Aplikasi Bank Digital Terbaik Indonesia

Kemajuan teknologi membuat maraknya penawaran produk digital bank di Indonesia. Apa daftar aplikasi digital bank terbaik ? Mana yang menawarkan pengalaman branchless banking paling nyaman?

Sejak pesatnya teknologi online dan digital, bank berlomba – lomba menawarkan aplikasi digital bank untuk konsumen. Tentu saja, hal ini merupakan berkah buat konsumen perbankan.

Sekarang, masyarakat jadi punya banyak pilihan produk perbankan digital. Masing – masing menawarkan fitur unik, yang mempermudah transaksi perbankan.

Untuk memahami lebih jauh, kami mencoba aplikasi bank digital tersebut. Hasilnya, kami rangkum dalam daftar produk digital bank terbaik saat ini.
 

1. Jenius BTPN

Aplikasi Jenius BTPN Digital Banking

Jenius adalah aplikasi bank digital besutan Bank BTPN. Boleh dikatakan, Jenius termasuk pelopor di ranah digital bank.

Berbeda dengan bank pada umumnya, debitur tidak perlu ke kantor cabang untuk bisa membuka rekening di Jenius. Cukup mengunduh aplikasi Jenius di Apps Store Google Play Store, mengisi data, dan mengupload dokumen yang diminta.

Setelah itu, untuk mengaktifkan, debitur perlu menghubungi pihak Jenius. Bisa melalui video call service dengan petugas atau datang ke booth Jenius di mall.

Keunggulan Jenius BTPN terutama soal murahnya biaya admin. Keluhan milenial soal rekening tabungan adalah banyak biaya dan kewajiban minimum saldo yang menyulitkan mereka yang punya keuangan terbatas.

Jenius memberikan tabungan dengan biaya murah, yaitu:

  • Biaya administrasi bulanan: Gratis
  • Saldo awal saat buka rekening adalah Nol.
  • Biaya akun dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan) Nol.
  • Tidak ketentuan ada saldo minimum.
  • Transfer Ke rekening bank lain adalah Rp 3,000 per transaksi vs bank yang menerapkan biaya transfer 6,000 atau 7,500 per transaksi.

No cost di Jenius tepat sekali untuk milenial atau first time jobber yang keuangannya terbatas, tetapi ingin punya  kartu debit dengan banyak fitur untuk mengelola keuangan.

Saat membuka rekening tabungan dan kartu debit, konsumen otomatis diberikan kartu kredit oleh Jenius. Tanpa proses yang ribet, konsumen  langsung dapat kartu kredit dari Jenius.

Tapi, ini adalah kartu kredit virtual. Tidak ada kartunya, tapi bisa digunakan layaknya kartu kredit.

Kartu kredit virtual ini disebut e-Card. Bagaimana cara kerjanya ?

  • Buat E-card di aplikasi Jenius. Mudah, sekali klik langsung jadi.
  • Lakukan top-up ke e-card tersebut dengan melakukan transfer dari kartu utama Anda.
  • Dana harus tersedia di e-card untuk bisa melakukan transaksi kartu kredit dengan e-card.
  • Gunakan no kartu, masa berlaku dan kode CVV yang ada di e-Card untuk melakukan transaksi kartu kredit.

Jadi, buat milenial jika ingin transaksi online yang mewajibkan punya kartu kredit, e-card virtual bisa jadi solusi yang mudah, cepat dan murah.
 

2. Mandiri Livin

Mandiri Livin

Pembukaan rekening di Bank Mandiri sekarang bisa dilakukan secara online dengan aplikasi Livin by Mandiri. 

Cara membuat rekening secara online di Bank Mandiri mudah dilakukan dengan mengunduh aplikasi mobile banking Livin by Mandiri di Apps store, menyiapkan KTP dan mengambil foto selfie dengan smartphone. 

Proses bikin rekening dan daftar kartu debit ATM Mandiri sekarang hanya butuh waktu 10 menit selesai. Nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang untuk membuka rekening ATM.

Namun, nasabah harus menyetorkan uang minimal Rp 100 ribu di akhir proses untuk bisa mengaktifkan rekening dan mendapatkan kartu ATM. Tanpa memenuhi setoran minimum, rekening tidak bisa aktif.

Dalam proses pembukaan rekening, nasabah harus memilih kartu debit. Penting sekali buat nasabah memilih jenis kartu debit yang tepat karena jika tidak akan menyulitkan. 

