Arti FYI di Media Sosial dan Contoh Penggunaannya!

Anda mungkin pernah mendengar atau menemukan istilah FYI. Apalagi bagi Anda para remaja yang sering menggunakan bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari, pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Pada saat ini memang banyak sekali para kaum milenial dan Gen Z yang menggunakan singkatan yang berasal dari bahasa negara lain, salah satunya adalah FYI itu sendiri. Alasannya mungkin karena terlihat lebih sederhana, mudah, dan enak digunakan (diucapkan).

FYI merupakan sebuah istilah yang sudah populer sejak 2017 yang lalu. Dan biasanya sering ditemui pada percakapan para remaja jaman sekarang, baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun di media sosial. Namun apakah istilah FYI yang digunakan pada percakapan sehari-hari, maupun media sosial memiliki arti dan penggunaan yang sama? Untuk mengetahuinya, berikut ini beberapa informasi yang dapat Anda simak, agar dapat memahami lebih dalam mengenai apa itu FYI.

Lihat Juga : Apa itu Wibu?

Pengertian FYI pada media sosial

Definisi FYI di Media Sosial
Sumber Gambar : matchstix.io

FYI merupakan kepanjangan dari istilah bahasa Inggris yaitu For Your Information, dan apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Untuk Informasi Anda”. FYI pada media sosial sebenarnya memiliki arti yang sama yaitu memberikan sebuah informasi kepada para pengguna media sosial yang melihatnya. FYI juga biasanya dapat Anda temukan dalam bentuk postingan, komentar, atau berupa hashtag pada media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya.

Cara menggunakan FYI pada sebuah percakapan, biasanya juga dapat digunakan pada awal, tengah, dan akhir kalimat. Jadi tergantung dari Anda yang menggunakannya. Namun apabila digunakan pada sebuah hashtag, FYI biasanya berada pada awal atau akhir kalimat. Jadi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Lihat Juga : Apa itu Esports?

Baca Juga  Pengertian E-commerce – Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Contoh penggunaan FYI pada media sosial

Contoh penggunaan FYI pada media sosial dapat Anda temukan melalui beberapa cara antara lain yaitu:

Pada postingan media sosial

Penggunaan FYI pada sebuah postingan sebenarnya memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada jangkauan yang lebih luas. Jadi informasi tersebut dapat dengan mudah diketahui oleh para pengguna media sosial. Biasanya penggunaan FYI pada sebuah postingan terdapat pada beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Contoh FYI pada sebuah postingan biasanya berisi kalimat yang berisi informasi seperti contoh pada gambar berikut ini.

FYI pada postingan media sosial
FYI pada postingan media sosial. Erga Bayu Aji

Kolom komentar

Sedangkan pada kolom komentar, FYI biasanya berfungsi sebagai tambahan informasi, agar para pengguna media sosial yang melihat informasi tersebut tidak salah menafsirkan maksud dari informasi tersebut dan membuat mereka lebih memahaminya. Misalnya seperti contoh berikut ini.

FYI pada kolom komentar
FYI pada kolom komentar. Erga Bayu Aji

Pada hashtag

Kemudian FYI yang digunakan pada hashtag biasanya berfungsi sebagai kata kunci. Sehingga ketika Anda mencari hashtag #FYI pada sebuah media sosial, Anda akan menemukan beberapa informasi yang berisi tentang berita, pembelajaran, dan lain-lain.

FYI pada hashtag
FYI pada hashtag. Erga Bayu Aji

Lihat Juga : Apa itu Typo?

Penutup

Berdasarkan informasi di atas, maka dapat Anda ketahui bahwa FYI merupakan kepanjangan dari For Your Information yang memiliki arti untuk informasi Anda, dengan demikian FYI pada media sosial berfungsi untuk memberikan informasi kepada para pengguna media sosial yang melihatnya. FYI biasanya digunakan dalam sebuah postingan, komentar, dan hashtag di Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook.

Kapan istilah FYI pertama kali digunakan?

Istilah FYI pertama kali digunakan pada tahun 1941.

Apa saja singkatan dalam bahasa Inggris yang digunakan pada media sosial?

Beberapa contoh singkatan dalam bahasa Inggris yang dipakai dalam media sosial selain FYI yaitu, antara lain: TBH, DM, LOL, FYP, FYA, FAQ, dan lain-lain.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait