Cara Mengatasi Lupa PIN Kredivo | Cepat dan Mudah

Bagaimana mengatasi lupa PIN Kredivo ? Kita ulas semua alternatif dan cara – caranya.

Sebagai aplikasi pinjaman online yang memiliki popularitas dan kredibilitas tinggi, Kredivo menyajikan berbagai layanan pinjaman yang bisa digunakan oleh banyak orang dari tiap kalangan.

Di Kredivo ini Anda bisa meminjam dana hingga Rp30 juta dan hal menariknya adalah pinjaman yang Anda ajukan bisa cair dalam rentang waktu beberapa jam. Dengan catatan, seluruh syarat dan ketentuan sudah terpenuhi.

Namun, apa jadinya jika Anda sudah melakukan registrasi akun lalu lupa PIN atau kata sandi yang sudah dibuat? Nah, ini dia yang sering kali menjadi keluhan banyak orang karena jika lupa PIN maka tidak bisa bertransaksi.

Meskipun begitu, jangan khawatir, karena di sini Anda bisa mendapatkan solusinya. Penasaran bagaimana caranya? Berikut di bawah ini langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Lupa PIN Akun Kredivo

Lupa PIN akun Kredivo memang suatu hal yang lumrah terjadi, akan tetapi hal tersebut harus segara diatasi. Itulah mengapa jika saat ini Anda ingin mengakses akun Kredivo yang lupa PIN, Anda hanya cukup mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Langkah 1: Buka aplikasi Kredivo. Pertama, bukalah aplikasi Kredivo di handphone Anda dan pastikan juga telah terkoneksi internet.
  • Langkah 2: Pilih opsi menu “Lupa PIN”. Setelah membuka aplikasi Kredivo, Anda akan disuguhkan dengan tampilan awal berupa menu “Login”. Di tahap kedua ini akan tidak perlu mengisi kolom “Login”, melainkan langsung ketuk opsi “Lupa PIN”.
  • Langkah 3: Masukkan NIK dan nomor HP. Anda akan dimintai untuk memasukkan NIK dan nomor HP yang sebelumnya sudah didaftarkan di akun Kredivo.
  • Langkah 4: Ketuk opsi “Kirim”. Jika sudah, langsung saja ketuk opsi “Kirim” untuk melanjutkan pada tahap berikutnya.
  • Langkah 5: Pergi ke aplikasi Pesan. Nah, sekarang bukalah aplikasi Pesan di handphone Anda, lalu buka juga kotak masuk yang berasal dari Kredivo.
  • Langkah 6: Kunjungi situs reset PIN Kredivo. Selanjutnya, Anda harus mengunjungi link atau situs reset PIN dari Kredivo.
  • Langkah 7: Buatlah PIN baru. Di tahap ketujuh ini Anda harus membuat dan memasukkan PIN yang baru. Lakukan sebanyak 2 kali untuk melakukan konfirmasi. Bilamana sudah, ketuk “Submit”.
  • Langkah 8: PIN akun Kredivo berhasil diganti
Baca Juga  Cara Pinjam Uang di Esta Kapital Fintek

Jika sudah sampai tahap ini, itu artinya Anda sudah berhasil mengganti PIN yang lupa menjadi PIN baru. Untuk mmastiknnya, silakan Anda lakukan Login kembali kea kun Kredivo dengan menggunakan PIN baru.

Cara Ganti PIN Kredivo Secara Berkala

Setelah mengganti PIN lama yang lupa menjadi PIN baru, tahu nggak sih bagaimana cara mengganti PIN Kredivo secara berkala? Hal ini tentu saja tidak lain tujuannya untuk menjaga keamanan akun Kredivo Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, bagaimana caranya? Beriku di bawah ini langkah-langkahnya.

  • Langkah 1: Ketuk menu “Akun”. Pertama, buka aplikasi Kredivo lalu ketuk menu “Akun” yang berada tepat di bagian pojok kanan bawah.
  • Langkah 2: Masuk ke menu “Pengaturan”. Jika sudah, silakan ketuk ikon gerigi yang berada di sudut kanan atas untuk masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Langkah 3: Pilih opsi “Ganti PIN”. Selanjutnya, ketuk menu “Ganti PIN” di tampilan berikutnya.
  • Langkah 4: Silakan lengkapi kolom ganti PIN. Di tahap ini, Anda akan dimintai untuk memasukkan PIN lama dan membuat PIN baru. Jangan lupa untuk memasukkan NIK serta jawaban dari beberapa pertanyaan unik yang sudah disediakan.”
  • Langkah 5: Ketuk “Kirim”. Nah, tanpa berlama-lama lagi langsung saja ketuk opsi “Kirim” dan PIN lama telah tergantikan menjadi PIN baru.

Tips & Trik Agar Tidak Lupa PIN Kredivo

Ini dia yang wajib banget Anda ketahui, jangan salah, lupa PIN Kredivo bukanlah perkara sepele, melainkan perkara cukup besar karena Anda tidak bisa melakukan transaksi jika ingin berbelanja.

Maka dari itu, yuk, ketahui beberapa tips di bawah ini agar Anda tidak lupa PIN Kredivo.

a. PIN Kredivo terlalu rumit

Perlu Anda ketahui bahwa membuat PIN Kredivo memang harus menggunakan kombinasi angka dan huruf yang tidak mudah ditebak, Namun bukan berarti terlalu rumit juga. Hindari hal seperti itu karena akan menyulitkan Anda.

Baca Juga  Penipuan CashCepat Palsu | Apa Ciri Cirinya

b. Tulis PIN Kredivo di note

Untuk meminimalisir lupa PIN, sepertinya Anda perlu mencatat PIN yang sudah dibuat menggunakan aplikasi Note. Hal ini akan sangat membantu Anda.

c. Samakan dengan PIN lain

Nah, ini dia tips yang ampuh banget buat Anda yang tidak mau mencatat PIN akan tetapi gampang lupa. Anda bisa menyamakan PIN Kredivo dengan PIN lainnya, seperti E-mail, ATM, Instagram, dan lain-lain.

Tips Akun Kredivo agar Tetap Aman

Setelah mengetahui tips dan trik agar tidak lupa PIN, tahukah Anda bagaimana caranya agar akun Kredivo tetap aman? Tidak perlu bingung, berikut ini adalah tips mudahnya.

a. Aktifkan “Pertanyaan keamanan”

Untuk meningkatkan keamanan akun agar lebih terjaga, cobalah untuk mengaktifkan pertanyaan keamanan. Agar bilamana ada seseorang yang membobol akun Anda, maka mereka harus bisa menjawab pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh Anda berdasarkan data yang Anda berikan.

b. Hindari meminjamkan akun ke orang lain

Biasanya, banyaknya tingkat kriminalisasi pembobolan akun dikarenakan meminjamkan akun begitu saja kepada orang lain. Padahal hal inilah yang menjadi kesempatan besar bagi mereka membobolnya.

c. Jangan pernah memberikan data pribadi Anda

Data pribadi berupa PIN, nomor handphone, OTP, KTP, jawaban pertanyaan keamanan, hingga nama ibu kandung adalah privasi yang harus benar-benar Anda jaga. Jangan pernah sekali-kali memberikannya kepada orang lain.

Bagaimana Jika Nomor Handphone Hilang?

Tidak hanya lupa PIN akun, terkadang nomor handphone hilang pun tak bisa dihindari. Lalu apa yang akan terjadi? Jangan sampai Anda tidak bisa melakukan transaksi karena tidak secepatnya mencari solusi akan permasalahan yang satu ini.

Sebab itu, yuk, ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini untuk mengatasi nomor handphone yang hilang atau hangus.

  • Langkah 1: Bukalah aplikasi Kredivo
  • Langkah 2: Silakan pilih menu “Profil” yang berada di bagian kanan bawah.
  • Langkah 3: Ketuk opsi menu “Ganti nomor HP”.
  • Langkah 4: Di tahap keempat ini, Anda harus memasukkan nomor HP yang baru, lalu sistem akan mengirimkan kode OTP ke nomor baru tersebut.
  • Langkah 5: Pergi ke aplikasi Pesan dan buka pesan masuk.
  • Langkah 6: Kemudian, salin kode OTP, masukkan, dan lakukan konfirmasi.
  • Langkah 7: Terakhir, untuk memastikan ganti nomor HP berhasil, silakan lakukan Login dengan menggunakan nomor HP yang saru.
Baca Juga  5+ Pinjaman Online Limit Besar Bisa Dicicil OJK (2022)

Demikianlah sederet penjelasan tentang cara mengatasi lupa PIN Kredivo dengan cepat dan mudah. Selain itu juga, Anda bisa mengetahui cara-cara dan tips lainnya tentang Kredivo. Selamat mencoba.