5+ Pinjaman Online Pribadi Cepat Cair Terpercaya OJK (2022)

Sekarang banyak pinjaman online pribadi menawarkan proses yang cepat cair dan syarat lebih mudah. Tentu saja, hal ini baik buat para peminjam yang selama ini menghadapi kesulitan pinjam uang ke bank.

Apa saja pinjaman kilat online tersebut dan kenapa mereka lebih unggul? 

Rekomendasi Pinjaman Online Pribadi yang Cepat Cair dan Terpercaya adalah:

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah salah satu pinjaman online yang menawarkan jenis KTA kilat. Saya mengajukan pinjaman di aplikasi pinjam uang online ini.

Syaratnya pengajuan pinjaman tanpa agunan Kredit Pintar cukup simpel, yaitu KTP dan Foto selfie. Pastikan saat pengambilan foto, berada di tempat terang, tidak ada informasi yang tertutup jari dan foto KTP tidak buram.

Kredit Pintar menawarkan plafon pinjaman kecil mulai dari Rp 600, 000; Rp 1,500,000 dan Rp 2,300,000. Tenor yang ditawarkan sesuai dengan plafon pinjaman yang diambil, yaitu:

  • Rp 600,000 Tenor 28 hari
  • Rp 1,500,000 Tenor 2 bulan
  • Rp 2,300,000 Tenor 3 bulan.

Ada pinjaman yang bisa dibayar sekaligus, tetapi ada pula yang bisa dibayar dengan dicicil selama beberapa bulan.

Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah bunga dan biaya layanan yang ditetapkan oleh Kredit Pintar. Berikut ini adalah perhitungan dana yang dicairkan ke rekening nasabah (sudah dipotong biaya admin di depan) dan jumlah pengembalian pada saat jatuh tempo.    

Bunga Kredit Pintar

Kredit Pintar menetapkan opsi jumlah pinjaman dengan tenor masing – masing. Ada 4 opsi pinjaman online cepat cair yang ditawarkan Kredit Pintar, yaitu:

  1. Rp 600,000 dan 14 hari
  2. Rp 1,200,000 dan 14 hari
  3. Rp 1,200,000 dan 28 hari
  4. Rp 2,300,000 dan 3 bulan

Anda harus memilih salah satu opsi diatas untuk mengajukan pinjaman. Tidak bisa memilih di luar opsi diatas.

Kredit Pintar memberikan bunga yang berbeda beda tergantung jumlah plafon pinjaman. Ada beberapa pilihan jumlah pinjaman yang ditawarkan Kredit Pintar.

Untuk menghitung suku bunga yang dibebankan oleh Kredit Pintar, Anda perlu menghitung 

  1. jumlah dana yang diterima di rekening Anda saat pencairan
  2. jumlah pelunasan yang harus dibayarkan saat jatuh tempo. 

Dengan menghitung menggunakan angka ini, Anda bisa mendapatkan perhitungan suku bunga yang akurat.    

Mari kita lihat hitung bunga pinjaman online kredit pintar.

  • Pinjaman Rp 600,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 540,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 666,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 14 hari. Dana cair rekening Rp 1,080,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,332,000. Total bunga adalah 18.92% dan 1.4% per hari
  • Pinjaman Rp 1,200,000 dan tenor 28 hari. Dana cair rekening Rp 1,056,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 1,392,000. Total bunga adalah 24.14% dan 0.9% per hari
  • Pinjaman Rp 2,300,000 dan tenor 90 hari (3 bulan). Dana cair rekening Rp 1,955,000 dan jumlah pengambalian pinjaman Rp 2,645,100. Total bunga adalah 26.09% dan 0.3% per hari

Call Center Kredit Pintar:(021) 29651278; e-mail [email protected]; Alamat: Treasury Tower Lantai 53, SCBD Lot 28 Jl. Jend Sudirman Kav 52 – 54 Jakarta 12190    

2. Jenius BTPN Flexi Cash

Di 2019, beberapa bank meluncurkan pinjaman berbasis aplikasi Fintech, salah satunya adalah Jenius BTPN Flexi Cash.

