Dimana Beli Emas Antam ? Tempat Jual Beli Aman Terpercaya

Emas Antam tetap menjadi incaran banyak orang yang berinvestasi di logam mulia. Karena Antam dianggap punya kualitas gold terbaik.

Emas batangan ANTAM LM terjamin keaslian dan kemurniannya dengan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association). 

Kami melakukan survei ke beberapa tempat untuk tahu dimana tempat yang aman untuk beli emas Antam.

Ternyata, sekarang beli emas Antam tidak hanya ke toko emas saja, tetapi juga bisa ke platform emas online.

Jangan khawatir, emas digital dilindungi secara resmi oleh Bappebti dan bisa dcetak menjadi emas fisik.

Rekomendasi tempat jual beli emas Antam yang aman dan terpercaya adalah:

1. Brankas Antam

Salah satu unit usaha Antam adalah Brankas LM yang melakukan jual beli emas.

Kita bisa menabung emas lewat Brankas LM.

BRANKAS adalah alternatif penyimpanan emas oleh PT ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia dengan menawarkan kelebihan bahwa:

  • Aman : dijamin oleh Antam dan di-back up fisik
  • Kelola : dikelola secara mandiri oleh konsumen
  • Emas : emas kemurnian 99,99%
  • Sertifikat berstandar LBMA (London Bullion Market Association)

2. Kantor Pusat Antam

Jika berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, kita bisa datang ke kantor pusat Antam untuk membeli emas secara langsung.

Kantor pusat PT Antam berlokasi di Jalan Simatupang, Jakarta Selatan. Selain membeli emas, di kantor ini kita juga bisa menjual emas kembali.

Tapi perlu diingat, harga emas di kantor pusat Antam lebih tinggi dibandingkan di lokasi lainnya. Agak aneh, tapi itu faktanya.

3. Butik Emas Antam

Antam menyediakan juga butik emas yang tersebar di berbagai kota. Hampir di seluruh ibukota provinsi, sudah ada butik emas Antam.

Di butik tersebut, kita bisa membeli emas dengan mudah. Biasanya butik emas buka di hari-hari kerja dari jam 9 pagi hingga 1 siang.

4. Tokopedia Emas

Di Maret 2018, Tokopedia meluncurkan produk Tokopedia Emas. Produk emas ini memberikan kemudahan Toppers (pengguna Tokopedia) untuk membeli dan menabung emas digital dalam jumlah (gram) kecil.

Alasan utama berinvestasi emas di Tokopedia adalah karena beli/jual emas bisa hanya lewat genggaman lewat smartphone. Dengan begini kita tidak perlu keluar rumah hanya untuk transaksi emas. Selain itu, alasan lainnya adalah tidak dikenakan biaya apapun saat membeli, menjual ataupun biaya bulanan.

5. BukaEmas Bukalapak

BukaEmas adalah fitur di Bukalapak sebagai layanan jual beli emas dengan fasilitas penitipan antara pengguna dan Indogold (PT Sinar Rezeki Handal).

Dengan begitu sebenarnya Bukalapak bukan penjual dan/atau penyedia emas pada fitur BukaEmas, sebab emas dijual oleh Indogold.

Di BukaEmas kita bisa membeli emas dengan minimum pembelian 0,0001 gram. Minimum pembelian itu bisa kita tebus dengan harga kurang dari Rp100.

Kita bisa mengambil emas batangan di BukaEmas jika beratnya sudah lebih dari 1 gram.

6. Bank Syariah

Kita bisa membeli emas Antam di bank-bank Syariah, sebut saja di antaranya yang populer adalah bank Muamalat dan Bank Syariah Indonesia.

Keuntungan membeli emas Antam di tempat ini adalah keberadaan bank-bank syariah di kota-kota kecil dan kita bisa membelinya dengan prinsip-prinsip syariah.

Kita juga bisa membeli emas Antam dengan cara kredit alias mencicil, dan bank juga menawarkan layanan gadai dengan harga yang cukup tinggi yaitu sebesar 95% dari harga pasar.

7. Toko Emas

Toko emas menawarkan logam mulia batangan Antam. Ini biasanya dijual oleh toko emas yang terdapat di kawasan sentra.

Saat membelinya, kita perlu memeriksa validitas sertifikat yang dikeluarkan oleh toko itu. Pastikan bahwa logam mulia yang dibeli dari toko emas punya sertifikat keaslian.

Hal ini untuk menghindari pemalsuan emas yang tidak sedikit terjadi.

8. Dana eMas

DANA bekerja sama dengan aplikasi investasi yaitu Pluang, untuk hadirkan fitur DANA eMAS sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin menabung atau berinvestasi emas.

Pengguna bisa langsung membeli emas mulai dari 0,01 gram, alias kurang dari Rp10 ribu secara langsung, tanpa biaya tambahan.

Pengguna DANA juga bisa membeli emas lewat program cicilan, mulai 3 bulan sampai 24 bulan.

Meski tidak menyediakan emas secara fisik saat penarikan maupun penjualan, investasi emas lewat DANA eMAS dijamin aman.

Selain sudah terdaftar di BAPPEBTI, emas nasabah akan disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI). Dengan begitu, semua transaksi tercatat baik di aplikasi maupun di badan pemerintah berwenang.

9. Pegadaian Digital

Pegadaian Tabungan Emas adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas, di mana:

  • Pembukaan rekening dan penitipan saldo emas pada PT Pegadaian (Persero);
  • Pembelian (top up), penjualan kembali (buyback) dan pencetakan saldo emas pada PT Pegadaian Galeri Dua Empat (Anak Perusahaan PT Pegadaian (Persero)).

Anda cukup datang ke outlet Pegadaian atau agen Pegadaian ataupun secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa anda download di Playstore atau Appstore. Dengan cara mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor).

Di antara tempat untuk membeli emas Antam, Pegadaian dianggap paling favorit yang paling banyak dipilih oleh masyarakat di tanah air. Disini Anda bisa beli emas, baik secara tunai maupun kredit. Jika dengan tunai, maka Anda bisa membelinya baik secara offline maupun via website resmi pegadaian.

Umumnya, orang-orang akan membeli emas Antam di kantor cabang Pegadaian yang banyak tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia. Perlu diketahui, jika memilih membeli di kantor cabang Pegadaian, mereka umumnya membeli emas Antam dengan cara kredit.

Kita juga bisa menjual kembali emas Antam Anda dengan harga jual sedikit lebih besar (97%) dari harga pasar dibandingkan menjualnya di tempat lainnya (rata-rata 95%)

10. Lakuemas

Lakuemas merupakan aplikasi investasi emas digital yang telah tergabung di Fintech Indonesia, BAPPEBTI, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menariknya, yang menjadi perbedaan Lakuemas dengan aplikasi lainnya adalah aplikasi ini bisa menerima jual beli emas dengan start awal Rp50.000.

Tak terlepas dari itu, Lakuemas juga telah didukung oleh sejumlah tokoemas dan perhiasan di berbagai mall besar Indonesia.

Dengan demikian, kredibilitas dari aplikasi Lakuemas ini terbilang cukup terjamin karena telah bekerja sama dengan banyak pihak.