17 Penyebab dan Ciri – Ciri VGA Laptop Rusak

Dalam sebuah PC terdapat tiga komponen yang sangat penting yang dapat Anda ketahui yaitu prosesor, memori, dan VGA. Ketiga komponen tersebut tentunya memiliki fungsi dan tugas masing-masing yang dapat mendukung komputer Anda dapat bekerja dengan maksimal. VGA sendiri memiliki fungsi untuk menampilkan atau menghasilkan output yang dapat kita lihat dalam layar monitor.

Oleh karena itu peran VGA bagi sebuah komputer bisa dikatakan sangat penting. Sehingga apabila terjadi kerusakan pada VGA tentu akan berdampak cukup besar pada kinerja komputer Anda. Untuk itu berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kerusakan pada VGA, serta ciri–ciri kerusakan pada VGA yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Pengertian VGA

VGA atau kepanjangan dari Video Graphics Adaptor merupakan perangkat keras komputer yang dikenal sebagai kartu adaptor grafis, yang memiliki fungsi untuk memproses dan menghasilkan gambar yang di tampilkan pada layar monitor komputer atau laptop Anda. VGA juga memiliki beberapa jenis misalnya seperti VGA onboard, VGA card, VGA type AGP, VGA type PCI, PCI express, dan lain–lain.

Penyebab VGA rusak dan cara memperbaikinya

Penyebab VGA Rusak
Sumber Gambar : unsplash.com

Overheat

Overheat merupakan salah satu penyebab beberapa komponen pada laptop atau komputer Anda mengalami kerusakan, salah satunya VGA. Oleh karena itu Anda harus berhati–hati ketika menggunakan laptop terlalu lama, atau untuk melakukan perkerjaan yang berat dan bermain game. Karena hal tersebut dapat membuat komputer atau laptop Anda cepat panas atau mengalami overheat.

Kualitas VGA yang buruk

Kualitas VGA yang buruk juga dapat menjadi salah satu penyebab VGA Anda mengalami kerusakan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan yang terjadi maka Anda dapat memilih VGA dengan kualitas yang baik untuk komputer Anda.

Baca Juga  Pengertian Hardware – Definisi, Sejarah, Fungsi dan Jenisnya

Pemasangan VGA yang tidak tepat

Jika melakukan pemasangan VGA maka Anda harus memperhatikan secara baik–baik. Karena apabila pemasangan VGA tidak tepat maka hal tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada VGA.

Terjadi kerusakan secara fisik

Penyebab kerusakan pada VGA yang selanjutnya yaitu, terjadi kerusakan secara fisik pada bagian VGA, Misalnya seperti kipas yang tidak dapat berputar, baut yang lepas, atau pemasangannya yang tidak sesuai, serta adanya tekanan yang berlebihan yang menyebabkan VGA mengalami kerusakan.

Korsleting listrik

Korsleting juga dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan pada VGA. Biasanya korsleting pada VGA di sebabkan oleh beberapa faktor juga seperti ada beberapa komponen yang meleleh karena panas, pemasangan yang tidak sesuai, atau karena ada cairan yang masuk pada bagian VGA.

Overvoltage

Kelebihan arus atau yang bisa disebut juga dengan overvoltage juga dapat menjadi penyebab rusaknya VGA. Hal tersebut biasanya terjadi pada saat melakukan overclocking. Oleh karena itu sebaiknya Anda juga memperhatikan ambang batas voltage maksimal agar tidak terjadi overvoltage.

Arus listrik yang tidak stabil

Sama seperti beberapa faktor penyebab kerusakan komponen yang lain, VGA juga dapat rusak karena atus listrik yang tidak stabil. Oleh karena itu sangat penting untuk Anda menjaga aliran listrik agar tetap stabil pada saat menggunakan komputer atau laptop, agar tidak menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen.

Adanya debu dan kotoran yang menempel

Debu dan kotoran yang menumpuk dan menempel juga dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan komponen pada komputer. Salah satunya yaitu VGA. Oleh karena itu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membersihkan komputer atau laptop secara rutin agar terhindar dari debu dan kotoran yang menempel.

Kelalaian

Kemudian penyebab kerusakan VGA yang terakhir yaitu bisa saja karena kelalaian manusia. Misalnya seperti menumpahkan cairan atau minuman pada saat casing laptop saat terbuka, atau melepas VGA pada saat komputer menyala, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  11 Jenis – Jenis RAM pada Komputer

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi No Connections are Available di Windows 11, 10, 8, 7

Ciri – ciri VGA laptop rusak

Jenis Jenis VGA Komputer
Sumber Gambar : Nvidia

Driver sering stopped working

Salah satu ciri–ciri pertama jika VGA komputer Anda mengalami masalah yaitu driver yang sering stopped working di karena kan fungsi dari VGA yang sudah tidak dapat berjalan dengan normal.

Bunyi kipas menjadi kencang

Bunyi kipas menjadi sangat kencang pada saat Anda menyalakan laptop atau komputer juga merupakan salah satu ciri–ciri jika terjadi kerusakan pada bagian VGA.

Performa melemah

Jika laptop Anda sering mengalami macet atau hang apabila digunakan untuk melakukan perintah tertentu misalnya seperti bermain game, atau mengedit video. Maka hal tersebut juga merupakan salah satu ciri terjadi kerusakan pada bagian VGA. Tidak hanya itu, biasanya performa komputer atau laptop yang mulai melemah, juga karena terjadinya driver yang mengalami crash.

No display

No display juga termasuk salah satu ciri kemungkinan bahwa VGA mengalami kerusakan. Namun Anda juga harus memastikannya terlebih dahulu, karena terjadinya No Display juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang lain.

Muncul artifacting pada tampilan layar

Jika laptop atau komputer Anda tiba–tiba muncul artifacting atau warna–warna aneh pada tampilan layar seperti pola melengkung, garis lurus, atau bahkan lingkaran yang tidak bisa dihilangkan meskipun komputer sudah Anda restart, ini mungkin juga tanda bahwa VGA mengalami kerusakan.

Sering terjadi stuttering

Apabila Anda menonton film atau sedang bermain game, dan tampilan gambar pada layar komputer Anda menjadi patah–patah atau stuttering. Maka hal tersebut juga merupakan salah satu ciri bahwa terjadi masalah pada bagian VGA. Bahkan ketika komputer tersebut sering terjadi stuttering maka bisa saja VGA sudah mengalami kerusakan.

Baca Juga  Daftar Alamat Service Center Lenovo Resmi Seluruh Indonesia

Black screen dan blue screen

Ketika layar komputer Anda tampilannya menjadi gelap atau black screen pada saat dinyalakan. Maka hal tersebut juga merupakan salah satu ciri bahwa terjadi kerusakan pada VGA. Selain itu kerusakan VGA juga dapat ditandai dengan sistem mengalami crash, freezing, dan blue screen.

VGA tidak dapat berjalan

Ciri–ciri yang terakhir yang menandakan bahwa VGA mengalami kerusakan yaitu VGA tidak dapat berjalan sama sekali atau dapat dikatakan mati total.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Brightness Windows Tidak Berfungsi

Penutup

VGA merupakan komponen yang memiliki peran penting bagi sebuah komputer atau laptop. Oleh karena itu jika terjadi masalah pada bagian VGA, maka usahakan untuk Anda mengetahui beberapa kemungkinan penyebab yang terjadi dan cara mengatasinya. Selain itu Anda juga harus mengetahui ciri–cirinya untuk memastikan apakah benar masalah yang terjadi memang terletak pada bagian VGA atau tidak.

Apakah CPU dapat menyala tanpa VGA?

Bisa. Karena biasanya ada beberapa jenis komputer yang dapat berjalan tanpa VGA. Misalnya seperti komputer server, dan komputer dalam router.

Apakah kartu VGA cocok untuk semua jenis Motherboard?

Tidak. Anda harus menyesuaikan slot motherboard dengan VGA yang sesuai agar tidak terjadi kerusakan.

Bagaimana cara memperbaiki VGA yang rusak?

Cara memperbaiki VGA yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melepas VGA dari slot PCI motherboard, kemudian bersihkan kaki–kaki VGA menggunakan penghapus pensil, bersihkan slot VGA, dan pasang kembali VGA.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait