Aplikasi Dana PayLater Cicilan Tanpa Kartu Kredit Terbaik, Termudah

Aplikasi paylater dengan cicilan tanpa kartu kredit adalah salah satu produk Fintech yang populer. Dimana cicilan tanpa kartu kredit yang cepat dan terpercaya?

Ada 10 Fintech yang menurut kami bisa dijadikan rujukan ketika membutuhkan pinjaman cicilan tanpa kartu kredit. 

Simak perbandingan antara aplikasi kredit barang online ini di 2022 dan bagaimana cara kredit tanpa kartu kredit ini.

1. Kredivo

Kredivo adalah fintech dengan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit yang ditawarkan di merchant online seperti tokopedia, Lazada, atau Bukalapak, atau Blibli untuk melakukan pembayaran. Kredivo merupakan salah satu pilihan cara pembayaran yang ditawarkan seperti diatas yang memiliki keunggulan Fintech.

Nasabah harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi cicilan tanpa kartu kredit Kredivo ini dan mendapatkan persetujuan. Setelah permohonannya disetujui, nasabah mendapatkan kredit limit dimana pinjaman yang diberikan maksimal sebesar kredit limit yang disetujui tersebut.

Langkah pengajuan yang perlu dijalani di Kredivo ini adalah: (1) Daftar di aplikasi Kredivo yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun; (2) klik untuk beli di toko online yang dipilih; (3) Atur pembelian dengan pilih pembayaran yang bisa dalam 30 hari atau cicilan 3, 6, 12 bulan; (4) Aman dan nyaman yang ditandai oleh penggunaan PIN dan OTP untuk melindungi akun. Tanpa perlu menggunakan online banking atau kartu kredit, yang biasanya disyaratkan bank, untuk bertransaksi.

Pengalaman Ambil Cicilan Tanpa Kartu Kredit di Kredivo

Cicilan Tanpa Kartu Kredit Kredivo
Cicilan Tanpa Kartu Kredit Kredivo

Bunga cicilan Kredivo adalah 2.95% per bulan dan Kredivo mengenakan sejumlah biaya tambahan, yaitu: biaya terlambat, yang terdiri atas bunga keterlambatan 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Saya mencoba menggunakan Kredivo untuk belanja dengan cicilan tanpa kartu kredit di Tokopedia.

Saya beli Vitamin C di Tokopedia seharga Rp 1.400.000 dan memilih Kredivo sebagai cara pembayaran.

Cicilan Tanpa Kartu Kredit per Bulan Kredivo
Cicilan Tanpa Kartu Kredit per Bulan Kredivo

Kredivo memberikan saya empat pilihan:

  1. Bayar dalam 30 hari sebesar Rp 1.451.310
  2. Bayar cicilan 3 bulan @Rp 512.690/bulan menjadi Rp 1.538.070
  3. Bayar cicilan 6 bulan @Rp 269.480/bulan menjadi Rp 1.616.880
  4. Bayar cicilan 3 bulan @Rp 148.520/bulan menjadi Rp 1.782.240

Untuk melanjutkan, saya harus memasukkan no ponsel dan PIN, yang terdapat diujung kanan atas, yang menunjukkan bahwa saya sudah memiliki akun di Kredivo.

Jika belum punya akun, Anda harus melakukan ‘daftar’ terlebih dahulu di aplikasi Kredivo.

Bunga cicilan Kredivo adalah 2.95% per bulan dan Kredivo mengenakan biaya terlambat yaitu bunga keterlambatan 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Dalam perjanjian kredit di Kredivo disebutkan bahwa ” 
Denda adalah 6% dari jumlah yang belum terbayar untuk periode pembayaran tersebut. Contoh: apabila cicilan Anda di bulan Maret adalah Rp 500.000 dan Anda sudah membayar sebesar Rp 300.000, Anda akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 6% dari Rp 200.000 yaitu sebesar Rp 12.000.” 

2. Akulaku (Bukalapak Tokopedia)

Akulaku adalah fintech cicilan tanpa kartu kredit untuk membeli barang – barang di situs Akulaku. Boleh dikatakan Akulaku adalah kredit barang online yang fokus pada kredit HP dengan cicilan yang dijual di toko online mereka.

Berbeda dengan Kredivo yang banyak kerjasama dengan berbagai merchant online, dari Akulaku lebih banyak mengarahkan nasabah ke toko online yang dikelola Akulaku.

Proses pengajuan kredit yang tanpa kartu kredit adalah dari nasabah harus mengunduh aplikasi Akulaku yang terdapat di Google Playstore. Setelah itu, nasabah melakukan pengajuan dengan mengirimkan persyaratan yang diminta.

Jika disetujui, nasabah mendapatkan seperti kredit limit dari Akulaku. Nasabah yang sudah memiliki kredit limit tersebut yang bisa digunakan ketika mengajukan cicilan tanpa kartu kredit dari Akulaku.

Update 2019:

Baru – baru ini, Akulaku meluncurkan produk baru, yaitu KTA Kilat yang memberikan pinjaman maksimum 2 juta untuk jangka waktu 40 hari.

KTA Kilat Akulaku cocok buat Anda yang membutuhkan dana talangan dalam waktu cepat yang dengan jumlah plafon tidak besar. Klaim Akulaku bahwa pencairan KTA Kilat yang hanya butuh waktu 5 menit dan yang langsung cair ke rekening peminjam.

Berapa biaya bunga Akulaku KTA Kilat?

Sebelum menjawab soal biaya bunga, saya ingin bahas soal proses pengajuan dahulu yang cukup menarik.

Cara daftar di Akulaku cukup singkat, yaitu Pilih “Daftar” dari menu aplikasi Akulaku Anda, masukkan nomor HP yang akan Anda gunakan lalu tekan tombol “Submit”. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui SMS dari nomor yang didaftarkan. Kemudian masukkan kata sandi sebanyak 8 karakter untuk masuk ke akun Akulaku Anda.

Persyaratan yang diminta Akulaku, tergantung profesi peminjam, seperti sebagai berikut:

  • Karyawan: Informasi data pekerjaan
  • Wiraswasta: memiliki seperti Foto NPWP, foto toko/kantor/situs usaha dan foto SIUP/TDP/Rekening koran/ Kwitansi penjualan
  • Transportasi Online: memiliki seperti Screenshot Profil Lengkap & Trip History yang ada di aplikasi Transportasi Online tempat bekerja

Yang menarik, Akulaku menerima pengajuan dari driver Gojek dan Grab. Masuk kategori transportasi online. Karena dari pinjaman online lain, driver Gojek dan Grab biasanya sulit untuk diterima pengajuan kredit.

Cara kerja Akulaku adalah calon peminjam mengajukan limit kredit dengan menyampaikan data dan dokumen yang diminta. Setelah limit kredit disetujui, nasabah sudah memiliki pagu pinjaman dan bisa menggunakan limit kredit untuk tiga produk dari Akulaku, yaitu:

  • KTA Kilat: pinjaman online dana tunai langsung cair dalam 5 menit
  • Akulaku Pay: cicilan tanpa kartu kredit seperti untuk belanja di Shopee, JD.id, Bukalapak, Blibli
  • Akulaku Kredit: alat pembayaran secara kredit dengan cukup scan barcode di merchant yang kerjasama.

Karena proses yang cepat dan mudah, Akulaku memberikan bunga pinjaman cukup tinggi. Saya ambil, salah satu contoh, adalah KTA Kilat dalam gambar dibawah ini yang diambil dari aplikasi pinjaman online Akulaku.

  • Pinjaman Rp 1,000,000 juta, terima di rekening Rp 1,000,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 1,117,000 untuk tenor 30 hari. Bunga hingga 11.7% atau 0.39% per hari
  • Pinjaman Rp 500,000 juta, terima di rekening Rp 500,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 577,000 untuk tenor 30 hari. Bunga hingga 15.4% atau 0.51% per hari
Baca Juga  Cara Mengajukan KTA di CIMB Niaga

Berikut ini adalah simulasi bunga pinjam yang diambil dari aplikasi online Akulaku:

Bunga dan Pinjaman Akulaku
Bunga dan Pinjaman Akulaku

Yang punya pertanyaan bisa menghubungi Akulaku Call Center di 1500920 atau email [email protected] (Senin – Minggu 08:00 – 21:00 WIB). 

3. Cicil ID Cicilan Mahasiswa

Cicil adalah salah satu aplikasi kredit online yang terbaik.

Keunggulan Cicil dibandingkan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit lain adalah Cicil bisa digunakan untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa di Indonesia.

Selama ini, mustahil bagi yang berstatus mahasiswa untuk bisa mengajukan pembelian barang dengan cara kredit tapi tidak punya kartu kredit. Karena mahasiswa belum memiliki sumber penghasilan tetap yang digunakan untuk membayar cicilan pinjaman.

Cicil melakukan terobosan dengan menawarkan program cicilan tanpa kartu kredit yang diperuntukkan ke kalangan mahasiswa. Pinjaman yang ditujukkan tidak hanya untuk membeli barang konsumtif tetapi juga untuk pinjaman biaya kuliah.

Bekerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi, Cicil menawarkan pinjaman uang kuliah. Ketentuan yang diminta antara lain adalah (1) bisa mendapatkan plafond sampai dengan 80% dari biaya pendidikan; (2) uang muka bisa 20% dari pinjaman; (3) tenor bisa 1 bulan sampai dengan 24 bulan. 

4. TravelokaPay Aplikasi Pay Later

Apakah ada aplikasi cicilan tiket pesawat yang bisa tanpa kartu kredit?

Ada!

TravelokaPay adalah aplikasi kredit online tanpa dp yang ditawarkan Traveloka. Ini adalah cicilan tanpa kartu kredit yang ditawarkan perusahaan travel online Indonesia ini.

Dalam TravelokaPay terdapat pilihan aplikasi PayLater untuk beli beragam produk Traveloka dan bayar 1 bulan kemudian, atau nikmati cicilan tanpa kartu selama 2 hingga 12 bulan.

Dengan fitur ini, singkatnya, Anda bisa dapat memiliki fasilitas kredit seperti untuk menyicil tiket pesawat, tiket bus dan shuttle, reservasi hotel, tiket kereta api, hingga karcis aktivitas dan rekreasi, tiket bioskop, rental mobil, transportasi bandara, serta Anda bisa membayar makanan di restoran secara online tanpa kartu kredit.

Adanya fitur seperti PayLater yang membuat calon pembeli bisa mencicil tanpa perlu punya kartu kredit. Syarat yang ditetapkan Traveloka PayLater seperti umumnya pinjaman, yaitu sediakan KTP dan satu dokumen pendukung, dan bisa mendapatkan limit yang cukup besar hingga Rp10.000.000.

Untuk mendaftar PayLater, pelanggan harus berusia antara 21–55 tahun, warga Indonesia, dan memiliki KTP yang valid. Siapkan KTP serta satu dokumen pendukung, seperti SIM, kartu BPJS, kartu NPWP atau KK.

Proses pendaftaran aplikasi Pay Later adalah:

  1. Buka Traveloka App dan ketuk travelokaPay, kemudian pilih PayLater.
  2. Lengkapi informasi yang dibutuhkan dengan mengisi data pribadi, keluarga, dan pekerjaan.
  3. Siapkan KTP yang masihberlaku serta satu dokumen pendukung, seperti SIM, kartu BPJS, kartu NPWP atau KK.
  4. Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 1 jam kerja. Pastikan pelanggan dan kontak keluarga yang dapat dihubungi dalam rentang waktu ini.
  5. Setelah disetujui, aktifkan akun Anda dan mulai gunakan PayLater untuk pemesanan Anda!

PayLater bisa digunakan untuk membeli semua produk perjalanan di Traveloka.

Untuk melakukan pembelian dengan PayLater, Buka Traveloka App dan pilih produk yang ingin Anda beli, kemudian di halaman pembayaran, pilih PayLater. Jumlah transaksi Anda harus Rp500.000 ke atas dan pilih opsi cicilan setidaknya harus Rp100.000 per bulan.

