Cara Pinjam Uang di Dana Rupiah

Bagaimana cara mengajukan pinjaman online di Dana Rupiah ? Kita bahas proses, persyaratan dan tips agar pengajuan di Dana Rupiah disetujui.

Berikut proses lengkap dan rinci soal cara pengajuan pinjaman uang secara online di Dana Rupiah 2022:

1. Unduh Aplikasi Dana Rupiah

Masuk ke Google Play Store, silahkan unduh aplikasi Dana Rupiah. Setelah diunduh, masuk ke aplikasi dan muncul pilihan untuk mengajukan pinjaman.

Perhatikan bahwa di aplikasi sudah tercantum logo OJK yang menunjukkan bahwa perusahaan ini terdaftar dan diawasi OJK.

Logo OJK ini penting diperhatikan karena saat ini banyak pinjaman online illegal. Sangat berbahaya mengajukan kredit di pinjol illegal.

Dana Rupiah adalah pinjaman online resmi yang punya izin P2P dari OJK.

2. Verifikasi OTP

Setelah mengunduh aplikasi, konsumen diminta mengisi no ponsel, yang digunakan untuk mengajukan pinjaman (ini wajib), lalu Dana Rupiah akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut yang konsumen harus masukkan kodenya ke aplikasi.

Konsumen harus menggunakan ponsel yang sama untuk mengajukan kredit dan tidak berganti – ganti. Penggantian ponsel bisa menyebabkan penolakan pengajuan.

3. Ajukan Pinjaman di Aplikasi Dana Rupiah

Selesai pembukaan akun dan verifikasi, aplikasi di Dana Rupiah menampilkan plafon dan tenor yang bisa diambil.

Dimulailah proses pengajuan di aplikasi.

Tapi, di tahap ini, peminjam belum bisa pasti akan mendapatkan plafon dan tenor, yang diajukan.

Kenapa ?

Proses di Dana Rupiah meminta nasabah mengisi data secara lengkap, lalu sistem credit scoring Artificial Intelligence (AI) akan mengolah dan kemudian menetapkan berapa besar plafon dan berapa lama tenor yang bisa diajukan.

4. Akses Data Pribadi

Aplikasi meminta calon peminjam menyetujui akses terhadap data pribadi ponsel. Akses data dibutuhkan untuk menganalisa pengajuan pinjaman.

Dana Rupiah meminta kita untuk memberikan akses terhadap data lokasi (berdasarkan GPS) dan kamera. Dengan mengakses data ini, Dana Rupiah bisa memonitor lokasi ponsel.

Baca Juga  Penagihan CashCepat, Apa Debt Collector Lapangan ke Rumah ?

Pastikan bahwa permintaan mengikuti ketentuan OJK, yaitu P2P hanya boleh mengambil data Cemilan, yaitu;

5. Isi Data Pribadi

Isi dan lengkapi data pribadi sesuai dengan formulir dalam aplikasi.

6. Data Pekerjaan

Tahap berikutnya pengisian data pekerjaan dan jumlah penghasilan per bulan. Bagian ini termasuk paling penting karena berdasarkan info ini, fintech menentukan apakah peminjam punya kemampuan keuangan untuk mengembalikan pinjaman atau tidak.

Data yang wajib diisi adalah:

  • Jumlah penghasilan per bulan
  • Lama Masa Kerja
  • Nama Perusahaaan
  • Kota Perusahaan
  • Tanggal Penerimaan Gaji
  • No Telepon Perusahaan

7. Perjanjian Pinjam Meminjam

Baca dan pahami perjanjian pinjaman. Hal – hal yang penting dicermati dalam perjanjian adalah:

  • Bunga pinjaman
  • Biaya admin.
  • Ada tidaknya potongan dari pencairan
  • Denda keterlambatan
  • Biaya pelunasan dipercepat

8. Isi Kontak Darurat

Isi dan lengkapi data kontak darurat, seperti no ponsel, nama dan hubungan dengan nasabah, sesuai dengan formulir dalam aplikasi. Diwajibkan menuliskan paling tidak 3 kontak darurat.

9. Ambil Foto KTP

Ambil foto e-KTP dengan kamera di ponsel yang digunakan untuk membuka rekening. Pastikan bahwa foto eKTP jelas, bukan fotocopy, seluruh KTP masuk dalam frame dan sistem bisa membaca isi KTP dengan jelas.

Sistem di aplikasi akan membaca isi data di KTP. Pastikan data KTP yang dibaca sistem sudah benar.

Foto KTP yang sudah diambil akan dibaca oleh mesin AI (Artificial Intelligence) Dana Rupiah. Hasilnya ditampilkan dan peminjam harus melakukan konfirmasi atas kebenaran data tersebut.

10. Foto Selfie dan Verifikasi Wajah

Ambil foto selfie dengan kamera ponsel dimana aplikasi Dana Rupiah berada. Tidak diperbolehkan mengambil dengan kamera dari ponsel HP lain.

