Apa itu Pop up?

Bagi Anda yang sering menemukan sebuah jendela kecil yang muncul secara tiba-tiba pada bagian layar smartphone atau PC pada saat sedang mengunduh sebuah aplikasi atau sedang melakukan pengaturan tertentu, hal tersebut bisa Anda sebut dengan istilah pop up. Bagi sebagian orang, istilah tersebut mungkin cukup asing terdengar namun tanpa disadari kerap kali sering ditemui ketika menggunakan smartphone atau gadget.

Pop-up juga dapat Anda temui pada saat membuka beberapa situs website tertentu. Selain itu, pop up juga memiliki berbagai jenis dan fungsi yang bermacam-macam. Oleh karena itu berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai pop up yang dapat Anda simak agar dapat mengenal istilah tersebut lebih dalam dan dapat mengetahui langkah apa yang harus Anda lakukan ketika menemukan pop up pada layar gadget Anda.

Lihat Juga: Apa itu Plug and Play?

Pengertian Pop up

Apa itu Pop up
Sumber Gambar : ios.gadgethacks.com

Pop-up adalah sebuah pemberitahuan bergaya jendela yang dapat Anda lihat pada saat membuka gadget. Pop-up dapat digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya seperti peringatan sistem atau pesan baru untuk aplikasi Anda. Pop-up juga dapat muncul pada layar gadget pengguna setelah menekan tombol tertentu atau melakukan gerakan tertentu. Misalnya jika layar smartphone Anda terkunci, Anda dapat menyebut jendela notifikasi layar depan sebagai pop-up notifikasi. Selain terdapat pada gadget, pop up juga dapat digunakan sebagai pengingat di situs web.

Lihat Juga: Apa itu Fastboot?

Fungsi Pop-up

Fungsi Pop up
Sumber Gambar : unsplash.com

Pop up yang muncul pada layar gadget Anda juga memiliki berbagai macam fungsi antara lain yaitu:

Sebagai notifikasi

Fitur pop-up yang pertama yaitu memberi tahu pengguna untuk memilih tindakan, misalnya seperti menekan satu tombol, membuat pilihan atau hanya melihat saja. Biasanya hal ini ditampilkan dalam pop up jenis skrip yang menampilkan papan peringatan tertentu di layar pengguna.

Baca Juga  Pengertian WiFi – Sejarah, Perkembangan, Fungsi, Cara Kerja

Sistem peringatan

Pop-up juga berfungsi sebagai cara bagi pengguna untuk melihat apakah ada masalah dengan gadget mereka. Misalnya, jika smartphone Anda secara bertahap kehabisan ruang penyimpanan, Anda akan melihat pemberitahuan untuk membatasi kapasitas penyimpanan Anda ketika Anda mencoba mengunduh aplikasi.

Alat promosi

Fungsi lain dari pop-up adalah sebagai media periklanan atau promosi. Saat Anda mengunduh aplikasi dengan fitur berbayar atau menyertakan elemen pembayaran, Anda akan melihat pop-up reguler yang mempromosikan elemen tersebut.

Lihat Juga : Apa itu Booting?

Jenis – Jenis Pop up

Jenis Pop up
Sumber Gambar : unsplash.com

Berikut ini merupakan berbagai jenis pop up yang dapat Anda ketahui, antara lain yaitu:

Pop up aplikasi

Pop up aplikasi merupakan salah satu jenis pop up yang dikeluarkan oleh aplikasi yang diunduh oleh pengguna. Biasanya pop up jenis ini muncul secara otomatis dan menunjukkan sebuah pemberitahuan misalnya seperti pesan masuk, pembaruan sistem, iklan, dan lain-lain.

Pop up iklan

Kemudian yang kedua yaitu pop up iklan, merupakan jenis pemberitahuan yang berisi beberapa informasi dalam kategori iklan misalnya dalam bentuk poster, info grafis, flayer, atau bentuk iklan lainnya yang berfungsi untuk memasarkan produk atau jasa aplikasi tersebut. Pop up jenis ini sebenarnya juga aman untuk di klik dan biasanya sering muncul pada beberapa situs portal berita atau lainnya.

Namun Anda juga perlu hati-hati terhadap beberapa pop up iklan pada website-website ilegal karena dapat membuat gadget yang Anda miliki berpotensi untuk terkena virus. Oleh karena itu Anda dapat menekan tombol “X” yang ada pada jendela pop up untuk menutupnya.

Pop up dialog box

Pop up jenis ini berfungsi untuk memberi instruksi kepada para pengguna gadget untuk mengkonfirmasi sesuatu atau mengeluarkan peringatan. Misalnya jika terjadi kesalahan pada saat entri data, maka pop up dialog box akan ditampilkan untuk mengingatkan atau memberikan arahan terkait langkah apa yang harus dilakukan oleh pengguna.

Baca Juga  19+ Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri, Force Close, & Berhenti

Pop up menu biasanya muncul saat Anda membuka PC atau laptop. Pop up jenis ini menampilkan beberapa pilihan tergantung pada menu yang Anda klik. Misalnya klik kanan pada halaman utama windows akan menampilkan pop up jenis ini yang memiliki beberapa jenis pengaturan seperti opsi view, refresh, sort by, new personalize, dan lain sebagainya.

Pop up notifikasi sistem

Pop up jenis ini biasanya sering muncul pada tampilan layar gadget pengguna. Semakin banyak aplikasi yang diunduh oleh pengguna, maka semakin banyak Pop up yang muncul pada layar gadget tersebut. Pop up notifikasi biasanya berisi beberapa informasi seperti pesan masuk, pembaruan sistem, atau beberapa informasi terbaru mengenai gadget atau smartphone Anda. Anda juga dapat mengubah pengaturan pada gadget Anda jika merasa terganggu dengan pop up yang sering muncul.

Lihat Juga : Apa itu Roaming Data?

Penutup

Anda juga dapat mengatur pop up yang muncul pada beberapa aplikasi yang ada pada gadget Anda. Caranya juga cukup mudah dan tergantung dari aplikasi tersebut. Misalnya pada aplikasi WhatsApp, Anda hanya perlu menekan tombol pengaturan yang tersedia pada aplikasi tersebut yang berada pada sebelah kanan berupa tiga titik vertikal. Kemudian pilih menu Pengaturan, kemudian untuk mengatur notifikasi obrolan grup pilih menu “Notifikasi Group”. Kemudian akan muncul jendela “Notifikasi Pop up” atau “Tidak ada Pop up”, dan yang terakhir yaitu “Hanya Ketika Layar Hidup”. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan Anda.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait