15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

Setiap kali Anda mengunggah foto ataupun video di Instagram selalu terjadi kegagalan, terus gagal dan terus gagal? Hal semacam itu pasti membuat Anda pusing tujuh keliling, galau karena pusing, dan stres karena galau. Penyebab mengenai tidak bisa upload foto dan video di Instagram terjadi karena beberapa macam. Paling umum terjadi karena penumpukan cache dan history.

Saya sering sekali mengatakan bahwa cache Android memang benar-benar mempengaruhi performa Android, karena pemakaian smartphone atau tablet Android satu hari saja dapat menghasilkan cache yang lumayan banyak. Artinya jika memori Anda kecil maka pengaruh cache akan terasa, di saat membuka aplikasi tertentu pasti akan terasa berat dan lemot.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi LINE Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Penyebab tidak bisa upload foto video Instagram

Selain cache, lokasi Anda saat ini juga mempengaruhi kelambatan atau kegagalan dalam meng-upload foto. Untuk lebih jelasnya, berikut penyebab yang membuat pengguna tidak bisa upload foto dan video Instagram;

  • Koneksi internet yang lambat. Dalam meng-upload video maupun foto di Instagram, koneksi internet sangat penting untuk diperhatikan. Jika koneksi internet di ponsel Anda lambat maka tak heran apabila terjadi kegagalan saat meng-upload video. Anda bisa uji kecepatan internet Anda di sini.
  • Pembatasan aktivitas pengguna Instagram. Kemungkinan lain, adanya pembatasan aktivitas terhadap akun Instagram Anda. Mungkin saja Anda terlalu sering meng-upload video atau foto secara bersamaan (dalam waktu yang berdekatan) sehingga Instagram membatasi akun Anda.
  • Adanya bugs pada aplikasi Instagram. Bisa jadi, bugs pada aplikasi Instagram membuat Anda tidak bisa upload video maupun foto. Anda bisa perbaiki dengan update atau hapus data aplikasi.
  • Server Instagram down. Apabila server Instagram terjadi masalah (down) maka di pastikan aktivitas pengguna akan terhambat. Solusinya harus menunggu sampai Instagram normal kembali.
  • Video mengandung hak cipta. Apabila video atau foto yang Anda upload mengandung hak cipta milik orang lain kemungkinan akan terhapus secara otomatis oleh Instagram.
  • Video mengandung ujaran kebencian dan SARA. Kemungkinan video atau foto yang Anda upload mengandung ujaran kebencian sehingga bisa di take down oleh Instagram ataupun pemerintah terkait.
  • dll.
Baca Juga  2 Cara Meningkatkan Beterai Android Hingga Dua Kali Lipat Tanpa Root

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Google Chrome Error, Tidak Bisa Dibuka

Cara mengatasi tidak bisa upload foto video Instagram

Dari semua penyebab di atas, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan mulai dari menghapus recent app, membersihkan cache aplikasi, update aplikasi, hingga menghapus data aplikasi. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Hapus Recent App

Hapus Recent Apps Android
1. Hapus Recent App ponsel Android. Erga Bayu Aji

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dengan mudah, coba hapus recent app (menutup semua aplikasi yang dibuka/ terbuka). Biasanya, dengan menghapus recent apps, ponsel Android lebih ringan ketika digunakan. Setiap ponsel Android memiliki tombol recent app yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan ponsel Android yang Anda gunakan.

  1. Tap tombol Recent App yang biasanya ada di bilang kiri bawah.
  2. Tap ikon Sampah untuk menutup semua aplikasi.
  3. Selesai.

Setelah menghapus recent app, coba buka kembali aplikasi Instagram dan upload ulang foto atau video yang Anda inginkan.

Lihat Juga : 5 Cara Menutup Aplikasi Secara Paksa

2. Pastikan koneksi internet stabil

Selain menutup semua aplikasi, pastikan juga koneksi internet di ponsel Android Anda benar-benar stabil. Karena mau tidak mau, upload foto dan video membutuhkan akses internet yang benar-benar stabil. Anda bisa uji kecepatan internet ponsel Android Anda dengan fast.com/id/. Tes juga dengan membuka aplikasi lain seperti Facebook, YouTube, atau yang lainnya.

