5 Tips Menjadi Trader Terbaik Bermental Baja

Trading adalah permainan keterampilan. Tapi, tidak semua trader terbaik memiliki mental yang kuat. Simak kiat menjadi trader bermental baja di artikel berikut.

Topik trading semakin populer dan banyak yang ingin mencoba sendiri untuk menjadi trader terbaik. Ada banyak mitos seputar profesi ini dan sebagian besar percaya bahwa untuk menjadi seorang trader Anda memerlukan pendidikan ekonomi yang lebih tinggi atau memiliki intuisi yang lebih berkembang. Namun, meskipun menguasai teknis dengan benar adalah langkah pertama untuk menjadi trader yang sukses, hanya 1% trader yang mencapai profitabilitas dalam jangka panjang.

Jika hanya pengetahuan teknis yang diperlukan untuk sukses, jumlah ini akan jauh lebih tinggi. Jadi apa yang terjadi? Tidak banyak trader yang menyadari bahwa selain analisa fundamental dan teknikal, mereka perlu membangun seperangkat keterampilan psikologis yang tepat untuk mempelopori perjalanan mereka menjadi seorang trader profesional. Berikut ini adalah 5 tips profesional untuk membantu Anda mengasah keterampilan sebagai seorang trader.

1. Rencanakan dan selalu evaluasi teknik perdagangan Anda

Trading yang sukses adalah hasil dari strategi yang dipikirkan dengan matang dan dijalankan secara konsisten. Rencana perdagangan yang baik akan menentukan apa yang Anda lakukan di pasar dan bagaimana membantu Anda membangun rutinitas perdagangan, menghindari kesalahan, dan mengelola diri Anda dengan lebih baik.

Tuliskan rencana perdagangan Anda. Buat daftar periksa praktis berdasarkan tujuan perdagangan Anda, parameter pasar, kriteria masuk-keluar, dan strategi manajemen risiko. Tentukan metrik kinerja dan proses yang ingin Anda lacak dan gunakan buku harian untuk mencatatnya secara teratur. Dengan mengevaluasi perdagangan Anda, Anda akan dapat membangun wawasan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

2. Tetap berpegang teguh pada rencana Anda dengan disiplin

Jangan tergoda untuk mengubah rencana Anda agar sesuai dengan perdagangan tertentu dimana tempat Anda berada. Perubahan paling baik dilakukan berdasarkan data kinerja Anda dan saat Anda tidak dalam perdagangan.

Baca Juga  Pintu Aplikasi Crypto Exchange Jual Beli Izin Bappebti

Gunakan pendekatan berbasis aturan untuk menghadapi situasi di mana disiplin merupakan tantangan. Misalnya, pedagang biasanya menurunkan stop-loss kita ketika perdagangan tidak berjalan dengan baik dengan harapan akan memperbaiki keadaan, sehingga kehilangan lebih banyak uang. Ini tidakakan terjadi jika Anda tetap disiplin dan tidak mengubah rencana awal saat perdagangan berlangsung.

3. Tingkatkan kemampuan Anda untuk fokus

Melihat layar perdagangan untuk jangka waktu yang lama dapat membuat sulit untuk fokus dan sering menyebabkan keputusan yang buruk atau kesalahan yang mahal.

Bangun kapasitas perhatian Anda dengan menggunakan teknik Pomodoro. Bagi perhatian Anda antara periode fokus 25 menit (di mana Anda berkonsentrasi pada tugas yang ada) dan istirahat mental 5 menit. Dengan berlatih teknik ini secara teratur, Anda dapat secara bertahap meningkatkan periode fokus Anda hingga satu jam!.

4. Gunakan emosi untuk keuntungan Anda

Kebanyakan pedagang percaya bahwa mereka akan berdagang lebih baik jika saja mereka berdagang tanpa emosi. Namun, disisi lain emosi seperti pembawa pesan yang membantu Anda memahami situasi. Pada saat yang sama, untuk berfungsi dengan baik di pasar, penting untuk terus mengendalikan emosi negatif seperti ketakutan, keserakahan, kecemasan, dan bahkan stres. Kuncinya adalah belajar mengatur emosi Anda, sehingga Anda dapat mengambil keputusan perdagangan yang lebih baik.

Saat emosi memuncak, luangkan waktu. Menjauh dari layar dan menghirup udara segar. Anda juga dapat mencoba latihan pernapasan dalam yang sederhana selama lima menit untuk merasa lebih baik.

5. Kelola kerugian seperti seorang profesional

Trading adalah aktivitas yang berisiko bahkan trader yang paling berpengalaman pun akan menghadapi kerugian dan kemunduran. Pedagang terbaik menggunakan kerugian sebagai kesempatan untuk belajar dari kesalahan dan tumbuh, daripada menghindarinya. Jadi, langkah pertama dalam mengelola kerugian adalah menerima bahwa hal itu akan terjadi, dan memiliki rencana untuk menanganinya ketika hal itu terjadi.

Baca Juga  Oxtrade Indonesia Broker Forex Review 2022 Apakah Aman

Pada saat mengalami kerugian besar atau kemunduran, psikolog perdagangan terkemuka Steve Ward merekomendasikan untuk berfokus pada tiga pilar yaitu kekuatan Anda (apa itu dan bagaimana Anda dapat menggunakannya dalam situasi ini?), hal positif (apa yang berjalan baik saat ini di hidup Anda?), dan yang dapat dikendalikan (hal-hal apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat segalanya lebih baik?).

Kesimpulan

Siapapun bisa menjadi seorang trader atau setidaknya mencoba melakukannya. Jadi jika Anda tertarik dengan profesi ini, pastikan untuk mencari tahu belajar bagaimana untuk mewujudkannya. Bersiaplah untuk perjalanan yang panjang dan sulit, karena menghasilkan uang di sini tidak begitu mudah. Tetapi jika Anda benar-benar menginginkannya dan memiliki kualitas yang diperlukan dan siap untuk mencapai tujuan Anda, maka semuanya akan berhasil. Semoga sukses!.