Cara Kirim Uang dari Arab ke Indonesia di BRI, BCA, Dana, OVO, GoPay

Transfer uang dari Dirham AED Arab ke Indonesia sekarang mudah dilakukan dan cepat sampai. Biayanya juga murah.

Ini hasil dari kemajuan teknologi fintech dengan aplikasi transfer uang online.

Tidak hanya itu, tetapi transfer uang Dirham Arab ke Indonesia juga dengan nilai tukar yang kompetitif, karena menggunakan mid-rate exchange, tanpa spread, dengan aplikasi kirim uang online.

Uang dari Arab ke Indonesia bisa langsung masuk ke e money seperti GoPay OVO dan DANA, Shopee atau rekening bank BRI, BCA, Mandiri dan seluruh bank di Indonesia

Cara Transfer Uang dari Dirham Arab ke IDR Rupiah di Indonesia

1. Unduh Aplikasi Wise

Download aplikasi transfer dan kirim uang Wise di Google PlayStore. Kita akan menggunakan aplikasi ini untuk transfer uang internasional.

2. Buka Akun di Wise

Buka Akun di Wise

Masukkan data – data diri sesuai dengan dokumen yang kita sampaikan, bisa paspor, ktp, sim.

Unggah dokumen identitas, misalnya paspor, untuk memastikan nama dan data memang sesuai dengan dokumen

3. Buka Rekening Dirham Uni Emirat Arab

Buka Rekening Dirham Uni Emirat Arab

Setelah berhasil punya akun, selanjutnya buka rekening Dirham Uni Emirat Arab di Wise atas nama kita. Tujuan pembukaan rekening Dirham ini agar transfer bisa dilakukan secara lokal.

Ini adalah rekening penampungan di Wise yang bisa menerima uang dalam mata uang Dirham Arab.

4. Terima Uang Dirham Lewat Transfer Bank Lokal

Setelah berhasil membuat rekening, selanjutnya kita mengirimkan uang ke rekening Dirham Arab di Wise ini, yang sudah kita buat.

Pilih fungsi ‘Add’ yang berarti menambahkan uang ke rekening Dirham. Masukkan jumlah yang ingin ditransfer dalam Dirham.

Setelah itu, Wise memberikan pilihan cara transfer, yaitu: credit card, debit card dan transfer via bank (wire money transfer).

Pilih transfer via bank dan akan muncul detil data rekening tujuan Dirham.

Lakukan proses pengiriman uang ke rekening Dirham di Wise.

5. Buka Rekening IDR Rupiah di Wise

Buka Rekening IDR Rupiah di Wise

Kita perlu membuka rekening Rupiah IDR di aplikasi Wise. Rekening Rupiah perlu dibuat agar nanti proses transfer bisa dilakukan secara lokal antara Rekening Rupiah ke Rekening Rupiah.

Proses pembukaan Rekening Rupiah IDR sangat mudah di Wise. Tinggal pilih pembukaan rekening secara online di aplikasi, dalam waktu beberapa saat kita sudah punya rekening Rupiah.

5. Konversi Dirham AED Arab ke Rupiah IDR

Selanjutnya, setelah uang masuk ke rekening Dirham di Wise, kita melakukan konversi Dirham ke rekening Rupiah yang juga sudah kita buat sebelumnya di Wise.

Nilai tukar di Wise dari Dirham ke Rupiah sangat bersaing karena menggunakan mid-rate, yang tidak ada spread (jual beli), sehingga rate menjadi lebih bagus dibandingkan nilai tukar di bank atau money changer.

6. Kirim Uang Rupiah ke Rekening Bank Lokal

Kirim Uang Rupiah ke Rekening Bank Lokal

Setelah Dirham di konversi menjadi rupiah, selanjutnya kita tinggal transfer dari rekening rupiah di Wise ke rekening rupiah di bank tujuan di Indonesia atau ke e-money seperti GoTo, DANA atau OVO.

7. Uang Masuk dalam 24 Jam

Uang Masuk dalam 24 Jam

Uang masuk cukup cepat dalam waktu 24 jam sejak perintah transfer dilakukan.

Apakah Wise Aman, Legal Izin BI, OJK untuk Transfer Uang dari Arab ke Indonesia

PT Wise Payments Indonesia memiliki lisensi dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Transfer Dana dengan nomor lisensi 21/304/DKI/B/14-001.

Menurut saya, Wise aman untuk kirim uang lintas negara. Alasannya:

  • Pengalaman sendiri menggunakan Wise dalam beberapa kali kesempatan tidak pernah ada masalah. Semua berjalan mulus.
  • Review Wise di internet boleh dibilang tanpa cacat. Dan review sangat penting di era internet  karena jika terjadi suatu masalah dengan Wise pasti dengan cepat muncul di internet.
  • Wise memiliki izin berikut “Wise is authorised by the Financial Conduct Authority under the Electronic Money Regulations 2011, Firm Reference 900507, for the issuing of electronic money”.
  • Sudah lebih dari 7 juta orang memiliki akun dan melakukan transaksi lewat Wise.

Kelebihan Transfer Uang dari Arab ke Indonesia dengan Wise

1. Nilai Tukar Kompetitif

Wise menerapkan satu nilai kurs, yaitu kurs mid-rate, kurs tengah, yang mana kita beli dan jual valas dengan kurs yang sama.

Dengan penggunaan mid-rate kurs, kita bisa mendapatkan kurs yang lebih tinggi saat menjual dan kurs yang lebih rendah saat membeli dibandingkan menggunakan spread kurs jual-beli yang dipakai di bank.

2. Mudah Dilakukan via Online

Proses dilakukan online lewat aplikasi dan pembukaan rekening di Wise cukup mengirimkan dokumen identitas dan mengambil foto selfie.

3. Cepat Sampai 24 Jam

Prosesnya cukup cepat, hanya dalam waktu 24 jam, uang dari Dirham Arab sudah masuk ke rekening rupiah di Indonesia

4. Biaya Transfer Murah

Karena proses transfer dilakukan secara lokal, baik antara rekening di Dirham Arab atau antara IDR Rupiah, biaya transfer menjadi murah.

5. Bisa Kirim ke OVO, GoPay, DANA

Wise sudah bisa mengirimkan uang ke e-money di Indonesia, yaitu GoPay dan OVO. Ini suatu keunggulan karena transfer uang dari luar negeri bisa langsung masuk ke Fintech non-perbankan.

Kelemahan Transfer Uang dari Arab ke Indonesia dengan Wise

1. 100% Online, Tidak Ada Kantor Cabang

Wise tidak punya kantor cabang, semua proses dilakukan secara online. Jika ingin menghubungi layanan pelanggan atau call center, kita hanya bisa lewat email atau telepon.

2. Kirim Rupiah ke Wise Tidak Bisa

Saat ini, kita belum bisa mengirimkan Rupiah ke rekening Rupiah di Wise. Kita harus merubah Rupiah ke mata uang asing, seperti US$, CAD atau Euro, baru bisa kirim ke Wise.