Bisa Investasi Rp 10 ribu Sebulan, Ini Pilihan Instrumennya

Baru – baru ini, kami mendapat pertanyaan “Apakah bisa investasi hanya 10 ribu setiap bulan?”

Jelas bisa. Investasi dari Rp 10 ribu sebulan sangat bisa dilakukan saat ini, seiring kemajuan teknologi finansial.

Mungkin banyak yang tidak percaya karena menganggap investasi itu butuh dana yang besar untuk memulai.

Berikut ini adalah pilihan instrumen keuangan yang kita bisa berinvestasi cukup dengan dana Rp 10 ribu:

Reksadana

Keuntungan investasi di Reksadana adalah kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal dan minimum investasi terjangkau mulai dari Rp 10 ribu.

Apa itu Reksadana ?

Reksadana adalah instrumen investasi yang dibentuk oleh Manajer Investasi dan Bank Kustodian melalui akta kontrak investasi kolektif (KIK) yang dibuat notaris.

Manajer Investasi berperan sebagai pengelola dana yang terkumpul dari sekian banyak investor untuk diinvestasikan ke dalam portofolio efek, seperti SBI, obligasi, dan saham.

Bank Kustodian berperan menyimpan dana atau portofolio milik investor serta melakukan penyelesaian transaksi dan administrasi Reksadana.

Reksadana cocok bagi investor yang memiliki banyak keterbatasan, seperti waktu terbatas, dana terbatas, informasi terbatas, dan pengetahuan investasi yang terbatas.

Instrumen ini mampu mengurangi risiko investasi karena disebarkan pada berbagai produk investasi.

Apa Reksadana Aman dan Legal Diawasi OJK ?

Reksadana adalah produk investasi yang legal yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena itu, legalitas Reksadana terjamin.

Kemudian, dalam Reksadana terdapat dua lembaga yang menjalankan dan saling kontrol, yaitu Manajer Investasi dan Bank Kustodian. Manajer Investasi berfungsi mengelola portfolio Reksadana dan Bank Kustodian menyimpan dan mencatat harta Reksadana.

Adanya segregation of control dari kedua lembaga ini menjamin perlindungan yang optimal terhadap dana masyarakat yang ditempatkan di Reksadana.

Daftar Reksadana Investasi Rp 10 ribu per Bulan

Nama Reksadana Jenis Minimum Investasi
Schroder Dana Prestasi Plus Saham Rp 10 ribu
Manulife Dana Saham Kelas A Saham Rp 10 ribu
Batavia Dana Saham Saham Rp 10 ribu
Sucorinvest Equity Fund Saham Rp 10 ribu
Batavia Dana Kas Maxima Pasar Uang Rp 10 ribu
Trim KAS II Pasar Uang Rp 10 ribu
Manulife Pendapatan Bulanan II Obligasi Rp 10 ribu
Eastspring IDR Fixed Income Fund Obligasi Rp 10 ribu
  • Reksadana pasar uang, di mana 100% investasinya akan ditempatkan ke dalam surat berharga efek pasar uang. Efek pasar uang adalah efek utang yang jatuh temponya kurang dari satu tahun, seperti SBI, deposito, obligasi dengan sisa jatuh tempo kurang dari satu tahun.
  • Reksadana saham adalah investasi dimana minimum 80% investasinya ditempatkan pada saham.

Tabungan Emas

Tabungan emas adalah aplikasi dari menabung emas.

Bukan hanya Rp 10 ribu, bahkan kita bisa mulai menabung emas di aplikasi tabungan emas mulai dari Rp 500 perak.

Menabung emas adalah cara membeli emas dengan membeli secara bertahap setiap bulan dalam jumlah tertentu untuk mencapai target emas yang ingin dimiliki.

Tabungan emas dilakukan lewat aplikasi emas digital yang bisa membantu kita untuk melakukan hal berikut:

  • Menerima pembelian emas dalam jumlah kecil. Misalnya, mulai dari Rp 10 ribu diterima untuk beli emas
  • Menyediakan fasilitas mencetak emas, sehingga emas yang sudah ditabung dan telah mencapai nilai gram tertentu yang diinginkan, bisa dicetak menjadi emas fisik.

Apakah Tabungan Emas Aman dan Legal

Menabung emas aman dan legal selama dilakukan di platform trading yang sudah izin Bappebti.

Jadi, harus dipastikan bahwa aplikasi yang digunakan memang punya izin resmi dan legalitas untuk menerima titipan emas.

Aplikasi Tabungan Emas Terpercaya

Pegadaian Tabungan Emas adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas, di mana:

  • Pembukaan rekening dan penitipan saldo emas pada PT Pegadaian (Persero);
  • Pembelian (top up), penjualan kembali (buyback) dan pencetakan saldo emas pada PT Pegadaian Galeri Dua Empat (Anak Perusahaan PT Pegadaian (Persero)).

Kita cukup datang ke outlet Pegadaian atau agen Pegadaian ataupun secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa anda download di Playstore atau Appstore. Dengan cara mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor).

Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram. Nasabah juga dapat melakukan pembelian Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram

Tabungan emas bisa langsung digadaikan di Pegadaian. Hal ini penting buat mereka yang membutuhkan dana tunai mendadak, bisa menggadaikan aset logam mulia mereka.

Pegadaian menyediakan fasilitas cicil emas untuk membeli logam mulia secara angsuran.

Pluang adalah aplikasi finansial untuk menabung emas dan beragam investasi produk keuangan lainnya secara mudah, aman dan terjangkau dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat.

Tersedia versi aplikasi mobile dan website. Versi apps bisa diunduh gratis di PlayStore.

Aplikasi ini dikelola serta dikembangkan oleh PT Bumi Santosa Cemerlang,

Minimal investasi di Pluang sangat rendah, yakni mulai dari Rp 10 ribu Selain itu, investor pun hanya tinggal mengetuk aplikasi selama tiga kali saja untuk memulai investasi.

Pluang juga tidak membebankan biaya apa pun atas kegiatan transaksional yang dilakukan oleh penggunanya, baik atas transaksi penjualan, pembelian, penarikan dana, maupun top up.

Brankas Antam. Kita bisa menabung emas lewat Brankas LM.

BRANKAS adalah alternatif penyimpanan emas oleh PT ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia dengan menawarkan kelebihan bahwa:

  • Aman : dijamin oleh Antam dan di-back up fisik
  • Kelola : dikelola secara mandiri oleh konsumen
  • Emas : emas kemurnian 99,99%
  • Sertifikat berstandar LBMA (London Bullion Market Association)

Calon Pelanggan melakukan pendaftaran secara langsung di Butik Emas LM di seluruh Indonesia atau di lokasi pameran resmi dengan mengisi formulir registrasi sebagai bukti menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku di sistem BRANKAS serta melengkapi syarat dokumen

Biaya keanggotaan BRANKAS berlaku satu tahun dan dapat diperpanjang, dengan biaya minimum Rp 100 ribu setahun.

Biaya keanggotaan akan meningkat seiring dengan semakin besar emas yang dibeli.

BukaEmas Bukalapak adalah fitur yang disediakan Bukalapak sebagai layanan jual beli emas dengan fasilitas penitipan antara kita sebagai pengguna dan Indogold (PT Sinar Rezeki Handal).

Di BukaEmas kita bisa membeli emas dengan minimum pembelian 0,0001 gram. Minimum pembelian itu bisa kita tebus dengan harga kurang dari Rp100.

Kita bisa menarik emas batangan di BukaEmas jika beratnya sudah lebih dari 1 gram.

Tokopedia Emas. Di Maret 2018, Tokopedia meluncurkan produk Tokopedia Emas. Produk emas ini memberikan kemudahan Toppers (pengguna Tokopedia) untuk membeli dan menabung emas digital dalam jumlah (gram) kecil.

Alasan utama berinvestasi emas di Tokopedia adalah karena beli/jual emas bisa hanya lewat genggaman lewat smartphone.

Dengan begini kita tidak perlu keluar rumah hanya untuk transaksi emas. Selain itu, alasan lainnya adalah tidak dikenakan biaya apapun saat membeli, menjual ataupun biaya bulanan.

Kita bisa membeli dan menjual emas dalam nominal paling rendah sekalipun. Minimum Rp 500 (Lima ratus rupiah).

Promo mulai dari free ongkir hingga kupon diskon nabung emas. Misalnya diskon 3% maksimal 25 ribu. Itu bisa kita manfaatkan benar Rp 25 ribu kalau dijadikan emas lagi pun tetap menguntungkan.

Sayangnya, di Tokopedia Emas belum ada layanan mencairkan tabungan dalam bentuk emas fisik. Kalau mau mencairkan harus ke kantor Pegadaian dulu. Itupun kita kena biaya cetak dan menunggu hasilnya selama kurun 1 bulan.

Bitcoin

Bukankah harga 1 Bitcoin saat ini US$ 16 ribu sd 17 ribu, yang butuh dana besar. Ya betul.

