12 Fungsi Menu Design pada Microsoft Word

Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sangat sering kali digunakan untuk menulis dokumen. Software ini memiliki dukungan fitur menu yang cukup beragam. Beberapa fitur menu dari Microsoft Word meliputi: File, Home, Insert, Draw, Design, LayoutReferences, Mailings, Review, View, dan Help. Ikon menu maupun fitur yang ada di Microsoft Word, umumnya terus mengalami pembaruan seiring waktu, namun dari segi fungsi biasanya hanya menyesuaikan saja untuk kemudahan penggunaan.

Setiap menu yang ada di Microsoft Word memiliki submenu atau Ribbon Group, yang berisi beberapa ikon perintah. Kali ini akan dijelaskan fungsi ikon dari menu Design di Microsoft Word. Menu Design berisi beragam opsi untuk mengelola tampilan design ke halaman dokumen. Menu Design termasuk menu kelima setelah menu Draw, ini menjadi salah satu menu yang digunakan pengguna mengatur pemformatan dokumen, memilih tema halaman, gaya teks, warna teks, jenis font, serta memilih background halaman.

Lihat Juga : 200 Shortcut Microsoft Word Lengkap

5 Fungsi Design Microsoft Word
Fungsi menu Design pada Microsoft Word. Erga Bayu Aji

Menu Design adalah salah satu menu yang berisi sekumpulan ikon perintah untuk membuat desain di lembar kerja Word. Beberapa fitur di dalamnya seperti ikon Themes, Colors, Fonts, Effects, Watermark, Page Color, dan Page Borders. Berikut menu-menu yang ada pada menu Design:

Document Formatting: Ribbon Group yang berisi sekumpulan ikon perintah untuk mengatur gaya maupun pemformatan dokumen.

  • Themes – Untuk mengatur beragam jenis tema pada halaman.
  • Style Set – Untuk mengubah secara cepat tampilan dokumen dengan beberapa pengaturan gaya baru.
  • Colors – Untuk mengatur atau membuat tema halaman dengan beragam warna baru.
  • Font – Untuk mengatur dan mengubah jenis atau tipe teks berdasarkan format font yang dipilih.
  • Paragraph Spacing – Untuk mengubah jarak antar spasi tiap baris dalam dokumen.
  • Effects – Untuk mengatur tampilan objek pada dokumen dengan memberikan efek bayangan maupun visual efek lainnya.
  • Set as Default – Untuk menerapkan semua pengaturan yang sudah diatur sebelumnya, berupa tema, warna, jenis teks, paragraf, serta efek menjadi tampilan landasan atau default.
Baca Juga  42 Fungsi Menu Home pada Microsoft Word

Page Background: Ribbon Group yang digunakan untuk mengatur penambahan tanda air atau watermark serta menyesuaikan warna latar belakang atau batas halaman.

  • Watermark – Fungsi ikon untuk menambahkan tanda air pada halaman lembar kerja.
  • Page Color – Fungsi ikon untuk memberikan warna halaman pada lembar kerja.
  • Page Borders – Fungsi ikon untuk memberikan batas atau bingkai pada halaman lembar kerja.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Penutup,

Itulah penjelasan lengkap mengenai fungsi ikon menu Design pada Microsoft Word. Beberapa ikon perintah pada menu Design dapat membantu pengguna untuk mengatur desain halaman lembar kerja sesuai dengan kebutuhan. Dengan mempelajari fungsi-fungsi dari ikon menu yang ada pada menu Design, tentunya akan membuat Anda semakin semangat dan familiar dalam mengerjakan dokumen apa pun.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Anisa Purwandari | Editor : Erga Bayu Aji

Artikel terkait