Bunga Pay Later yang ditetapkan adalah hingga 2.14% sd 4.78% per bulan. Adapun bunga tersebut berlaku flat atau rata untuk setiap bulannya. Dengan kata lain, bunga efektif hingga sekitar 4% sd 9% sebulan.  

5. Home Credit

Home Credit adalah perusahaan multifinance Indonesia yang menawarkan kredit barang dengan cicilan tanpa kartu kredit. Berbeda dengan Fintech yang ada saat ini, Home Credit melakukan penawaran secara offline dengan membuka booth penjualan di toko-toko.

Nasabah bisa mengunjungi booth Home Credit dan mengajukan pinjaman cicilan tanpa kartu kredit yang langsung ditempat. Kecepatan proses dan kemudahan persyaratan yang menjadi unggulan HomeCredit dalam menjual produk mereka.

Satu hal yang membedakan Home Credit dengan Fintech adalah adanya pengecekan BI checking di Home Credit, sementara Fintech saat ini pada umumnya tidak melakukan pengecekan tersebut.

Tetapi jika ingin masih bertatap muka dengan pihak pemberi kredit maka Home Credit adalah pilihannya. Karena perusahaan Fintech tidak melakukan tatap muka dengan calon nasabah dengan adanya media aplikasi pinjaman online.

Tetapi, belakangan ini Home Credit melakukan inovasi dengan kerjasama yang dilakukan dengan beberapa merchant online. Caranya: (1) Kunjungi website salah satu mitra toko online Home Credit dan pilih barang yang akan dibeli; (2) Pilih Home Credit Indonesia sebagai pilihan pembayaran dan ikuti petunjuk untuk mengisi form aplikasi; (3) Tunggu pemberitahuan persetujuan kredit; (4) Ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengkonfirmasi kontrak, lalu lakukan pembayaran uang muka; dan (5) Barang pun akan dikirim langsung menuju ke alamat rumah.

Persyaratan belanja online di Home Credit antara lain adalah: Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP; Berumur minimum 21 tahun atau 19 tahun (bila sudah menikah); Bertempat tinggal di area yang masuk layanan Home Credit; dan memiliki penghasilan tetap.  

6. Julo

Julo Cicilan Tanpa Kartu
Julo Pinjaman Online Cicilan Cepat Cair

Julo adalah aplikasi cicilan yang tanpa syarat kartu kredit untuk pinjaman tunai. Fintech ini menawarkan berbagai pilihan plafond pinjaman yang ditawarkan dengan tenor yang berbeda-beda.

Ada dua pilihan produk yang ditawarkan Julo, yaitu:

  1. pinjaman uang tanpa jaminan Rp 2.000.000 hingga Rp 8.000.000 . Pengembalian pinjaman dilakukan dengan mencicil selama 3 – 6 Bulan dengan biaya tambahan jasa peminjaman sebesar 4% per bulannya.
  2. pinjaman uang tanpa jaminan s/d Rp 1.000.000 dengan jangka waktu peminjaman selama 1 Bulan. Produk ini merupakan salah satu produk yang memiliki biaya jasa paling rendah diantara competitor perusahaan yaitu 10% per bulan.

Yang membedakan Julo dengan Fintech lain adalah Julo menawarkan cicilan tanpa kartu kredit untuk dana tunai. Di Julo, peminjam tidak perlu harus membeli barang karena nasabah mengajukan kredit tanpa agunan guna mendapatkan uang tunai.

Meskipun tidak untuk membeli barang, bunga yang ditawarkan Julo cukup bersaing dengan cicilan tanpa kartu kredit lainnya. Julo mengklaim bahwa konsumen dikenakan bunga pinjaman di produk mereka merupakan salah satu yang paling rendah.

Baca Juga  5+ Leasing dan Kredit Motor Terbaik di Indonesia 2022

Update 2019:

Memasuki 2019, Julo melakukan perubahan yang cukup signifikan terkait wilayah operasi. Berdasarkan email yang saya terima dari Julo di Juli 19, 2019 Julo menyampaikan bahwa saat ini sudah melayani seluruh Indonesia.