Anda juga bisa manfaatkan fitur Airplane Mode (mode pesawat terbang) untuk memperbarui sinyal pada ponsel. Jika Anda menggunakan WiFi, Anda bisa putuskan dan hubungkan kembali.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terkoneksi Internet

3. Restart ponsel Android

Tips berikutnya, coba restart ponsel Android Anda. Dengan melakukan restart, sistem dan aplikasi terinstall akan di muat ulang. Sehingga apabila ada service sistem/ aplikasi yang bermasalah dapat di perbarui kembali. Siapa tahu dengan restart ponsel, masalah tidak bisa upload foto dan video dapat terselesaikan.

Baca Juga  5 Cara Mengetahui Nomor Sendiri WhatsApp

Setelah restart, buka kembali aplikasi Instagram dan tes dengan upload foto atau video. Jika masih bermasalah, coba lakukan tips selanjutnya.

4. Update aplikasi Instagram

Update Aplikasi Instagram
4. Coba update aplikasi Instagram dari Google Play. Erga Bayu Aji

Berikutnya, coba update aplikasi Instagram langsung dari Google Play Store untuk ponsel Android dan App Store untuk iOS (iPhone). Selain memperbaiki bugs atau error aplikasi Instagram, update aplikasi juga meningkatkan fitur dan keamanan. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Update Aplikasi Android

5. Keluar dan masuk akun Instagram

Coba Keluar Akun Instagram
5. Keluar akun Instagram. Erga Bayu Aji

Tips berikutnya, coba keluar (Logout) akun Instagram Anda. Hal ini mungkin terlihat sepele namun ini juga termasuk tips yang cukup ampuh. Setelah keluar akun Instagram, tutup aplikasi dan login kembali menggunakan username dan password yang Anda gunakan. Setelah itu, coba lagi upload foto atau video, semoga nantinya tidak bermasalah.

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Masuk ke halaman Profil Instagram.
  3. Pilih ikon tiga garis yang ada di bagian atas » Pengaturan.
  4. Scrool ke bawah » tap Keluar.
  5. Konfirmasi dengan Ingat atau Lain Kali.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa di Putar

6. Hapus data aplikasi Instagram

Coba Hapus Data Aplikasi Instagram
6. Coba hapus data aplikasi Instagram. Erga Bayu Aji

Tips berikutnya, coba dengan menghapus data aplikasi Instagram. Cara ini akan membuat aplikasi kembali pada posisi default dan semua setelan preferensi aplikasi juga ikuti terhapus. Data yang terhapus berupa basis data, cache, cookies, serta data sementara lainnya. Namun tenang saja, cara ini tidak akan menghapus akun dan Anda bisa login kembali menggunakan username dan password Instagram Anda.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  3. Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data Instagram.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali aplikasi Instagram dengan username dan password Instagram yang Anda miliki.

Baca Juga  13 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Bunyi & Tidak Muncul di HP Samsung

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

7. Install ulang aplikasi Instagram

Coba Hapus Aplikasi Instagram
7. Hapus aplikasi Instagram. Erga Bayu Aji

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan install ulang aplikasi Instagram. Ada kemungkinan Instagram Anda terdapat bugs atau error sehingga tidak maksimal dalam meng-upload foto atau video. Mungkin saja Anda download Instagram dari pihak ketiga yang tidak terjamin keamanan dan stabilitas penggunaannya.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  3. Tap Hapus Instalasi untuk menghapus Instagram.
  4. Selesai.

Setelah menghapus aplikasi, Anda bisa bersihkan semua file sampah. Restart ponsel Android Anda kemudian install Instagram langsung dari Google Play Store.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Aplikasi Android

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menunggu selama beberapa waktu ke depan, bisa beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Ada kemungkinan akun Instagram Anda terjadi pembatasan oleh Instagram sehingga tidak bisa meng-upload foto ataupun video. Ini biasanya terjadi kepada pengguna yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan dan kebijakan Instagram.

Namun Anda tidak perlu khawatir, masalah ini biasanya dapat teratasi dengan baik apabila Anda tidak melakukan pelanggaran ataupun hal-hal yang mencurigakan lainnya.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Kabar Terbaru

Penutup,

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga nantinya Anda bisa berhasil mengunggah foto ataupun video. Saran saya, cobalah untuk memasang aplikasi pembersih sebagai app untuk membantu Anda meningkatkan performa Android agar terasa lebih cepat dan ringan.

Metode di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, ASUS, Xiaomi, VIVO, dan lainnya.  Jika ada sedikit perbedaan, maka Anda tinggal menyesuaikannya. Apabila ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Erga Bayu Aji | Editor : Rafiq Akbar Hakim

Tips Instagram

Masalah Instagram