Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online (Amankan Kontak, Jasa)

Cara menghapus data dari pinjaman online menjadi penting diketahui ditengah maraknya fintech dan banyaknya pinjol ilegal.

Menghapus data dari pinjaman online bisa dilakukan dengan menghubungi perusahaan pinjaman online, hapus data kontak dan delete aplikasi,  melaporkan ke OJK. 

Namun, perlu diketahui bahwa menghapus data tidak menghilangkan kewajiban pembayaran ke pinjaman dan penggunaan jasa hapus data tidak efektif malah merugikan.

Mari simak secara lengkap, cara menghapus data dari pinjaman online.

Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Simak cara menghapus data dari pinjaman online berikut ini.

1. Menghubungi nomor layanan pelanggan dari pinjaman online

Cara ini bisa dilakukan jika Anda telah melunasi pinjaman sesuai dengan tenor dan jumlah yang dibayarkan. Pastikan juga, Anda menerima dan menyimpan bukti pembayaran pinjaman dengan baik agar bisa menunjukkannya jika diminta sebagai dokumen pendukung untuk proses penghapusan data.

Anda disarankan untuk menghubungi nomor layanan agar layanan bisa didapatkan secara interaktif.

2. Hapus Data Secara Manual dari Smartphone

Jika belum melunasi pinjaman namun ingin menghapus data dari pinjaman online, Anda bisa melakukannya sendiri dari pengaturan smartphone. Sayangnya cara ini keberhasilannya belum 100% karena tidak ada konfirmasi yang dilakukan dengan pihak pinjaman online.

Lakukan cara berikut.

  1. Buka pengaturan smartphone
  2. Gulir ke bagian aplikasi
  3. Pilih aplikasi pinjaman online yang akan dihapus datanya
  4. Pilih opsi hapus cache

3. Menghapus Aplikasi Pinjaman

Cara ini sangat disarankan jika Anda sudah terdaftar sebagai pengguna aplikasi pinjaman online yang belum mengajukan pinjaman. Inilah cara selengkapnya untuk menghapus aplikasi pinjaman.

  1. Buka menu
  2. Jika melihat icon aplikasi pinjaman online, jangan langsung membukanya
  3. Tahan icon tersebut selama beberapa saat hingga muncul opsi “uninstall”
  4. Klik “uninstall”
Baca Juga  Apakah Ringan Pinjaman Aman Resmi Terdaftar Legal di OJK

4. Melakukan Penggantian SIM Card

Cara ini akan lebih efektif jika Anda telah menjalankan alternatif 1,2, dan 3 dalam penghapusan data pinjaman online. Penggantian ini bertujuan untuk melindungi Anda dari spam SMS penawaran pinjaman online yang pernah Anda gunakan sebelumnya. 

5. Hubungi OJK

OJK bergerak untuk mengawasi pinjaman online di Indonesia. Jika Anda sudah melakukan segala upaya untuk penghapusan data namun masih mendapatkan ketidaknyamanan atas penyalahgunaan data oleh pinjaman online, hubungi layanan pelanggan OJK.

Pertimbangan Sebelum Menghapus Data dari Pinjaman Online

Berbagai hal yang harus diperhatikan.

1. Pahami Perjanjian Pinjaman 

Jika pinjaman online masih berhak melakukan penagihan pinjaman dengan cara lain meskipun data Anda terhapus, bisa dibilang upaya penghapusan data tidak berdampak secara signifikan

2. Risiko Pinjaman Online Menagih ke Orang Terdekat

Meskipun data Anda terhapus, beberapa aplikasi pinjaman online bisa mendapatkan data orang terdekat Anda untuk dihubungi guna keperluan penagihan pinjaman.

3. Lunasi Pinjaman

Jika Anda tidak ingin mendapatkan penagihan terus menerus, tidak ada jalan lain selain melunasi pinjaman yang diajukan. Ini adalah bentuk tanggung jawab Anda sebagai pengguna pinjaman 

Tips Melindungi Data Pribadi

Resiko mengajukan pinjaman online adalah penggunaan data pribadi. Kita bisa melindungi data pribadi dengan melakukan hal – hal berikut:

A. Izin Akses Aplikasi Pinjaman Online Patut Dicurigai

Dengan adanya kecanggihan smartphone untuk menginstall aplikasi tambahan, pengguna bisa memilih berbagai aplikasi yang cocok untuk digunakan sesuai kebutuhan. Namun, saat menginstalnya, pengguna wajib memberikan akses tertentu pada data handphone agar bisa menggunakan aplikasi dengan optimal.

Hal ini tidak menutup aplikasi pinjaman online untuk meminta berbagai akses data ke smartphone pengguna. Pinjaman online resmi hanya boleh meminta 3 data smartphone pengguna, yaitu camera, microphone, dan location. 

Baca Juga  Cara Belanja di Bukalapak Bayar Menggunakan Indodana 2022

Segera uninstal aplikasi pinjaman online di handphone Anda jika terbukti meminta data smartphone berikut.

  1. Kontak nomor telepon
  2. Informasi koneksi WiFi
  3. Panggilan ke nomor telepon tertentu secara langsung
  4. Membaca identitas pada smartphone
  5. Dan izin lain selain camera, microphone, dan location

B. Cara Mengamankan Kontak dari Pinjaman Online

Untuk mengamankan agar kontak Anda tidak disalahgunakan oleh pinjaman online, silakan terapkan berbagai langkah berikut.

  1. Pergi ke menu pengaturan/settings yang ada di Smartphone milik Anda
  2. Cari aplikasi pinjaman online yang ingin Anda lindungi kontak Anda darinya
  3. Pilih opsi “Izin” dan “non aktifkan semua”
  4. Gunakan nomor SIM card baru
  5. Ganti nomor yang telah tersambung ke Whatsapp
  6. Selalu non-aktifkan GPS
  7. Jangan gunakan nomor SIM card yang baru untuk tersambung dengan aplikasi apapun

C. Kenapa Menghapus Data dari Pinjaman Online? 

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang terganggu dengan adanya penawaran pinjaman melalui SMS dan WA yang dilakukan oleh pelaku pinjaman ilegal. Untuk itu, penting untuk menghapus data dari pinjaman online agar nomor handphone tidak terkena spam.

Selain itu, ada juga komunitas masyarakat yang sengaja menunggak pembayaran pinjaman yang secara sadar ingin menghindari proses penagihan dengan menginginkan cara menghapus data dari pinjaman online. Meskipun kasus ini tidak dibenarkan, nyatanya mereka tetap ingin data mereka aman tanpa harus menghadapi konsekuensi penagihan pinjaman.

Intinya, dengan menghapus data dari pinjaman online masyarakat bisa memegang kendali atas data diri mereka.

D. Baca Kebijakan Privasi

Di semua pinjaman online P2P yang resmi dan legal wajib mencantumkan kebijakan privasi. Isi kebijakan privasi, salah satunya, soal penggunaan dan perlindungan data pribadi.

Di dalam kebijakan privasi, kita bisa membaca data apa saja yang diambil oleh pinjol dan bagaimana komitmen perusahaan untuk melindungi data pribadi tersebut.

Baca Juga  8 Ciri Ciri Pinjaman Online Resmi Tidak ilegal

Termasuk jika data pribadi dibagikan ke pihak ketiga, kita perlu tahu bagaimana proses perlindungan data tersebut.

Apakah Ada Jasa Hapus Data dari Pinjaman Online?

Publik menilai bahwa jasa untuk hapus data dari pinjaman online merupakan hal yang bisa mengacu pada penyalahgunaan data di kemudian hari karena pelakunya tidak memiliki izin untuk mengumpulkan data secara resmi. Jadi, lebih baik hindari jasa ini agar data diri Anda tetap aman.