Itu artinya pengajuan buat Anda dari yang berasal seluruh Indonesia sudah diterima oleh Julo. Berikut ini cakupan wilayah yang tercantum di situs Fintech ini:

Wilayah Layanan Julo 2019
Wilayah Layanan Julo 2019

Produk yang ditawarkan adalah:

  • JULO Mini : Pinjaman Online 2-8 juta, dikenakan bunga 3-6% per bulan
  • JULO Cicil:Pinjaman Online 500 ribu – 1 juta, dikenakan bunga 0.33% per har

Informasi bisa menghubungi call center Julo: Email: [email protected]; Website: https://www.julo.co.id/; Instagram:@juloindonesia Twitter: @juloindonesia; Alamat kantor: [email protected] Tower A Lt.10E, Jl. Casablanca Raya Kav. 88, RT.14/RW.5, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820 

7. OVO PayLater

OVO PayLater adalah fasilitas cicilan tanpa kartu kredit. OVO PayLater hadir dalam bentuk Kredit Limit yang dapat kita gunakan untuk melakukan transaksi pada Situs/Aplikasi Tokopedia dan tempat kerjasama OVO lainnya.

Singkat kata, fitur ini memberikan kesempatan pemakai OVO yang ingin payLater – bayar nanti – dengan mencicil karena bisa beli sekarang dengan pembayaran nanti saat jatuh tempo yang sesuai tenor pinjaman.

Paylater memberikan pilihan tenor:

  • 3 bulan
  • 6 bulan
  • 12  bulan.

Salah satu yang menarik adalah OVO PayLater yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran di Tokopedia. Artinya, jika ingin membayar dengan cicilan tanpa kartu kredit di e-commerce Tokopedia, Anda bisa menggunakan OVO Paylater.

Apakah semua pemilik aplikasi OVO pasti langsung mendapatkan fitur Paylater di aplikasi? 

Tampaknya tidak.

Saya mendapatkan OVO PayLater di aplikasi dan fitur ini bisa langsung digunakan. Sementara, teman saya yang juga muncul fitur Paylater di aplikasi, tetapi saat di klik, OVO menyampaikan pesan bahwa fitur Paylater belum bisa digunakan untuk saat ini.

Jadi, pihak OVO memiliki kriteria tertentu yang digunakan dalam memberikan fitur Paylater ke masing – masing pengguna. Tidak semua konsumen OVO otomatis fitur Paylater aktif.

Salah satu kriteria yang saya baca adalah OVO PayLater baru tersedia untuk pengguna yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya dengan umur akun minimal 6 (enam) bulan.

Berapa bunga di OVO PayLater?

Pengguna akan dikenakan Biaya Layanan oleh OVO PayLater  untuk pemakaian Kredit Limit yang ditetapkan sebesar 5.00% dari nilai transaksi.

Saya menggunakan PayLater saat transaksi di Tokopedia. Dengan memilih PayLater, saya bisa membayar secara mencicil atas transaksi saya, Rp 476,543, dengan pilihan cicilan dan tenor, yaitu:

  • Rp 172,464 cicilan 3 bulan
  • Rp   93,040 cicilan 6 bulan
  • Rp   56,666 cicilan 9 bulan
Bunga OVO PayLater
Bunga OVO PayLater

Perhitungan saya bunga per bulan sekitar 2.90% untuk semua tenor pinjaman. Bunga ini cukup menarik karena bersaing dengan bunga kartu kredit yang hampir di kisaran sama.

Yang pasti, cicilan tanpa kartu kredit OVO PayLater punya biaya lebih murah dibandingkan pinjaman online. Aplikasi pinjaman online langsung cair 24 jam memberikan biaya bunga diatas 20% se bulan. 

Hanya saja, OVO PayLater tidak bisa digunakan untuk dana tunai karena harus dalam bentuk pembiayaan transaksi pembelian. Pinjaman online memberikan dana tunai langsung cair ke rekening peminjam.

Di OVO PayLater, konsumen tidak menerima pinjaman uang. Dana pinjaman yang disetujui digunakan untuk membayar merchant, tempat dimana konsumen membeli barang. 

8. Aplikasi Paylater GoJek

Gojek PayLater
Gojek PayLater

Gojek menawarkan fasilitas aplikasi produk paylater dalam aplikasi Gojek, yang memberikan cara pembayaran dengan tempo 1 bulan.

Fasilitas GoJek PayLater diberikan secara undangan, artinya hanya pengguna yang dipilih dan diundang oleh Gojek yang mendapatkan fasilitas produk PayLater.

Tidak semua pengguna GoPay memiliki fitur PayLater dalam aplikasi mereka.

Cara kerja produk GoJek PayLater adalah saat mendapatkan fasilitas GoJek PayLater Anda mendapat limit, yaitu Rp 500,000.

Gunakan limit GoJek PayLater tersebut untuk melakukan pembayaran transaksi di GoJek, yaitu pembayaran pemesanan di GoFood, GoRide, GoSend, GoBIlls, GoPulsa dan GoTix. 

9. Tokopedia Paylater Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Cicilan tanpa kartu kredit Tokopedia adalah salah satu cara pembayaran lainnya, yang disediakan di e-commerce ini.

Ada tiga penyedia kredit barang online, yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit di Tokopedia untuk membeli barang, yaitu:

  • Kredivo. Anda harus masuk ke aplikasi produk kredit barang online Kredivo dan melakukan pengajuan dengan memenuhi syarat: penghasilan minimum Rp 3 juta, ada bukti tempat tinggal, bukti penghasilan dan max pembiayaan Rp 3 juta.
  • OVO PayLater. Produk aplikasi PayLater OVO memberikan cicilan sampai paling lama 9 bulan sesuai dengan limit OVO PayLater yang ada di Tokopedia. Limit maksimum OVO PayLater adalah Rp 10 juta.
  • Home Credit. Syarat produk ini adalah hanya butuh KTP dengan cicilan max 12 bulan dan persetujuan dalam waktu 2×24 jam.

Sebagai aplikasi yang menggunakan paylater, Tokopedia melakukan kerjasama dengan produk pihak ketiga, yaitu OVO PayLater, Home Credit dan Kredivo, sehingga keputusan pemberian pinjaman ada pihak ketiga tersebut dan bukan di Tokopedia. 

10. Lazada PayLater – Cara Kredit di Lazada

Bagaimana cara menggunakan kredit barang di lazada tapi tidak punya kartu kredit?

Jangan khawatir karena Lazada memiliki PayLater Lazada yang memberikan layanan kredit barang online untuk membeli barang di e-commerce ini.

Lazada PayLater adalah cara kredit di Lazada.

Tapi aplikasi yang menggunakan paylater untuk membeli barang bukan ditawarkan Lazada sendiri, namun kerjasama dengan aplikasi kredit dari pihak lain.

Fitur cicilan tanpa kartu kredit Lazada memiliki kerjasama dengan Kredivo.

Aplikasi kredit barang Kredivo untuk membeli di Lazada menawarkan 2 opsi, yaitu:

  • Bayar Nanti (30 hari), minimum pemesanan adalah Rp. 10.000 dengan biaya bunga 0% tanpa uang muka (aplikasi cicilan tanpa bunga).
  • Cicilan. Tersedia pilihan tenor 3,6 dan 12 bulan, Bunga cicilan 2,95% dengan uang muka 20%, minimum pembelian Rp.1.000.000 dan maksimum Rp.20.000.000, hanya berlaku di kota tertentu: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Palembang dan Medan.

Jika membeli menggunakan cara kredit di Lazada tanpa kartu kredit via Kredivo, maka proses pengembalian dana uang muka 20% yang telah Anda bayarkan akan dikembalikan oleh pihak Kredivo.  

Baca Juga  10 KTA Online Proses Cepat (Bank vs Fintech) 2022

11. Paylater Shopee (Cicilan Tanpa Kartu Kredit)

Cicilan Tanpa Kartu Kredit Shopee PayLater
Cicilan Tanpa Kartu Kredit Shopee PayLater

Aplikasi cicilan online tersedia pula di e-commerce Shopee. Cicilan tanpa kartu kredit Shopee memiliki dua pilihan, yaitu:

  • Shopee PayLater. Solusi pinjaman instan hingga Rp750.000 yang memberikan kemudahan untuk bayar dalam 1 bulan tanpa bunga atau dengan fasilitas cicilan hingga bisa 2 dan 3 bulan tanpa memerlukan kartu kredit, sesuai dengan limit ShopeePayLater Anda.
  • Kredivo. Lewat aplikasi kredit barang ini, pembeli dapat melakukan pembayaran melalui Kredivo – solusi cicilan online untuk bayar dalam 30 hari tanpa bunga (aplikasi cicilan tanpa bunga) atau bisa cicilan 3, 6 & 12 bulan tanpa memerlukan kartu kredit. 

