Cara Beli Saham IPO GoTo di IPOT

GoTo, Gojek dan Tokopedia, sebentar lagi akan melakukan penawaran saham perdana di BEI. Kita akan kupas cara beli GoTo lewat aplikasi IPOT dari Indo Premier Sekuritas.

Kesempatan untuk membeli saham saat penawaran perdana atau initial public offering (IPO) sekarang semakin mudah karena bisa dilakukan dengan pemesanan secara online.

Pembelian saham IPO tetap harus dilakukan melalui broker atau sekuritas yang terdaftar sebagai Anggota Bursa di Bursa Efek Indonesia.

Salah satu broker yang menawarkan proses beli IPO dengan mudah secara online adalah Indo Premier Sekuritas.

Kebetulan, kami punya rekening di IPOT, Aplikasi Jual Beli Saham, Reksa Dana, dan ETF dari Indo Premier Sekuritas. Aplikasi ini juga menawarkan proses beli saham IPO secara 100% online. 

Go Public IPO GoTo (Gojek Tokopedia)

Sebagai ekosistem digital terdepan di Asia Tenggara, PT GoTo Gojek Tokopedia atau GoTo Group telah melakukan penawaran initial public offering (IPO) di 15 Maret 2022. 

GoTo melepas 52 miliar saham dengan harga kisaran Rp 316 – Rp 346.

Bisnis utama dari GoTo antara lain adalah kombinasi e-commerce, fintech, dan on-demand service yang telah digunakan oleh lebih dari 55 juta pengguna, lebih dari 14 juta pedagang, dan lebih dari 2,5 juta pengemudi.

Indo Premier Sekuritas telah ditunjuk sebagai Official Lead Underwriter untuk IPO GoTo. Selain itu, Indo Premier juga merupakan underwriter yang telah memiliki banyak pengalaman dan prestasi internasional, salah satunya Indonesia’s Best Securities House 2021 oleh Asiamoney .

Kenapa pesan saham IPO di IPOT?

IPOT Indo Premier memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya cocok untuk investor pemula dan kawakan dalam membeli saham IPO.

Berikut ini kelebihan IPOT:

  • Aman. Indo Premier adalah perusahaan sekuritas resmi yang sudah izin OJK dan berstatus Anggota Bursa di BEI
  • Pembukaan rekening sangat mudah. Semua prosesnya online, tanpa tatap muka
  • Tidak ada minimum setoran dalam proses pembukaan rekening saham
  • Melayani e-IPO dengan proses yang mudah secara online tanpa harus registrasi lagi di website BEI.

Cara Beli GoTo di IPOT

Berikut ini adalah cara beli saham IPO di IPOT:

1. Unduh Aplikasi IPOT di AppStore

Unduh dan install aplikasi IPOT terbaru di App Store dan Play Store. Pastikan mengunduh dari link resmi. Bisa cek link-nya di situs resmi Indo Premier Sekuritas.

2. Buka Rekening IPOT Online

Kita harus daftar akun saham di IPOT. Sekarang pembukaan rekening bisa dilakukan secara online, tidak perlu bertatap muka ke kantor broker.

Siapkan dokumen berikut ini untuk pendaftaran akun rekening saham baru:

  • e-KTP
  • NPWP (opsional)
  • Akun bank pribadi
Baca Juga  5 Alasan Investasi Saham Terbaik untuk Dana Pendidikan Pensiun

Selanjutnya, mulai registrasi dan isi data pribadi di aplikasi. Prosesnya 100% online.

Verifikasi data diri dengan foto selfie dan tandatangan.

Setelah proses verifikasi selesai, akun siap dan kita bisa mulai membeli saham IPO.

2. Masuk ke Aplikasi IPOT

Masuk ke aplikasi IPOT dengan user dan password yang sudah dibuat. Bisa mempelajari fitur – fitur yang terdapat di dalam aplikasi jual beli saham online ini.

IPOT menawarkan kenyamanan berinvestasi di pasar saham dengan dukungan fitur, tools analisa yang komprehensif dan Artificial Intelligent (AI) yang membantu otomatisasi dalam memantau dan transaksi.

3. Pilih e-IPO

Di bagian depan dari aplikasi IPOT, pilih EZ mode, lalu scroll ke fitur e-IPO. 

e-IPO merupakan cara melakukan pembelian saham IPO secara online tanpa perlu tatap muka. Nanti semua prosesnya 100% online.

