Beda Bareksa vs Ajaib, Aplikasi Reksadana Online Terbaik ?

Bareksa dan Ajaib adalah dua aplikasi investasi Reksadana online untuk pemula yang paling umum digunakan dan paling kerap dibandingkan saat ini. Mana aplikasi Reksadana online terbaik ?

Untuk mengetahuinya, kami menugaskan salah satu penulis untuk melakukan review kelebihan dan kekurangan keduanya dan menuliskan hasilnya di artikel ini.

Hasil perbandingan menunjukkan bahwa Bareksa unggul dengan pilihan instrumen lengkap, tidak hanya Reksadana, tetapi juga SBN, Umroh dan Emas, dengan minimum investasi dari Rp 10 ribu, sedangkan Ajaib terbatas di Reksadana dan Saham, dengan info riset yang terbatas. Keunggulan Ajaib bahwa investor bisa melakukan investasi saham dan reksadana dalam satu aplikasi, yang tidak bisa di bareksa, serta Ajaib merupakan aplikasi yang sangat populer  di kalangan milenial.

Namun, keduanya, Bareksa dan Ajaib adalah aplikasi Reksadana Online yang legit dan kredibel di Indonesia karena semuanya punya izin dari OJK.

Kita akan membahas secara singkat ihwal perbedaan Bareksa vs Ajaib. Mana yang lebih baik digunakan saat ingin berinvestasi?

Apa itu Bareksa

Bareksa adalah portal investasi terintegrasi di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013 di bawah naungan PT Bareksa Portal Investasi. Bareksa memiliki berbagai macam produk pilihan investasi, yaitu Reksa Dana, SBN, dan Umroh. Selain itu, Bareksa juga memberikan layanan data dan alat investasi, berita dan analisis, dan komunitas investor.

Sebagai pionir platform investasi di Indonesia yang sudah berjalan 8 tahun dan meraih berbagai penghargaan, Bareksa terbukti amanah menjaga kepercayaan 2,5 juta investor.

Kelebihan Bareka

Keunggulan Bareksa adalah:

1. Aman, Legal

Terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bareksa aplikasi investasi yang memiliki lisensi APERD dari OJK

Bareksa tidak menyimpan dana investor. Seluruh dana investor disimpan secara aman di Bank Kustodian (semua produk reksadana), Bank Subregistry (SBN), dan PT Pegadaian/PT IndoGold Solusi Gadai (emas).

Dana investasi hanya dapat dicairkan ke rekening bank atas nama investor. Maka, tidak ada pihak yang dapat mencairkan dana selain investor itu sendiri.

2. Banyak Pilihan Instrumen Investasi

150+ pilihan produk investasi reksadana. Pilihan produk investasi beragam, mulai dari Reksadana, Robo Advisor, Tabungan Umroh, SBN, hingga Emas.

Bebas pilih produk investasi reksadana syariah dan konvensional terbaik di Indonesia. 

Bingung memilih? Simulasikan produk pilihanmu atau pilih dari halaman Top Product yang dievaluasi secara rutin oleh Bareksa.

3. Minimum Investasi Terjangkau

Bisa investasi mulai dari Rp 10 ribu saja.

Bayar investasi cepat dan mudah dengan OVO, LinkAja, Virtual Account maupun bank transfer ke berbagai bank di Indonesia.

4. Mudah dan Online

Pendaftaran cukup 5 menit dan hanya butuh KTP dan nomor rekening. Proses 100% online, jadi bisa dilakukan kapan dan dari mana saja.

Registrasi tanpa dokumen fisik dalam hitungan menit sudah bisa investasi reksadana dan SBN.

Kelemahan Bareksa

Sejumlah kekurangan aplikasi Bareksa:

1. Tidak Terkoneksi dengan Sekuritas Saham

Saat ini, Bareksa tidak memiliki koneksi dengan sekuritas broker saham atau dengan instrumen investasi lainnya seperti P2P Lending. 

Akibatnya, investor tidak bisa jual beli saham di platform ini dan investor yang punya uang menganggur dari hasil jual beli saham tidak bisa otomatis ditempatkan di Bareksa.

Di beberapa platform reksadana online lain sudah terhubung dengan sekuritas, sehingga membantu investor untuk memindahkan uangnya dengan mudah dari hasil jual saham untuk parkir sementara di reksadana.

2. Belum Bisa Autodebet dari e-money

Belum ada fasilitas autodebet, menabung rutin di Bareksa, dari e-money, seperti GoPay. Fitur ini akan sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan investasi secara otomatis dan rutin.

3. Tidak Gratis Biaya Transaksi/Komisi

Transaksi reksa dana di Bareksa masih dikenakan biaya transaksi beli dan jual.

4. Informasi di Pusat Bantuan dan FAQ Terbatas

Tidak banyak informasi yang tersedia di situs Bareksa soal cara jual beli dan informasi detail lainnya soal berinvestasi di platform ini.

5. Belum Ada Fasilitas Pencairan Reksadana di Hari Sama

Nasabah yang butuh untuk mencairkan Reksadana di hari yang sama, belum bisa melakukannya di Bareksa. Sementara, tidak jarang nasabah butuh dana darurat, yang perlu pencairan segera.

Pencairan Reksadana lebih cepat ini sudah dipraktekkan di aplikasi Reksadana lain. dan itu bisa, dengan adanya fee tambahan.