12. Cara Kredit Bukalapak

Cicilan Tanpa Kartu Kredit untuk Membeli di Bukalapak
Cicilan Tanpa Kartu Kredit untuk Membeli di Bukalapak

Bagaimana bisa kredit tanpa kartu kredit saat membeli barang di Bukalapak?

Fasilitas cicilan tanpa kartu kredit di Bukalapak akan memiliki 2 opsi pilihan aplikasi cicilan online untuk membeli barang, yaitu:

  • Akulaku. Dengan aplikasi cicilan online Akulaku ini, pembeli bisa dapat membeli barang apapun di Bukalapak dengan kredit limit tertentu tanpa uang muka, dan bisa melakukan pembayaran nanti dalam 30 hari atau dengan Cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Sebelum membeli di Bukalapak, pembeli wajib mengajukan limit kredit (registrasi) di Akulaku terlebih dahulu.
  • Kredivo. Dengan kredit online tanpa kartu kredit dari Kredivo ini, pembeli dapat membeli barang apapun di Bukalapak dengan limit tertentu tanpa uang muka, dan bisa melakukan pembayaran dalam 30 hari atau cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Sebelum membeli di Bukalapak, pembeli wajib melakukan registrasi terlebih dahulu di Kredivo.

Pengguna Bukalapak yang ingin bisa menggunakan metode pembayaran ini, harus terlebih dahulu memiliki akun di aplikasi kredit barang online – Akulaku atau Kredivo.  

Pengalaman Pakai PayLater untuk Beli HP Iphone Online (Cicilan Paling Murah)

Tidak afdhol, kalau tidak mencoba sendiri untuk beli HP dengan cara mencicil dan menemuka mana yang paling murah.

Kesempatan itu datang.

Saya ingin beli HP Iphone di toko online, Tokopedia, dengan harga Rp 10 juta. Saya cek ada dua jenis pilihan pembiayaan cicilan. 

a) Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Cicilan Tanpa Kartu Kredit Beli Hp Iphone
Cicilan Tanpa Kartu Kredit Beli Hp Iphone

Cicilan tanpa kartu kredit disediakan oleh tiga perusahaan, yaitu OVO PayLater, Kredivo dan Home Credit.

Dengan harga Iphone Rp 10 juta, perbandingkan cicilan ketiga penyedia pembiayaan ini berdasarkan tenor, adalah sebagai berikut:

Tenor OVO PayLater Kredivo Home Credit
3 bulan 3,6 juta 3.5 juta 3.6 juta
6 bulan 1.9 juta 1.9 juta 1.9 juta
12 bulan 1.1 juta 1.0 juta 1.1 juta

b) Cicilan dengan Kartu Kredit

Cicilan Kartu Kredit Beli Hp Iphone
Cicilan Kartu Kredit Beli Hp Iphone

Di samping cicilan tanpa kartu kredit, toko online Tokopedia menyediakan pembiayaan cicilan dari kartu kredit.

Semua kartu kredit memberikan cicilan Nol % ditambah dengan biaya layanan, sehingga cicilan dengan kartu kredit berdasarkan tenor untuk pembelian HP Iphone di harga Rp 10 juta, adalah:

Tenor Cicilan
3 bulan 3.4 juta
6 bulan 1.7 juta
12 bulan 884 ribu

c) Perbandingan Kartu Kredit vs Tanpa

Hasilnya menunjukkan bahwa cicilan dengan kartu kredit lebih murah dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Kemudahan dan kecepatan dalam cicilan tanpa kartu kredit (OVO PayLater, Kredivo dan Home Credit) ternyata memberikan beban angsuran yang lebih besar setiap bulan. 

