Arti COD dalam Belanja Online? Pengertian, Cara Kerja, dan Tipsnya

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat pada saat ini, tentunya berbagai aktivitas Anda pada saat ini dapat berjalan dengan mudah dan efisien. Begitu pun dengan belanja, Anda tidak perlu pergi ke toko atau pusat perbelanjaan lainnya secara langsung jika Anda ingin membeli suatu barang atau produk yang Anda inginkan. Berbagai tempat belanja online pada saat ini juga telah hadir dan dapat menjadi pilihan Anda ketika ingin membeli barang secara online.

Sistem pembayaran yang tersedia juga bermacam–macam, salah satunya adalah COD. Bagi Anda yang sering kali belanja online pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun apakah Anda juga tahu apa itu COD sebenarnya, apa saja manfaat dan kekurangannya serta apa saja ketentuannya agar Anda dapat melakukan COD dengan aman? Oleh karena itu berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai sistem pembayaran COD yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : Apa itu Bitmap?

Pengertian COD

Arti COD
Sumber Gambar : pexels.com

COD merupakan singkatan dari bahasa inggris yaitu cash on delivery. Dan apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia cash berarti tunai, dan delivery berarti pengiriman. Jadi dapat diketahui bahwa COD adalah pembayaran yang dilakukan di tempat, atau bisa juga disebut dengan pembayaran yang dilakukan secara tatap muka.

Cash on delivery juga merupakan metode pembayaran yang digunakan secara langsung antara penjual dan pembeli. Setelah pembeli setuju untuk memesan barang tersebut, maka mereka akan bertemu untuk bertransaksi. Kemudian pada saat bertemu, biasanya pembeli melihat dan mengecek kondisi barang yang dipesan terlebih dahulu. Jika semuanya sudah sesuai dan tidak ada masalah maka pembeli akan segera membayar tunai barang tersebut.

Pada saat ini metode pembayaran COD juga dapat menggunakan jasa pengiriman melalui beberapa jasa ekspedisi untuk mengatasi jarak wilayah yang cukup jauh antara tempat penjual dan pembeli. Namun jika menggunakan jasa ekspedisi tentunya Anda harus siap untuk menambah biaya ongkir tergantung dari jasa ekspedisi yang Anda pilih.

Baca Juga  8 Cara Belanja di Zalora

Lihat Juga : Apa itu Cache?

Kelebihan metode pembayaran COD

  • Sistem COD dianggap cukup praktis dan nyaman. Karena pembeli hanya perlu membayar sampai barang yang dipesan sampai di tangan. Pembeli juga tidak perlu mengirim uang melalui m-Banking dan tidak harus pergi ke ATM atau minimarket untuk melakukan pembayaran.
  • Sistem COD juga dapat meminimalisir terjadinya penipuan seperti barang yang Anda pesan tidak dikirim padahal Anda sudah membayarnya.
  • Sistem pembayaran COD dapat menjamin keamanan barang yang Anda beli. Hal ini dikarenakan pembeli dapat mengecek terlebih dahulu kondisi dan keutuhan barang tersebut sebelum melakukan pembayaran. Jika ternyata ada yang kurang atau tidak sesuai, pembeli dapat menolak membayar dan meminta pembatalan pembelian.
  • COD juga dapat dikatakan lebih hemat karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membayar jasa kurir untuk pengiriman.
  • COD juga dapat membuat penjual memperoleh lebih kepercayaan dan minat pembeli ketika menyediakan sistem pembayaran tersebut. Karena mereka tahu bahwa mereka harus membayar ketika barang mereka sampai dan dapat memeriksa kondisi barang tersebut sebelum membayar jadi terasa lebih aman.

Lihat Juga : Apa itu E-Banking?

Kekurangan metode pembayaran COD

  • Membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk bertemu secara langsung, apalagi jika jarak lokasi antara penjual dan pembeli cukup jauh.
  • Apabila menggunakan jasa pengiriman, maka kurir akan mengalami beberapa masalah seperti saat mengantarkan barang pembeli sulit dihubungi dan tidak berada di rumah. Atau misalnya jika suatu produk ternyata tidak seperti yang diinginkan pembeli maka mereka menolak untuk membayar.
  • Kemudian jika ada pembeli yang tidak mau membayar dengan berbagai alasan dan memutuskan untuk mengembalikan barang tersebut, tentunya hal ini menimbulkan kerugian bagi para penjual. Baik dari segi waktu, tenaga, dan efektivitas biaya.
Baca Juga  Jam Kerja SiCepat Ekspres Terbaru

Lihat Juga : Apa itu Drop Point?