Apa itu Ajaib Sekuritas

Berdiri sejak 2018, Ajaib Group menaungi Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia).

Ajaib Sekuritas atau PT Ajaib Sekuritas Asia berdiri pada 1989 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992. 

Ajaib Reksa Dana atau PT Takjub Teknologi Indonesia berdiri pada 2019 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-17/PM.21/2018.

Kelebihan Ajaib

Berikut ini kelebihan Ajaib Sekuritas

1. Ajaib: Dua Macam Investasi, Dalam Satu Aplikasi

Dalam satu aplikasi, pengguna bisa melakukan tidak hanya jual beli Reksadana, tetapi juga jual beli saham.

Hal ini sangat membantu karena investor jadi punya banyak pilihan instrumen. Tidak terpaku pada satu jenis investasi.

2. Ajaib Sekuritas Aman, Bukan Penipu

Ajaib Sekuritas aman karena sudah punya izin resmi dari OJK dan Anggota Bursa di PT Bursa Efek Indonesia. Dengan legalitas yang jelas, Ajaib Sekuritas bukan penipu. Ini broker yang legit.

3. Minimum Deposit Nol

Investasi reksa dana mulai dari Rp10.000. dan Minimal deposit untuk beli jual saham di Ajaib Sekuritas adalah 0.

4. Buka Rekening Reksadana dan Saham Online

Calon investor tidak perlu mengirim dokumen via pos maupun negosiasi dengan agen di kantor sekuritas. Cukup mengunduh aplikasi dari PlayStore, kemudian mengikuti alur prosedur pendaftaran. 

Setelah semua tahapan selesai, calon investor hanya perlu menunggu selama sekitar 1×24 jam hingga pembukaan rekening disetujui. 

5. Platform Trading Saham Informatif. 

Investor dapat memilih saham secara mandiri maupun berdasarkan data per sektor saham dan daftar populer (Top Value, Top Gainer, Top Volume, dll). Profil setiap emiten sudah dilengkapi dengan data-data seperti statistik fundamental (EPS, PER, PBV, Dividend Yield, RoA, RoE, DER, NPM, dll), grafik finansial (Balance Sheet, Cash Flow, Income Statement), jadwal aksi korporasi, dan berita terkini. Semuanya dapat diakses dalam satu klik.

6. Aplikasi Mudah Dipakai untuk Milenial

Ajaib dikenal sebagai platform trading yang dekat dengan milenial. Pendekatan dan cara komunikasi yang bergaya anak muda, membuat Ajaib banyak digunakan oleh anak muda untuk main saham.

Tampilan UX/UI di aplikasi Ajaib juga mudah digunakan. Hilang kesan bahwa trading saham itu rumit dan kompleks.

Jadi, meskipun Ajaib muncul belakangan dibandingkan sekuritas lain, mereka bisa menarik kaum muda untuk berinvestasi di saham.

Kekurangan Ajaib

Kelemahan Ajaib

1. Aplikasi Lambat, Bug, Verifikasi RDN Sulit

Dari informasi di Play Store, banyak user yang mengeluhkan aplikasi yang suka lambat, bug dan hang. Di samping itu, proses pembukaan rekening, yang tidak mulus, terutama saat koneksi dengan rekening Bank.

2. Bukan Penjamin Emisi IPO

Ajaib bukan penjamin emisi IPO. Sehingga ketika ada IPO besar, seperti GoTo atau saham IPO lainnya, sekuritas ini tidak menjadi penjamin IPO.

Akibatnya, kita tidak bisa mendapatkan prioritas saham IPO di Ajaib Sekuritas.

3. Riset Kurang Sekali

Ajaib tidak memiliki tim riset in-house, baik itu fundamental atau teknikal, yang bisa memberikan informasi ke para investor. Padahal, riset ini adalah salah satu nilai tambah buat investor saat akan melakukan jual beli saham.

4. Tidak Ada Fasilitas Tarik Dana Jual Saham di T+0

Jual saham di Ajaib sekuritas tidak bisa diterima dananya di T+0. Hal mana fasilitas ini penting buat investor yang butuh dana darurat untuk menarik uangnya segera, meskipun dikenakan fee atau biaya tambahan.

5. Tidak Ada Fasilitas Robot Trading

Aplikasi Ajaib belum memiliki fasilitas Robot Trading, yang bisa melakukan otomasi proses jual beli trading saham.

6. Pilihan Instrumen Lain Tidak Ada

Di Ajaib, tidak ada instrumen seperti emas, obligasi ORI SBN dan tabungan haji. Instrumen hanya di saham dan Reksadana.

Ringkasan Bareksa vs Ajaib Sekuritas

Fitur Reksadana Online Bareksa Ajaib Sekuritas
Saham Tidak Ada Ada
Robo Advisor Ya Ya
Komisi Ada Gratis
Pilihan Produk Banyak Sedikit
Minimum Investasi Rp 10 ribu Rp 10 ribu
Aman Legal OJK Legal OJK
Dana Nasabah Aman Aman

Bareksa unggul sebagai aplikasi Reksadana online yang menawarkan berbagai instrumen investasi lain, dengan minimum investasi mulai dari Rp 10 ribu dan proses mudah. Ajaib tidak kalah unggul dengan satu aplikasi bisaa saham dan reksadana, lalu tampilan UX UI yang menarik para milenial.

Namun, yang paling penting, kedua aplikasi  ini Bareka  dan Ajaib, aman dan kredibel karena punya izin resmi OJK.