9 Cara Hard Reset HP Lenovo

Lenovo merupakan salah satu perusahaan teknologi terkemuka yang bermarkas di Tiongkok. Memang betul, pada awalnya Lenovo lebih dikenal dengan produk PC dan Laptopnya. Dan dengan produk PC tersebut, Lenovo sukses mendulang keuntungan yang sangat besar. Seiring berkembangnya waktu, Lenovo juga ingin mengembangkan sayapnya dengan memproduksi smartphone dengan varian tipe yang cukup beragam.

Menariknya, harga smartphone yang ditawarkan oleh Lenovo sangat bermacam – macam, dimulai dari 6 ratusan ribu sampai 4 Jutaan ke atas. Dari semua seri atau tipe yang dihadirkan oleh Lenovo, tak sedikit pengguna yang pasti mengalami masalah, baik pada sektor internal ataupun eksternal. Yang paling banyak tentu ada pada aplikasi dan sistem Android.

Munculnya pesan error bertuliskan Sayangnya, aplikasi telah berhenti, aplikasi tidak bisa dibuka, atau Launcher telah berhenti sering kali dialami oleh para pengguna Lenovo. Adapun masalah lainnya juga bisa terjadi seperti bootloop, hang, layar mati, layar tidak respons dengan sentuhan, dan lupa pola kunci / password layar. Untuk mengatasi semua masalah yang terjadi, tentu ada banyak metode yang bisa dilakukan, salah satunya bisa dengan Hard Reset.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Evercoss

Panduan Hard Reset HP Lenovo

Untuk melakukan Factory Reset / Hard Reset / Wipe Data, pastikan Anda telah melakukan backup pada semua file atau data yang tersimpan di memori internal dan eksternal Android Anda. Selain itu, pastikan juga baterai smartphone Anda mencukupi untuk melakukan Hard Reset. Untuk melakukannya, simak dan cermati panduan Factory Reset / Hard Reset di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan pada HP Lenovo Anda.
  2. Pilih menu Buat Cadangan dan Setel Ulang Perangkat.
  3. Kemudian pilih Kembali ke Pengaturan Pabrik.
  4. Lanjutkan dengan memilih Setel Ulang Telepon »pilih Hapus Semua.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Jika sudah, smartphone Lenovo akan kembali ke posisi awal seperti baru beli.
  7. Selesai.
Baca Juga  7 Cara Hard Reset HP Motorola

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Sony Xperia

  1. Karena nantinya Anda masuk pada menu Recovery Mode Lenovo, maka smartphone Anda harus dalam keadaan off atau mati.
  2. Dan untuk masuk menu Recovery Mode Lenovo, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo Lenovo dan Anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode Lenovo.
  3. Selanjutnya, untuk melakukan hard reset Lenovo, Anda bisa pilih Wipe Data/ Factory Reset. Kemudian lanjutkan dengan konfirmasi Yes – Delete All User Data (Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume untuk navigasi).
  4. Tunggu sampai proses hard reset Lenovo selesai dan berhasil. Jika sudah, Anda bisa melakukan Wipe Cache Partition untuk membersihkan sebagian file sampah yang masih melekat pada aplikasi dan sistem Android.
  5. Lanjutkan dengan memilih Reboot system now untuk mengakhiri semua langkah yang Anda lakukan. Ikuti petunjuk berikutnya sampai Anda bisa menggunakan smartphone Lenovo Anda kembali.
  6. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP LG

Untuk Lenovo seri VIBE K dan beberapa seri lainnya, ada sedikit perbedaan untuk melakukan Hard Reset. Simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul beberapa informasi pilihan.
  2. Silakan pilih Recovery » untuk bahasa, pilih English.
  3. Kemudian lanjutkan dengan memilih Wipe User Data » Fuse Format Data » lanjutkan dengan memilih Yes.
  4. Anda tinggal menunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa pilih Reboot untuk memuat ulang smartphone Lenovo Anda.
  6. Anda tinggal melakukan penyetelan ulang smartphone Lenovo.
  7. Selesai.
Baca Juga  Cara Transfer Uang Dari BNI ke Bank Jateng Via SMS Banking

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Infinix

Penutup,

Dengan adanya metode hard reset di atas, semoga semua permasalahan yang Anda hadapi bisa hilang dan smartphone Anda bisa normal kembali. Metode di atas dapat Anda coba pada semua perangkat Lenovo, jika ada sedikit perbedaan, maka Anda tinggal menyesuaikannya saja. Adapun jika masih tidak berhasil, Anda bisa mencoba alternatif lain yakni dengan flashing. Sebelumnya, Anda juga membutuhkan ROM atau Firmware sesuai dengan tipe HP Lenovo yang Anda miliki serta beberapa tools lain yang sekiranya dibutuhkan dalam melakukan flashing.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apakah hard reset Lenovo dapat mengatasi lupa pola kunci / kata sandi layar?

Tentu saja, Anda bisa mengatasi masalah lupa pola kunci dengan hard reset melalui Recovery Mode.

Apakah hard reset Lenovo membutuhkan konfirmasi pola kunci layar?

Tidak, hard reset Lenovo tidak membutuhkan konfirmasi pola kunci / kata sandi layar.


Penulis : Erga Bayu Aji | Editor : Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait