Cara Mendapatkan Pekerjaan Online Cepat

Pekerjaan online tumbuh pesat seiring kemajuan teknologi digital. Melahirkan banyak kesempatan jenis pekerjaan baru yang dulu tidak ada.

Pekerjaan online adalah bentuk karir yang dilakukan seseorang dengan mengandalkan Internet sebagai penghubung antara dirinya dan pelanggan atau pemberi kerja. Bagaimana mengantisipasi dan memanfaatkan peluang ini ?

Berikut ini adalah cara mendapatkan pekerjaan online:

1. Asah Skill Spesifik

Mulai membangun skill yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan online. Meskipun tersedia banyak pekerjaan online, tetapi jenis pekerjaanya tetap punya perbedaan dengan pekerjaan di kantor offline.

Karena itu, penting kita membangun skill yang memang diperlukan di pekerjaan online.

Skill yang dibangun sebaiknya spesifik. Semakin spesifik akan semakin bagus karena akan semakin sedikit pesaingnya.

2. Pahami Jenis Pekerjaan Online

Sebelum masuk ke jenis pekerjaan ini, kita sebaiknya pahami dulu bagaimana spesifikasi pekerjaan online.

Karena pekerjaan online mengandalkan Internet sebagai penghubung antara kita dengan pemberi kerja atau klien, maka spesifikasi pekerjaan ini bisa berbeda dengan umumnya pekerjaan yang kita kenal saat ini.

Beberapa perbedaan di pekerjaan online adalah:

  • Proyek dilakukan dalam rentang waktu tertentu. Ada masa – masanya, sehingga kita perlu merencanakan keuangan dengan baik
  • Proyek datang dari lintas negara sehingga kemampuan komunikasi sangat penting
  • Skill dalam pekerjaan online berkembang pesat sekali, sehingga perlu dipastikan untuk selalu up to date dengan kondisi terkini.

3. Buat Portofolio Menarik

Untuk bisa melamar pekerjaan online, kita harus bisa menunjukkan karya. Itulah fungsinya Portofolio.

Portfolio menunjukkan karya yang pernah kita buat. Misalnya, seorang graphic designer, dia akan menunjukkan desain yang pernah dibuat.

Semua karya tersebut disusun dalam satu portfolio.

Bagaimana jika belum punya pengalaman ? jangan khawatir.

Portfolio tetap bisa dibangun meskipun kita tidak punya pengalaman.

Caranya dengan memasukkan proyek pribadi, volunteer atau melakukan analisa studi kasus, yang nanti hasilnya kita bisa masukkan dalam portfolio.

4. Siapkan CV

Selain portfolio, dokumen lain yang juga kita perlu siapkan adalah CV atau Curriculum Vitae. Dokumen ini menunjukkan pengalaman kerja selama ini dan latar belakang kita.

Bagaimana jika belum punya pengalaman ? lagi, jangan khawatir.

Kita bisa mengisi CV dengan pengalaman di kampus atau terlibat dalam kegiatan – kegiatan lain di luar kampus.

Penting kita membuat CV yang singkat, padat tapi to the point sesuai dengan kebutuhan dari pencari kerja.

Itu sebabnya sebaiknya kita mencari tahu kebutuhan pekerjaan dan profil pencari kerja, lalu menyesuaikan isi CV dengan kebutuhan tersebut.

5. Lamar ke Situs Freelancer

Salah satu cara paling cepat untuk mendapatkan pekerjaan online adalah masuk ke situs Freelancer. Contohnya, Upwork atau Fiverr.

Situs freelancer mempertemukan pencari kerja dan pemberi kerja. Jadi, tempat ini menjadi semacam ‘marketplace’-nya Freelancer.

Selain, efisiensi dan efektivitas, situs freelancer juga memberikan perlindungan soal pembayaran proyek, baik untuk pencari kerja atau pemberi kerja.

Pemberi kerja di situs Freelancer, seperti di Upwork atau Fiverr, harus membayar di muka sebelum pekerjaan dilakukan, lalu pembayaran tersebut disimpan di rekening situs freelancer. Nanti, setelah pekerjaan selesai dan dikonfirmasi oleh pemberi kerja, baru uang akan ditransfer ke pekerja.

6. Ikut Kursus Memperbaiki Skill

Berbeda dengan pekerjaan umumnya, jenis pekerjaan online berkembang pesat seiring perkembangan teknologi.

Perubahannya luar biasa cepat. Skill yang dulu belum ada, sekarang muncul baru dan banyak dicari perusahaan.

Contohnya, social media management adalah pekerjaan yang praktis tidak terdengar 5 tahun lalu. Tapi sekarang ini jenis pekerjaan yang permintaannya tinggi sekali.

Karena itu, para freelancer harus terus membekali diri dengan ilmu dan skill terbaru, agar tetap relevan. Jangan sampai ketinggalan informasi.

7. Perbaiki Komunikasi

Komunikasi menjadi faktor krusial dalam melakukan pekerjaan online. Karena prosesnya dilakukan secara remote, pada umumnya.

Karena itu, kita perlu membangun kemampuan komunikasi yang mumpuni. Agar bisa mendapatkan proyek pekerjaan online.

Penguasaan bahasa Inggris tentu saja menjadi keharusan karena klien bisa datang dari berbagai belahan dunia. Proyek yang tinggi nilainya, datang dari negara – negara lain.

Selain bahasa, kemampuan menulis email, melakukan presentasi secara online adalah hal yang penting dikuasai agar pekerjaan online bisa diselesaikan dengan baik dan klien senang.