Selama ini, Jenius lebih dikenal sebagai aplikasi digital banking yang menawarkan berbagai fitur inovatif transaksi perbankan domestik dan valas, namun di pertengahan 2019 Jenius meluncurkan fitur pinjaman dana tunai cicilan.

Saya kebetulan sebagai pemegang Jenius menerima penawaran Flexi Cash di aplikasi milik Bank BTPN ini.  

Pengajuan kredit Jenius dilakukan secara online lewat aplikasi dan langsung cair ke rekening dalam 24 jam jika disetujui.

Nasabah terpilih bisa mengajukan fasilitas pinjaman di Flexi Cash melalui aplikasi Jenius.

Sistem kerja dana tunai Jenius seperti kartu kredit, yaitu:

  1. nasabah Jenius yang mendapatkan penawaran Flexi Cash di aplikasi mengajukan pinjaman dana tunai secara online dengan mengisi data data yang diminta.
  2. setelah pengajuan di proses dan disetujui oleh Jenius BTPN, nasabah mendapatkan kredit limit atau plafon kredit tanpa agunan yang bisa ditarik kapan saja dalam bentuk uang tunai.
  3. nasabah membayar cicilan sesuai tenor pinjaman yang dipilih. Nasabah bisa pula melunasi lebih cepat yang jika dilakukan akan mengembalikan plafon limit kredit ke posisi semula yang bisa ditarik lagi di kemudian waktu.

3. Reliance Syariah Online

Reliance Syariah adalah aplikasi pinjaman online yang merupakan milik PT USAHA PEMBIAYAAN RELIANCE INDONESIA (“Reliance Syariah”) yang memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) sebagai Perusahaan Pembiayaan dengan Unit Usaha Syariah.

Di situs resmi dijelaskan bahwa aplikasi ini merupakan kolaborasi Reliance dengan Robocash. Jadi, sepertinya, teknologi didukung oleh Robocash, sementara perizinan dipegang Reliance.

Berbeda dengan umumnya pinjol, Reliance bukan P2P. Perizinan Reliance merupakan perusahaan lembaga pembiayaan berbasis Syariah.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi Reliance Syariah yang bisa diunduh download secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

Buka aplikasi, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.

Reliance Syariah adalah pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek yang dicicil selama beberapa bulan.

  • Limit Rp 300 ribu sd Rp 10 juta.
  • Tenor minimum: 65 hari dan Tenor maksimum: 112 hari

Meskipun terdapat rentang tenor, namun  dari pengalaman mengajukan, kami mengalami bahwa tenor kredit tidak ditentukan peminjam saat mengajukan, seperti umumnya pengajuan pinjaman online lainnya.

Namun, tenor ditentukan oleh pihak Reliance Syariah nantinya.

Jadi, peminjam hanya menentukan berapa plafon kredit yang ingin diajukan. Tidak bisa menentukan mau berapa lama pinjaman.

Bunga pinjaman tidak kita ketahui diawal. Jumlah bunga dan besarnya pinjaman baru diketahui saat pinjaman disetujui dan kita akan tanda tangan Perjanjian Kredit.

Namun, Reliance memberikan gambaran umum soal besarnya bunga di halaman Play Store mereka, yaitu:

  • APR minimum: 0,8%
  • APR maksimum: 36%

Contoh penerapannya adalah Tingkat margin untuk pinjaman pada 15 hari pertama adalah 1,5% per hari, untuk 97 hari berikutnya diterapkan margin fluktuatif (0% – 36% per tahun).

Simulasi: Anda mengajukan pinjaman sebesar RP 1.000.000 dan memilih pembayaran selama 4 bulan, pembayaran bulanan Anda hanya Rp 355.000 per bulan, total pelunasan Anda adalah Rp 1.420.000. Semua biaya yang berlaku sudah termasuk dalam total biaya pinjaman.

Dari simulasi ini, kita bisa hitung bahwa total bunga mencapai 42% dalam waktu 4 bulan tenor kredit.

Namun, ini hanya simulasi, bunga final nanti bisa dilihat saat pengajuan di aplikasi.

Persyaratan pengajuan pinjaman adalah:

  • berusia lebih dari 21 tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Nomor telepon tidak diblokir
  • Telah melakukan pendaftaran di website

Dokumen yang diminta hanya KTP. Itupun cukup diambil dengan foto.

