5 Penyebab Loss Trading Emas Perlu Dihindari Trader

Kerugian dalam trading emas merupakan resiko yang pasti akan dihadapi setiap trader. Bagaimana menghindari trading loss tersebut.

Ada banyak penyebab trading loss dan berikut ini adalah yang paling signifikan dan patut dicermati oleh trader emas.

1. Trading Emas dengan Emosi

Sikap ketidaksabaran dan keinginan menggebu-gebu untuk mengejar harga dengan ekspektasi tinggi akan mendapat profit besar, banyak membuat trader pemula lepas kontrol.

Trader pemula cenderung melakukan trading dengan emosional. Dari awal mereka masuk ke pasar, keinginan kuat dan kepercayaan terlalu tinggi untuk mendapatkan keuntungan banyak membuat mereka kehilangan kendali.

Emosi menyebabkan trader mengesampingkan trading plan yang sudah dibuat sehingga akan mengalami loss.

Trader pemula juga kerap terlalu bersemangat ketika hasil trading mereka berjalan baik dan terlalu cepat menutup posisi sesaat ketika sudah profit.

Akibat dari terlampau cepat menutup posisi, mereka kehilangan kesempatan dan potensi untuk bisa mendapatkan profit lebih tinggi karena terlalu cepat keluar pasar.

Untuk menghindari emosi yang berlebihan dalam trading emas ini, trader harus belajar tentang bagaimana agar tidak tergoda untuk mengambil risiko di luar kemampuan. Salah satu caranya adalah dengan fokus terhadap rencana trading.

2. Tanpa Trading Plan

Tidak memiliki perencanaan soal apa yang akan dilakukan di pasar adalah salah satu penyebab utama kerugian trader dalam trading emas.

Pasar finansial adalah pasar yang dinamis dan senantiasa mengalami perubahan tanpa bisa terprediksi sebelumnya. Oleh karena itu, jika seorang trader emas tidak mempunyai trading plan maka kemungkinan terkena loss akan tinggi.

Trading plan adalah panduan soal aktivitas trading, yang paling tidak memenuhi unsur berikut:

  • Tujuan Trading. Apa tujuan dan target trading, yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam jangka waktu tertentu.
  • Money Management. Berapa alokasi dana dan diversifikasi untuk trading emas dengan mempertimbangkan potensi loss. Rencanakan juga bagaimana cara mengelola risiko loss tersebut
  • Strategi Trading. Menyusun strategi trading diperlukan untuk mencari posisi entry dan exit yang tepat. Kita harus membuat aturan sehubungan dengan entry dan exit pasar agar mampu melakukan identifikasi terhadap kondisi pasar saat itu.

Jalankan rencana trading dengan benar dan konsisten. Pastikan untuk melakukan evaluasi trading agar mengetahui kemajuan trading.

3. Menganggap Investasi Emas Fisik dan Trading Emas Sama

Sangat penting bagi trader untuk memahami perbedaan utama dan karakteristik investasi emas fisik dan trading emas.

Emas fisik dikenal sebagai aset komoditas yang bernilai dan dapat diperdagangkan di pasar dalam maupun luar negeri. Sebagai investor emas fisik, kita memiliki dan menyimpan emas tersebut dan menjual emas di kemudian hari.

Masalahnya, investasi di emas fisik berbeda dengan trading komoditas emas.

Karakteristik trading emas hampir serupa dengan trading forex. Trader emas mendapatkan keuntungan dari naik dan turunnya harga emas di pasar.

Meskipun trading menjanjikan keuntungan jangka pendek yang jauh lebih tinggi dari investasi, namun resiko trading emas jauh lebih besar, mengingat trading emas membutuhkan strategi dan kedisiplinan untuk menaati rencana trading yang dibuat.

Salah satu risiko trading adalah kenyataan bahwa harga emas di pasar jangka pendek tidak selalu naik, melainkan bisa turun juga. Dalam jangka pendek, harga emas bergerak fluktuatif.

4. Tidak Melakukan Riset

Trader emas tidak melakukan riset yang cukup sebelum masuk pasar.

Melakukan Riset adalah hal yang perlu karena trader bisa mendapatkan pengalaman serta pengetahuan tentang trend pasar, rilis data penting dan pola trading yang sudah dimiliki oleh para trader profesional.

5. Tidak Mencari Informasi Terbaru

Trader emas kurang aktif mencari informasi terbaru tentang perkembangan pasar.

Akibatnya, trader ritel kalah dengan trader besar yang mempunyai kemampuan riset lebih tinggi serta berani mengeluarkan kocek lebih dalam untuk berlangganan analisa dan membeli analytical software.

Jadi, bagaimana trader ritel dengan modal terbatas bisa terhindar dari loss dan bisa mendapatkan profit maksimal?

Caranya adalah lewat eksplorasi dan terus mengikuti informasi dan pengetahuan terbaru sehubungan dengan trading emas, diantaranya dengan menyimak berita emas. Jika memiliki passion dan usaha keras, trader bisa mengembangkan wawasan dengan rajin mengikuti kursus online gratis dan mendapatkan beberapa material yang berisi edukasi bermanfaat.