Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

Komik merupakan karya sastra modern yang eksistensinya sangat digemari oleh pembaca dari berbagai kalangan genre dan hobi. Ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna aplikasi komik asal Korea yang bernama Webtoon. Sejak aplikasi ini dirilis ke Indonesia dekade silam, mulai banyak dari masyarakat kita yang tergerak untuk membaca komik. Padahal seperti yang kita tahu bahwasanya masyarakat di Indonesia memiliki minat baca yang masih tergolong rendah.

Namun komik sendiri menjadi kasus yang spesial di mana banyak dari pengguna di negeri ini suka untuk menyimak dan membacanya. Apalagi dengan meratanya pengguna smartphone, akses pada platform digital sejenis webtoon menjadi semakin mudah. Bicara mengenai platform baca komik, ada sebuah aplikasi baca komik buatan negeri kita yang memiliki cakupan tema menarik dan lengkap yaitu KomikIndo.

Untuk sebuah platform online penyedia karya baca digital, KomikIndo merupakan alternatif modern untuk Anda yang ingin membaca komik dengan instan, tanpa ribet dan hemat biaya. Karena KomikIndo menyediakan konten bacaan mereka secara gratis dari setiap genre maupun jenis komik yang ingin Anda baca. Misalnya seperti Manga, Manhua, Manhwa di mana jenis dari nama masing-masing komik tersebut sudah sangat dikenal di telinga pecinta cerita bergambar. Agar Anda dapat lebih mengenal KomikIndo dengan lebih dalam, silakan simak beberapa penjelasan mengenai aplikasi ini beserta kelebihan fitur yang dimilikinya.

Lihat Juga : Download Mangaku Pro APK Terbaru

Apa itu KomikIndo?

KomikIndo merupakan aplikasi baca komik berbasis Android yang menyediakan konten manga, manhwa maupun manhua berbahasa Indonesia. KomikIndo juga bisa dikatakan sebagai alternatif yang cocok untuk Anda buat menghabiskan waktu senggang yang membosankan dengan mengisinya melalui beragam cerita yang tersedia dalam bentuk komik digital.

Salah satu fitur yang menarik dari KomikIndo ialah terjemahan bahasa serta dialognya yang relevan dengan genre maupun tema komik bacaan Anda. Pasalnya tidak jarang sebuah platform menyediakan pilihan materi baca dengan varian yang kurang menarik dari segi genre maupun jenis komiknya. Kualitas gambar serta translasi bahasa juga bisa menjadi faktor pertimbangan yang menentukan pembaca untuk betah dalam menggunakan platform baca komik yang mereka gunakan.

Faktor tersebutlah yang mengusung terbentuknya KomikIndo untuk menjadi sebuah platform baca komik gratis dengan varian yang lebih lengkap dari platform sejenisnya. Hal tersebut dapat Anda lihat pada bagian halaman utama KomikIndo yang langsung menyuguhkan komik dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, China dan Indonesia. Namun tak menutup kemungkinan bahwa ke depannya KomikIndo juga akan menyertakan komik garapan dari negara lain apabila memang materi komiknya memiliki pasar yang luas di Indonesia maupun dunia.

Lihat Juga : Download Animasu APK Terbaru

Fitur KomikIndo

Fitur KomikIndo Terbaru

KomikIndo sendiri memiliki ketersediaan fitur yang secara langsung maupun tidak langsung dirasakan oleh penggunanya, beberapa fitur yang dimaksudkan tersebut antara lain.

1. Fitur report

Pemeliharaan sebuah web komik maupun aplikasi komik kadang dapat membuat developer sendiri menjadi lengah terhadap penataan komik yang mereka sajikan pada halaman utama dari komik online mereka. Contohnya seperti bagian highlight komik yang disuguhkan tidak sesuai genre yang tercantumkan, atau isi konten komik berbeda dengan sampul thumbnail.

Bahkan tak jarang ada beberapa chapter yang hilang atau corrupt dari sebagian komik yang mengharuskan pembaca merasa tergantung dengan halaman yang hilang tersebut. Hal inilah yang sebaiknya lebih ditekankan dan diperhatikan oleh pihak developer komik online lainnya, di mana KomikIndo memberikan penggunanya fitur “Report” apabila ada halaman maupun isi konten komik yang tidak sesuai dengan sampulnya.