Untuk mempelajari soal IPO lebih lanjut, kita bisa mengunjungi situs BEI soal IPO. Di situ dijelaskan secara detail terkait proses dan ketentuan penawaran perdana.

Pilih e-IPO IPOT Saham GoTo

4. Pilih GoTo pada menu e-IPO 

Pada fitur e-IPO, kita akan mendapatkan daftar saham yang akan melakukan IPO.

Kita harus memilih saham yang kita akan ikut berpartisipasi dalam IPO saham tersebut.

Nanti, kita beli melihat GOTO di dalam daftar saham yang akan melakukan IPO.

Sebaiknya, kita pelajari dahulu kinerja perusahaan yang akan IPO tersebut. Bisa membaca dokumen prospektus yang bisa diunduh langsung di aplikasi IPOT.

Kita bisa juga ikut public expose. Di dalamnya management akan presentasi soal perusahaan, kinerja, rencana bisnis, termasuk rencana penggunaan dana IPO.

Pilih GoTo pada menu e-IPO  di IPOT

5. Baca Jadwal IPO GoTo

Setelah pilih saham yang kita akan ikut, selanjutnya bisa melihat informasi lengkap, termasuk jadwal penawaran perdana tersebut, yang terdapat di aplikasi IPOT.

Informasi tersebut terdapat di prospektus GoTo yang tersedia secara gratis di IPOT.

Informasi di dalam prospektus terkait:

  • Harga / Lembar
  • Public Expose
  • Peminatan Awal
  • Penawaran Umum
  • Listing

Harga merupakan indikasi harga IPO di saat book building. 

Public expose merupakan jadwal presentasi dari pihak management. 

Peminatan awal atau book building merupakan jadwal investor memasukkan jumlah order yang diinginkan dan harga yang diajukan.

Penawaran umum adalah jadwal investor harus menyetorkan dana untuk menyelesaikan order pembelian. Harga IPO sudah final di penawaran umum.

Listing merupakan tanggal saham tercatat di Bursa Efek Indonesia, sehingga investor bisa melakukan jual beli saham.

6. Masukkan Book Building

Dalam proses IPO, penentuan harga penawaran saham menggunakan metode book building. Book building dikenal dengan istilah peminatan awal.

Di saat book building tersebut, investor memasukkan harga yang diminati dan jumlah lot yang akan dibeli. Harga pad periode book building belum final.

Baca Juga  Beda Investasi vs Trading Saham, Mana Lebih Sukses

Tujuan book building adalah pihak penyelenggara IPO atau penjamin emisi (underwriter) membentuk harga pooling berdasarkan minat investor yang memesan saham tersebut. Makanya investor diminta memasukkan harga indikasi dan jumlah lot yang akan dipesan.

Setelah masa book building selesai, underwriter akan menentukan harga pooling yang merupakan harga IPO di penawaran umum.

Investor punya pilihan kapan order. Bisa di masa masih book building atau sudah masa penawaran umum. Jadwalnya bisa dilihat di aplikasi IPOT atau prospektus IPO saham.

Bedanya kalau book building, harga IPO masih bisa berubah, sementara saat penawaran umum harga IPO sudah final. 

Masukkan Book Building Saham GoTo di IPOT

7. Isi Harga Saham dan Jumlah Lot akan Dibeli

Langkah selanjutnya, kita harus mengisi harga saham dan jumlah lot yang akan dibeli. Disini kita mengisi untuk harga book building.

Misalkan harga yang kita masukkan sewaktu bookbuilding lebih rendah dari harga pooling, maka pemesanan order akan ke drop dan harus input ulang

Sebaliknya, kalau harga yang dimasukkan saat masa bookbuilding diatas harga pooling, order itu akan langsung di ikutkan ke harga pooling tersebut.

Misalkan harga bookbuilding 316  – 346, lalu kita input di bookbuilding harga 200

Kemudian di tanggal penawaran umum harga terbentuk di 346, maka pemesanan yang dilakukan drop, harus input ulang dengan harga baru.

Sebaliknya, jika harga yang diinput diatas 346, maka otomatis akan ikut dalam penawaran umum.

Isi Harga Saham dan Jumlah Lot akan Dibeli DI IPOT

8. Klik Order Pesan IPO

Setelah yakin saham GoTo yang akan dibeli dan memasukan harga serta kuantitas, kita klik Order. Ini artinya kita memesan saham tersebut untuk ikut dalam IPO. 

