Apa itu Asuransi Dwiguna | Jenis, Manfaat, Kelemahan

Asuransi Dwiguna adalah salah satu jenis yang penting karena manfaatnya. Apa itu pengertian asuransi dwiguna ?

Asuransi menjadi salah satu hal penting yang sebaiknya kita persiapkan untuk merencanakan kondisi tak terduga di masa depan. Dengan asuransi, secara tidak langsung Anda telah melakukan penataan masa depan dengan lebih baik. Ada cukup banyak jenis asuransi yang dapat dipertimbangkan, salah satunya adalah asuransi dwiguna.

Pengertian Asuransi Dwiguna

Asuransi Dwiguna adalah jenis asuransi ini yang memiliki dua manfaat, sesuai dengan namanya.

Berbeda dengan asuransi lain yang dikhususkan untuk satu tujuan saja, asuransi satu ini ternyata memiliki jenis yang cukup banyak. Secara tidak langsung, ruang lingkup premi asuransi dwiguna meliputi hampir setiap cabang atau jenis asuransi.

Manfaat uang pertanggungan dari asuransi ini tidak hanya dapat dicairkan dalam kondisi tertentu. Manfaat asuransi dwiguna juga dapat diklaim di waktu-waktu tertentu sesuai kesepakatan saat pembelian premi asuransi.

Jika digunakan untuk asuransi jiwa, uang pertanggungan dari asuransi dwiguna tetap dapat diperoleh meski pemegang polis masih hidup. Dengan dua manfaat yang dimiliki, tidak heran jika premi asuransi ini memiliki harga yang lebih tinggi dari premi asuransi jiwa biasa.

Manfaat Asuransi Endowment atau Dwiguna

Ya, jenis asuransi dwiguna ternyata memiliki berbagai manfaat yang dibutuhkan untuk mempersiapkan masa depan. Jenis asuransi ini juga memiliki nama lain, yaitu asuransi endowment.

Dengan mengetahui manfaat yang dimiliki suatu asuransi, Anda dapat memperkirakan kesesuaian premi asuransi dengan persiapan yang ingin dibuat untuk masa depan Anda dan keluarga. Di antara berbagai manfaat yang dimiliki oleh asuransi endowment, ada dua manfaat paling menonjol, di antaranya :

1. Perlindungan untuk Tertanggung

Manfaat utama yang diberikan oleh asuransi endowment serupa dengan asuransi pada umumnya, yaitu memberi perlindungan terhadap tertanggung.

Premi asuransi ini memberi perlindungan kepada nasabahnya berupa jaminan dana untuk kesejahteraan tertanggung yang namanya didaftarkan dalam premi asuransi.

2. Nilai dan Periode Pencairan Pertanggungan yang Pasti

Kelebihan asuransi dwiguna lainnya adalah kepastian nilai serta periode pencairan pertanggungan. Sejak awal kesepakatan premi asuransi, Anda dijamin akan mengetahui kapan nilai pertanggungan asuransi tersbut cair, serta berapa nominal yang akan diterima. Hal ini tentu sangat bermanfaat karena dapat membantu Anda merencanakan pengeluaran secara lebih akurat hingga beberapa tahun ke depan.

Jenis Asuransi Endowment

Selain manfaat, informasi mengenai jenis asuransi endowment juga merupakan hal yang penting untuk diketahui. Adapun beberapa jenis asuransi yang dapat Anda temukan dalam asuransi endowment di antaranya :

1. Asuransi PNS

Seperti namanya, jenis asuransi dwiguna yang satu ini ditujukan untuk para pegawai negeri sipil (PNS) dan diselenggarakan oleh PT Taspen. PNS tertanggung yang mendaftarkan diri dalam asuransi ini hanya perlu membayar premi bulanan sebesar 3,25 % dari total seluruh penghasilan bulanan.

Asuransi ini akan cair saat PNS selesai menjabat (memasuki masa pensiun) atau meninggal dunia. Dengan manfaat di atas, PNS harus memberikan data lengkap dan valid terkait data pribadi dan ahli waris, serta bersedia melaporkan setiap perubahan, termasuk perubahan data penghasilan kepada PT Taspen.

