Cara Mudah Transfer Uang di Smartphone

Maraknya penggunaan smartphone di Indonesia membuat banyak layanan perbankan sekarang sudah bisa dilakukan via ponsel pintar. Bank berlomba – lomba menyediakan fasilitas tersebut.

Salah satu fitur adalah transfer uang lewat Smartphone yang mudah, aman dan murah.

Berikut ini cara transfer uang dengan Smartphone.

1. Menggunakan SMS Banking

SMS banking adalah layanan yang disediakan oleh bank untuk nasabah melakukan transaksi dengan fitur Short Message Service (SMS). Banyak fitur yang disediakan oleh SMS banking ini.

Salah satunya, dengan SMS banking, kita bisa melakukan berbagai jenis transaksi seperti transfer uang ke sesama bank maupun lain bank, cek saldo, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, dan lain sebagainya.

Setiap transaksi SMS banking biasanya dikenakan biaya pengiriman SMS dengan nominal yang disesuaikan dengan ketentuan masing-masing operator, sehingga tarif SMS banking mungkin akan berbeda jika kita menggunakan operator yang berbeda.

Namun, penggunaan SMS banking kurang praktis karena nasabah harus memasukkan kode-kode tertentu saat akan melakukan transaksi.

Selain itu, kita juga harus mendaftarkan nomor handphone yang nantinya digunakan untuk melakukan transaksi SMS banking.

Keunggulan sms banking adalah semua jenis ponsel bisa melakukan selama terdapat fitur sms.

Jadi buat mereka yang belum punya ponsel pintar, bisa menggunakan sms banking untuk melakukan transaksi perbankan digital.

2. Lewat Aplikasi Mobile Banking

Mobile banking adalah fitur di smartphone yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan transaksi.

Mobile banking hanya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Hal ini disebabkan karena harus menginstal aplikasi mobile banking yang hanya bisa dilakukan melalui smartphone, baik Android (Play Store) maupun iPhone (AppStore).

Jika dibanding SMS banking, mobile banking lebih mudah digunakan. kita hanya perlu masuk ke aplikasi dan memilih menu transaksi sesuai kebutuhan.

Untuk menggunakan aplikasi ini kita perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di Customer Service (CS) untuk memperoleh user id dan password yang nantinya akan digunakan untuk login di aplikasi.

3. Menggunakan Internet Banking di Situs Resmi Bank

Internet banking adalah layanan yang disediakan oleh bank yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi melalui website milik bank yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan tertentu.

Sistem keamanan yang digunakan sangat aman, sehingga kita tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi dengan menggunakan internet banking.

Layanan ini dapat diakses dengan menggunakan gadget apapun, baik itu smartphone, komputer, notebook, dan lainnya asalkan terhubung ke internet.

Untuk menggunakan layanan ini, kita juga harus melakukan aktivasi melalui CS untuk mendapatkan user id dan password.

Keunggulan internet banking adalah punya fitur yang lebih lengkap dan karena bisa diakses via komputer, maka aksesnya bisa lebih mudah.

4. Memanfaatkan Virtual Account (VA)

Virtual account merupakan rekening tidak nyata atau bersifat sementara, yang biasanya digunakan untuk satu kali transaksi.

Virtual account berisikan nomor ID customer yang dibuat oleh bank untuk melakukan suatu transaksi.

Setiap satu transaksi, customer akan mendapatkan satu nomor ID virtual account yang disebut virtual account number (VAN) atau virtual card number (VCN). Nomor tersebut unik dan berbeda-beda dalam setiap transaksi. Satu VCN hanya bisa digunakan satu kali saja sesuai dengan jumlah nominal yang diminta oleh customer.

Saat ini melakukan transaksi lewat VA menjadi pilihan banyak orang. Karena mudah dan murah.