12 Penyebab dan Ciri – Ciri RAM Laptop Rusak

Istilah Random Access Memory atau RAM mungkin terdengar tidak asing bagi Anda para pengguna komputer. RAM juga tidak hanya terdapat dalam komputer saja, melainkan terdapat pada beberapa perangkat seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain-lain. RAM juga termasuk salah satu komponen yang penting bagi sebuah komputer karena bekerja sebagai salah satu media penyimpanan.

RAM juga memiliki berbagai macam jenis dan apabila terjadi kerusakan pada RAM, maka hal tersebut tentu saja akan berpengaruh pada kinerja komputer Anda. Berikut ini beberapa informasi mengenai ciri-ciri, dan penyebab RAM Anda jika mengalami kerusakan, serta cara mengatasinya yang dapat Anda simak dan ikuti.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi RAM Penuh di Windows 10, 8, 7

Pengertian RAM

RAM merupakan salah satu perangkat keras yang ada pada komputer, di mana perangkat keras tersebut memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dan berbagai instruksi program lainnya. Kapasitas RAM pada komputer Anda juga mempengaruhi kecepatan pemrosesan atau pemuatan data yang ada pada komputer Anda.

Yang perlu Anda ketahui pula, bahwa isi RAM juga dapat diakses secara acak. Data yang ada pada komputer juga dapat hilang apabila komputer tersebut mati atau daya listrik  dari perangkat tersebut dicabut.

Penyebab RAM rusak dan cara mengatasinya

Penyebab RAM Rusak
Sumber Gambar : unsplash.com

Jika RAM Anda mengalami kerusakan, tentu Anda akan mencari tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Oleh karena itu berikut ini merupakan beberapa penyebab jika RAM Anda mengalami kerusakan dan cara mengatasinya yang dapat Anda ketahui.

Kualitas RAM yang buruk

Salah satu penyebab dari kerusakan RAM pada komputer Anda yaitu bisa disebabkan karena Anda membeli RAM dengan kualitas yang buruk. Hal tersebut bisa saja terjadi karena material yang digunakan memiliki kualitas yang tidak baik, quality kontrol yang buruk, serta kemungkinan terjadinya cacat produksi dari pabrik produksi RAM tersebut. Selain itu bisa juga terjadi karena RAM yang Anda beli merupakan RAM second yang sebelumnya pernah jatuh atau tidak dirawat dengan baik.

Baca Juga  10 Perbedaan RAM dan ROM Pada Komputer Lengkap

Oleh karena itu Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini untuk mencegah terjadinya kerusakan RAM karena kualitasnya yang buruk, misalnya seperti:

  • Membeli RAM dengan kondisi yang baru yang memiliki keadaan fisik yang baik.
  • Memilih merek yang sudah terpercaya.
  • Membeli RAM yang memiliki garansi.
  • Mengecek kondisi RAM dengan teliti, mulai dari kapasitas RAM yang dimiliki dan proses pemasangannya.
  • Jika Anda membeli RAM second, pilihlah yang memiliki kondisi yang baik dan semua perangkat yang ada di dalamnya dapat berfungsi dengan normal.

Tidak stabilnya aliran listrik

Kemudian penyebab yang kedua yaitu bisa karena aliran atau tegangan listrik yang ada dalam rumah Anda memiliki kondisi yang tidak stabil. Hal tersebut dapat menyebabkan laptop Ada tiba-tiba mati, dan tentu saja akan berpengaruh pada kinerja RAM Anda. Oleh karena itu disarankan Anda untuk menggunakan laptop dengan baterai yang cukup agar tegangan listrik menjadi stabil.

Pemakaian yang berlebihan

Pemakaian RAM yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada RAM Anda. Misalnya jika Anda memiliki RAM dengan kapasitas yang rendah namun dipaksakan untuk menjalankan beberapa aplikasi yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang tinggi. Hal tersebut tentu saja dapat membuat RAM Anda bekerja terlalu berat dan dapat membuatnya cepat rusak. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda dapat menyesuaikan aplikasi yang Anda gunakan dengan kapasitas RAM pada komputer atau laptop Anda.

Terjadi kerusakan atau gangguan pada slot RAM

Kemudian kemungkinan terakhir yang menjadi penyebab RAM Anda rusak yaitu ketika slot RAM yang ada pada motherboard mengalami gangguan. Gangguan tersebut biasanya terjadi pada slot kuningan RAM sehingga membuatnya mengalami gangguan pada kinerjanya dan berdampak pada kerusakan RAM. Hal tersebut biasanya terjadi karena slot RAM tertutup oleh debu atau kondisi yang lembap karena air.