Tidak ada permintaan untuk menyerahkan dokumen slip gaji. Tanpa persyaratan kartu kredit.

Reliance Syariah juga tidak melakukan proses verifikasi ke calon peminjam baik lewat telepon atau bahkan melalui kunjungan. Tidak ada konfirmasi lagi setelah selesai mengajukan pinjaman di aplikasi.

4. AdaModal

AdaModal adalah perusahaan Fintech P2P Lending. Dibawah naungan PT. Solid Fintek Indonesia 

Jadi, perusahaan P2P AdaModal punya legalitas yang jelas. Bukan pinjol illegal, bukan penipuan atau tidak bangkrut serta tutup.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Buka aplikasi AdaModal, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.

Produk (Limit dan Tenor)

  1. Dana tunai dalam jumlah kecil dan tenor pendek, dengan fitur
  2. Jumlah Limit : Rp 1.000.000 sd Rp 5.000.000
  3. Tenor Pinjaman : 91 – 365 Hari

AdaModal adalah pinjaman tanpa jaminan.

Area AdaModal saat ini menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. 

Ketentuan soal suku bunga di AdaModal sebagai berikut:

  1. Bunga per Hari. Sewaktu mencoba di aplikasi AdaModal, kami mendapati bunga pinjaman sebesar 0.4% per hari.
  2. Potongan Biaya Dimuka. Tidak ada potongan biaya dimuka di AdaModal. Peminjam akan menerima dana pencairan yang disetujui 100% secara utuh ke rekening bank peminjam.

Yang dapat mengajukan pinjaman di AdaModal adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berdomisili di wilayah Indonesia di dalam cakupan layanan AdaModal
  • Berusia 21 s/d 55 tahun
  • Memiliki dan menggunakan ponsel cerdas berbasis Android
  • Memiliki bukti identitas asli berupa e-KTP
  • Memiliki email pribadi
  • Memiliki penghasilan

5. BantuSaku

Bantusaku adalah pinjaman online P2P Lending berizin OJK, yang menawarkan dana tunai, dengan proses cepat, syarat mudah dan approval instan.

Pinjaman ini cocok untuk karyawan kontrak karena persyaratan pengajuan sebagai berikut:

  1. Memiliki eKTP
  2. Memiliki rekening pribadi
  3. Memberikan informasi data pribadi dengan benar

Tidak ada ketentuan bahwa status karyawan harus pegawai tetap. Cukup unduh aplikasi, foto selfie dan isi form.

Tidak ada proses verifikasi telepon di BantuSaku. BantuSaku tidak juga meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman dan tanpa kartu kredit.

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Boleh dikatakan instant. Hanya beberapa menit sejak pengajuan, pihak BantuSaku sudah memberikan persetujuan. Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Setelah persetujuan yang instant, dana masuk ke rekening juga cepat. Pinjaman cepat cair semacam ini cocok untuk mereka yang membutuhkan pinjaman uang sekarang.

Fitur pinjaman tanpa agunan. 

  • Plafon Pinjaman uang tunai online : Rp1.000.000 – Rp20.000.000
  • Jangka waktu pinjaman : 91 – 180 hari
  • Maksimal APR: 109,5% / tahun

Bunga di BantuSaku adalah maximum 0.8% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah P2P sebesar 0.8% per hari.

Contoh: Jika pilih pinjaman tunai Rp 1.000.000 tenor 91 hari, maka total bunga harus dibayar: Rp1.000.000 * 0,3% * 91 = Rp273.000

Total Pinjaman yang harus dikembalikan=Rp1.000.000 +Rp 273.000= Rp1.273.000

Tidak ada potongan biaya admin dimuka saat pencairan. Nasabah menerima dana pencairan 100%.

6. KlikKami

KlikKami adalah aplikasi pinjaman online, yang tersedia di Google Play Store, sehingga hanya bisa diakses oleh pengguna Android. Aplikasi KlikKami telah berizin dan diawasi OJK. 

KlikKami didirikan oleh PT. Harapan Fintech Indonesia. 

KlikKami pinjaman online menyediakan 2 pilihan pinjaman, yaitu pinjaman multiguna dan pinjaman UMKM. Kedua pinjaman tersebut bersifat sebagai pinjaman tunai, atau pinjaman berupa uang yang dicairkan ke rekening peminjam.

  1. Pinjaman multiguna adalah pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti pengobatan, pendidikan, renovasi, dan lain-lain.
  2. Pinjaman UMKM adalah pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk pengembangan usaha, seperti biaya modal usaha, biaya operasional, pengembangan usaha, dan promosi usaha.

Pinjaman UMKM bisa diajukan oleh perorangan maupun perusahaan tanpa jaminan. Nominal pinjaman UMKM tersedia mulai dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 5.000.000,- dengan tenor pinjaman 1 – 6 bulan dan bunga 2% untuk semua tenor pinjaman. 

Berikut ini adalah syarat pengajuan pinjaman UMKM KlikKami.

  1. WNI, minimal berusia 18 tahun dan dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  2. Memiliki penghasilan
  3. Menyertakan foto tempat usaha, NPWP, rekening koran, dan Surat Izin/Surat Keterangan Usaha

KlikKami pinjaman online menyediakan pinjaman multiguna dengan pilihan nominal mulai dari Rp 300.000,- hingga Rp 3.000.000,-. 

Pinjaman tersebut bisa diajukan tanpa agunan oleh individu dengan bunga sebesar 0.4% dan tenor selama 7-21 hari. Selain itu, bagi peminjam yang terlambat melakukan pembayaran, akan dikenai denda keterlambatan sebesar 0.8% per hari. 

Berikut ini syarat pengajuan pinjaman multiguna KlikKami.

  1. WNI, minimal berusia 18 tahun dan dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  2. Memiliki penghasilan
  3. Memiliki rekening bank atas nama pribadi

KlikKami menerapkan bunga yang dihitung per hari. Tidak ada potongan biaya admin dimuka.

Bunga di KlikKami adalah 0.4% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah fintech P2P sebesar 0.8% per hari.

7. Finplus

Finplus adalah perusahaan Fintech P2P Lending berizin resmi OJK. FinPlus didirikan pada tahun 2018 dibawah naungan PT. Rezeki Bersama Teknologi (PT. RBT). 

Jadi, perusahaan P2P ini punya legalitas yang jelas. Bukan pinjol illegal, bukan penipuan atau tidak bangkrut serta tutup.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi Finplus yang bisa diunduh download secara gratis di Apps Store Google Play Store dan Apple IOS.

Buka aplikasi Finplus, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.

Produknya merupakan dana tunai dalam jumlah kecil serta tenor pendek, dengan fitur

  1. Limit: Rp 500 ribu sampai Rp 2.4 juta
  2. Tenor dari 91 – 120 hari

FinPlus adalah pinjaman tanpa jaminan.

Area jangkauan Finplus saat ini sudah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. 

Ketentuan soal suku bunga di Finplus sebagai berikut:

  1. Dalam keterangan di Playstore, bunga di Finplus adalah mulai dari 0,1% untuk pinjaman usaha mikro dan 0,2% untuk pinjaman harian. Namun, sewaktu mencoba di aplikasi Finplus secara langsung, bunga adalah 0.4% per hari.
  2. Finplus menerapkan potongan biaya admin dimuka, yaitu 10% dari pinjaman yang dicairkan. Peminjam akan menerima dana pencairan yang disetujui tidak 100% secara utuh ke rekening bank peminjam. Dikurangi potongan biaya.
  3. Simulasi Kredit. Contoh pinjaman Rp2.000.000 dengan tenor 120 hari dengan Bunga 0,2% hariPembayaran kembali total Rp2.480.000 = Pinjaman Rp2.000.000 + Bunga 2.000.000 * 0,2% * 120. Jumlah pembayaran bulanan Rp620.000= Rp2.480.000 / 4

Syarat dan Ketentuan Mengajukan Pinjaman

  • Warga Negara Indonesia
  • Berdomisili di wilayah Indonesia di dalam cakupan layanan Finplus
  • Berusia 21 s/d 55 tahun
  • Memiliki dan menggunakan ponsel cerdas berbasis Android
  • Memiliki bukti identitas asli berupa e-KTP
  • Memiliki email pribadi
  • Memiliki penghasilan

8. KTA Kilat

Seiring waktu, fenomena pinjaman kilat yang dilakukan secara online semakin meningkat. Per Maret 2019, OJK mencatat 106 perusahaan terdaftar di OJK sebagai P2P Lending, yang menawarkan pinjaman dana kilat secara online.

Namun, bertambahnya aplikasi pinjaman kilat online dengan menawarkan cara pengajuan yang mudah dan cepat, menimbulkan pula fenomena pinjaman kilat ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

Menurut berita sampai Maret 2019, sudah 803 penyelenggara fintech lending ilegal yang ditutup oleh Satgas Waspada Investasi (SWI). Secara rutin OJK dan SWI menelusuri penyelanggara fintech lending ilegal.

Pinjaman kilat yang legal terdaftar resmi di OJK memiliki sejumlah manfaat buat calon peminjam, yaitu:

  • Regulator/Pengawas. Tidak ada regulator khusus yang bertugas mengawasi kegiatan Penyelenggara Fintech Lending ilegal. Sedangkan Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin di OJK berada dalam pengawasan OJK sehingga sangat memperhatikan aspek pelindungan konsumen.
  • Pengaduan Konsumen Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK menyediakan sarana pengaduan Pengguna dan wajib menindaklanjuti pengaduan serta melaporkan tidak lanjutnya kepadaOJK. Selain itu, Pengguna juga dapat menyampaikan pengaduan melalui AFPI, dan OJK. Selain itu, dalam hal terjadi sengketa, Pengguna juga dapat difasilitasi oleh OJK maupun Lembaga    
    Alternatif Penyelesaian Sengketa. Fintech Lending ilegal tidak menanggapi pengaduan Pengguna dengan baik.
  • Cara Penagihan Penyelenggara Fintech Lending ilegal    
    melakukan penagihan dengancara-cara yang kasar, cenderung mengancam, tidak manusiawi, dan bertentangan dengan hukum. Sedangkan tenaga penagih pada Fintech Lendiing yang terdaftar/berizin dari OJK wajib mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang dilakukan oleh AFPI.
  • Lokasi Kantor/Domisili. Lokasi kantor Fintech Lending ilegal tidakjelas/ditutupi dan bisa jadi berada di luar negeri untuk menghindari aparat hukum. Sedangkan lokasi kantor Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK jelas, disurvei oleh OJK, dan dapat dengan mudah ditemui diGoogle.

Baca juga: Cara Melaporkan Pinjaman Online ke OJK  

Bisa dilihat bahwa perusahaan FinTech ini berupaya menawarkan produk – produk keuangan inovatif. Tujuannya memberikan alternatif akses keuangan kepada masyarakat.

Fimtech bisa menjadi salah satu kanal untuk mendapatkan pinjaman jika kesulitan mengajukan ke bank. Moga – moga bisa lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan perbankan.

Selamat mencoba pinjaman kilat

Tanya Jawab Pinjaman Online Pribadi

  1. Apa itu Pinjaman Online

    Pinjaman yang diajukan secara online dengan mengandalkan kemudahan dan kecepatan proses pengajuan pinjaman.

  2. Apa itu Fintech Pinjaman

    Fintech – Financial Technology – menawarkan pinjaman online yang cepat dan mudah diajukan.

  3. Apa manfaat mengajukan di pinjaman online pribadi terdaftar OJK

    Adanya pengawasan dari OJK, patuh pada sejumlah regulasi, punya alamat dan kontak yang jelas.

  4. Apa bahayanya pinjaman online ilegal

    Pinjaman ilegal tidak diawasi oleh OJK, menetapkan bunga sangat tinggi dan alamat serta kontak tidak jelas.

  5. Bagaimana perlindungan data pribadi di pinjaman online OJK

    Sangat dilindungi dengan berbagai regulasi yang mengatur.

  6. Apa resiko data pribadi di pinjaman online ilegal

    Penyebaran data pribadi peminjam. Hal ini yang banyak terjadi, yaitu data pribadi disebar tanpa izin.