Capital Life Indonesia: Review Produk, Premi, Cara Klaim

Capital Life Indonesia merupakan perusahaan asuransi jiwa yang sudah diresmikan keberadaannya dan diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Perusahaan ini hadir dengan menawarkan berbagai produk asuransi.

Produk asuransi mulai dari asuransi jiwa, asuransi kumpulan dan asuransi dana pensiun atau DPLK. Manfaat maksimal yang bisa didapat dari produk asuransi Capital Life yaitu bisa mencapai 2 Milyar rupiah dengan premi mulai dari 55 ribu rupiah perbulannya.

Daftar Produk dan Polis Asuransi Capital Life

Produk asuransi dari Asuransi Capital Life sangat beraham. Setiap nasabah dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan keperluan, jika merasa bingung ada baiknya lakukan konsultasi asuransi terlebih dahulu supaya tujuannya jelas.

Capital Proteksi Link

Capital Proteksi Link merupakan asuransi jiwa yang dapat memberikan dana pertanggungan pada risiko meninggal dunia baik karena sakit atau karena kecelakaan. Jumlah dana pertanggungan yang diberikan bisa sampai 100 juta rupiah.

Pada saat memasuki masa akhir pertanggungan, nilai polis masih akan tetap diberikan pada nasabah meski masih hidup. Polis atau perjanjian asuransi akan berakhir ketika jatuh tempo sesuai dengan kesepakatan atau berakhir karena sudah diklaim.

Capital Proteksi Plus

Capital proteksi plus merupakan produk asuransi yang bisa memberikan nasabah dana pertanggungan hingga 150% dengan maksimal 2 Milyar rupiah. Klaim asuransi ini tidak akan mengubah masa kontrak.

Saldo investasi pada produk ini akan tetap dibayarkan hingga pemegang polis atau nasabah masih hidup sampai tenggat waktu kontrak. Tetapi, jika pemegang polis meninggal dunia maka uangnya akan ditambahkan ke saldo investasi dan bisa diambil ketika melakukan klaim.

Capital Proteksi Link 3

Produk ini dapat memberikan manfaat pada tertanggung yaitu santunan meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan dengan dana pertanggungan mencapai 100% ditambah dengan nilai dari polis yang dibayarkan.

Dana pertanggungan produk ini adalah lima kali pembayaran premi secara berkala. Nilai polis tetap akan diberikan ketika tertanggung masih hidup sampai akhir kontrak dan akan berakhir sesuai tenggat yang disepakati atau telah diklaim sebelumnya.

Capital Proteksi

Berbeda dengan yang lainnya Capital Proteksi merupakan produk asuransi jiwa dengan pembayaran berjangka. Asuransi ini bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga dan memberikan berbagai manfaat seperti uang pertanggungan sebesar 100%.

Capital Personal Accident

Produk ini dapat memberikan jaminan pada nasabah dari risiko kecelakaan atau meninggal dunia. Manfaat yang diberikan berupa dana santunan 100% baik meninggal dunia atau santunan rawat inap di suatu rumah sakit dengan maksimal tanggungan 10%.

Capital Sakti

Produk Capital Sakti merupakan produk asuransi yang dibuat untuk memberikan perlindungan dan pemberian dana santunan pada ahli waris nasabah sebesar 5 juta rupiah. Dana ini diberikan ketika meninggal dunia bukan karena kecelakaan dan 30 juta karena kecelakaan.

Capital Personal Accident Group

Produk asuransi ini merupakan asuransi jiwa kumpulan atau kelompok dengan maksimal 3 orang tanggungan. Perlindungan yang ditawarkan yaitu perlindungan dari risiko kecelakaan, cacat dan meninggal dunia.

Maksimal dana tanggungan yang ditawarkan adalah 500 juta rupiah, untuk kematian 100%, untuk cacat karena kecelakaan 100% dan untuk santunan perawatan di rumah sakit karena kecelakaan sebesar 10%.

Capital Proteksi Group

Selanjutnya, ada produk Capital Proteksi Group yang memberikan jaminan perlindungan secara finansial pada nasabah dari risiko meninggal dunia. Pertanggungan yang diberikan yaitu berupa santunan sebesar 100% pada pihak yang ditunjuk oleh pemegang polis.

Capital Proteksi Kredit

Produk asuransi jiwa ini ditujukan bagi nasabah dan pemberian kredit jika debitur atau peminjam memiliki risiko meninggal dunia. Santunan yang diberikan yaitu 100% setelah dibayarkan pertanggungan ini akan berakhir.

Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP)

Produk asuransi ini khusus diperuntukan bagi nasabah yang akan menyimpan dana pensiun atau imbalan pasca kerja. Produk ini memiliki tujuan untuk bisa mempertahankan karyawan yang bekerja dengan kualitas yang baik.

Manfaat untuk perusahaan dan karyawan diantaranya:

  • Mendapatkan pengurangan pajak penghasilan bagi karyawan dan bagi perusahaan (PPh 25).
  • Menjadikan perusahaan memiliki nilai yang lebih di mata para karyawan.
  • Memberikan solusi mengenai masalah arus kas.
  • Memberikan jaminan finansial di usia pensiun.
  • Memberikan nilai investasi yang maksimal bagi karyawan.
  • Mendapatkan jasa pengelolaan dana terpisah dan kekayaan pemberi kerja secara profesional.

Program Pensiun Iuran Pa?ti (PPIP)

PPIP merupakan program pensiun dari Capital Life dengan besar iuran yang ditetapkan dalam peraturan dana pensiun yang dihasilkan pengembangnya. Dana iuran ini nantinya akan dijadikan sebagai dana pensiun.

adalah Program pensiun dari Capital Life yang besar iurannya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun yang hasil pengembangannya dimanfaatkan sebagai dana pensiun.

Manfaat yang akan didapat:

  • Bisa menjadi pengurang pajak penghasilan badan (PPh 25) dan penghasilan pribadi (PPh 21)
  • Bentuk upaya suatu perusahaan untuk mempertahankan karyawan dengan kinerja yang berkualitas.
  • Menjadi nilai plus bagi sebuah perusahaan untuk memberikan kesejahteraan pada karyawan
  • Menjadi jaminan dana pensiun bagi setiap karyawan dengan nilai investasi yang maksimal.
  • Menjadi sebuah saran pengelolaan dana secara terpisah dari kekayaan perusahaan.

Manfaat Asuransi Capital Life

Asuransi Capital Life memberikan banyak manfaat pada setiap nasabahnya. Mulai dari santunan meninggal dunia, santunan cacat, santunan biaya rawat inap dan lain-lain yang memberi keuntungan pada nasabah dan tertanggung.

Produk asuransi jiwa kumpulan memberikan manfaat santunan meninggal dunia baik dikarenakan suatu kecelakaan atau karena sakit. Pemberian dana ini sebesar 100% dari asuransi yang dibayarkan.

Kemudian ada juga produk asuransi yang merupakan perlindungan finansial bagi nasabah di masa tua nanti berupa dana pensiun. Produk Ini sangat memberikan keuntungan dan memberi jaminan kehidupan masa tua yang nyaman.

Syarat Mengajukan Asuransi Capital Life

Sama halnya dengan pengajuan asuransi jiwa lain, asuransi Capital Life juga memiliki syarat-syarat yang berlaku. 

Persyaratan ini hampir sama seperti identitas diri dan berkas-berkas lain yang dibutuhkan serta syarat khusus sesuai dengan produk yang dibeli.

Cara Beli Asuransi Capital Life

Untuk bisa membeli berbagai produk asuransi jiwa di Capital Life, Anda bisa mencoba mendaftarkan diri secara online. Jika merasa kesulitan Anda juga bisa membeli produknya langsung di kantor pusat dan mendapatkan konsultasi secara langsung.

Untuk pendaftaran melalui aplikasi masih belum tersedia, sehingga Anda tetap harus mendaftar melalui website resminya. Anda juga bisa mendaftar melalui telepon dan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan instruksinya.

Berikut cara mendaftarnya:

  • Kunjungi atau buka situs resmi dari Capital Life di website
  • Pilih produk asuransi yang tersedia dan sesuai dengan tujuan Anda membeli asuransi. Akan ada penjelasan secara singkat yang bisa Anda baca di setiap produknya
  • Jika sudah menemukan yang cocok, Anda bisa memilih atau klik Beli Online
  • Selanjutnya Anda harus memilih agen asuransi online yang diinginkan
  • Jika sudah selesai Anda bisa melengkapi berkas-berkas dan persyaratan lainnya sesuai dengan arahan dari agen.

Cara Klaim Asuransi Capital Life

Untuk melakukan klaim asuransi Capital Life, Anda bisa melakukannya secara online. Caranya yaitu Anda bisa terlebih dahulu mengunjungi situs resmi Capital Life di website baik di komputer atau laptop dengan layanan yang memadai.

Selanjutnya Anda bisa memilih klaim online yang tersedia pada laman situs untuk mulai melakukan klaim. Kemudian, lengkapi isian yang tertera mulai dari tipe produk, data diri, nomor polis dan alasan melakukan klaim asuransi.

Kemudian, pilih klaim dan pengajuan selesai. Untuk prosesnya sendiri perusahaan akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terkait dokumen dan persyaratan lainnya yang diajukan, jika sudah disetujui maka dana akan masuk ke rekening yang Anda berikan.

Cara Klaim Capital Life di Kantor Pusat

Selain klaim secara online, Anda juga bisa melakukannya dengan mengunjungi langsung kantor pusat atau kantor cabang Capital Life. Dokumen yang harus dipersiapkan cukup banyak berikut daftarnya :

  • Melengkapi atau mengisi formulir pengajuan klaim asuransi yang bisa didownload di situs resmi Capital Life
  • Polis asli
  • Bukti dari pembayaran premi terakhir
  • Kartu identitas atau KTP tertanggung
  • Rekam medis nasabah yang dikeluarkan secara resmi oleh rumah sakit atau yang lainnya.
  • Kronologi kejadian atau peristiwa jika klaim yang dilakukan meninggal dunia atau cacat karena kecelakaan
  • Surat kematian yang dikeluarkan oleh otoritas setempat jika klaim meninggal dunia
  • Dokumen lain jika diperlukan sesuai dengan jenis produk asuransi yang dibeli.

Produk asuransi jiwa di Capital Life sangat beragam, Anda bisa memilih berdasarkan keperluan dan tujuan pembelian asuransi. Asuransi ini bisa lebih menjamin kehidupan atau finansial Anda di masa yang akan datang.