Namun, kita dapat mengirim/mentransaksikan jumlah sekecil 0,00000001 BTC. Jadi, anda bisa bertransaksi dengan angka yang se-akurat anda inginkan (seperti 0.4981537 BTC).

Jadi, salah satu keunggulan Bitcoin, dimana kita bisa melakukan investasi dengan sangat rendah karena kemampuannya untuk Divisibility (Kemampuan Dipecah menjadi jumlah kecil).

Bitcoin yang tidak memiliki berat fisik – asalkan ada internet, anda dapat mengirim Bitcoin ke siapa pun di dunia dalam jumlah berapapun dalam 10 menit.

Apa Bitcoin Aman dan Legal di Indonesia

Perdagangan aset Kripto sudah diperbolehkan di Indonesia, diatur oleh Bappebti – lembaga pengawas perdagangan berjangka komoditi.

Jual beli cryptocurrency, seperti Bitcoin, telah legal.

Yang tidak atau belum boleh di Indonesia adalah menggunakan Bitcoin untuk alat transaksi pembayaran. Di Indonesia masyarakat tidak bisa membeli sesuatu dan membayar dengan Bitcoin.

Jadi, clear soal boleh tidaknya investasi Bitcoin di Indonesia.

Peraturan jual beli bitcoin sebagai komoditas tertuang dalam:

  1. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto dan
  2. Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka. Aturan ini ditandatangani pada 8 Februari 2019.

Bagian penting dalam Peraturan Bappebti adalah soal exchange, tempat dimana investor saat ini melakukan jual, beli, simpan (rupiah atau coin) dan transfer aset kripto. Keamanan dan regulasi exchange menjadi hal yang sangat penting buat investor.

Dalam peraturan Bappebti, pedagang aset kripto adalah exchange Bitcoin, yang saat ini digunakan investor untuk melakukan jual beli aset kripto.

Cara Jual Beli Bitcoin

Proses jual beli Bitcoin dilakukan melalui exchange atau bursa. Exchange menyediakan layanan untuk beli, jual, simpan dan transfer aset kripto.

Exchange ini berfungsi seperti marketplace, tempat yang mempertemukan pembeli dan penjual aset kripto. Transaksi aset kripto terjadi antara para member atau pedagang anggota exchange tersebut.

Untuk melakukan transaksi aset kripto, investor harus memilih ‘pair’ koin yang akan ditransaksikan. Exchange akan menyediakan berbagai pair di platform.

Pair yang paling umum adalah Bitcoin / Rupiah (BTC/IDR).

Langkah – langkah melakukan transaksi bitcoin atau aset kripto di exchange adalah sebagai berikut:

  1. Daftar akun di exchange cryptocurrency. Saat ini 13 perusahaan terdaftar resmi di Bappebti.
  2. Melakukan verifikasi KYC. Isi data, ambil foto selfie dan KTP. Tunggu sampai verifikasi disetujui pihak exchange
  3. Melakukan deposit uang ke rekening exchange. Bisa menggunakan berbagai cara, mulai dari transfer bank, e-money hingga setor tunai.
  4. Menentukan pair aset kripto yang akan ditransaksikan.
  5. Membeli bitcoin atau aset kripto dengan menggunakan deposit rupiah. Pembelian bisa dilakukan 24/7 antara anggota exchange.
  6. Menyimpan bitcoin hasil pembelian di wallet, bisa di exchange atau dikelola sendiri.
  7. Menjual bitcoin dan menerima hasilnya dalam rekening rupiah di exchange. Harus pilih pair bitcoin /rupiah.
  8. Menarik dana (withdraw) dari exchange ke rekening bank pribadi.

Penyimpanan bitcoin atau aset kripto dilakukan di ‘wallet’. Persis sama ketika kita punya uang, maka disimpan di dompet atau brankas, namun bedanya adalah penyimpanan bitcoin dilakukan secara digital.

Wallet disediakan exchange atau investor bisa punya wallet sendiri. Sama seperti nasabah yang menyimpan uangnya di bank atau di rumah.

Kesimpulan

Investasi dari Rp 10 ribu sebulan bisa dilakukan.

Kami menjelaskan instrumen yang biasa digunakan, yaitu Reksadana, Tabungan Emas dan Bitcoin.

Tentu saja, instrumen investasi ini memiliki risiko. Pastikan kita pahami resikonya dan apakah sesuai dengan tujuan keuangan yang hendak diraih dalam berinvestasi di instrumen ini.