Cara Beli Saham IPO Secara Online di e-IPO dan Stockbit Sekuritas

Saat ini tren perdagangan saham tidak lagi menjadi privilege orang tertentu saja. Dengan kemudahan informasi dan meningkatnya penghasilan masyarakat, jual beli saham menjadi alternatif untuk berinvestasi selain emas. Terutama di masa pandemi, di mana hampir 80% aktivitas masyarakat dialihkan melalui daring, mulai dari sekolah, bekerja hingga berinvestasi seperti saham. Sebelum kita mengenal perdagangan saham IPO via online, alangkah baiknya kita pahami keuntungan berinvestasi melalui saham baik yang IPO maupun yang biasa. 

Initial Public Offering (IPO) atau dikenal juga dengan istilah penawaran saham perdana adalah masa dimana sebuah perusahaan baru saja mendaftarkan saham perusahaannya di bursa efek dalam rangka menghimpun dana. Dengan demikian, jumlah saham yang dijual pun terbatas. Begitu juga dengan harganya disesuaikan dengan ‘value’ perusahaan tersebut setelah dinilai oleh pihak yang kompeten.

Bagaimana dengan saham biasa? 

Investasi saham jenis ini sama saja seperti saham IPO. Hanya saja, pada penawaran saham biasa, nilai saham sudah naik dan turun sesuai kondisi perusahaan dan kondisi pasar. Sehingga bisa saja harganya menjadi sangat mahal jika dibandingkan harga ketika peluncuran pertama kali atau sebaliknya menjadi murah karena kondisi perusahaan yang mengalami penurunan. 

Pembahasan ini akan difokuskan pada pembelian saham IPO dengan tujuan memberikan gambaran dan keuntungan dari pembelian saham perdana ini.
 

Manfaat Pembelian Saham IPO

Membeli saham IPO memiliki keuntungan tersendiri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Harga saham IPO belum terbentuk dengan stabil. Sehingga batas ARA (auto reject atas) masih besar yang bisa dicapai oleh saham tersebut yang membuat harganya terus naik. Dengan demikian kesempatan untuk memiliki saham yang nilainya terus bertambah masih terbuka lebar.
  2. Saham merupakan investasi jangka panjang sepanjang umur perusahaan. Sehingga kemungkinan harga meningkat menjadi ratusan kali lipat dari harga perdana adalah hal yang mungkin terjadi. Para investor dengan sinking fund yang besar biasa menginvestasikan dananya untuk tujuan ini.

Seperti halnya Adaro Minerals (ADMR) yang melonjak 635% sejak listing perdana pada 3 Januari 2022 sampai dengan 13 Januari. Bahkan  BEI memutuskan penghentian sementara perdagangan saham ADMR.

Menarik bukan untuk memiliki saham IPO? Terutama bagi investor pemula dimana saham bisa jadi kesempatan untuk melipatgandakan aset. Lalu bagaimana cara membeli saham IPO tersebut? 
 

Pembelian Saham IPO Melalui e-IPO

Jika investor ingin melakukan pemesanan saham perdana secara langsung bisa menggunakan aplikasi e-IPO. E-IPO adalah Electronic Indonesia Public Offering yaitu sistem elektronik dan digital yang berbasis web yang memberikan informasi terkait proses penawaran saham perdana perusahaan. 

Investor diharuskan melakukan registrasi dan mendaftarkan SID Perantara Pedagang Efek (Perusahaan Sekuritas) pada e-IPO. 

Baca Juga  Pengertian Return on Equity (ROE): Formula Rumus, Manfaat, Kelemahan
Investor diharuskan melakukan registrasi dan mendaftarkan SID Perantara Pedagang Efek (Perusahaan Sekuritas) pada e-IPO.

 
Sistem e-IPO yang dikelola pemerintah ini mulai berlaku tahun 2021 dengan tujuan:

  1. E-IPO memberikan kemudahan bagi investor terutama yang retail yang berada di seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam pemesanan saham perdana.
  2. Dengan adanya e-ipo, setiap investor baik retail maupun investor besar memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan saham perdana.
  3. Memberikan partisipasi yang lebih luas kepada broker sebagai selling agent dalam event penawaran saham perdana.
  4. Pasca penawaran perdana, e-ipo memberikan dampak yang signifikan pada likuiditas perdagangan saham di pasar sekunder.
     