Setelah klik order, kita akan mendapat notifikasi order berhasil. 

Klik Order Pesan IPO Saham GoTo di IPOT

9. Cek Order IPO Masuk

Kita bisa cek kembali apakah order IPO sudah masuk di bagian History Order. Kita dapat mengedit order yang telah kita input dengan klik icon pen pada History Order. Pastikan dana tersedia di RDN rekening reguler IPOT untuk pemesanan saham GoTo. 

Cek Order IPO Masuk Saham GoTo di IPOT

10. Setor Dana

Kita harus menyetorkan dana pembelian saham IPO ke Rekening Dana Nasabah (RDN) sesuai jadwal maksimal penyetoran dari Indo Premier Sekuritas. Pantau terus notifikasi, email, dan media sosial @indopremier ya untuk informasi lebih lanjut. 

11. Penjatahan Penawaran Umum

Kita akan menerima penjatahan saham IPO GoTo pada tanggal yang telah ditentukan dalam jadwal penawaran umum. Jadwal listing merupakan tanggal saham sudah bisa diperdagangkan di BEI.

Hasil penjatahan akan otomatis muncul di portofolio saham di aplikasi IPOT. Biasanya pada hari H tanggal listing sudah muncul dan bisa bertransaksi di Bursa Efek Indonesia. 

Baca Juga  Beda Stockbit Bibit vs Mirae Sekuritas, Mana Broker Saham Terbaik

12. Refund Dana IPO

Ketika jatah saham IPO yang diperoleh lebih kecil dari jumlah yang dipesan, kita akan mendapatkan refund dana.

Refund IPO paling cepat di tanggal distribusi saham, kita dapat cek mutasi kas dan RDN untuk melihat apakah dana sudah terima atau belum.

Tips Sukses IPO Saham GoTo di IPOT

IPO adalah kesempatan orang untuk menjadi bagian dari GoTo dan meraih keuntungan dalam jangka panjang. Apa hal yang penting diperhatikan ketika melakukan IPO:

1. Pilih Sekuritas yang Aman Terpercaya

Kita pastikan melakukan IPO di sekuritas yang aman dan terdaftar di OJK. Bisa dicek apakah sekuritas tersebut punya lisensi dan izin resmi dari OJK. IPOT, jelas, memiliki izin dari OJK dan sudah sangat berpengalaman dalam hal IPO. 

Indo Premier Sekuritas telah terdaftar dan diawasi OJK sejak tahun 2002 serta memiliki banyak pengalaman dan prestasi sebagai underwriter. Sampai tahun 2021 lalu Indo Premier telah membantu mencatatkan 28 saham di Bursa Efek Indonesia dengan total dana terhimpun mencapai Rp18 triliun. 

2. Daftar Online Lewat e-IPO

Kemajuan teknologi memungkinkan proses pembelian saham IPO dilakukan semuanya secara online. Tidak perlu lagi bertatap muka dan datang ke kantor cabang sekuritas.

Contohnya di aplikasi IPOT, nasabah bisa langsung melakukan pendaftaran IPO GoTo secara online dengan sangat mudah.

3. Pastikan Punya Rencana Portfolio Management

Semenarik apapun IPO, kita harus memiliki portfolio management yang baik, yaitu dengan memperhitungkan keuntungan dan resiko.

Jangan menaruh semua uang kita di satu saham tetapi membagi ke berbagai saham dengan membentuk portfolio.

Ini bagian dari diversifikasi risiko dan manajemen resiko supaya investasi di saham bisa aman dan berkelanjutan.

4. Baca Prospektus

Penting sekali sebelum berinvestasi di saham IPO, kita membaca prospektus untuk mendapatkan gambaran soal kinerja perusahaan yang kita akan beli sahamnya. Dari penjelasan di prospektus, kita bisa menganalisa kelayakan saham tersebut.

5. Visi Investasi Jangka Panjang

Investasi di saham akan optimal jika dilakukan dalam rentang waktu jangka panjang. Kurang tepat untuk investasi saham di jangka pendek.

Untuk bisa mewujudkan investasi di saham yang jangka panjang, kita perlu mempersiapkan diri dengan baik. Baik dari segi analisa maupun dari sisi perencanaan keuangan.

Kita perlu memastikan bahwa uang yang diinvestasikan untuk membeli saham adalah uang ‘dingin’, yang tidak dibutuhkan dalam jangka lama.

Kita juga perlu melihat apakah perusahaan punya prospek jangka panjang yang baik.