Apa Itu URL?

Sebagai pengguna internet dan media sosial tentunya tidak asing atau bahkan sering mendengar kata URL. Namun kebanyakan masih bingung apa itu URL? dan apakah URL sama dengan Domain? Kedua istilah tersebut sering kali digunakan secara bergantian, akan tetapi URL dan Domain bukanlah hal yang sama. Nama Domain adalah bagian dari URL itu sendiri. Berdasarkan beberapa sumber yang ada, Domain merupakan nama yang muncul setelah www pada alamat website. Selain itu Domain juga muncul setelah “@” pada alamat email. Contoh dari Domain misalnya: google.com.

Sedangkan URL merupakan alamat web lengkap yang mengarah pada salah satu halaman situs yang Anda akses. URL berisi nama Domain dan komponen-komponen lainnya yang digunakan untuk mencari halaman atau konten tertentu. Contoh dari URL, misalnya: https//www.google.com. Untuk lebih memahami apa itu URL mari kita bahas satu persatu.

Lihat Juga : Pengertian Wi-Fi

Pengertian URL

Pengertian URL
Sumber Gambar : idcloudhost.com

Adapun pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat atau lokasi dari suatu file, seperti situs gambar, video, atau file lain yang disimpan di server tertentu. Menggunakan URL hampir sama dengan membuka file di  komputer atau laptop yakni dengan melakukan double click URL tersebut. Perbedaannya adalah jika ingin membuka file tertentu di situs Anda, Anda harus menggunakan URL pada lokasi file tersebut karena Anda tidak mempunyai akses fisik terhadap file tersebut secara langsung.

Dengan kata lain URL merupakan serangkaian karakter yang dibuat dengan standar format tertentu untuk memudahkan pengguna internet sekaligus dapat dijadikan sebagai petunjuk alamat suatu sumber daya, baik dalam bentuk file gambar, dokumen, teks, dan lainnya.

Kemudian berikut ini merupakan beberapa definisi URL menurut para ahli, antara lain:

  1. Sora N mengemukakan URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator” yang merupakan suatu rangkaian karakter yang disusun berdasarkan standart aturan tertentu, yang digunakan untuk mendeskripsikan alamat suatu dokumen misalnya arsip, teks dan gambar yang terdapat pada jaringan internet.
  2. Prayogi mengemukakan pengertian URL merupakan suatu rangkaian karakter yang dibentuk mengikuti standar aturan tertentu yang digunakan sebagai pertanda alamat direktori menurut suatu dokumen yang berada pada laman web dalam jaringan internet.

Sejarah URL

Tim Berners Lee menjadi orang pertama yang menemukan adanya URL pada tahun 1991. Sejak pertama kali ditemukan, URL difungsikan untuk membantu para penulis dokumen. Selain itu fungsi utamanya adalah memberikan referensi Pranala ke World Wide Web (WWW). Beranjak dari tahun 1991, URL mulai dikembangkan dengan berbagai peningkatan ketika memasuki tahun 1994. Lebih tepatnya, URL telah berkembang lebih jauh menjadi URI atau Uniform Resource Identifiers.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Sayangnya, Browser Telah Berhenti

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Bagian – Bagian URL

Bagian - bagian URL
Sumber Gambar : unsplash.com

Secara garis besar, URL terdiri dari empat bagian dan digabungkan menjadi struktur lengkap antara lain:

1. Protokol

Protokol adalah cara yang telah ditentukan untuk bertukar atau mentransfer data melalui jaringan komputer. Biasanya untuk website menggunakan protokol HTTP atau HTTPS (Secure Version). Protokol biasa disingkat menjadi http://(Hypertext Transfer Protocol). Bagian ini paling penting karena memudahkan pembaca untuk mengklik tautan tanpa harus menyalin dan menempelkannya ke browser.

2. Nama Host Komputer (Host)

Bagian dari URL selanjutnya adalah host komputer, atau yang biasa dikenal sebagai  World Wide Web (WWW). Namun, bagian ini belum pasti digunakan. Ketika mengunjungi situs web di internet, ada beberapa situs web yang menggunakan www dan beberapa ada yang tidak menggunakan.

3. Nama domain

Domain merupakan nama yang menunjukkan nama situs atau alamat situs. Hal ini menunjukkan server web mana yang  diminta. Misalnya; Google.com, Twitter.com, Detik.com, PortalBanyumas.com, Facebook.com, dan masih banyak lagi. Terdapat dua jenis domain yaitu berbayar, misalnya (.com, .net, .info) dan gratis, misalnya melalui subdomain blogger.com. Selain itu sebagai alternatif juga dapat menggunakan alamat IP secara langsung, tetapi metode ini kurang umum digunakan di web karena ketidaknyamanan.

4. Path

Path adalah jalur yang mewakili lokasi file fisik di server web. Saat ini, merupakan abstraksi yang ditangani oleh server web yang tanpa memiliki realitas fisik. Untuk mengakses halaman beranda pada sebuah situs, cukup masukkan protokol dan nama domain (misalnya, https://www.PortalBanyumas.com). Namun, setiap halaman atau file di situs PortalBanyumas.com juga memiliki URL sendiri. Berikut adalah contoh path: https://www.PortalBanyumas.com/pengertian-url.

5. Direktori

Direktori adalah label atau kategori yang terdapat pada sebuah situs web. Bagian penting  ini biasanya ditempatkan di sebelah domain (misalnya https://namadomain.com/ini-url-direktori).

6. Skema

Skema adalah bagian awal dari URL, dan skema digunakan sebagai panduan khusus untuk dijalankan di situs web Anda. Skema yang paling umum digunakan  saat ini adalah HTTPS, protokol transfer hypertext aman. HTTPS adalah protokol yang digunakan untuk mengenkripsi data pribadi seperti kata sandi dan informasi lainnya. HTTPS dapat digunakan untuk meningkatkan reputasi situs web yang dikelola dari sudut pandang mesin telusur. Seperti Google, situs web yang menggunakan HTTPS dikatakan paling aman untuk administrator dan pengunjung.

Baca Juga  25 Gambar Pemandangan Gunung, Mudah Ditiru Anak TK, SD, SMP!

7. Subdomain

Subdomain adalah bagian dari domain, tetapi sifatnya independen. Subdomain adalah anak dari domain utama. Akan tetapi fungsinya tidak dapat diisolasi dari domain utama. Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan terkait subdomain. Pertama, subdomain digunakan untuk mementaskan situs web pengujian. Fitur tersebut memudahkan  pengguna untuk menemukan pelacakan. Subdomain kemudian digunakan sebagai pembatas antara situs web dan kategori.

Lihat Juga : Pengertian Freeware

Fungsi URL pada Situs Web

Fungsi URL
Sumber Gambar : unsplash.com

URL (Uniform Resource Locator) sendiri mempunyai peran yang penting dalam dunia internet. Dengan adanya URL para pengguna internet dapat lebih mudah mengakses suatu informasi tertentu yang ingin diketahui. Adapun beberapa fungsi dari URL antara lain:

  • Sebagai identifikasi lokasi sebuah website atau file di internet.
  • Memberikan nama dokumen yang ada pada website.
  • Mempermudah untuk mengakses informasi tertentu di internet.
  • Memudahkan pengguna untuk mengingat alamat yang berisi dokumen yang dicari.
  • Memindahkan user/ visitor dari satu halaman situs ke halaman situs lainnya dengan cara menggunakan media hyperlink.
  • Memudahkan pengguna saat membuka atau mengakses dokumen atau arsip pada suatu website atau situs.
  • Memudahkan pengguna untuk mengingat alamat dokumen yang berada pada suatu website.
  • Memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat di dalam suatu website.

Lihat Juga : Pengertian Shareware

Jenis – Jenis URL

Jenis - jenis URL
Sumber Gambar : unsplash.com

Uniform Resource Locator (URL) ini juga berperan untuk membantu pengguna menemukan lokasi sumber penyimpanan dokumen. Dan ada dua jenis URL yang dapat diketahui antara lain yaitu:

1. URL Absolut

URL absolut adalah URL yang alamatnya berisi domain dan lokasi dokumen. Formatnya biasanya domain-direktori-dokumen. Ini berarti bahwa setiap halaman di domain berisi direktori dokumen atau file.

2. URL Relatif

Penentuan alamat URL relatif ini didasarkan pada alamat yang sedang aktif. Jika URL Absolut sudah memiliki susunan atau format yang baku, maka berbeda dengan URL Relatif. URL ini memiliki susuan atau format yang tidak baku dan hanya relevan untuk dokumen yang sedang dibuka.

Lihat Juga : Pengertian Animasi

Contoh Alamat URL dan Penjelasannya

Contoh URL PortalBanyumas

Seperti yang  dijelaskan di atas,  URL memiliki beberapa bagian yang menggabungkan dan melengkapi satu sama lain. Berikut ini adalah contoh alamat URL dan deskripsi singkatnya.

https: //www.PortalBanyumas.com/pengertian-firmware
  • https merupakan protokol dari situs web di internet yang digunakan.
  • www adalah nama host komputer yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber daya yang berguna dari sebuah situs.
  • PortalBanyumas.com adalah domain utama dalam sebuah situs.
  • /pengertian- firmware merupakan lokasi atau nama file yang diakses di internet.
Baca Juga  5 Cara Mengatasi Sayangnya, Google Chrome Telah Berhenti

Lihat Juga : Pengertian E-Learning

Kelebihan dan Kekurangan URL

Kelebihan & Kekurangan URL
Sumber Gambar : unsplash.com

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan URL antara lain yaitu;

Kelebihan

  • Terlihat lebih ringkas, lebih pendek, dan lebih rapi.
  • Dapat menyembunyikan tautan asli.
  • Dapat dimodifikasi sesuai keinginan.
  • Dapat dipantau trafik nya.
  • Dapat digunakan sebagai sumber penghasilan.

Kekurangan

  • Nama blog yang dibuat susah untuk diingat.
  • Calon pengunjung masih enggan untuk mengklik link tersebut.
  • Rentan terhadap jebakan dan penipuan.
  • Risiko kegagalan atau kerusakan link.

Lihat Juga : Pengertian E-Money

Kesimpulan,

Istilah URL memang tidak asing lagi ditelinga pengguna internet, namun beberapa dari mereka terkadang masih belum dapat membedakan antara URL dan Domain. Padahal domain merupakan bagian dari URL, sedangkan URL sendiri merupakan alamat web lengkap yang mengarah pada salah satu halaman situs yang diakses. URL berisi nama Domain dan komponen-komponen lainnya yang digunakan untuk mencari halaman atau konten tertentu. Dan dengan adanya URL sendiri para pengguna internet dapat lebih mudah mengakses suatu informasi tertentu yang ingin diketahui, serta dapat memudahkan untuk mengingat alamat dokumen yang berada pada suatu website, dan lain-lain.

Itulah ulasan singkat yang dapat penulis berikan mengenai apa itu URL, fungsi, manfaat, jenis, dan juga contohnya. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan maupun pendapat yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar. Terima kasih!

Apa perbedaan URL dengan Domain?

URL merupakan sebuah alamat lengkap yang mendeskripsikan suatu file pada website, sedangkan Domain hanyalah sebuah nama dari sebuah website yang bisa dikatakan sebagai bentuk sederhana dari URL.

Apa fungsi URL?

Mempermudah pengguna dalam mengakses informasi tertentu di internet. Selain itu, URL juga berfungsi sebagai identifikasi lokasi berdasarkan kategori atau file di internet.

Sebutkan apa saja contoh dari Top Level Domain?

.com (dot commercial), .net (dot network), .org (dot organization), .edu (dot education), .gov (dot government) dan masih banyak lagi.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Rafiq Akbar Hakim, Erga Bayu Aji

Artikel terkait