2. Opsi genre dan jenis beragam

Seorang pembaca biasanya mudah bosan apabila hanya diberikan bacaan dengan judul dan cerita yang terbatas, sehingga mereka memerlukan variasi bacaan dari genre berbeda untuk mendapatkan insight yang lebih luas mengenai ragam sebuah komik. KomikIndo memiliki varian genre yang beragam, seperti Slice of Life, Fantasy, Romance, Romcom, Seinen, Shoujo, Shounen, Action dan masih banyak lagi yang dapat Anda pilih.

Bahkan jenis komik yang populer saat ini yaitu Manhwa asal Korea juga dapat Anda temukan di sini dengan genre yang lengkap pula. Atau jika Anda merasa kurang tertarik dengan Manga maupun Manhwa, KomikIndo masih punya Manhua asal China yang berisi kumpulan cerita mengenai genre Cultivation yang beda dan asyik buat jadi bahan bacaan baru.

3. Update sesuai jadwal

Ketepatan waktu dalam perilisan sebuah komik menjadi suatu yang sangat diapresiasi oleh pembaca, karena alasan ini pula KomikIndo memiliki sumber terpercaya untuk merilis komik mereka dalam waktu yang lebih cepat dari platform lainnya. Hal ini berkaitan dengan sumber perilisan raw komik yang menjadi sumber utama konten KomikIndo di mana selalu memberikan rilisan cepat waktu dan tidak jauh dari jadwal aktual ketika komik tersebut di rilis dari sang kreator komik sendiri.

4. Terjemahan berkualitas

Kualitas terjemahan bahasa tentunya menjadi faktor utama mengapa KomikIndo begitu direkomendasikan untuk menjadi platform baca komik online untuk Anda. Hal ini berkenaan dengan bahasa yang disediakan pada KomikIndo merupakan bahasa Indonesia yang berasal dari translasi bahasa asli pada komik berkaitan misalnya bahasa Inggris, Korea, China dan Jepang.

Baca Juga  Download Microsoft Office 2013 SP1

Di mana pada bahasa aslinya terdapat istilah maupun candaan tertentu, apabila diterjemahkan secara langsung akan memiliki makna yang kurang dipahami oleh kita yang berbahasa Indonesia. Oleh karena itu pihak KomikIndo menyediakan seorang penerjemah khusus yang memang ditugaskan untuk menangani masalah seperti ini, dan menyesuaikan kalimat serta istilah yang kiranya mudah dimengerti maknanya oleh pembaca KomikIndo.

5. Bersahabat dengan spesifikasi rendah

KomikIndo merupakan aplikasi yang tergolong sangat ringan, bahkan aplikasi ini bisa Anda gunakan di smartphone Android berspesifikasi rendah. Bagaimana tidak? KomikIndo hanya berukuran kurang dari 20 MB, sehingga Anda bisa mengunduhnya dengan cepat. Jika berbicara mengenai masalah performa aplikasi, Anda tidak perlu meragukannya lagi. Karena pada patch terupdate yang terbaru ini KomikIndo lebih menstabilkan performanya agar pengguna dapat merasa lebih nyaman ketika melakukan scroll untuk membaca komik yang mereka sukai.

6. Pemberian sinopsis pada setiap komik  

Inilah yang menjadi faktor kenapa setiap komik selalu diminati oleh pembaca, yaitu sinopsisnya. Secara singkat, sinopsis merupakan ringkasan awal mengenai isi konten suatu cerita. Dengan adanya sebuah sinopsis, pembaca setidaknya tahu mengenai garis besar sebuah cerita sebelum membacanya. Sehingga mereka bisa memilih untuk membaca atau memilah komik sebelum pembaca benar-benar mulai membuka halaman pertama mengenai komik tersebut.

7. Kualitas gambar High Definition (HD)

Membaca komik secara online akan terasa lebih nyaman apabila kita dapat melakukan zoom in dan out untuk mengetahui setiap detail yang disediakan oleh gambar pada komik tersebut, alih-alih kita mungkin tanpa sengaja bisa menemukan sebuah Easter Egg yang mana bisa jadi bahan diskusi dengan teman sesama penyuka sastra komik. Melihat pernyataan tersebut, tentu tidak mengherankan jika KomikIndo selalu memberikan gambar kualitas terbaik agar pembaca mereka semakin betah berlama-lama membaca konten yang disediakan.

Pasalnya apabila komik yang disajikan memiliki kualitas gambar yang rendah, maka pihak admin sendiri pasti akan disalahkan oleh pembaca dan diberikan rating rendah karena menghancurkan kepuasan dalam membaca.

8. Tampilan UI/UX yang mengesankan  

Sebagai aplikasi komik online unggulan, KomikIndo selalu memperhatikan kualitas tampilan aplikasi mereka. Hal ini untuk menyiasati pembaca agar selalu datang tiap kali membuka aplikasi KomikIndo. Misalnya saja mulai dari penempatan setiap genre maupun sub genre, judul-judul yang direkomendasikan, menu utama dan lain-lainnya. Setiap detailnya pasti dibangun agar pembaca dapat dengan nyaman ketika mereka sedang menari komik pilihannya. Ditambah lagi Anda dapat mengganti mode gelap dan terang sesuai dengan kenyamanan mata agar bisa terus membaca komik dengan lebih betah dan rileks.

9. Tersedia secara gratis

KomikIndo gratis dan boleh diakses oleh siapa pun, tapi ingat hanya karena gratis karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki aplikasinya. Tapi ada faktor lain yang perlu Anda pikirkan yaitu iklan yang berseliweran, karena bagaimanapun juga item apa pun yang bersifat gratis tidak sepenuhnya benar-benar gratis. Karena masih ada harga lain yang perlu Anda bayar yaitu kenyamanan membaca ketika ada pop up yang tak sengaja terpencet oleh jari ketika hendak melakukan scroll maupun memilih bacaan komik.

10. Adanya fitur Bookmark

Salah satu fitur paling berguna dan berkesan hingga saat ini, yaitu Bookmark / Favorit. Fitur ini berfungsi seperti penanda halaman pada sebuah buku cerita, sama halnya Anda bisa menandai judul komik maupun halaman mana saja yang telah di baca sebelumnya. Sehingga Anda sebagai pembaca dapat melanjutkan cerita komik yang barusan disimak pada lain waktu. Dan untuk menikmati fitur bookmark ini biasanya Anda perlu mendaftar sebagai salah satu member terlebih dahulu, karena pada dasarnya komik yang Anda bookmark akan tersimpan pada masing-masing akun pembaca KomikIndo.

11. Fitur pelaporan bug

Nah apabila Anda memiliki list bacaan komik yang rusak atau tidak tersedia pada KomikIndo, Anda dapat langsung menghubungi adminnya pada bagian Laporan Bug dan Saran agar permintaan request tersebut segera diproses dan dirilis pada KomikIndo. Namun tentunya request komik yang ditanggapi  biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

12. Komik bisa dibaca secara offline

Apabila Anda memiliki kuota terbatas dan sering numpang WiFi teman untuk mengakses internet, tenang saja. Karena Anda masih bisa membaca komik di KomikIndo secara offline menggunakan fitur unduhan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunduh komik mana pun di platform ini secara gratis dan tersimpan di ponsel Anda secara otomatis dan dapat Anda buka kapan saja dan di mana saja dengan leluasa.  Dan bahkan sebelum mulai membacanya, Anda masih diberi pilihan dalam menggunakan Mode Scroll dan Mode Slide yang mana Anda bisa membaca komik dengan menggeser gambar ke bawah menggunakan jari ataupun menggesernya ke samping.

Lihat Juga : Download BacaKomik APK Terbaru

Download KomikIndo Apk

Download KomikIndo Apk Terbaru
Info Keterangan
Name KomikIndo
File size 15 MB
Version 1.1.14
Operating System Android 4.1 or more
Last Update 27 September 2022

KomikIndo adalah platform yang menaungi beragam karya sastra komik berbasis digital yang diakses secara online, media ini memiliki web dengan nama yang sama dengan aplikasinya yaitu KomikIndo. Aplikasinya sendiri dibuat dengan tujuan untuk semakin mempermudah pengguna dalam mengakses bacaan komik secara online kapan pun dan di mana pun dengan lebih leluasa. Meski memiliki banyak keunggulan termasuk dapat diakses secara gratis nyatanya.

