13 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Kenapa aplikasi Instagram di Android saya tidak bisa di buka? Sedih rasanya jika Anda benar-benar mengalami masalah tidak bisa membuka aplikasi di Android. Bagaimana tidak, semua aktivitas sehari – hari di lakukan lewat media sosial Instagram. Apalagi buat para online shop yang suka berjualan lewat Instagram. Penyebab mengenai aplikasi yang tidak bisa di buka tersebut bermacam-macam. Buruknya perawatan smartphone Android secara software membuat aplikasi Android tidak bisa di buka.

Seperti di saat Anda membuka aplikasi Instagram terus menerus setiap hari sampai berbulan-bulan dan tidak pernah menghapus history dan cache Instagram membuat aplikasi terjadi error, lemot, dan pada akhirnya muncul pesan Sayangnya, Instagram telah berhentiatau “Unfortunately, Instagram has stopped”.

Selain itu, aplikasi yang sudah jadul juga sering terjadi error. Artinya pengguna tidak pernah melakukan update secara online. Coba baca artikel yang saya tulis berjudul 10 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka. Dari artikel tersebut nantinya Anda bisa tahu penyebab dari aplikasi yang tidak bisa di buka, walaupun setiap aplikasi memiliki masalah yang berbeda tapi poin utamanya tetap sama.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Android Agar Tidak Lemot

Jenis – jenis masalah aplikasi Instagram

Berikut beberapa masalah yang sering kali di alami para pengguna Instagram (yang mungkin juga Anda alami saat ini).

  • Tidak dapat memuat fitur/ kabar berita – Masalah ini kemungkinan terjadi karena koneksi internet yang lambat, bugs pada aplikasi Instagram, hingga masalah server Instagram.
  • Muncul pesan error hingga force close – Kemungkinan terjadi karena bugs pada aplikasi Instagram. Solusinya, coba dengan update Instagram ke versi paling baru.
  • Tidak respons ketika dibuka/ gunakan – Bisa jadi spesifikasi smartphone yang low-end menjadi alasan Instagram tidak respons. Coba sering-sering membersihkan cache dan tutup aplikasi yang banyak berjalan di background.
  • Sangat lambat ketika digunakan – Kemungkinan karena koneksi internet yang lambat hingga masalah pada banyaknya aplikasi yang dibuka secara bersamaan.
  • dll.
Baca Juga  Cara Menampilkan Subtitle Video di YouTube

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka

Untuk mengatasi aplikasi Instagram supaya bisa digunakan kembali, Anda beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menghapus file sampah dan menghentikan aplikasi secara paksa. Metode tersebut adalah salah satu metode paling ampuh dalam mengatasi aplikasi yang error ataupun tidak bisa dibuka. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa metodenya berikut ini.

1. Periksa koneksi jaringan

Pertama, coba periksa koneksitas jaringan di HP Android Anda, pastikan jaringan benar-benar lancar. Coba lakukan tes dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Facebook, Twitter, atau yang lainnya. Jika lancar, maka masalah ada pada Instagram, mungkin karena server down, penumpukan cache, aplikasi yang bermasalah, atau karena di take down oleh pemerintah terkait.

Apabila pada aplikasi lain sama lambatnya, bisa jadi paket internet Anda telah habis, provider jaringan yang memang lambat, dan lainnya. Coba gunakan mode pesawat terbang, aktifkan fitur tersebut kemudian matikan kembali. Tujuannya untuk mencari jaringan baru, semoga dengan ini jaringan dapat kembali normal.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Android Tidak Terkoneksi Internet

2. Gunakan VPN apabila di take down pemerintah

Pada saat pemilu (Mei 2019), memang banyak pengguna sosial media yang mengeluh terkait Facebook yang tidak bisa digunakan atau terbatas hanya pada fitur tertentu saja. Hal ini terjadi karena pemerintah melakukan take down pada sosial media tersebut untuk sementara waktu. Solusinya, coba gunakan VPN untuk me-redirect IP Ponsel kita ke server luar negeri. Dengan ini tentu Instagram bisa digunakan kembali. Saat ini ada banyak aplikasi VPN yang bertebaran di Google Play Store.

Baca Juga  Cara Hard Reset HP ASUS ZenFone 4 MAX | MAX Pro, Mudah!

Anda pilih sesuai dengan reviews dan keunggulan fitur di dalamnya. Yang berbayar biasanya lebih maksimal ketimbang yang gratis.

Lihat Juga : 15 Aplikasi VPN Android & iOS Terbaik

3. Coba update aplikasi Instagram

Update Aplikasi Instagram
3. Coba update aplikasi Instagram. Erga Bayu Aji

Untuk menghilangkan bugs atau kerusakan, baik itu error segala macamnya, Anda bisa update aplikasi Instagram ke versi paling baru. Tujuan dari cara ini supaya Instagram Anda mendapatkan perbaikan secara online langsung dari Google Play Store. Terlebih lagi, dengan cara ini tampilan dan fitur dari Instagram tentu Anda akan mendapatkan pembaharuan.

Untuk update aplikasi, Anda bisa kunjungi Google Play Store dan cari Aplikasi Instagram. Selanjutnya dari situlah Anda bisa lakukan update aplikasi Instagram.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

4. Hapus cache aplikasi

Hapus Cache Aplikasi Instagram
4. Hapus cache aplikasi Instagram. Erga Bayu Aji

Selanjutnya cobalah dengan menghapus cache Android. Fungsi cache sebenarnya berguna untuk mempercepat pengguna dapat membuka atau mengakses aplikasi. Namun ada waktu di mana pengguna harus menghapus cache karena masalah pada aplikasi. Terlalu repot jika Anda menghapus cache Android secara manual. Gunakan saja aplikasi pembersih RAM sebagai solusi untuk menghapus cache secara cepat dan mudah. Atau jika Anda ingin menghapus cache secara manual, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  3. Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Tembolok untuk menghapus cache Instagram.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 6 Cara Membersihkan Cache Realme

5. Hapus data aplikasi Instagram

Coba Hapus Data Aplikasi Instagram
5. Hapus data aplikasi Instagram. Erga Bayu Aji

Tips berikutnya, coba dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi Instagram. Cara ini akan menghapus preferensi pengaturan aplikasi Instagram serta semua basis data seperti data login, cache, cookies, history, dan sejenisnya akan terhapus. Untuk melakukannya, Anda bisa masuk Manajemen Aplikasi Android. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  3. Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus cache Instagram.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.
Baca Juga  4 Cara Meningkatkan Sinyal Android Yang Kurang Bagus

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Setelah berhasil menghapus data Instagram, selanjutnya Anda bisa buka kembali Aplikasi Instagram. Login dengan username dan password yang Anda miliki sebelumnya.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

6. Install ulang aplikasi Instagram

Coba Hapus Aplikasi Instagram
6. Install ulang aplikasi Instagram. Erga Bayu Aji

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan yakni dengan menghapus dan menginstall kembali Instagram. Kemungkinan aplikasi yang Anda gunakan memang bermasalah sehingga sistem tidak dapat memuat aplikasi tersebut. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa melakukannya melalui Manajemen Aplikasi Android.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  3. Tap Hapus Instalasi untuk menghapus Instagram.
  4. Selesai.

Selesai menghapus aplikasi, Anda harus membersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih. Setelah itu, restart ponsel Android dan barulah Anda install kembali aplikasi langsung dari Google Play Store.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips di atas, semoga masalah aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka di HP Anda dapat kembali normal dan bisa digunakan lagi. Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti ASUS, Xiaomi, VIVO, Samsung, OPPO, Realme, Huawei, dan lainnya. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Erga Bayu Aji | Editor : Rafiq Akbar Hakim

Tips Instagram

Masalah Instagram