2. Asuransi Pensiun

Bukan hanya para PNS, masyarakat umum dari berbagai profesi juga bisa saja memiliki asuransi pensiun yang masuk dalam jenis asuransi endowment. Manfaat asuransi pensiun jenis ini serupa dengan asuransi pensiun pada umumnya yang dapat dicairkan saat memasuki usia pensiun sesuai kesepakatan.

Selain dicairkan untuk tertanggung, asuransi ini dapat dicairkan kepada ahli waris atau pihak keluarga tertanggung sebelum memasuki masa pensiun. Tentu saja, hal ini dilakukan jika tertanggung atau pemilik premi meninggal dunia.

3. Asuransi Pendidikan Dwiguna

Jenis asuransi dwiguna lainnya adalah asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan menjadi salah satu jenis asuransi yang paling banyak diminati di Indonesia. Nilai pertanggungan asuransi ini dapat dicairkan pada saat jenjang pendidikan anak berubah.

Manfaat paling besar dari asuransi ini adalah nilai pertanggungan asuransi yang dapat membantu meringankan beban orang tua untuk membayar biaya pendidikan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa asuransi pendidikan dwiguna banyak dipilih oleh para orang tua sejak anak-anaknya masih berusia balita.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Endowment

Saat mempertimbangkan memilih produk asuransi, kelebihan dan kekurangan dari asuransi yang dipilih menjadi sesuatu yang sangat berpengaruh. Begitu pula dengan asuransi endowment, kelebihan asuransi dwiguna beserta kekurangannya menjadi informasi yang cukup menarik perhatian.

Berbagai manfaat telah dipaparkan sebelumnya, termasuk kelebihan yang dimiliki oleh asuransi ini. Secara singkat, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki asuransi endowment:

  • Pencairan uang pertanggungan dilakukan secara berkala tanpa harus menunggu masa kontrak premi asuransi berakhir.
  • Nilai uang pertanggungan akan cair setelah kontrak selesai, meski tertanggung masih hidup saat kontrak berakhir

Serupa dengan asuransi lainnya, asuransi endowment juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan. Beberapa kekurangan asuransi dwiguna di antaranya :

  • Harga premi asuransi yang lebih mahal.
  • Waktu pencairan berkala telah ditentukan sejak awal kontrak premi asuransi sehingga nasabah asuransi perlu jeli dan menyesuaikan periode pencairan dengan kebutuhan penggunaan uang asuransi .

Mengingat ada beberapa kekurangan yang dimiliki, ketersediaan biaya untuk membayar premi bulanan juga perlu dipertimbangkan dengan hati-hati. Jangan sampai, Anda hanya tergiur dengan manfaat yang dimilikinya, tetapi tidak mempertimbangkan kesanggupan untuk membayar premi.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghitung dan memperkirakan periode penggunaan uang dalam masa premi asuransi, apakah sudah sesuai dengan rencana periode pencairan uang pertanggungan atau belum. Jangan sampai, niat Anda menabung lewat asuransi ternyata tidak sesuai dan akhirnya justru tidak membantu meringankan kebutuhan biaya yang ada di masa depan.

Mempersiapkan asuransi untuk Anda dan keluarga, serta mengenali setiap detail asuransi secara lengkap merupakan langkah yang tepat dilakukan, termasuk dalam asuransi dwiguna. Dengan mengenali setiap detail asuransi, Anda akan lebih mudah memilih jenis asuransi dari perusahaan asuransi terbaik.

Meski asuransi memiliki banyak manfaat, kesalahan pemilihan asuransi karena kurangnya pemahaman dapat membuat manfaat tersebut menjadi kurang maksimal. Asuransi dwiguna memberi manfaat maksimal jika dipilih berdasar pengetahuan yang tepat. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya! Baca kembali ulasan di atas agar Anda lebih paham lagi.