Baca Juga  Download CCleaner Terbaru

KomikIndo ini tidak termasuk dalam kategori aplikasi dari Google Play Store sehingga bisa dibilang termasuk dalam aplikasi ilegal dengan keamanan yang tidak dijamin oleh pihak mana pun termasuk kami dari PortalBanyumas.com oleh karenanya segala risiko yang ada pada KomikIndo ditanggung oleh Anda sendiri selaku penggunanya.

*Catatan: Kami bukan pengembang dari aplikasi KomikIndo. Kerugian dan kerusakan apa pun yang terjadi pada perangkat Anda setelah menginstall dan menggunakan KomikIndo sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Kami lebih menyarankan untuk mengunduh aplikasi yang dijamin aman dan legal di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store dan App Store.

Cara Install KomikIndo di HP Android

Apabila Anda telah membaca ketentuan di atas dan sudah siap untuk menginstall KomikIndo pada ponsel. Silakan ikuti langkah-langkah cara instalasi aplikasi di bawah ini, agar proses pemasangannya berjalan lancar. Secara KomikIndo tergolong dalam aplikasi tidak pihak sehingga memiliki penanganan khusus dalam instalasinya, seperti berikut ini.

1. Download KomikIndo

Perlu Anda pahami bahwa KomikIndo tergolong pada aplikasi non legal yang mana tidak tersedia pada layanan Google Play Store, sehingga untuk mengunduhnya Anda perlu mengaksesnya melalui sumber yang telah kami sediakan. Setelah Anda mengunduhnya silakan lanjut pada langkah di bawah ini.

2. Aktifkan perizinan aplikasi pihak ketiga

Izinkan install aplikasi dari sumber tidak dikenal
2. Aktifkan perizinan aplikasi tidak dikenal. Erga Bayu Aji

Setelah aplikasi sudah Anda download, selanjutnya adalah mengaktifkan perizinan untuk install aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang tidak dikenal (install unknown apps). Hal ini diperlukan karena KomikIndo merupakan aplikasi modifikasi yang tidak di download dari sumber resmi seperti Google Play Store atau toko lain yang ada di HP Anda. Untuk mengaktifkan perizinan, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Gulir ke bawah, lalu temukan dan pilih menu Biometrik dan Keamanan.
  3. Kemudian pilih fitur “Instal aplikasi yang tidak dikenal”.
  4. Karena nantinya ingin menginstall aplikasi KomikIndo dari File Manager, maka Anda bisa aktifkan perizinan aplikasi “File saya”.
  5. Jika Anda menggunakan aplikasi lain, maka Anda bisa menyesuaikannya.
  6. Geser toggle yang berwarna biru untuk mengaktifkan perizinan.
  7. Jika sudah, Anda bisa keluar dari menu tersebut.
  8. Selesai.

Lokasi perizinan install aplikasi pihak ketiga akan sedikit berbeda untuk di setiap smartphone. Jadi, Anda perlu menyesuaikannya.

3. Nonaktifkan fitur Google Play Protect

Nonaktifkan Google Play Protect
3. Nonaktifkan Google Play Protect. Erga Bayu Aji

Tidak cukup hanya mengaktifkan perizinan aplikasi, Anda juga perlu menonaktifkan fitur Google Play Protect. Hal ini dilakukan karena KomikIndo teridentifikasi sebagai aplikasi modifikasi dan kemungkinan diblokir oleh Google Play Protect karena alasan privasi dan keamanan. Jadi, Anda tidak akan berhasil menginstall Mangaku Pro APK. Untuk menonaktifkan Google Play Protect, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Gulir ke bawah, lalu temukan dan pilih menu Biometrik dan Keamanan.
  3. Kemudian lanjutkan dengan memilih fitur Google Play Protect.
  4. Setelah itu, ketuk ikon menu Settings yang ada di bagian pojok kanan atas Google Play Protect di HP Anda.
  5. Kemudian matikan fitur “Pindai aplikasi dengan Play Protect” dan “Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya”.
  6. Jika sudah, Anda bisa keluar dari menu tersebut.
  7. Selesai.

4. Install KomikIndo Apk

4. Install KomikIndo Apk. Erga Bayu Aji

Jika file apk sudah Anda download, perizinan install aplikasi pihak ketiga sudah Anda aktifkan, dan fitur Google Play Protect sudah Anda nonaktifkan. Maka sekarang, Anda siap untuk menginstall aplikasi KomikIndo di HP Anda. Simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasang aplikasi.

  1. Buka aplikasi “File Manager” atau “File saya” yang sudah di atur di akses perizinan install aplikasi di langkah sebelumnya.
  2. Kemudian buka Penyimpanan Internal, atau langsung buka folder Download atau Unduhan.
  3. Jika Anda meletakkan file KomikIndo di lokasi berbeda, maka Anda bisa menyesuaikannya.
  4. Ketuk file KomikIndo tersebut untuk beralih ke halaman pemasangan aplikasi.
  5. Ketuk tombol Install untuk memulai proses install aplikasi.
  6. Jika nantinya muncul pop-up Play Protect, ketuk TOLAK.
  7. Tunggu selama beberapa saat sampai proses install selesai dan sukses dijalankan.
  8. Setelah itu ketuk Selesai.
  9. Selesai.

Setelah langkah-langkah di atas berhasil Anda lewati semua dengan baik, KomikIndo sudah siap Anda gunakan secara penuh. Apabila ada masalah mengenai proses instalasinya Anda dapat mencantumkan pertanyaan tersebut di kolom komentar dan pihak kami akan siap menanggapi pertanyaan Anda dengan jawaban yang sesuai.

Lihat Juga : Download WhatsApp Plus Apk Terbaru 2022

Cara menggunakan KomikIndo

Cara Menggunakan KomikIndo

KomikIndo sebenarnya memiliki kontrol yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi sejenisnya, hanya saja karena memiliki tampilan tersendiri lah yang membuat KomikIndo sedikit ambigu untuk dipakai oleh pengguna baru yang belum terbiasa dengan aplikasi semacam ini. Untuk membantu Anda mengoperasikan KomikIndo, Silakan ikuti langkah-langkah berikut dan sebelumnya pastikan KomikIndo telah terinstall pada ponsel Anda dengan baik.

1. Cara mencari komik

Buka KomikIndo dan masuk pada halaman utamanya, di situ ada beberapa opsi pilihan yang berada di bagian bawah layar. Pilih “Search” untuk masuk ke mode pencarian, kalau perlu klik “Filter” pada menu di bagian ujung kolom pencarian agar semakin memperkecil domain genre yang ingin Anda cari judul komiknya. Pasalnya tak jarang sebuah komik memiliki nama awalan maupun tengah yang serupa satu sama lainnya.  

Baca Juga  8 Tips Menjaga Smartphone Android Supaya Tetap Aman

2. Cara menambahkan komik ke daftar favorit

Apabila Anda merasa puas dan tertarik dengan komik yang telah di baca dan ingin menandainya sebagai komik terbookmark, Anda dapat memasukkan komik terebut ke daftar baca favorit dengan meng-klik simbol hati berwarna biru hingga berubah menjadi centang. Setelah itu Anda dapat mengakses komik tersebut kembali pada bagian Favorit di menu utama yang berada di opsi kontrol bawah dengan simbol hati.

3. Cara mengunduh komik di KomikIndo

Masih sama seperti di atas, klik komik yang Anda suka lalu dilanjutkan dengan tap bagian “Lihat Semua Chapter” lalu akan muncul semua chapter yang tersedia, cari simbol upside down di bagian ujung pojok atas kanan layar. Nantinya akan muncul notifikasi izin, tap izinkan dan klik Download pada bagian pojok bawah bagian kanan layar.

4. Cara mengajukan komplain di KomikIndo

Masuk ke halaman komik yang ingin Anda laporkan kerusakannya, lalu cari tulisan “Lapor Bug dan Saran” dengan simbol serangga di bagian thumbnail komiknya. Dan isi dan jelaskan keluhan/masalah apa yang Anda alami ketika membaca komik di KomikIndo, bisa ada page halaman yang rusak atau sebagainya.

5. Cara memfilter jenis komik di KomikIndo

Kembali ke menu utama KomikIndo lalu scroll ke bawh sedikit nantinya Anda akan ketemu dengan tulisan “Tipe Komik” Anda hanya perlu memilih dan mengklik salah satu jenis yang di inginkan misalnya saja seperti Manga, Manhwa, Manhua, tipe komik hitam putih atau yang versi berwarna. Nanti komik yang Anda cari hanya terfilter sesuai pilihan yang Anda tentukan barusan.

6. Mengatur konfigurasi di KomikIndo

Bagian konfigurasi bisa dikatakan merupakan tempat krusial dari semua kontrol yang ada di KomikIndo. Di sini Anda dapat mengatur pencadangan data(Backup) komik ke Google Drive Anda dengan Log In ke Akun Google terlebih dahulu, atau Anda mau menghapus cache agar aplikasinya berjalan lebih stabil juga bisa. Anda juga dapat mengubah metode baca yang tadinya Scroll geser ke bawah dan ke atas kemudian menggantinya dengan geser ke samping kanan dan kiri. Apabila Anda capek menggeser-geser Anda juga bisa mengaktifkan mode auto scroll yang memungkinkan halaman pada komik yang Anda baca akan lanjut ke laman selanjutnya secara otomatis

Lihat Juga : Download FMWhatsApp Apk Terbaru

Bahaya Mengunduh Aplikasi MOD

Secara tampilan dan fungsionalitas, aplikasi MOD memang memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa Anda dapatkan dalam versi resminya. Tetapi perlu dipahami bahwa aplikasi MOD juga memiliki risiko yang perlu diwaspadai. Lalu, apa saja risiko yang bisa didapatkan ketika memasang dan menggunakan aplikasi MOD? Berikut di antaranya:

  • Terkena blokir – Risiko pertama ketika Anda menggunakan aplikasi MOD adalah banned permanen. Perusahaan biasanya dapat memantau aktivitas yang tidak wajar dari setiap id atau nomor akun yang terdaftar. Jika ketahuan, akun bisa di ban dan tidak bisa mengakses aplikasi lagi.
  • Virus dan malware – Karena ini merupakan aplikasi modifikasi, tidak ada jaminan pasti bahwa aplikasi bebas dari virus dan malware. Kami juga tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu pada perangkat Anda setelah memasang aplikasi MOD.
  • Privasi terancam – Risiko pencurian data pada perangkat, seperti riwayat pesan, daftar kontak, media, dan lainnya juga dapat terjadi ketika Anda menggunakan aplikasi MOD. Jadi, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi resmi yang tersedia di Google Play Store.
  • Memicu Adware – Beberapa aplikasi MOD juga menyematkan iklan di bagian tertentu pada aplikasi. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang telah mereka modifikasi.

Lihat Juga : Download GB WhatsApp Pro Apk Terbaru

Penutup

KomikIndo sebenarnya memiliki detail-detail fitur kecil lainnya yang tidak semuanya tertulis melalui artikel ringkas ini yang mana Anda dapat menemukan detail nya apabila telah menginstall KomikIndo ke ponsel Anda. Dan yang pasti Anda juga perlu mengetahui dan mengingat bahwasanya KomikIndo merupakan aplikasi ilegal yang mungkin saja bisa berisiko untuk ponsel Anda. Namun jika Anda sudah tahu mengenai risikonya dan memilih untuk menginstallnya, semua tanggung jawab keamanan ponsel sepenuhnya di tangan Anda sebagai penggunanya.

Apakah KomikIndo Gratis?

Tentu, aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat Anda unduh tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Apakah KomikIndo memiliki dukungan terhadap iOS?

Sayangnya tidak, pasalnya aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Android yang mana itu pun masih memerlukan update-update tertentu untuk makin menyempurnakan KomikIndo sebagai aplikasi baca manga.

Apa kelebihan yang ditawarkan KomikIndo?

KomikIndo sejatinya adalah platform baca komik populer dengan pengguna yang aktif dan banyak diakses di Indonesia. Kelebihan utama KomikIndo ketersediaan opsi atau metode baca dan penyediaan backup data yang biasanya jarang tersedia pada platform aplikasi sejenis.

Apakah KomikIndo ringan dipakai?

KomikIndo sejauh ini ringan di pakai, bahkan untuk device lama seperti Samsung J2 Prime masih sanggup untuk mengelola dan mengoperasikan aplikasi ini sebagai mana mestinya.


Penulis : Sanjaya Kusuma | Editor : Rafiq Akbar Hakim, Erga Bayu Aji

Artikel terkait