Apakah Flip Aman untuk Transfer, Verifikasi Akun

Pertanyaan yang kerap muncul, apakah Flip aman untuk transfer uang ? Bagaimana keamanan verifikasi akun di Flip ?

Flip adalah platform pembayaran untuk transfer uang gratis yang aman karena sudah punya izin, terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia, verifikasi akun Flip terkait data pribadi diambil dengan izin jelas serta dilindungi kebijakan privasi, menampilkan biaya secara transparan, punya layanan pelanggan 24 jam customer service.

Jika terjadi masalah dalam transfer uang, Flip akan melakukan refund ke rekening pengguna. Refund diproses cukup setiap harinya.

Pertanyaan soal keamanan ini wajar muncul karena banyaknya pinjol ilegal, yang banyak melakukan penipuan.

Di tengah kepopuleran fintech, muncul ekses, yaitu hadirnya pinjaman ilegal yang tidak resmi dan tanpa izin dari otoritas keuangan.

Jadi orang khawatir menggunakan fintech, termasuk Flip khususnya untuk transfer uang.

Berikut ini alasan dan penjelasan soal penipu bukan, keamanan, perizinan  Flip.

1. Flip Punya Izin, Terdaftar dan Diawasi Bank Indonesia

Sejak 2016, Flip sudah punya izin, terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. Izin ini menunjukkan bahwa perusahaan Flip resmi dan legal.

Nama perusahaan adalah PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi. Lisensi Flip dari BI diperoleh pada tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor izin 18/196/DKSP/68.

Flip diawasi oleh Bank Indonesia . Pelanggaran bisa dikenakan sanksi, termasuk dicabut izinnya.

Kenapa Flip tidak memiliki izin dari OJK? Karena OJK bertugas untuk mengawasi industri keuangan seperti bank, asuransi, pasar modal, dan institusi keuangan lainnya. Sedangkan Flip sebagai perusahaan transfer dana berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Informasi soal perizinan Flip di BI bisa dicek dari dua sumber, yaitu:

  1. Situs resmi Flip atau aplikasinya di PlayStore. Biasanya, jika punya izin, perusahaan akan menyebutkan no keputusan Bank Indonesia
  2. Situs resmi BI menampilkan daftar perusahaan yang sudah punya izin resmi dari BI.

2. Biaya Transfer Uang di Flip Transparan

Flip menampilkan perhitungan biaya secara transparan. Calon pengguna bisa dengan mudah melihat berapa jumlah yang harus dibayar jika menggunakan layanan Flip.

Adanya informasi soal biaya yang transparan di muka, membantu pengguna menghitung ongkos yang yang harus dibayar jika mengambil layanan di Flip.

Kemungkinan terjebak layanan yang ilegal menjadi lebih kecil karena semuanya transparan sejak awal.

3. Perlindungan Data

Seluruh proses transfer dilakukan dengan menggunakan sistem bank, sehingga uang konsumen akan sampai ke rekening tujuan dengan aman.

Data-data juga diberikan keamanan berlapis dan data sensitif di-enkripsi. Pertukaran informasi antar server juga sudah dienkripsi menggunakan SSL pada server yang berlokasi di Indonesia, sehingga data pengguna aman, data tersebut dibutuhkan hanya untuk pelaporan ke Bank Indonesia saja.

4. Verifikasi Akun Dilindungi Kebijakan Privasi

Bagaimana caranya Flip melindungi data pribadi pengguna ? Agar tidak disalahgunakan.

Pengelolaan data pribadi, termasuk jenis, perlindungan, penyimpanan, disampaikan oleh perusahaan secara transparan di Kebijakan Privasi

Dalam kebijakan privasi, perusahaan menguraikan secara lengkap dan detail soal cara mengelola data pribadi pengguna agar aman dan tidak bocor.

5. Tersedia Layanan Pelanggan, CS Contact Center

Punya keluhan ? Jangan khawatir, Flip punya layanan pelanggan.

  • Layanan 24 jam di (021) 30002424
  • Chat dengan Tim Flip

Bisa dicek di aplikasi atau situs soal layanan pelanggan dan bagaimana menghubungi layanan tersebut.

Selain layanan pelanggan, pinjaman resmi wajib memiliki kebijakan atau SOP soal bagaimana komplain nasabah ditangani, seperti berapa lama akan diselesaikan dan proses penanganan.

Disamping layanan, contact center, pinjaman resmi punya akun sosial media resmi. Bisa dicek di dalam akun sosmed tersebut soal seluk beluk serta kegiatan perusahaan.

6. Tersedia Refund yang Aman

Untuk menyelesaikan masalah transaksi yang tidak selesai, Flip menyediakan fasilitas Refund.

Refund adalah proses pengembalian dana yang sudah dikirim ke Flip kembali ke rekening pengirim dana. Umumnya refund diajukan karena pengguna membatalkan transaksi atau adanya kesalahan transfer ke Flip. Namun, perlu diperhatikan bahwa refund tidak dapat diproses jika dana sudah digunakan untuk transaksi yang berhasil, ya. 

Refund paling lambat diproses pukul 20:00 WIB, namun umumnya lebih cepat.