Download CPU-Z Terbaru

Info Keterangan
Developer CPUID
Version 2.01
File size 4,6 MB
License Freeware

CPU-Z adalah salah satu aplikasi utilitas freeware berupa CPU modern yang berisi serangkaian instruksi untuk mendeteksi dan menampilkan semua data pada perangkat keras dan prosesor komputer. Anda sebagai pengguna PC ataupun laptop, perlu mengetahui spesifikasi komputer dan memantau informasi perangkat yang Anda gunakan. Seperti halnya, saat Anda membeli komputer pasti akan tersedia dus yang di dalamnya terdapat buku panduan beserta informasi perangkat komputer tersebut.

Namun, menggunakan perangkat setiap harinya, akan tidak mungkin jika kita selalu mengecek buku panduan informasi perangkat, terlebih jika buku informasi tersebut hilang. Untuk itu aplikasi CPU-Z ini akan memberikan kemudahan untuk Anda ketika ingin mengetahui spesifikasi komputer secara lengkap kapan pun dan di mana pun. Aplikasi CPU-Z memberikan informasi lengkap mengenai prosesor meliputi: merek, model, jumlah core, tingkat cache, dan sebagainya. Selain itu, CPU-Z juga menampilkan informasi mengenai motherboard dan memori sistem yang meliputi:

  • Nama dan nomor prosesor, codename, proses, paket, dan cache levels.
  • Mainboard dan chipset.
  • Memory type, ukuran, waktu, dan spesifikasi modul (SPD).
  • Real time measurement dari frekuensi internal masing-masing inti, frekuensi memori.

Aplikasi pemantauan sistem ini dikenal lebih komprehensif di hampir semua perangkat komputer dibandingkan dengan utilitas yang disediakan OS Windows. Ini akan mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras serta komponen tertentu tanpa harus membuka casing perangkat, seperti untuk melihat revisi inti dan clock rate RAM, serta informasi dari sistem GPU.

Lihat Juga : Download IDM Terbaru

Fitur CPU-Z

Beragam fitur yang ada pada CPU-Z akan bekerja untuk memindai instruksi dan informasi yang ada di dalam komputer. Berikut ini rangkaian fitur yang telah disediakan di dalam CPU-Z:

Baca Juga  Pengertian Motherboard beserta Sejarah, Jenis, Komponen, dan Fungsinya

1. CPU

Fitur CPU menjadi tab pertama dari CPU-Z yang berisi informasi lengkap seputar CPU. Data informasi yang tertera pada tab ini mulai dari informasi nama CPU, multiplier, nomor thread, nomor soket, power consumption, teknologi, core voltage, pulse rate, model, core speed, dan sebagainya. Informasi yang menyajikan detail CPU akan tertera di sini.

2. Cache

Tab Cache akan memberikan informasi kepada Anda seputar detail cache. CPU-Z memiliki informasi cache dari L1 Cache yang terbagi atas L1 D-Cache dan LI I-Cache. Kemudian beberapa level lainnya seperti L2 Cache dan L3 Cache. Adapun L4 Cache yang tersedia hanya di DRAM.

3. Mainboard

Pada tab Mainboard akan disajikan informasi penting untuk memutakhirkan atau mengganti komponen. Informasi yang tersedia meliputi produsen Motherboard yaitu manufaktur yang memproduksi merek komputer; Model motherboard; Chipset; Soutbridge; BIOS yang menampilkan informasi tentang merek, versi, dan tanggal produksi BIOS; Graphic Interface yaitu informasi mengenai slot kartu grafis pada mainboard, versi yang didukung biasanya PCI-Express dan AGP.

4. Memory

Tab memori memberikan informasi penting tentang kecepatan RAM komputer. Mulai dari tipe, channel, kapasitas, hingga kinerja memori meliputi frekuensi DRAM, latensi, delay, kecepatan perintah, dan lainnya. Adapun informasi lain di tab memori adalah untuk pengguna tingkat lanjut; untuk menemukan informasi yang berguna untuk overclocking. Perlu diperhatikan juga, ketika Anda ingin meng-upgrade RAM pada slot yang kosong, Anda harus menyesuaikan parameter dan kecepatan RAM yang tepat.

5. SPD

Selain beberapa fitur yang telah Anda tampilkan, Anda perlu mempertimbangkan informasi lainnya, salah satunya SPD dari CPU-Z. Tab SPD berisi informasi yang akan Anda perlukan untuk melihat detail yang lebih lengkap. Pada tab ini Anda akan disajikan informasi dari setiap memori stick di setiap slot pada motherboard. Beberapa informasinya mulai dari ukuran chip, jenis RAM dan frekuensi operasi, dan juga timeline.

Baca Juga  Download FMWhatsApp (FM WA) Apk Terbaru 2022, Anti-Banned!

6. Graphics

Tab grafis ini akan memberikan informasi paling utama mengenai GPU, dari nama, manufacturer, ukuran grafis, teknologi GPU dan jenisnya. Adapun alat khusus yang dapat Anda gunakan untuk melihat informasi kartu grafis Anda lebih detail, yaitu GPU-Z.

7. Bench

Tab bench merupakan tab yang akan memberikan informasi mengenai tolok ukur CPU yang berjalan di komputer Anda dengan menjalankan tes kecil. Anda dapat membandingkan CPU Anda dengan CPU yang lain, dengan memilih kotak Referensi berwarna biru.

8. About

About pada utilitas CPU-Z merupakan tab terakhir yang akan memberikan Anda informasi rinci tentang perangkat lunak dan beberapa informasi detail dari sistem. Anda dapat melihat informasi mengenai versi Windows, paket layanan yang di instal, serta versi DirectX.

Lihat Juga : Download TeamViewer Terbaru

Download CPU-Z Terbaru

Penting untuk melakukan pelacakan informasi mengenai prosesor yang berjalan di dalam komputer Anda. CPU-Z sebagai alat pemantauan perangkat keras, tidak hanya memantau CPU Anda, melainkan juga memori, motherboard, dan GPU. Secara garis besar, CPU-Z menjadi cara tercepat untuk melihat detail informasi kecepatan inti CPU, timer, versi BIOS motherboard, dan generasi bus PCI-E pada perangkat. Berkat CPU-Z, Anda akan memiliki gambaran lengkap mengenai informasi yang terjadi di dalam komputer atau laptop. Berikut link download CPU-Z:


Penulis : Anisa Purwandari | Editor : Erga Bayu Aji