Baca Juga  Pengertian Hard Disk Drive (HDD) – Fungsi, Jenis, Komponen, Cara Kerja

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya hal tersebut Anda dapat meletakkan di tempat yang tidak lembap dan tidak berdebu. Atau jika Anda terpaksa menggunakannya di tempat yang berdebu maka Anda dapat menggunakan pelindung untuk laptop Anda. Dan yang terakhir yaitu usahakan untuk tidak meletakkan laptop Anda secara langsung pada kasur yang ada pada kamar tidur Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Hard Disk Eksternal Tidak Terbaca di Laptop, PC

Ciri – Ciri RAM rusak

Ciri - ciri RAM Rusak
Sumber Gambar : unsplash.com

Berikut ini merupakan ciri–ciri jika RAM pada komputer atau laptop Anda mengalami kerusakan.

Seiring berjalannya waktu, komputer atau laptop yang Anda miliki memang kinerjanya menjadi semakin menurun, dan apabila komputer atau laptop yang Anda gunakan bekerja sangat lambat, maka kemungkinan yang terjadi yaitu RAM yang ada pada komputer tersebut mengalami kerusakan.

Sistem operasi tidak berjalan dengan lancar

Apabila sistem operasi pada komputer Anda sering mengalami not responding atau tidak dapat berjalan dengan lancar maka hal tersebut juga termasuk ciri-ciri jika terjadi kerusakan RAM pada komputer Anda. Oleh karena itu jika Anda menggunakan beberapa aplikasi, Anda dapat memilih opsi Run As Administrator untuk menghindari terjadinya not responding pada komputer Anda.

Komputer restart sendiri

Kemudian ciri-ciri terjadi kerusakan RAM pada komputer Anda yang selanjutnya yaitu komputer Anda sering mengalami restart secara tiba-tiba. Hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa bagian RAM mengalami kerusakan dan menyebabkan kinerjanya tidak dapat bekerja dengan baik.

Blue screen

Adanya salah satu tanda bahwa komputer atau laptop Anda memiliki masalah yaitu terjadi perubahan warna pada layar secara keseluruhan. Jika layar pada komputer atau laptop Anda berwarna biru maka kemungkinan besar yaitu terjadi masalah pada bagian hard disk atau RAM komputer Anda.

Beberapa aplikasi tidak dapat dijalankan

Beberapa aplikasi yang Anda miliki jika tiba-tiba tidak dapat dijalankan juga bisa menjadi salah satu ciri jika komputer Anda mengalami masalah pada RAM nya.

Baca Juga  10 Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Sering terjadi error saat menginstall sebuah aplikasi

Ketika Anda memasang sebuah aplikasi namun komputer Anda tidak merespon dengan baik atau terjadi error, maka hal tersebut bisa saja terjadi karena RAM yang ada pada komputer Anda sudah tidak bisa menampung data dari aplikasi tersebut. Sehingga menyebabkan RAM tersebut mengalami kerusakan.

Muncul bunyi beep berkali-kali ketika komputer dinyalakan

Ketika komputer Anda dinyalakan dan terdengar suara beep berkali-berkali maka hal tersebut juga merupakan salah satu tanda bahwa komputer Anda memiliki masalah RAM atau memory komputer.

Komputer menjadi mudah panas

Jika suhu pada permukaan laptop atau komputer Anda mudah panas hal tersebut bisa saja terjadi karena CPU bekerja cukup keras karena RAM sudah tidak dapat bekerja dengan baik.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Suara Laptop Tidak Keluar di Windows 11, 10, 8, 7

Penutup

Beberapa informasi di atas merupakan ciri-ciri dan penyebab jika komputer atau laptop Anda mengalami kerusakan RAM. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini.

Apa saja jenis-jenis RAM?

Beberapa jenis RAM yang dapat Anda ketahui yaitu DRAM, SD RAM, DDR RAM, RD RAM, S RAM, EDO RAM, dan NV RAM.

Bagaimana tips memilih RAM yang tepat untuk laptop atau PC?

Pilih RAM yang sesuai dengan spesifikasi PC Anda, ketahui berapa jumlah slot RAM yang tersedia, perhatikan nomor seri RAM, dan ketahui kapasitas RAM dan soket yang digunakan.

Bagaimana cara upgrade RAM?

Cek spesifikasi RAM terlebih dahulu, kemudian lepas RAM dari slot, pilih dan beli RAM yang sesuai dengan kapasitas yang lebih besar, dan yang terakhir Anda dapat memasang RAM yang baru pada slot.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait