5+ Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Paling Murah

Kirim uang ke luar negeri memakan biaya yang mahal. Dimana bisa transfer valas murah ?

Mahalnya ongkos transfer ini jadi masalah buat mereka yang butuh bolak balik kirim ke luar negeri. Misalnya, saudara kita para TKW atau yang suka jual beli import barang dari luar negeri.

Namun, sekarang di era fintech, banyak perusahaan menawarkan layanan transfer uang yang tidak hanya cepat tetapi juga murah.

Daftar layanan transfer uang ke luar negeri yang terpercaya dan murah adalah:

1. Wise

TransferWise atau Wise adalah remittance online berbasis aplikasi yang mudah dibuka, cepat dan syarat gampang.

Kita bisa menggunakan TransferWise sebagai layanan transfer uang antar negara dengan rekening borderless.

Apa keunggulan TransferWise dibandingkan cara remittance lain yang sudah lebih dulu kita kenal, seperti Western Union, PayPal atau dengan perbankan, yaitu:

  • Kursnya cakep sekali, sangat kompetitif. TransferWise menggunakan mid-rate atau kurs tengah, tidak kurs jual dan beli, untuk transaksi remittance sehingga nilai kurs menjadi kompetitif dibandingkan bank atau remittance lain yang selalu mengambil spread.
  • Kita bisa membuka rekening atas nama kita di TransferWise dalam mata uang US$, Pound Sterling, Australian Dollar dan Singapore, dengan proses pembukaan rekening yang sangat cepat, hitungan detik, dan rekening tersebut tidak perlu ada saldo minimum.
  • Dengan memiliki rekening dalam mata uang asing, kita bisa menerima uang dari luar negeri tanpa harus kena rugi konversi kurs karena bisa tetap di mata uang asal.
  • Proses dilakukan online lewat aplikasi dan pembukaan rekening di TransferWise cukup dengan mengirimkan dokumen identitas dan mengambil foto selfie.
  • TransferWise bisa mengirimkan uang ke e-money di Indonesia, yaitu GoPay dan OVO. Ini suatu keunggulan karena transfer uang dari luar negeri bisa langsung masuk ke Fintech.

Cara membuka rekening di Wise adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi TransferWise di ponsel HP atau sign-up di website TransferWise
  2. Masukkan data – data diri sesuai dengan dokumen yang kita sampaikan, bisa paspor, ktp, sim.
  3. Unggah dokumen identitas, misalnya paspor, untuk memastikan itu nama dan data memang sesuai dengan dokumen
  4. Tim transferwise melakukan pengecekan data diri Anda.
  5. Jika dibutuhkan data tambahan, terutama untuk verifikasi alamat, TransferWise akan meminta informasi tambahan.
  6. Jika semua lancar, dalam waktu kurang dari 1 hari, saya sudah bisa membuka rekening. Di website TransferWise menyebutkan paling lama 2 hari untuk buka rekening.

Setelah membuka akun di TransferWise, kita bisa langsung membuka beberapa rekening mata uang asing, yaitu:

  • US$
  • Pound Sterling
  • Euro
  • Singapore Dollar
  • Australian Dollar

2. Jenius

Jenius menyediakan fasilitas membuka rekening valas lewat aplikasi Jenius secara online untuk mata uang US$, Euro, Singapore US$

Cara buka online sangat mudah, tinggal klik di aplikasi, otomatis rekening valas dibuka saat itu juga.Tidak perlu ke cabang.

Setoran dilakukan dengan memindahbukukan dari rekening rupiah ke rekening valas.

Jadi, proses buka rekening valas di Jenius BTPN ini sangat memudahkan konsumen.

Setiap kartu utama di Jenius, disebutnya ‘m-card’, adalah kartu debit Visa. Artinya masuk dalam jaringan Visa, yang mana penting karena hal ini akan membantu saat mengirimkan uang ke luar negeri.

Untuk persiapan pengiriman valas, kita harus merubah status m-card di Jenius dari rekening rupiah ke rekening valas di aplikasi mobile. Dalam kesempatan ini, rekening Euro yang sudah di buka.

Sekarang, rekening Euro di Jenius sudah menjadi rekening utama ‘m-card.

Manfaatnya adalah:

  • Saat keluar negeri, ATM Visa Jenius bisa digunakan untuk menarik saldo Euro dari rekening tersebut. Cara ini berbeda dengan tarik tunai pakai ATM bersaldo rupiah di luar negeri, Anda akan kena perbedaan kurs yang lumayan.
  • Bisa untuk mengirimkan uang ke luar negeri lewat jaringan Visa.

3. Digibank DBS

Aplikasi digital Digibank DBS ini menawarkan kemudahan untuk kebutuhan banking, mulai dari pembukaan rekening tabungan, deposito, investasi, pengaturan kartu kredit hingga pengajuan KTA instan cukup di dalam satu aplikasi.

Salah satu yang paling sering saya gunakan adalah fasilitas transfer valas ke luar negeri.

Saya menemukan bahwa biaya transfer valas dari Digibank DBS adalah nol alias gratis.

Yang tidak kalah penting, biaya transfer valas yang gratis ini, tidak menuntut persyaratan apapun juga.

Kita tahu bahwa seringkali bank menerapkan gratis biaya, misalnya tarik tunai di ATM bank lain atau transfer ke bank lain, dengan sejumlah syarat, contohnya minimum saldo rata – rata rekening harus mencapai jumlah tertentu.

Dalam hal gratis transfer valas ini, Digibank DBS tidak menerapkan persyaratan apapun.

Saldo rekening saya di DBS selalu sangat minim, karena rekening ini hanya saya gunakan untuk transfer valas dan bukan rekening utama, namun saya selalu bisa menikmati gratis biaya transfer valas.

Seberapa cepat uangnya sampai ?

Saya bisa bilang cukup cepat.

Selama hari kerja, jika hari ini saya lakukan perintah transfer, maka besok atau paling lambat lusa, uang sudah masuk di rekening tujuan.

Transfer hanya dijalankan di hari kerja. Kita bisa memberikan perintah transfer di hari libur, tetap proses transfer baru dijalankan saat masuk hari kerja.

4. BCA

Bank BCA memiliki layanan BCA Remittance untuk mengirim uang valas, dengan keunggulan dana yang diterima di luar negeri sama dengan uang yang kita transfer.

Perlu kita ketahui bahwa dalam transfer valas, masalah yang kerap muncul adalah, uang yang kita kirim tidak sampai ke pihak lain dalam jumlah persis sama karena berbagai potongan biaya dalam perjalanan pengiriman.

BCA Remittance mengatasi masalah tersebut dengan menjamin bahwa uang yang diterima dalam mata uang tujuan akan sama dengan yang dikirim. Misalnya, kirim $100 maka penerima akan terima persis $100, tidak kurang tidak lebih.

Berapa biaya transfer BCA Remittance ?

Biayanya adalah $25 per transaksi. Jika dirupiahkan, asumsi kurs 14 ribu, biayanya menjadi Rp 350,000 per transfer valas.

5. BRI

BRIFast Remittance adalah layanan untuk pengiriman mata uang asing di dalam negeri ataupun luar negeri dari Bank BRI.

Layanan ini sangat cocok untuk ekspatriat yang bekerja di Indonesia, untuk mengirim uang ke kerabat yang sedang sekolah atau berwisata di luar negeri, perusahaan yang memiliki wilayah operasional di luar, atau perusahaan importir.

BRIFast Remittance menerima transaksi bagi 130 mata uang di seluruh penjuru dunia termasuk USD, AUD, EUR, JPY, SGD, dan GBP. Transaksi bisa dilakukan langsung di seluruh kantor cabang dan kantor cabang pembantu BRI.

Ketentuan lainnya, bila kita melakukan transaksi setara USD 25.000 dengan sumber dana rupiah, maka disarankan menyertakan dokumen sumber dana.

Namun, untuk transaksi setara USD 100.000, wajib untuk menyertakan dokumen sumber dana.

6. BNI

BNI Smart Remittance adalah layanan pengiriman uang ke luar negeri, yang didukung teknologi canggih dan bisa mengirim uang ke luar negeri melalui mobile banking BNI.

BNI Smart Remittance menerima transaksi dalam 125 jenis mata uang di berbagai dunia, termasuk USD, Yuan, Won, dan Ringgit. Pengiriman uang diklaim cepat, bahkan bisa sampai di hari yang sama.

Layanan ini hanya bisa dilakukan oleh nasabah BNI saja. Tidak diperkenankan untuk yang bukan nasabah BNI.

7. CIMB NIAGA

CIMB Niaga punya fasilitas transfer ke luar negeri yang menarik, yaitu kita bisa melakukan lewat internet banking di OCTO Clicks.

Dalam internet banking OCTO Clicks, nasabah memiliki pilihan melakukan transfer internasional, dimana cukup memasukkan no rekening dan data lain untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

Meskipun dilakukan online, ada pembatasan waktu, yaitu transaksi internasional hanya bisa dilakukan antara jam 06:00 WIB – 23:00 WIB.

Cara transfer valas online ini tentu saja sangat membantu.

Kita tidak perlu repot datang ke kantor cabang untuk melakukan transfer luar negeri. Cukup lewat laptop atau komputer saja.

Biayanya adalah $25 per transaksi. Jika dirupiahkan, asumsi kurs 14 ribu, biayanya menjadi Rp 350,000 per transfer valas.

Kesimpulan

Tersedia banyak pilihan untuk melakukan transfer uang ke luar negeri dengan murah. Paling tidak, kami menemukan 7 cara untuk melakukan kirim uang yang biayanya terjangkau dan cepat.