Tips Melakukan COD

Tips COD Paket
Sumber Gambar : pexels.com

Untuk menghindari adanya hal–hal yang tidak diinginkan yang dialami salah satu pihak, maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar transaksi dalam metode pembayaran COD dapat berjalan dengan lancar dan aman. Misalnya seperti:

  1. Menggunakan sistem COD hanya untuk barang-barang tertentu yang memang sifatnya harus dilihat terlebih dahulu. Seperti sepatu atau berbagai produk fashion lainnya.
  2. Usahakan untuk membatasi jumlah transaksi selama pelaksanaan COD sehingga tidak perlu membayar terlalu banyak uang tunai.
  3. Pastikan untuk melakukan COD di tempat yang aman dan ramai, seperti rumah atau tempat public yang sudah Anda kenal dengan baik.
  4. Usahakan untuk melakukan transaksi COD pada siang hari.
  5. Pastikan bahwa barang yang Anda beli benar-benar aman.
  6. Usahakan untuk meminta jaminan atau membuat kesepakatan terlebih dahulu sebelum bertemu untuk COD, untuk meminimalisir pembeli membatalkan transaksi tersebut pada saat bertemu. Misalnya pembelian tidak dapat dibatalkan apabila barang masih baru, dan masih tersegel.
  7. Jika ternyata barang dikirim melalui kurir, maka Anda dapat memberikan syarat untuk membuat video unboxing pada saat membuka kemasan barang. Hal ini berfungsi untuk mencegah kemungkinan kecurangan pembeli.

Selain COD, berikut beberapa istilah lain dalam belanja online yang mungkin juga perlu Anda pahami:

Istilah Keterangan
Reseller Penjual yang membeli langsung barang dari produsen atau supplier untuk kemudian dijual kembali pada konsumen.
Ongkir Biaya pengiriman dari tempat penjual ke pembeli yang harus ditanggung pembelinya.
Pre Order (PO) Barang yang dijual melalui sistem pemesanan terlebih dahulu.
Ready Stock Barang yang sudah tersedia dan siap untuk dijual kepada konsumen atau pembeli.
Testimoni Kesaksian konsumen tentang kepuasan atau kekecewaan pada saat membeli suatu produk.
Cashback Pembeli mendapatkan promo berupa uang tunai atau poin pada saat selesai melakukan pembelian suatu produk.
Dropship Penjualan produk yang dilakukan oleh dropshipper yang menjual produk hanya dengan menggunakan foto atau gambar yang berasal dari supplier tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu.
Dropshipper Penjual yang menjual produk tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu, jadi membeli langsung kepada supplier dan langsung dikirim pada pembeli.
Nett Istilah bagi suatu harga barang yang tidak dapat ditawar lagi.
DP Biaya yang harus dibayar di awal dengan presentasi tertentu dari harga barang.

Lihat Juga : Apa itu 5G?

Baca Juga  Jam Kerja J&T Express Terbaru

Penutup,

COD merupakan pembayaran yang dilakukan di tempat, atau bisa juga disebut dengan pembayaran yang dilakukan secara tatap muka. COD juga merupakan salah satu sistem pembayaran yang dilakukan langsung antara penjual dan pembeli, ketika pembeli sudah setuju untuk memesan barang tersebut. Selain itu COD juga mempunyai banyak sekali manfaat misalnya seperti pembeli dapat mengecek keutuhan barang tersebut terlebih dahulu sebelum membayarnya. Pada saat ini sistem COD juga dapat dilakukan melalui beberapa jasa ekspedisi untuk mengatasi jarak yang cukup jauh antara wilayah penjual dan pembeli. Namun ketentuan COD menggunakan jasa ekspedisi juga sedikit berbeda dengan ketentuan COD langsung dengan penjual.

Apa saja marketplace yang menyediakan sistem COD?

Beberapa contoh marketplace yang menyediakan sistem pembayaran COD antara lain yaitu: Shopee, Lazada, Tokopedia, Zalora, Blibli, Bhinneka, JD.ID, Alfacart, dll.

Apa saja jasa ekspedisi yang dapat melakukan COD?

Beberapa contoh jasa pengiriman barang atau kurir yang dapat melakukan COD yaitu J&T, JNE, Ninja Express, SiCepat, Pos Indonesia, Tiki, Shopee Express, dan yang terbaru adalah Bukalapak dan AnterAja juga baru saja meluncurkan layanan sistem pembayaran COD.

Apakah barang COD yang tidak sesuai bisa dikembalikan?

Jika Anda memesan barang kemudian barang tersebut tidak sesuai atau berbeda dengan yang diharapkan, maka Anda dapat menyampaikan langsung keluhan tersebut pada penjual untuk ditindaklanjuti, namun dengan catatan Anda tetap harus membayar barang tersebut terlebih dahulu kepada kurir. Namun berbeda ketika Anda melakukan sistem COD langsung pada penjual maka Anda bisa membuat kesepakatan secara langsung terhadap barang tersebut ketika Anda bertemu untuk bertransaksi.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait