Beda Dana vs LinkAja, Mana Dompet Elektronik Terbaik

Dana dan LinkAja adalah dua dompet elektronik digital yang paling dikenal saat ini. Apa beda kedua aplikasi digital e-wallet ini dan mana yang terbaik ?

Untuk mengetahuinya, kami menugaskan salah satu penulis yang kebetulan punya kedua aplikasi ewallet ini untuk melakukan review kelebihan dan kekurangan keduanya dan menuliskan hasilnya di artikel ini.

Hasil perbandingan menunjukkan bahwa Dana unggul sebagai dompet elektronik yang punya banyak fitur, beragam promo dengan fitur paylater, sementara LinkAja promo lebih sedikit, serta tidak ada fasilitas pinjaman. Keunggulan LinkAja  adalah punya layanan Syariah serta bagian dari ekosistem BUMN dan Bank Himbara sehingga mudah dan menguntungkan untuk konsumen yang kerap bertransaksi dalam ekosistem ini. Namun, keduanya, Dana dan LinkAja adalah dompet elektronik, e-wallet, resmi berizin Bank Indonesia yang aman dan kredibel.

Kita akan membahas secara singkat ihwal perbedaan Dana vs LinkAja. Mana yang lebih baik digunakan untuk transaksi dan pembayaran secara online ?

Apa itu Dana Dompet Elektronik

DANA adalah aplikasi layanan sistem pembayaran berupa uang elektronik, dompet elektronik, transfer dana, serta layanan pendukung lainnya, berbasis mobile yang dapat digunakan melalui Perangkat Telekomunikasi. 

Aplikasi dapat diunduh melalui Play Store, App Store, maupun AppGallery. Per Januari 20222, aplikasi ini telah diunduh di Play Store sebanyak lebih dari 50 juta kali.

Apa itu Dana Dompet Elektronik

Kelebihan Dana Dompet Elektronik

Sejumlah keunggulan  Dana yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Dana Aman, Terpercaya, Bukan Penipu

DANA diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (“EDIK”) yang merupakan pemegang lisensi resmi dan telah memperoleh izin Uang Elektronik, Dompet Elektronik, Transfer Dana, dan Layanan Keuangan Digital (LKD) dari Bank Indonesia

2. Fitur Dana Lengkap

Dana adalah salah satu dompet elektronik dengan fitur terlengkap.

Mulai dari kebutuhan domestik maupun pengeluaran rutin seperti membayar tagihan listrik, air, internet, iuran BPJS, pembelian pulsa, hingga kebutuhan lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Baca Juga  Agen BRILink BRI: Aplikasi Mobile, Berapa Modal, Keuntungan, Resiko

3. Minimal Top Up Terjangkau

Minimal top up Rp10.000 yang sangat terjangkau. Ini membantu pengguna yang punya keuangan terbatas.

4. Kerjasama Banyak Mitra Merchant

Bekerja sama dengan banyak merchant dan mitra. Membuat pembayaran Dana bisa diterima di banyak tempat.

5. Fitur Pinjaman DANA PayLater

Tersedia pinjaman dalam bentuk PayLater. Namun, hanya berlaku untuk nasabah tertentu

DANA Paylater adalah fitur di aplikasi dalam rangka pemberian pembiayaan untuk pembelian produk dengan pembayaran secara angsuran bagi Pengguna, yang diselenggarakan dengan bekerja sama dengan mitra yang ditunjuk.

6. Akun Premium

Pengguna dapat melakukan upgrade untuk menjadi akun DANA Premium dengan memilih opsi ‘Verifikasi Akun Anda’ pada halaman profil, kemudian mengambil foto KTP, melakukan verifikasi wajah, dan memasukkan nomor KTP. Setelah itu, pengguna hanya tinggal menunggu hingga proses verifikasi biometrik dan identitas tersebut disetujui oleh DANA.

Keuntungan dari akun Premium antara lain:

  1. Dapat melakukan top up hingga Rp10 juta;
  2. Dapat mengirim saldo:
  3. Cashout atau tarik tunai;
  4. Pinjaman PayLater
  5. Promo spesial dan manfaat lainnya.

Kelemahan Dana

Sejumlah kelemahan Dana yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Tampilan UX/UI Aplikasi Kurang Nyaman

Tampilan aplikasi DANA belum cukup efisien sehingga cenderung sulit dipahami oleh pengguna baru. DANA bahkan menyediakan kategorisasi secara vertikal dan horizontal saat menampilkan daftar layanannya, padahal tidak ada perbedaan berarti terkait informasi yang ditampilkan oleh keduanya.

Aplikasi terkadang keluar dengan sendirinya ketika sedang mencoba mengakses fitur-fitur DANA.

2. Kasus Pembekuan Akun Sepihak

Kelemahan aplikasi DANA menurut ulasan beberapa pengguna di Play Store antara lain: terdapat beberapa kasus pembekuan akun secara sepihak dan proses transaksi yang memakan waktu cukup lama.

3. Pinjaman Dana PayLater Hanya Terbatas

Fitur Paylater hanya dapat diakses dan digunakan oleh Pengguna Akun Premium.

Apa itu LinkAja

LinkAja adalah uang elektronik berbasis aplikasi yang menyediakan berbagai layanan keuangan. 

Baca Juga  Layanan Bank Mandiri Gratis Biaya Transfer, Biaya Admin 2022

Dikeluarkan oleh Telkomsel pada 2019 lalu, Aplikasi LinkAja telah diunduh oleh lebih dari sepuluh juta orang di Google Play! 

Apa itu LinkAja

Kelebihan LinkAja

Sejumlah keunggulan LinkAja yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. LinkAja Aman, Terpercaya, Bukan Penipuan

Aplikasi ini merupakan produk andalan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang telah terdaftar di Bank Indonesia, dan dibentuk dari semangat sinergi nasional 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan satu perusahaan teknologi swasta.

2. Fitur Lengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berbagai fitur yang disediakan oleh LinkAja sangat memudahkan penggunanya untuk melakukan banyak hal. Cukup dengan satu aplikasi, pengguna sudah bisa melakukan banyak pembayaran dan pemesanan.

Tidak hanya fitur standar seperti pembayaran, tetapi juga fitur keuangan mulai dari investasi, asuransi sampai pinjaman.

3. Banyak Promo!  

Contohnya, ketika melakukan suatu pembayaran menggunakan LinkAja, maka kamu bisa mendapatkan potongan harga, saldo gratis, hingga cashback sebesar 20-50%!  

Ada banyak sekali promo yang tersedia setiap harinya dari berbagai merchant! Promo-promo ini sangat bisa kamu manfaatkan!

4. LinkAja Syariah 

Layanan syariah LinkAja merupakan layanan transaksi elektronik yang berdasar pada prinsip-prinsip syariah. Berikut adalah poin penting dari layanan syariah yang disediakan oleh LinkAja.

  • Layanan ini sudah tersertifikasi secara syariah oleh  DSN MUI dan berdasar pada persetujuan dari Bank Indonesia.
  • Semua saldo yang kamu miliki di aplikasi LinkAja, terhimpun di dalam Bank Syariah yang berelasi dengan Bank Buku 4 (Bank dengan modal inti lebih dari 30 triliun rupiah).
  • Semua transaksi dan promo yang tersedia, disesuaikan dengan prinsip syariah.
  • Investasi, pinjaman, dan paylater  yang disesuaikan dengan prinsip syariah.
  • Tersedia layanan membayar zakat dan wakaf menggunakan layanan LinkAja syariah

Selain poin-poin di atas, bahkan LinkAja saat ini sedang mengembangkan fitur pembayaran tabungan DP haji dan Umrah dalam layanan syariah LinkAja.

Baca Juga  TabunganKu Maybank Review 2022 | Kelebihan Kelemahan

5. Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM. 

Keunggulan ini memberimu kemudahan mengambil uang tanpa Kartu ATM di ATM dan minimarket. 

Kamu bisa mencairkan uang saldo LinkAja kamu di ATM terdekat dengan jumlah Rp100.000 hingga Rp1.200.000. Sedangkan untuk penarikan uang di minimarket, kamu bisa mengambil uang mulai dengan jumlah Rp50.000 hingga Rp1.000.000. 

6. Layanan Kirim Saldo ke Bank Himbara. 

LinkAja menyediakan layanan mengirim uang dari saldo LinkAja ke Rekening Bank BCA dan Bank Himbara, yaitu Bank Mandiri, BTN, BNI, dan BRI. 

Pengiriman uang ini dikenakan biaya administrasi sebesar Rp1.000 hingga Rp2.500 bergantung pada Bank yang dipilih, serta biaya sebesar Rp6.500 jika pengiriman saldo dilakukan melalui bank lainnya dan menggunakan ATM Bersama. 

Kelemahan LinkAja

Sejumlah kelemahan LinkAja yang kami rasakan dari pengalaman menggunakan aplikasi ini:

1. Mitra Merchant Sedikit

Meski sudah bekerja sama dengan ratusan ribu merchant dan 1,1 juta UMKM, masih banyak merchant dan UMKM yang belum terhubung dengan LinkAja. 

Fiturnya yang bernama “Merchant Sekitarmu”, tidak dapat difungsikan. Padahal, jaringan internet berfungsi dengan baik dan pendeteksi  lokasi sudah dalam status menyala. 

2. Tidak Ada Pinjaman

Tidak ada pilihan pinjaman di LinkAja. 

Di beberapa kompetitor LinkAja, pinjaman bisa diberikan dengan cepat dan mudah. Kompetitor ini menggunakan data transaksi untuk menilai kualitas dan kemampuan pembayaran seseorang dalam mengambil kredit. Sehingga proses menjadi lebih gampang.

Ringkasan Dana vs LinkAja

  Dana LinkAja
Izin Bank Indonesia Bank Indonesia
Afiliasi Ekosistem Tidak Ada Tidak Ada
Pinjaman PayLater Ada Tidak Ada
Fitur Pembayaran Banyak Banyak
Merchant Mitra Lebih Banyak Banyak
Aman Ya Ya
Promo Banyak Terbatas
Syariah Tidak Ada Ada

Dana unggul sebagai e wallet yang punya banyak fitur, menawarkan banyak promo untuk berbagai jenis transaksi dan punya fasilitas pinjaman di aplikasi. LinkAja cocok buat mereka yang butuh layanan Syariah, menggunakan layanan ini di ekosistem BUMN dan Bank Himbara karena sistem LinkAja terintegrasi dengan baik dan banyak promo dalam ekosistem sendiri.

Namun, yang paling penting, Dana dan LinkAja, aman dan kredibel sebagai e-wallet karena punya izin resmi Bank Indonesia.