Ada kartu debit yang hanya bisa dipakai di dalam negeri dan tidak bisa digunakan untuk transaksi internasional di luar negeri. Ada pula kartu debit yang bisa digunakan untuk belanja online, tapi ada juga kartu yang tidak bisa digunakan untuk belanja online.

Jenis Mandiri Debit Visa adalah:

  • Platinum
  • Gold
  • Debit Mandiri Garuda

Kartu Mandiri Debit dapat digunakan transaksi e-commerce dalam negeri maupun luar negeri.

Nasabah bisa bertransaksi dengan kartu Mandiri Debit Visa pada merchant / toko online yang telah tersertifikasi dari VISA (pada website toko online yang terdapat logo Verified by VISA (3D Secure).

Nasabah dapat pula bertransaksi pada toko online dengan hanya menginput 16 digit nomor Mandiri Debit Visa, tanggal kadaluarsa kartu, dan 3 digit angka dibelakang kartu (CVV). Nasabah tidak perlu mendaftarkan nomor handphone pada sistem Bank Mandiri.

Baca Juga  Bank Jago Aplikasi Mobile Banking

Mandiri Debit didukung oleh jaringan VISA di seluruh dunia sehingga nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi tarik tunai (cash withdrawal) di seluruh ATM dan transaksi belanja di mesin EDC (point of sales) yang bertanda VISA/ Plus

Jenis Mandiri Debit GPN adalah:

  • Silver
  • Gold
  • Platinum
  • Kartu Ku
  • Kartu Simple
  • Kartu Mitra Usaha

Hanya bisa digunakan di merchant tertentu (lazada, tokopedia, LinkAja).
 

3. BCA Mobile

BCA Mobile Banking adalah aplikasi perbankan digital Bank BCA. BCA mobile menawarkan sejumlah kemudahan, seperti nyaman, praktis dan mudah.

Nyaman. Kemudahan transaksi perbankan langsung dari smartphone melalui menu m-BCA tanpa perlu mengganti kartu SIM

Praktis. Fitur layanan transaksi lengkap dan modern tanpa harus datang ke kantor cabang

Mudah. Fasilitas daftar transfer dan pembayaran yang dapat disimpan untuk memudahkan transaksi selanjutnya

Fitur layanan yang ditawarkan di BCA Mobile adalah:

  • Cek saldo, mutasi rekening, transfer dana, dan bayar tagihan lebih mudah melalui m-BCA di BCA mobile.
  • Kemudahan cek saldo, top-up, informasi 10 transaksi terakhir Flazz pada smartphone dengan fitur Near Field Communication (NFC)
  • Transaksi tanpa kartu. Tak perlu khawatir apabila lupa bawa kartu karena transaksi tetap dapat dilakukan menggunakan fitur pada BCA mobile

Nasabah bisa melakukan pembukaan rekening di BCA Mobile secara online, tanpa perlu hadir ke kantor cabang. Cukup download BCA Mobile dan pilih fitur Buka Rekening Baru.

Lalu, mengisi data, foto eKTP, foto diri selfie, foto tanda tangan diatas kertas, dan foto NPWP jika ada. Kemudian, nasabah wajib melakukan video call ke CS BCA untuk verifikasi data.

Setelah itu, baru aktivasi rekening. Kemudian, rekening sudah bisa digunakan.

Jadi, proses pembukaan rekening bank di BCA mobile dilakukan secara online, branchless, tanpa perlu nasabah hadir ke kantor cabang.
 

4. Seabank

Seabank adalah aplikasi mobile banking terbaru yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu aktivitas finansial, mulai dari menabung hingga transaksi finansial lainnya. Bisa dilakukan melalui handphone, kapan pun dan di mana pun!

Seabank merupakan brand dari PT Bank Seabank Indonesia (sebelumnya PT Bank Kesejahteraan Ekonomi) terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Produk tabungan di Seabank ditawarkan dengan bunga mencapai 7% setahun, dengan beragam manfaat lain, yaitu:

  • Bunga Tabungan Tinggi 7% setahun
  • Tanpa minimum saldo, bebas tarik kapan saja.
  • Bunga Cair Setiap Hari. Bunga dihitung dan dibayarkan setiap harinya.
  • Bebas Biaya. Bebas biaya admin & biaya transfer.
  • Top-up e-wallet dengan instan, serta bayar belanjaan di Shopee dengan Virtual Account (bebas biaya).

Keunggulan Seabank adalah soal biaya admin yang gratis, dengan rincian berikut:

  • Biaya pembukaan akun: Gratis
  • Saldo awal minimumRp 0
  • Saldo minimum per bulan Rp 0
  • Biaya penalti saldo (Fall Below Fee): Gratis
  • Biaya administrasi: Gratis
  • Biaya penutupan rekening: Gratis
  • Biaya rekening dormant: Gratis
  • Biaya transfer ke antar rekening SeaBank Gratis
  • Biaya transfer ke Virtual Account SeaBank Gratis
  • Biaya transfer ke rekening Bank lain (RTOL) Gratis
  • Biaya transfer ke rekening Bank lain (SKN) Gratis

Bisa dilihat bahwa Seabank betul – betul menawarkan biaya gratis tanpa embel-embel apapun. Tidak ada saldo minimum, baik di awal atau per bulan.

Biaya transfer online atau SKN juga gratis. Juga tanpa ketentuan minimum saldo di rekening.

Karena menggunakan proses online dan digital, yang tidak perlu pembukaan kantor cabang, membuat Seabank bisa memberikan bunga tabungan yang sangat menarik dan gratis semua biaya admin serta fee transfer.
 

5. Neobank Bank Neo Commerce

Bank Neo Commerce telah hadir sejak tahun 1990 dengan nama Bank Yudha Bhakti (BBYB), yang kemudian bertransformasi menjadi neo bank pertama di Indonesia, di mana aktivitas perbankan nasabah kini dilakukan secara digital.

Dengan dukungan perusahaan fintech terkemuka di Indonesia, Akulaku, Bank Neo terus berinvestasi pada teknologi untuk memberikan produk dan layanan terbaru yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, baik individu maupun korporasi.

Neobank adalah aplikasi digital banking dari Bank Neo Commerce (BNC) yang menawarkan fasilitas untuk membuat kehidupan finansial makin mudah. Dengan tampilan yang user-friendly, aplikasi neobank hadir dengan fitur-fitur menarik yang bikin urusan perbankan lebih cepat dan tetap aman!

Baca Juga  Review Aplikasi Neo Bank Commerce: Apakah Aman, Penipuan Bukan

Plus, hanya butuh 5 menit untuk buka rekening secara online melalui aplikasi Neobank. Prosesnya cepat, tanpa tatap muka dan hanya butuh dokumen KTP.

Manfaat membuka rekening digital di BNC adalah:

Pertama, tabungan yang berbunga setiap hari dengan bunga mencapai 6% setahun.

Buka rekening online mulai dari berapa saja dan dapatkan bunga hingga 6% p.a. Bunga dikirim langsung ke rekening nasabah tiap hari

Kedua, Deposito Neo WOW. Deposito berjangka di Neobank menawarkan bunga tinggi, bisa sampai 8% per tahun. 

Setoran awal ringan, bisa mulai dari Rp200 rb aja. Tenor fleksibel, mau 7 hari sampai 1 tahun pun ada!

Ketiga, Free Transfer. Di aplikasi neobank, transfer ke Virtual Account dan kirim uang ke bank mana aja GRATIS tanpa batasan kuota. 

Mau sekali transfer dalam jumlah besar? Limit transaksi harian kamu bisa sampai Rp300 juta! 

Keempat,  keamanan data. Aktivitas keuangan dijamin aman karena Bank Neo menerapkan sistem keamanan perbankan berlapis. Ada fitur Gestur Sandi dan PIN yang memastikan transaksi selalu terlindungi.
 

6. BRIMo

BRImo adalah Aplikasi Keuangan Digital dari Bank BRI berbasis data internet. BRimo singkatan dari BRI Mobile, memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk bertransaksi dengan fitur:

  • User Interface dan User Experience terbaru,
  • login face recognition, login fingerprint,
  • top up gopay,
  • pembayaran QR dan fitur-fitur menarik lainnya,
  • pilihan Source of Fund/ sumber dana setiap transaksi dapat menggunakan rekening Giro/ Tabungan.

Proses Buka Rekening (Digital Saving) calon nasabah BRI melalui aplikasi BRImo sangat mudah. Nasabah tinggal  mengupload data diri serta mengirimkan video sebagai bentuk Know Your Customer (KYC) dalam pembukaan rekening. 

Dengan membuka rekening melalui BRImo, nasabah juga akan teregistrasi Brimo dengan fasilitas finansial.

BRI melakukan integrasi BRImo dengan internet banking. Nasabah baru dan nasabah lama yang belum memiliki internet banking BRI dapat melakukan registrasi internet banking dengan fasilitas finansial melalui aplikasi BRImo. 

Nasabah jadi bisa melakukan registrasi internet banking BRI dengan cukup melalui aplikasi BRImo tanpa harus ke unit kerja BRI. 
 

7. Octo Mobile CIMB Niaga

Octo Mobile adalah aplikasi mobile banking CIMB Niaga yang menawarkan berbagai fitur untuk kemudahan pengguna.

Octo memberikan fasilitas gratis transfer antar bank. Jumlahnya maksimum 20 x transaksi per bulan. 

Di awal bulan, jatah gratis transfer akan mulai dari awal lagi. Nasabah bisa menikmatinya kembali.

Fitur dalam m banking Octo Mobile adalah nasabah bisa melihat semua banking relationship dengan Bank CIMB NIaga (rekening tabungan, kartu kredit, investasi, deposito dll) – dalam satu tempat di Octo Mobile, di fitur ‘Rekening Saya’.

Nasabah tidak perlu pindah, cari – cari ke tempat lain. Semuanya tersedia dalam 1 aplikasi, sehingga monitoring terhadap rekening menjadi sangat mudah.

Nasabah bisa tarik tunai atau setor tunai dari ATM tanpa harus bawa kartu, menggunakan fasilitas transaksi tanpa kartu di Octo Mobile. 

  • Cukup masuk ke aplikasi mobile banking, lalu klik transaksi tanpa kartu.
  • Octo Mobile menyediakan kode tarik tunai atau setor tunai, tergantung pilihan kita.
  • Pergi ke ATM Niaga terdekat, pilih transaksi tanpa kartu. Lalu, masukkan kode tarik tunai tadi, dan bisa menarik uang tunai tanpa perlu ATM.

Octo Mobile menyediakan pula fasilitas investasi Reksadana online, tanpa perlu datang ke cabang. Tersedia fasilitas untuk melakukan pendaftaran, penjualan dan pengalihan di 69 jenis Reksadana.

Tersedia pula fasilitas auto-debit ke Reksadana untuk investasi rutin dan berkala dalam skema CIMB Regular Investment Saving Plan (CRISP). 
 

8. Blu BCA Digital

Blu adalah aplikasi mobile banking Bank BCA Digital. Anak perusahaan Bank BCA ini menawarkan pengalaman mobile banking yang berbeda.

Berbeda dengan bank pada umumnya, nasabah tidak perlu ke kantor cabang untuk membuka rekening tabungan di BCA Digital. Semuanya cukup dilakukan lewat ponsel.

Blu BCA Digital menjanjikan proses pembukaan rekening bank yang 100% online. Cukup punya e-KTP dan ponsel smartphone.

Salah satu fitur yang menarik dari Blu BCA Digital adalah biaya admin dan biaya – biaya lainnya yang gratis. Nasabah tidak perlu membayar segala tetek – bengek biaya admin, yang biasanya dibebankan oleh bank.

Blu BCA Digital memberikan gratis biaya admin, yaitu:

  • Biaya Pembukaan dan Penutup Rekening: Nol
  • Biaya administrasi bulanan: Gratis
  • Saldo awal saat buka rekening adalah Nol.
  • Biaya akun dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan): Nol
  • Biaya dibawah saldo minimum: Nol
Baca Juga  Cara Transfer Uang Dari BNI ke Bank BCA Via SMS Banking

blu  memiliki tabungan “bluSaving”, yang memberikan bunga  3% p.a. dan membayar bunga setiap akhir bulan.

Bunga tabungan sebesar ini sangat menarik. Lebih tinggi dibandingkan umumnya tabungan di bank – bank lain.

Apalagi, biaya admin di Blu tidak ada, sehingga bunga tabungan benar – benar efektif nasabah bisa nikmati. Kalau di bank pada umumnya, saat ini, sudah bunga tabungan kecil, masih kena biaya admin, akibatnya nasabah tidak mendapatkan hasil dari menabung.

bLu juga menyediakan fasilitas deposito dari tenor 1 bulan sampai 12 bulan. Bunga deposito di bLu adalah 4% setahun.
 

9. Digibank DBS

Digibank adalah nama aplikasi mobile banking Bank DBS. Aplikasi Digibank by DBS tersedia di App Store yang bisa diunduh dengan gratis.

Aplikasi Digibank menyediakan fasilitas tabungan, kartu kredit, pinjaman KTA, dan investasi. Mulai dari pembukaan rekening tabungan, deposito, investasi, pengaturan kartu kredit hingga pengajuan KTA instan cukup klik di satu aplikasi.

Fitur andalan di Digibank adalah:

  • Informasi Transaksi
  • Pembukaan Rekening Sidik Jari
  • Aktivasi Kartu dan Pembuatan PIN
  • Deposito melalui Aplikasi
  • Hemat Waktu & Biaya dengan Gratis Transfer dan Tarik Tunai di ATM Manapun
  • Top up GO-PAY & e-Money Cukup Satu Tangan di Fitur Bayar & Beli
  • Penukaran Poin Rewards digibank
  • Konversi Transaksi menjadi Cicilan
  • Apply Pinjaman di Aplikasi dengan Persetujuan Awal Kurang dari 60 detik

Proses pembukaan Digibank diklaim sebagai branchless, signatureless dan paperless. Tinggal download aplikasi digibank by DBS di smartphone, isi data diri, lalu verifikasi sidik jari di booth digibank atau panggil agen digibank ke tempat tinggal.

Digibank menyediakan Tabungan Maxi, yaitu tabungan dengan bunga hingga 3% per tahun dan bisa diambil kapan saja tanpa terikat jangka waktu. Tidak ada minimum saldo, dan tidak dikenakan biaya administrasi.

Gratis transfer lewat aplikasi untuk nasabah dengan saldo minimum Rp 1 juta. Tarik tunai gratis untuk 5x transaksi pertama dalam sebulan dan cek saldo gratis.
 

10. Bank Jago

Jago adalah aplikasi mobile banking dari Bank Jago. Salah satu pionir bank digital di Indonesia.

Berbeda dengan bank pada umumnya, nasabah tidak perlu ke kantor cabang untuk bisa membuka rekening tabungan di Jago.

Jago menjanjikan proses pembukaan rekening bank yang 100% online. Hanya lewat aplikasi di ponsel.

Nasabah cukup mengunduh aplikasi Jago di Google Play Store, mengisi data, lalu mengupload dokumen yang diminta. Setelah itu, untuk mengaktifkan, nasabah perlu menghubungi pihak Jago melalui video call.

Fitur paling menarik dari Jago Digital adalah biaya admin dan biaya – biaya lainnya gratis. Nasabah tidak perlu membayar segala tetek – bengek biaya admin, yang biasanya dibebankan oleh bank.

  • Biaya administrasi bulanan: Gratis
  • Saldo awal saat buka rekening adalah Nol.
  • Biaya akun dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan) Nol.
  • Tidak ketentuan ada saldo minimum.

Jago memiliki tabungan “Kantong Nabung”, yang memberikan bunga  4% p.a. dan membayar bunga setiap bulan.

Uang di ‘kantong nabung” ini harus mengendap paling singkat selama 14 hari. Di masa jatuh tempo 14 hari itu, nasabah tidak bisa menarik uangnya dan jika ditarik sebelum itu bunga akan hangus dan ada biaya tambahan.

Bunga 4% di Jago menarik karena:

  • Bunga lebih tinggi dari bunga deposito, yang berkisar di 3% an
  • Tenor simpanan yang pendek, minimum 14 hari, lebih cepat dari deposito yang paling tidak harus mengendap 1 bulan.

Dalam aplikasi Jago, kita bisa membuat berbagai ‘kantong’ secara online, seperti amplop – amplop di rumah tangga. Dengan punya kantong yang berbeda – beda dalam satu rekening bank, kita bisa mengelola budget dengan lebih baik.

Contohnya, kita bisa bikin kantong untuk belanja, jajan, travelling dan lain – lain. Di setiap kantong, kita menetapkan budget, berdasarkan penghasilan bulanan.

Secara rutin, kita monitor apakah pengeluaran masih dalam budget atau tidak. Dengan cara ini, kita bisa tahu apakah pengeluaran bulanan sesuai rencana atau tidak.

Seandainya, pengeluaran over budget, yang menyebabkan tidak bisa menabung, kita bisa langsung tahu apa penyebabnya, dengan melihat kantong mana yang pengeluarannya tidak sesuai rencana.