aplikasi WhatsApp di HP Anda memang bermasalah, entah itu karena corrupt, virus, cache, dan lain sebagainya.
  • WhatsApp mengalami gangguan. Kemungkinan lain, bisa jadi WhatsApp mengalami gangguan (server error), atau bisa juga sedang di take down oleh pemerintah selama beberapa waktu.
  • dll.

Lebih jelas mengenai hal tersebut, cek penjelasan dari WhatsApp di sini.

Baca Juga  Cara Mengubah Jaringan 3G Menjadi 4G Only di HP Xiaomi

Lihat Juga : 10 Cara Menyembunyikan Foto dan Video dari Galeri WhatsApp

Cara mengatasi WA tidak bisa kirim dan terima pesan

Setelah mengetahui beberapa penyebab mengenai aplikasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim dan menerima pesan, berikut beberapa solusi yang dapat Anda coba lakukan. Diharapkan nantinya WhatsApp dapat normal kembali.

1. Restart smartphone

Yang pertama, coba lakukan restart pada smartphone Anda. Bisa jadi masalahnya karena penumpukan cache, memori utama dan memori RAM yang penuh. Walaupun tips ini masih bersifat ambigu, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Jika pun nantinya masih bermasalah, coba solusi berikutnya.

2. Cek konektivitas jaringan

Pastikan konektivitas jaringan di smartphone Anda benar – benar maksimal (tidak lemot), dan jangan lupa cek juga apakah paket data masih tersedia, bisa jadi juga Anda lupa masa paket untuk sosial media telah habis. Ini hanya kemungkinan dan asumsi! Konektivitas jaringan menjadi sangat penting supaya pengiriman dan penerimaan pesan tidak tertunda. Coba gunakan untuk membuka YouTube, Play Store, atau aplikasi lain untuk memastikan koneksi internet benar-benar lancar.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terkoneksi Internet

3. Pastikan nomor Anda tidak diblokir

Hal lain yang tidak bisa disadari oleh pengguna, bisa jadi nomor Anda telah diblokir oleh penerima pesan. Yang artinya, pesan Anda tidak akan terkirim dan hanya centang satu (ceklis). Tanda Anda telah diblokir biasanya profil tidak terlihat atau bio tidak terlihat sama sekali. Apabila Anda benar – benar telah diblokir, maka Anda bisa tanyakan mengapa Anda diblokir atau selesaikan masalah Anda terlebih dahulu agar semuanya dapat berjalan baik dan dapat berkomunikasi kembali.

Lihat Juga : 10 Cara Blokir dan Membuka Blokir Kontak WhatsApp

4. Pastikan nomor yang dituju sudah benar

Anda juga perlu memastikan bahwa nomor tujuan sudah benar, masih aktif, dan orang yang bersangkutan masih menggunakan WhatsApp. Pada beberapa kasus, bisa jadi Anda mengirim pesan, namun pesan tidak terkirim, padahal pengguna tidak memblokirmu dan semuanya normal – normal saja. Hal ini karena pengguna sudah tidak menggunakan WhatsApp, walaupun nomor telepon masih tersedia pada aplikasi WhatsApp dan tidak dihapus oleh server WhatsApp. Untuk hal ini Anda perlu melakukan pengecekan lebih lanjut pada orang tertentu, entah itu teman atau orang lain yang bisa Anda hubungi.

Baca Juga  Cara Factory Reset & Hard Reset HP NOKIA 6, Mudah!

Lihat Juga : 10 Cara Menambahkan Kontak WhatsApp

5. Update WhatsApp

Update WhatsApp ke versi terbaru
5. Update aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru. Erga Bayu Aji

Ketika masalahnya terjadi pada aplikasi WhatsApp, tidak ada hubungannya dengan konektivitas ataupun nomor bersangkutan, cobalah untuk update aplikasi WhatsApp Anda. Untuk melakukannya, Anda bisa langsung kunjungi Google Play Store sekarang juga. Jangan lupa, pastikan memori utama cukup untuk melakukan update pada aplikasi terinstal.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Update Aplikasi WhatsApp

6. Hapus data aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
6. Coba hapus data aplikasi WhatsApp. Erga Bayu Aji

Jika dengan update masih tidak membuat WhatsApp normal kembali, maka cobalah untuk menghapus data aplikasi WhatsApp. Setelah menghapus data aplikasi, nantinya Anda harus login dan verifikasi ulang nomor telepon yang telah terdaftar sebelumnya. Setiap perangkat Android, hadir dengan UI dan fitur yang berbeda-beda. Untuk masuk pada manajemen aplikasi, Anda perlu menyesuaikannya.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

7. WA Mengalami Gangguan / di Take Down Pemerintah

Ketika WhatsApp (WA) sedang bermasalah, tidak hanya Anda sendiri, namun juga teman, saudara, dan sebagian pengguna lainnya maka bisa jadi server WhatsApp bermasalah, mungkin karena perbaikan, atau gangguan-gangguan lain yang tidak bisa kita tahu. Biasanya kabar semacam ini banyak beredar pada berita atau media nasional. Solusinya, sebagai pengguna mau tidak mau harus menunggu selama beberapa waktu. Kasus yang paling sering biasanya status WhatsApp bermasalah, tidak bisa load atau tidak bisa membuat status sama sekali.

Baca Juga  10 Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp

Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp juga mengalami gangguan tidak bisa kirim file, foto, video, audio, dan pesan saat di take down oleh pemerintah. Artinya, walaupun pusat dari WhatsApp ada di Amerika, namun karena negara punya aturan khusus, mau tidak mau WhatsApp harus mengikuti aturan yang ada. Pemerintah Indonesia memiliki akses terkait data, privasi, serta penggunaan Aplikasi WhatsApp (tanpa kita sadari).

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Link Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp

Penutup,

Dari penyebab dan solusi yang telah saya uraikan, Anda perlu mencobanya satu per satu agar masalah dapat terselesaikan. Walaupun tips yang saya berikan sangat sederhana dan bersifat umum, diharapkan dapat membantu. Ke depannya, artikel ini akan terus di update agar solusi yang dihadirkan lebih informatif dan maksimal dalam mengatasi masalah. Apabila ada dari Anda, punya tips lebih baik seputar permasalahan pada aplikasi WhatsApp. Tulis di kolom komentar apabila Anda bersedia membantu. Jika pun ada pertanyaan lain terkait masalah pada aplikasi WhatsApp, Anda juga bisa menuliskannya. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba!


Penulis : Erga Bayu Aji | Editor : Rafiq Akbar Hakim

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah Aplikasi Android