Apa itu Shadowban Twitter? Arti, Efek, Cara Cek, dan Solusi Mengatasinya!

Twitter menjadi media sosial yang cukup populer di kalangan para remaja. Adanya fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan sesuai dengan keinginan mereka membuat Twitter menjadi pilihan para remaja untuk mengutarakan apa yang sedang mereka alami atau peristiwa apa yang sedang terjadi. Biasanya pesan tersebut lebih sering disebut dengan kicauan.

Bagi Anda yang aktif dalam media sosial tersebut pasti rasanya ada yang kurang jika Anda belum membuat tweet. Lalu apakah Anda pernah mendengar kata shadowban? dan bagaimana jika akun Twitter Anda terkena shadowban? Tentunya Anda tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa informasi mengenai shadowban yang dapat Anda simak agar jika suatu saat terjadi masalah pada akun Twitter Anda, Anda dapat mengatasinya.

Lihat Juga : Apa itu Bitmap?

Pengertian Shadowban Twitter

Apa itu Shadowban Twitter
Sumber Gambar : unsplash.com

Shadowban adalah jenis pembatasan pada akun Twitter yang dapat terjadi tanpa sepengetahuan Anda. Pengguna lain tidak akan bisa melihat tweet atau informasi tentang akun Anda, pada saat akun tersebut terkena shadowban. Namun yang perlu Anda ketahui, beberapa hal yang membuat Anda tidak menyadari bahwa akun Twitter Anda terkena shadowban adalah Anda masih bisa mengakses akun tersebut, bahkan masih bisa menggunakan berbagai fitur Twitter lainnya seperti membuat tweet, memberikan komentar pada postingan orang lain, dan melakukan mention.

Jenis Shadowban Twitter

Pengertian Shadowban Twitter
Sumber Gambar : unsplash.com

Shadowban yang terjadi pada akun Twitter Anda memiliki beberapa macam jenis yang dapat Anda ketahui antara lain:

  • Thread Shadowban – Pada jenis ini komentar Anda pada postingan tertentu tidak dapat terlihat.
  • Under Search Suggestion Shadowban – Merupakan jenis shadowban di mana pengguna lain tidak dapat menemukan akun Anda pada kolom pencarian.
  • Under Search Ban – Pada jenis ini segala macam kegiatan atau aktivitas Anda dalam Twitter tidak akan muncul.
Baca Juga  17 Cara Menggunakan WhatsApp Business untuk Berjualan

Lihat Juga : Apa itu Vektor?

Penyebab akun Twitter terkena Shadowban

Penyebab Shadowban Akun Twitter
Sumber Gambar : neilpatel.com

Jika akun Twitter Anda terkena shadowban, mungkin beberapa penyebab berikut ini menjadi salah satu alasan mengapa akun Anda dapat terkena shadowban. Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang dapat Anda ketahui :

  • Anda sering mengubah nama pengguna atau username.
  • Melakukan spam.
  • Terlalu banyak menandai orang pada tweet Anda.
  • Akun Anda tidak mengikuti kebijakan yang telah ditentukan oleh Twitter.
  • Akun Anda telah di report oleh beberapa orang.
  • Melakukan bullying pada pengguna lain.
  • dll.

Lihat Juga : Apa itu Search Engine?

Cara mengetahui akun Twitter yang terkena shadowban

Cek Shadowban Akun Twitter
Cara mengetahui akun Twitter yang terkena Shadowban. Rafiq Akbar Hakim
  1. Langkah pertama, buka browser dan kunjungi situs Shadowban.io.
  2. Kemudian silakan masukkan username akun Twitter Anda pada kolom yang tersedia.
  3. Klik tombol Check.
  4. Kemudian status akun Anda akan muncul, apabila status berwarna hijau maka akun Anda tidak terkena shadowban, namun jika berwarna merah maka kemungkinan akun tersebut mengalami shadowban.
  5. Selesai.

Lihat Juga : Apa itu Metaverse?

Cara mengatasi akun Twitter yang terkena shadowban

Mengatasi Shadowban Twitter
Sumber Gambar : themeboy.com

Apabila akun Twitter Anda sudah terkena shadowban, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat melakukan beberapa cara agar akun Anda dapat berjalan normal kembali. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Jangan mengakses akun Anda terlebih dahulu

Jika akun Twitter Anda terkena shadowban, makan cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah jangan mengakses akun Twitter Anda terlebih dahulu. Jika penyebab akun Anda terkena shadowban bukan karena akun tersebut melanggar kebijakan Twitter atau melakukan spam, maka shadowban pada akun tersebut biasanya hanya terjadi selama beberapa hari saja, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Baca Juga  10 Cara Agar Instagram Tidak Terkoneksi Lagi dengan Facebook

2. Hubungi pihak Twitter

Kemudian jika Anda tidak sabar untuk menunggu, maka cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi pihak Twitter dan jelaskan masalah apa yang Anda alami. Kemudian Twitter akan meninjau akun Anda tersebut.

3. Hapus beberapa tweet yang melanggar kebijakan Twitter

Pada saat peninjauan akun, usahakan untuk menghapus beberapa tweet Anda selama beberapa hari terakhir. Karena bisa saja salah satu penyebab dari shadowban akun Anda adalah karena Anda melakukan spam, atau tweet Anda melanggar kebijakan yang telah ditentukan oleh Twitter.

Lihat Juga : Apa itu URL?

Efek ketika Twitter terkena shadowban

Efek Shadowban Twitter
Sumber Gambar : searchenginejournal.com

Berikut ini merupakan beberapa efek yang akan Anda alami ketika akun Twitter Anda terkena shadowban. Antara lain seperti:

  • Anda tidak dapat melakukan beberapa aktivitas di Twitter seperti menambahkan komentar dan mention pada pengguna lain.
  • Akun Anda tidak dapat muncul pada kolom pencarian.
  • Pengikut Anda dapat berkurang secara terus menerus karena akun Anda dianggap sudah tidak aktif.
  • Anda tidak dapat mencari tweet melalui hashtag.
  • dll.

Lihat Juga : Apa itu Wibu?

Penutup

Shadowban dapat terjadi pada akun Twitter Anda ketika Anda melakukan beberapa hal seperti spam atau membuat tweet yang melanggar kebijakan Twitter. Shadowban sendiri merupakan pembatasan akun yang dapat terjadi tanpa sepengetahuan Anda. Jadi apabila Anda ingin mengetahui apakah akun Anda terkena shadowban atau tidak, Anda dapat mengeceknya melalui situs Shadowban.io.

Bagaimana cara cek shadowban Twitter secara manual?

Anda dapat mengecek shadowban yang terjadi pada akun Anda secara manual, dengan mengetikkan username akun Twitter Anda pada kolom pencarian dengan format from:@username. Apabila tidak muncul berarti akun Anda terkena shadowban.

Apakah shadowban terjadi pada Twitter saja?

Shadowban juga dapat terjadi pada beberapa media sosial yang Anda miliki selain Twitter, misalnya seperti Instagram, Reddit, bahkan Tik Tok.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait