37 Fungsi Menu View pada Microsoft Word

Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sangat sering kali digunakan untuk menulis dokumen. Software ini memiliki dukungan fitur menu yang cukup beragam. Beberapa fitur menu dari Microsoft Word meliputi: File, Home, Insert, Draw, Design, Layout, References, Mailings, Review, View, dan Help. Ikon menu maupun fitur yang ada di Microsoft Word, umumnya terus mengalami pembaruan seiring waktu, namun dari segi fungsi biasanya hanya menyesuaikan saja untuk kemudahan penggunaan.

Setiap menu yang ada di Microsoft Word memiliki submenu atau Ribbon Group, yang berisi beberapa ikon perintah. Kali ini akan dijelaskan fungsi ikon dari menu View, di Microsoft Word. Menu View berisi beragam opsi untuk mengelola tampilan dari halaman dokumen. Menu View termasuk menu bar yang berada di sebelah kanan menu Review. Menu View akan membantu Anda dalam memilih jenis tampilan, ketika Anda membaca dokumen yang telah dikerjakan. Selain itu pada menu ini Anda juga terdapat fitur untuk berpindah dari dokumen satu ke dokumen yang berada di jendela lain, dan masih banyak fitur lainnya.

Lihat Juga : 200 Shortcut Microsoft Word Lengkap

10 Fungsi View Microsoft Word
Fungsi menu View pada Microsoft Word. Erga Bayu Aji

Menu View merupakan menu yang memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan dokumen Microsoft Word. Ini berisi beberapa perintah yang berguna untuk mengedit dan memodifikasi tampilan dokumen teks yang telah dikerjakan. Banyak sekali fitur pilihan yang dapat Anda coba di menu View, mulai dari mode baca, mode cetak, zoom tampilan, pengaturan dokumen dari beberapa jendela, dan lain-lain. Berikut ini fitur-fitur yang dapat Anda temukan pada menu View:

Views: Submenu Ribbon yang berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja dengan beragam mode tertentu, mulai dari mode baca, print layout, web layout, outline, serta draft. Selain itu banyak pengaturan lain yang dapat digunakan pada menu view ini.

  • Read Mode – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan mode baca seperti membaca buku, dengan cara menggeser slide halaman ke samping kanan kiri.
  • Print Layout – Ikon perintah yang digunakan untuk melihat dokumen dengan tampilan seperti mode cetak atau print.
  • Web Layout – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam mode website.
  • Outline – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam bentuk tampilan halaman outline.
  • Draft – Ikon perintah ini digunakan untuk menampilkan tampilan halaman draft atau konsep, berguna untuk memperbaiki teks secara cepat.
Baca Juga  15 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Dibuka Windows

Immersive: Submenu Ribbon yang berfungsi untuk melihat dokumen dengan bentuk mode imersif, ini berupa tampilan berbeda untuk membaca dokumen dengan trik dalam membantu meningkatkan keterampilan membaca, pengucapan, dan kelancaran, selain itu ini juga dapat meningkatkan fokus untuk usia berapa pun.

  • Column Width – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur margin atau lebar tepi dokumen dalam mode baca.
  • Page Color – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur atau mengubah warna halaman atau kertas, serta tulisan dalam mode baca. Adapun warna yang dapat dipilih seperti: None (Normal), Sepia (Buram), dan Inverse (Gelap).
  • Line Focus – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur tampilan layar agar fokus pada bagian baris yang dibaca. Ada banyak pilihan yang dapat dipilih untuk memaksimalkan kefokusan pada baris teks yang dibaca, seperti None, One Line, Three Lines, hingga Five Lines.
  • Syllables – Ikon perintah yang digunakan untuk memberikan penandaan pada setiap suku kata, ini akan mempermudah pengguna yang ingin belajar membaca.
  • Read Aloud – Ikon perintah yang berfungsi sebagai alat baca dokumen atau narator, sehingga dokumen yang Anda pilih akan dibaca oleh sistem.

Page Movement: Submenu Ribbon yang digunakan untuk mengatur perpindahan halaman ketika lembar kerja dokumen di Scroll, dalam bentuk vertikal (atas bawah dan sebaliknya), maupun horizontal (ke kanan dan ke kiri).

  • Vertikal – Ikon yang berfungsi untuk menggulir halaman ke atas dan ke bawah untuk berpindah antar halaman.
  • Side by Side – Ikon yang berfungsi untuk berpindah antar halaman dengan menggulir ke samping kanan dan kiri.

Show: Submenu Ribbon yang digunakan untuk mengaktifkan ruler, gridline, serta panel navigasi, ini akan mempermudah pengguna sebagai alat bantu lembar kerja.

  • Ruler – Ikon perintah yang digunakan untuk memunculkan atau menyembunyikan penggaris dalam lembar kerja sebagai alat bantu untuk mengukur atau menyusun tata letak teks dalam dokumen.
  • Gridlines – Ikon perintah yang digunakan untuk memunculkan atau menyembunyikan garis petak atau grid, sebagai alat bantu dalam menyesuaikan objek pada dokumen.
  • Navigation Pane – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan panel navigasi sebagai alat bantu untuk pencarian teks, judul, objek maupun halaman dalam dokumen.
Baca Juga  Pengertian Microsoft Outlook – Fungsi, Manfaat, Fitur

Zoom: Submenu yang berfungsi sebagai alat bantu zooming baik memperbesar maupun memperkecil tampilan lembar kerja sesuai kebutuhan.

  • Zoom – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan kota dialog Zoom yang digunakan untuk mengatur tingkat perbesaran pada tampilan dokumen.
  • 100% – Ikon yang dapat digunakan untuk menentukan perbesaran tampilan dalam ukuran 100% atau normal.
  • One Page – Ikon yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam tampilan satu halaman saja.
  • Multiple Page – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan dokumen dalam banyak halaman.
  • Page Width – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan halaman dalam tampilan lebar yang lebih maksimal ke ukuran layar komputer atau laptop.

Window: Submenu Window pada Word dapat digunakan untuk mengatur tampilan jendela halaman menjadi banyak atau satu tampilan, selain itu Anda juga dapat menampilkan dua bagian halaman dalam waktu bersamaan.

  • New Window – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan halaman yang dibuka menjadi jendela baru, sehingga satu dokumen yang sama akan terbuka menjadi dua jendela sekaligus.
  • Arrange All – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan beberapa jendela dalam satu layar, hal ini dapat mempermudah pengguna dalam melakukan pengeditan.
  • Split – Ikon perintah ini digunakan untuk membagi dua bagian dokumen. Cara ini memungkinkan pengguna untuk melihat dua bagian berbeda dari teks dokumen untuk membantu proses pengeditan.
  • View Side by Side – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan dua dokumen dalam tampilan berdampingan.
  • Synchronous Scrolling – Ikon perintah yang digunakan untuk menggulir kedua dokumen secara bersamaan.
  • Reset Window Position –Ikon perintah yang digunakan untuk mengatur pergantian posisi antara dua dokumen yang ditampilkan(kiri ke kanan atau sebaliknya).
  • Switch Windows – Ikon perintah yang digunakan untuk beralih ke jendela lain yang sedang terbuka.
Baca Juga  Pengertian Microsoft Publisher – Fungsi, Fitur, Kelebihan

Macros: Submenu ini digunakan untuk membuat atau menerapkan pemrograman atau script pada dokumen.

  • Macros – Ikon perintah ini digunakan untuk menerapkan atau membuat script ke dalam dokumen yang dibuat, biasanya berisi beberapa program perintah untuk jalannya dokumen.

SharePoint: Submenu yang digunakan untuk mengatur informasi mengenai properti dari dokumen.

  • Properties – Ikon perintah yang berisi informasi dokumen dengan beragam fitur untuk melindungi dokumen dengan password, serta pengaturan informasi lainnya.

Lihat Juga : 10 Cara Menambahkan Hyperlink di Microsoft Word

Penutup,

Itulah penjelasan lengkap mengenai fungsi ikon menu View pada Microsoft Word. Beberapa ikon perintah pada menu View dapa Anda andalkan untuk mengatur tampilan baca dokumen dari halaman satu ke halaman lainnya, selain itu banyak sekali fitur pilihan yang dapat Anda coba untuk kenyamanan tampilan baca maupun pengeditan tampilan dokumen. Dengan mempelajari fungsi-fungsi dari ikon menu yang ada pada menu View, tentunya akan membuat Anda semakin semangat dan familiar dalam mengerjakan dokumen apa pun.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Anisa Purwandari | Editor : Erga Bayu Aji

Artikel terkait