Arti Ping, VC, TC, PC, PM, P, di WhatsApp

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi WhatsApp pada saat ini. WhatsApp merupakan aplikasi bertukar pesan yang paling banyak digunakan oleh pengguna media sosial di seluruh dunia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya lebih dari 2 miliar pengguna aktif yang tercatat hingga tahun ini. Berbagai kemudahan yang ditawarkan untuk bertukar pesan, dan terus meningkatnya berbagai fitur yang dimiliki membuat WhatsApp sering kali dijadikan sebagai pilihan sebagai aplikasi untuk bertukar pesan.

Dalam penggunaan WhatsApp akhir-akhir ini juga mulai banyak bermunculan istilah-istilah yang digunakan pada saat mengirim pesan. Istilah tersebut biasanya juga digunakan oleh berbagai kalangan dari mulai para pelajar, hingga pengusaha juga menggunakan istilah tersebut. Beberapa contoh istilah yang sering muncul yaitu Ping, VC, TC, PC, dan PM. Lalu apa arti dari masing-masing istilah tersebut? Bagi beberapa orang mungkin belum mengetahui arti dari masing-masing istilah tersebut. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa arti dari istilah tersebut yang dapat Anda ketahui.

Lihat Juga : Arti On Process dalam Pengiriman Paket JNE, J&T

Arti Ping di WhatsApp

Ping merupakan istilah yang biasanya digunakan untuk memulai sebuah obrolan di WhatsApp. Istilah tersebut sebenarnya sudah ada pada masa penggunaan Blackberry Messenger atau BBM dan tetap ada hingga saat ini. Ping juga biasanya digunakan untuk berbagai macam tujuan misalnya seperti untuk mengecek kondisi internet seseorang bermasalah, dan untuk memberi informasi bahwa ada pesan yang penting sebelum melakukan panggilan.

Namun yang perlu Anda ketahui bahwa jangan terlalu sering untuk menggunakan Ping pada saat menghubungi seseorang karena bisa saja orang yang Anda hubungi merasa sedikit risih karena dianggap spam chat.

Baca Juga  Cara Install Aplikasi Android Secara Offline 100% Berhasil

Arti VC di WhatsApp

Berbicara mengenai istilah VC sebenarnya memiliki dua arti, tergantung dari tujuan yang menggunakannya. VC dapat memiliki arti Video Call atau Voice Call yang dilakukan di aplikasi WhatsApp. Jika Anda mengirim chat tersebut pada seseorang yang ada di kontak Anda dengan tujuan ingin melakukan video call berarti secara tidak langsung Anda ingin melakukan panggilan melalui video dengan orang tersebut. Namun apabila Anda ingin melakukan voice call berarti tujuan Anda yaitu ingin melakukan panggilan suara dengan orang tersebut di WhatsApp.

Arti TC di WhatsApp

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar istilah TC, mungkin belum mengetahui apa arti istilah tersebut. TC merupakan singkatan dari Test Contact yang memiliki arti bahwa pesan yang Anda kirim ke banyak orang atau semacam broadcast, bertujuan untuk mengecek kondisi internet kontak tersebut, dan memastikan bahwa kontak tersebut sudah benar dan masih aktif. Hal ini juga bisa dikatakan hampir mirip dengan tujuan dari Ping, namun TC juga dapat Anda gunakan ketika semua nomor kontak yang Anda simpan pada smartphone Anda hilang.

Lihat Juga : Arti Overload dalam Pengiriman Paket

Arti PC di WhatsApp

Istilah Personal Chat atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan PC merupakan sebuah pesan yang dikirim pada WhatsApp yang bertujuan untuk mengajak seseorang untuk bertukar pesan secara pribadi. Biasanya hal ini sering kali ditemui dalam obrolan sebuah grup atau komunitas bila ingin mengajak obrolan secara pribadi.

Arti PM di WhatsApp

PM merupakan singkatan dari Personal Message atau Private Message yang memiliki arti pesan pribadi. Dapat disimpulkan bahwa jika Anda mengirim pesan tersebut berarti mengajak seseorang untuk bertukar pesan secara pribadi, hampir sama dengan fungsi dari PC hanya pilihan katanya saja yang berbeda. Istilah PM ini juga sudah lebih dulu muncul pada beberapa aplikasi seperti Yahoo dan messenger.

Baca Juga  Cara Screenshot HP Infinix Smart X5010, Mudah!

Arti P di WhatsApp

Untuk istilah P sebenarnya memiliki arti yang sama dengan Ping. Dan beberapa orang mungkin pada saat ini menggunakan istilah tersebut juga untuk menyapa seseorang di WhatsApp. Tidak hanya itu, istilah P juga memiliki tujuan lain yaitu untuk memberi tanda bahwa pesan yang dikirim merupakan sebuah pesan yang penting dan harus segera dibaca.

Lihat Juga : Arti Panggilan dari Greater Jakarta

Penutup,

Munculnya berbagai istilah tersebut tentu membuat kegiatan bertukar pesan dengan sesama pengguna media sosial WhatsApp menjadi lebih menarik, namun hal yang perlu Anda perhatikan bahwa beberapa istilah tersebut juga kurang sopan apabila digunakan untuk bertukar pesan pada seseorang yang lebih tua, atau dalam obrolan yang bersifat formal. Oleh karena itu, Anda juga perlu hati-hati dan memilih menggunakan istilah tersebut agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan rasa kurang nyaman pada seseorang yang menjadi target pesan Anda.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait