Cara Menutup dan Pelunasan KTA BRI

Proses penutupan dan pelunasan KTA BRI adalah dengan menghubungi call center layanan pelanggan, membayar lunas sisa tagihan, menyelesaikan biaya pelunasan dipercepat dan menerima surat lunas dari BRI.

Prosedur penutupan dan pelunasan KTA penting dipahami oleh nasabah pinjaman untuk memastikan bahwa seluruh hutang lunas, tidak ada pinjaman KTA BRI di BI Checking dan SLIK OJK.

Proses dan langkah untuk pelunasan dan menutup KTA BRI adalah sebagai berikut:

1. Hak Pemegang KTA Melakukan Pelunasan Pinjaman

Sesuai dengan Syarat dan Ketentuan di perjanjian kredit, nasabah berhak melakukan penutupan dan pelunasan KTA sebelum jatuh tempo.

2. Pengajuan Tertulis Penutupan KTA

Nasabah melakukan permohonan pengakhiran/penutupan KTA dengan mengajukan permohonan secara tertulis kepada BRI atau menghubungi fasilitas Layanan Pelanggan Call Center BRI.

3. Nasabah Melunasi Sisa Kewajiban Angsuran

Nasabah wajib untuk memenuhi setiap kewajibannya yang belum diselesaikan pada saat terjadinya penutupan dan pelunasan KTA.

KTA akan diakhiri/ ditutup setelah semua kewajiban baik yang telah dibukukan maupun yang belum dibukukan telah dilunasi oleh nasabah.

Kalau nasabah belum melunasi seluruh tagihan, maka pengakhiran/penutupan KTA BRI menjadi batal.

4. Wajib Membayar Biaya Pelunasan Dipercepat

Nasabah wajib membayar biaya pelunasan dipercepat KTA BRI ketika melakukan pelunasan KTA sebelum masa jatuh tempo berakhir.

Besarnya biaya pelunasan dipercepat telah ditetapkan dalam Perjanjian Kredit yang telah disetujui nasabah pada saat persetujuan pinjaman.

5. Lama Penutupan KTA

Setelah seluruh kewajiban dilunasi oleh nasabah, BRI melakukan proses pengakhiran/penutupan KTA dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) Hari Kerja.

6. Penutupan KTA Akibat Pailit, Meninggal Dunia

Apabila nasabah KTA BRI pailit, berada dalam pengampuan atau meninggal, maka kurator atau pengampuan atau ahli warisnya wajib melunasi seluruh kewajiban pembayaran yang tertunggak kepada BRI dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

7. Hak Bank Mengejar Sisa Kewajiban

Dalam Perjanjian Kredit disebutkan bahwa nasabah KTA memberikan kuasa kepada BRI untuk setiap saat mendebet/memotong sebesar tagihan yang tertunggak atas rekening perbankan nasabah KTA dengan urutan sebagai berikut:

  • Rekening koran,
  • Rekening tabungan,
  • Rekening deposito,
  • Rekening-rekening lain atas namanya yang ada di BRI dengan pemberitahuan, guna pelunasan/pembayaran seluruh kewajiban-kewajiban KTA BRI nasabah yang masih adaI.
  • Kuasa untuk mendebet dan menggunakan dan/atau mengakhiri/menutup dan memblokir tersebut hanya akan berakhir apabila KTA BRI telah diakhiri/ditutup dan tidak ada lagi kewajiban-kewajiban nasabah kepada BRI yang masih harus dipenuhi.

8. Pemberian Surat Lunas

Bank BRI akan mengeluarkan surat lunas atas pelunasan Pinjaman KTA.

9. Status Lunas Pinjaman KTA BRI di BI Checking, SLIK OJK

Status nasabah di BI Checking dan SLIK OJK terkait pinjaman KTA BRI akan lunas. BRI wajib memperbaharui status nasabah di BI Checking dan SLIK OJK.