Pastikan bahwa hasil foto selfie jelas, tidak kabur dan sesuai panduan dari pihak Dana Rupiah. Hasil foto selfie penting karena akan dibaca oleh sistem AI Dana Rupiah untuk dianalisa.

Baca Juga  10 Produk Aplikasi Pinjaman Online Tunai 2022

11. Data Rekening Bank

Untuk tujuan pencairan, rekening bank wajib diisi dengan nama di rekening yang sama dengan nama pengajuan. Tujuannya untuk menghindari kemungkinan fraud atau penyalahgunaan.

Untuk memastikan itu, aplikasi Dana Rupiah secara otomatis mengambil nama pengajuan (nama di KTP) sebagai nama rekening. Nama rekening tidak bisa dirubah lagi.

Hal ini akan jadi masalah buat mereka yang nama di KTP berbeda dengan nama di rekening. Sistem Dana Rupiah tidak memungkinkan itu.

12. Pinjaman Diproses

Setelah semua data dimasukkan, sistem credit scoring Dana Rupiah akan mengolah dan memunculkan rekomendasi plafon dan tenor pinjaman yang bisa diambil.

13. Verifikasi Kredit

Proses verifikasi di Dana Rupiah ini mempermudah dan meningkatkan kemungkinan kredit disetujui.

Masalah nasabah akan dihubungi atau tidak, tergantung dari kebijakan kredit di Dana Rupiah, yang sebagian besar sudah menggunakan sistem credit scoring.

14. Persetujuan dan Plafon Disetujui

Keputusan credit scoring adalah final, yaitu approve atau reject, disetujui atau ditolak.

Plafon yang direkomendasikan buat aplikasi bisa lebih rendah dibandingkan plafon awal yang ditampilkan ketika membuka aplikasi. Kemungkinan karena ini adalah pinjaman pertama.

Nanti setelah melunasi pinjaman pertama, peminjam bisa mengajukan kenaikan limit pinjaman. Kenaikkan ini memungkinkan peminjam mengambil jumlah pinjaman lebih besar di kesempatan berikutnya.

Aplikan yang pengajuan ditolak, bisa mengajukan kembali. Kapan pengajuan kembali bisa dilakukan akan disampaikan di dalam aplikasi.

15. Lama Persetujuan dan Pencairan

Dana Rupiah akan memberikan persetujuan dalam waktu singkat tidak sampai 24 jam dan mencairkan pinjaman dalam 2 hari kerja. Konsumen akan menerima notifikasi melalui aplikasi setelah dana ditransfer ke rekening bank yang terdaftar.

Pencairan dilakukan ke rekening bank yang sudah didaftarkan. Harus dipastikan bahwa rekening bank atas nama yang sama dengan pengajuan

Baca Juga  Beda AdaKami VS Kredivo, Dimana Bunga Murah Terbaik

16. Penagihan Gagal Bayar, DC Datang ke Rumah

Dana Rupiah akan mengirimkan sms ke nomor HP Anda 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan Anda melakukan pelunasan.

Proses collection mengikuti tahap sebagai berikut:

A. Cara Pembayaran Dana Rupiah

Peminjam dapat melakukan pelunasan melalui ATM, Mobile Banking dan Internet Banking.

B. Collection

Ketika nasabah telat membayar melewati tanggal jatuh tempo, perusahaan Dana Rupiah melakukan proses collection, yang terdiri atas:

  • Desk Collection, yakni penagihan-penagihan yang menggunakan sarana- sarana komunikasi termasuk namun tidak terbatas pada telepon, SMS, Whatsapp, email, apps-reminder/robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) dan sarana-sarana komunikasi lain;
  • Field Collection Kunjungan, yakni penagihan yang dilakukan secara langsung, melalui kunjungan ke daerah/tempat domisili Penerima Pinjaman.

C. Kunjungan Debt Collector Dana Rupiah Saat Gagal Bayar

Umumnya, fintech menekankan pada proses penagihan melalui telepon di desk collection. Namun penagihan kunjungan akan dilakukan jika dibutuhkan.

Jika nasabah sudah hilang kontak, barulah proses kunjung field collection ke rumah dan kantor dilakukan.

Pihak ke-3, agency collection atau dikenal sebagai debt collector bisa digunakan, terutama di tahap field collection. Dilakukan sebagai bagian dari efisiensi operasional fintech, sehingga fintech dapat fokus pada operasional utama seperti proses underwriting.

Jadi, kalau debitur mengambil Dana Rupiah, harus siap – siap dikunjungi oleh debt collector ketika pembayaran kredit menunggak. Apalagi jika pembayaran sudah terlambat lebih dari 30 hari.

D. Denda Keterlambatan

Dana Rupiah menerapkan denda keterlambatan pembayaran yang tinggi. Besarnya denda keterlambatan bisa dilihat dalam perjanjian kredit saat pinjaman disetujui.

Baca Juga: Penipuan DanaRupiah