Tahapan e-IPO

Dengan manfaatnya yang besar, e-IPO memberikan dampak peningkatan partisipasi investor dalam setiap IPO. E-IPO sendiri mempunyai beberapa tahap dalam menerima pemesanan saham yaitu: 
 

1. Registrasi

  • Buka website e-ipo.co.id di browser kamu
  • Pilih menu register jika kamu baru pertama kali login
  • Setelah itu masukkan email yang akan kamu gunakan sebagai email konfirmasi dan pilih jenis investor sesuai yang kamu inginkan
  • Masukkan data pribadi sebagai data pengenal seperti KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA. Isi data diri yang diminta kemudian klik Send dan I Agree sebagai tanda persetujuan menjadi investor
  • Akan muncul tampilan Registration detail dan klik Register
  • Periksa email kamu karena authentication link sudah dikirim untuk memverifikasi data kamu.
  • Dari email, kamu masukkan kode OTP yang kamu terima ke halaman e-ipo dan dilanjutkan dengan membuat password untuk keamanan.
  • Klik Broker dan isi data broker misalnya Stockbit Trading kemudian dilanjutkan dengan mengisi nomor SID

Selanjutnya broker dalam hal ini Stockbit Trading akan mengecek authentication data dan akan menyetujui jika data yang diinput oleh investor sudah benar dan mengirimkan email ke investor. 
 

2. Informasi pendahuluan

Sebagai investor kamu bisa mendapatkan informasi pendahuluan tentang saham incaran kamu melalui prospektus awal yang diterbitkan oleh perusahaan. Juga informasi range harga bookbuilding dan timeline masa penawaran saham tersebut. Informasi ini sangat berguna untuk calon investor gunakan ketika emiten akhirnya release di lantai bursa. Apakah harga yang ditawarkan emiten sesuai dengan isi prospektus dan memiliki kemungkinan untuk terus meningkat. Di masa ini juga biasanya investor melihat ulang kemungkinan emiten lain sebagai opsi pesanan saham lainnya.
 

3. Penawaran Awal (Bookbuilding)

Pada masa ini, investor mendapatkan gambaran range harga saham dari emiten sebagai pertimbangan harga final dan jumlah saham untuk langkah selanjutnya. Rentang waktu bookbuilding antara 7 – 21 hari kerja. Teknis melakukan bookbuilding adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam web e-ipo.co.id
  • Pilih saham yang ingin kamu pesan dan klik More info
  • Selanjutnya pilih Place Order
  • Mengisi e-form pemesanan yang memuat informasi jumlah lot saham dan harga lalu pilih Send
  • Input kode OTP
     
Baca Juga  5+ Kesalahan Investasi Saham Dilakukan Pemula 2022

4. Penawaran Umum (Offering)

Pada tahap ini, emiten telah efektif mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan untuk memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Emiten dapat melakukan penawaran saham ke masyarakat dengan harga yang sudah final selama 5 hari kerja. 

Untuk investor, harus menyiapkan:

  • Menyiapkan dana di saldo Rekening Dana Nasabah sesuai dengan jumlah saham yang dipesan.
  • Jika dirasa harga final saham sesuai, investor bisa melakukan konfirmasi pesanan order saham sesuai dengan pesanan di masa bookbuilding. Caranya adalah:
    • Login ke web e-ipo.co.id
    • Klik menu Active Order dan pilih View
    • Pilih opsi I Have Read the Prospectus
    • Menyediakan dana sesuai jumlah order saham dan harga finalnya
  • Jika investor tidak melakukan konfirmasi order, maka pesanan saham otomatis dibatalkan.  Jika investor belum pernah melakukan bookbuilding, di masa offering bisa langsung melakukan pemesanan saham dan menyediakan dana di RDN sesuai nominal order.
     

5. Penjatahan (Allocation)

Penjatahan ini akan dilakukan jika jumlah saham dan peminat (investor) tidak sesuai. Ada beberapa istilah allocation yang perlu dipahami:

  • Allotted : masuk dalam penjatahan, artinya pesanan sahammu sudah diterima dan masuk dalam kuota penjatahan.
  • Allotted with scale black : masuk dalam penjatahan namun jumlah pesanan saham tidak full tetapi disesuaikan karena jumlah saham yang terbatas.
  • Not allotted : tidak mendapatkan kuota penjatahan, bisa jadi karena harga yang tidak sesuai maupun jumlahnya yang terbatas.
  • Not carried over : pesanan tidak dapat diteruskan ke kuota penjatahan.
     

Pembelian Saham IPO Melalui Sekuritas

Pilihan kedua adalah membeli saham IPO melalui sekuritas. Kamu harus memiliki rekening saham di broker pilihan kamu terlebih dahulu. Dan cara untuk mendapatkan rekening saham bisa secara offline dan online:
 

1. Perusahaan pialang efek

Pastikan perusahaan pialang efek/broker pilihan kamu adalah perusahaan yang terdaftar di bursa efek dan memiliki kredibilitas yang baik dalam memandu calon investor. Caranya kamu cukup mendatangi kantor broker dengan membawa dokumen diri seperti:

  1. Fotokopi identitas
  2. Informasi domisili
  3. Informasi pekerjaan/usaha
  4. Data ahli waris kamu
  5. Fotokopi nomor rekening buku tabungan

Kemudian kamu mengajukan pemesanan saham kepada broker dengan menyebutkan nama perusahaan dan jumlah lot yang diinginkan. Broker akan membantu kamu membuatkan rekening saham atas nama kamu dan memberikan informasi pemesanan saham jika telah disetujui oleh emiten. Broker akan terus memberikan informasi terbaru hingga saham telah masuk dalam rekening saham kamu.
 

2. Aplikasi Sekuritas

Cara kedua adalah otomasi cara pertama di mana kamu tidak perlu datang ke kantor broker. Cukup dengan login ke aplikasi saham yang dimiliki oleh broker dan mengisi data yang dibutuhkan untuk bisa terdaftar sebagai calon investor. Dengan demikian kamu sudah terdaftar di sistem Jakarta Automated Trading System (JATS).
 

Baca Juga  Cara Beli Saham WIKA Wijaya Karya Buat Pemula

e-IPO di Stockbit

Pembelian saham perdana bisa dilakukan secara manual maupun secara online melalui “menu IPO” pada aplikasi trading saham. Secara manual adalah dengan meminta broker untuk melakukan pemesanan saham yang bisa dilakukan langsung di kantor broker atau melalui alat komunikasi seperti telepon dan email. Sedangkan cara kedua adalah melalui aplikasi trading milik sekuritas. 

Cara yang paling mudah dan ringkas adalah memesan saham IPO melalui aplikasi sekuritas yang telah memiliki fitur e-IPO. Namun, tidak semua perusahaan sekuritas memiliki fitur ini pada aplikasi mereka.

Salah satu sekuritas yang sudah memiliki fitur e-IPO pada aplikasi tradingnya adalah PT Stockbit Sekuritas Digital,- sebuah perusahaan sekuritas yang memberikan pelayanan untuk berinvestasi dan menganalisa saham yang terpercaya. 

Salah satu sekuritas yang sudah memiliki fitur e-IPO pada aplikasi tradingnya adalah PT Stockbit Sekuritas Digital,- sebuah perusahaan sekuritas yang memberikan pelayanan untuk berinvestasi dan menganalisa saham yang terpercaya. 

Aplikasi trading saham yang bernama Stockbit ini memiliki fitur yang friendly dan mudah dipahami oleh calon investor. Sistem yang mudah ini juga sudah terintegrasi dengan bursa efek sehingga investor tidak perlu lagi login ke e-IPO untuk bisa membeli saham IPO

Beberapa manfaat membeli saham e-ipo di Stockbit adalah:

  1. Kemudahan sistem bahkan bagi investor pemula sekalipun
  2. Tidak membutuhkan dokumen fisik dalam registrasi (100% online)
  3. Tidak perlu registrasi ulang
  4. Mendapatkan saham perdana lebih dulu sebelum

Sekarang kita mulai buka aplikasi Stockbit untuk mulai memesan saham e-ipo. Seperti disebutkan di atas, investor tidak perlu registrasi ulang e-ipo karena di dalam aplikasi sudah ada menu e-ipo. Tahapannya adalah:

  1. Download aplikasi Stockbit di smartphone kamu
  2. Registrasi agar bisa login ke Stockbit
  3. Di dalam menu, ada fitur e-ipo
  4. Lihat panduan jika kamu merupakan investor pemula dalam membeli saham e-ipo
  5. Untuk melihat perusahaan yang akan melakukan IPO, klik list saham e-ipo yang ada di menu
  6. Kemudian klik perusahaan yang akan kamu pesan sahamnya
  7. Sebelum memesan, kamu bisa mengecek cara bekerja penawaran saham
  8. Bila sudah paham, barulah isi jumlah lot saham yang akan dipesan dan taksiran harganya
  9. Cek ulang ya pesanan kamu sebelum kamu klik konfirmasi
  10. Jika sudah submitted, artinya pesananmu sudah terkirim tinggal menunggu pesanan kami disetujui.
Sekarang kita mulai buka aplikasi Stockbit untuk mulai memesan saham e-ipo. Seperti disebutkan di atas, investor tidak perlu registrasi ulang e-ipo karena di dalam aplikasi sudah ada menu e-ipo.

Mudah bukan? Kamu bisa melakukan pemesanan saham perdana di aplikasi ini tanpa perlu masuk ke web e-IPO. Dan tentunya pesanan sahammu akan lebih cepat terupdate di aplikasi ini. Selain itu, menu analisa saham yang ada di aplikasi ini membantu investor mendapatkan informasi yang berharga terkait pergerakan harga saham di bursa efek.