Tips Pinjam Cicilan Kredit Online

Beberapa tips soal cara ajukan cicilan tanpa kartu kredit online. 

#1 Cek Kondisi Keuangan

Meskipun mudah dan cepat untuk memiliki barang secara pinjaman, pastikan lagi kondisi keuangan mu sebelum mengajukan kredit cicilan barang karena dengan adanya cicilan artinya pengeluaran Anda setiap bulan akan meningkat.

Pastikan maksimum cicilan per bulan yang sehat adalah 35% dari penghasilan per bulan. 

#2 Simulasi Pinjaman

Sebelum beli barang dengan cicilan kredit online, Anda sebaiknya memiliki perhitungan dengan melakukan simulasi pinjaman untuk mengetahui berapa angsuran kredit per bulannya.

Dengan tahu estimasi angsuran per bulan, Anda bisa memperkirakan kemampuan mencicil setiap bulan dan apakah kondisi keuangan Anda sehat dengan mencicil. 

#3 Tenor Pinjaman

Cicilan barang sebaiknya dilakukan dengan tenor pendek sekarang karena semakin panjang tenor maka akan semakin besar biaya bunganya sementara nilai barang menurun seiring waktu.

Upayakan sekarang untuk ambil tenor yang paling pendek. 

#4 Data Pribadi

Pengajuan cicilan tanpa kartu kredit dilakukan secara online lewat aplikasi, yang mana akan melibatkan penarikan data pribadi.

Pastikan bahwa Anda tahu dan setuju jika data pribadi Anda ditarik sekarang dan akan digunakan oleh pihak aplikasi kredit online. 

#5 Hindari Fintech Ilegal

Meskipun OJK sudah menutup banyak Fintech ilegal sekarang, namun kehadiran Fintech ilegal akan selalu muncul yang baru.

Karena Fintech ilegal banyak menimbulkan kerugian, sebaiknya Anda bisa hindari walaupun proses pengajuan di Fintech ilegal terlihat akan sangat sangat mudah sekarang diawal pengajuan.

Ajukan hanya di Fintech resmi terdaftar di OJK. 

Tanya Jawab Aplikasi Cicilan PayLater

  1. Apa itu Cicilan Tanpa Kartu Kredit Online

    Cara pembayaran dengan mencicil secara online tanpa perlu syarat kartu kredit

  2. Dimana bisa mengajukan cicilan tanpa kartu kredit online

    Anda akan bisa mengajukan di perusahaan Fintech

  3. Apakah saat beli barang di e-commerce bisa menggunakan aplikasi kredit barang online

    Bisa. Fasilitas cicilan tanpa kartu kredit saat ini sudah tersedia di Tokopedia, Lazada, Shopee dan Bukalapak.

  4. Bagaimana cara mengajukan cicilan tanpa kartu kredit

    Cukup mudah. Anda isi formulir, kirim dokumen dan persyaratan lainnya.

  5. Apa bedanya cicilan tanpa kartu kredit dengan aplikasi paylater

    Hampir sama. Cicilan tanpa kartu kredit biasanya untuk tenor pinjaman lebih panjang, sementara PayLater biasanya ada pilihan untuk 30 hari dan cicilan tapi hanya untuk beberapa bulan.

  6. Apa aplikasi PayLater yang saat ini tersedia di pasar

    PayLater yang saat ini dikenal adalah OVO PayLater, Traveloka dan Gojek.

  7. Apa yang harus diperhatikan saat mengajukan PayLater atau cicilan tanpa kartu kredit

    Cicilan per bulan dan berapa lama tenor kredit karena semakin lama akan semakin besar biaya bunga pinjaman yang harus dibayar.

  8. Apa keunggulan mengajukan cicilan untuk beli barang di Fintech dibandingkan bank

    (1) Syarat dokumen di Fintech lebih sedikit; (2) Persetujuan akan lebih cepat dan (3) tidak perlu memiliki kartu kredit.

  9. Apakah ada kewajiban pembayaran DP (uang muka)

    Akan tergantung dari masing – masing aplikasi cicilan tanpa kartu kredit. cek syarat dan ketentuan di masing – masing kredit online.